14+ Alat Musik Tradisional Jawa Barat: Gambar + Lengkap

By Mexi Prizkia -

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki ragam budaya paling banyak karena bentuknya yang berpualau-pulau. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki budaya yang berbeda pada tiap daerahnya dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satu kebudayaan di Indonesia yang beragam adalah alat musik yang patut kita lestarikan dan kembangkan karena tiap daerah memiliki ciri khas alat musiknya masing-masing yang berbeda dengan daerah lain kita perlu mempelajari atau minimal mengetahui alat musik tradisional tiap-tiap derah yang ada di Indonesia untuk memperluas pengetahuan.

Sebelumnya kita pernah membahas contoh alat musik tradisional jawa barat. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, untuk itu simak uraian dibawah ini.

 

Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Oke untuk memahami lebih lengkap tentang alat musik tradisional jawa barat, Dibawah ini terdapat beberapa jenis alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat antara lain.

 

Gong

gong

Gong merupakan salah satu alat musik yang sudah sangat terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur dilihat dari penggunaan instrumen yang satu ini dalam beberapa acara pertunjukkan tradisional.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan alat yang nantinya akan menghasilkan suara keras, gong ini disebutkan berasal dari Jawa Barat namun ada pula yang menyebutkan jika sebenarnya alat musik ini berasal dari Vietnam barulah kemudian dikembangkan di Indonesia. Sayangnya saat ini sudah semakin jarang ada pengrajin gong.

 

Calung

calung

Calung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu yang disusun berdasarkan aturannya sendiri untuk menghasilkan nada berbeda.

Calung dimainkan dengan cara memukul bagian ruas bambu menggunakan alat pukul khusus sehingga akan memunculkan suara yang merdu dan indah.

 

Celempung

celempung

Celempung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu dengan kulit bambunya dan juga memanfaatkan resonasi dalam ruas bambu untuk dapat menghasilkan suara.

Celempung tidak diketahui secara pasti kapan diciptakannya dan bagaimana asalnya. Cara memainkan alat musik yang satu ini adalah dengan dipukul menggunakan satu tangan dan tangan lainnya mengatur suara menggunakan alat yang terdapat pada badan celempung.

 

Suling

suling

Hampir semua orang pasti mengetahui alat musik yang satu ini, suling merupakan alat musik berbentuk bulat panjang dengan empat hingga enam lubang yang terbuat dari bambu.

Alat musik ini dimainkan dengan cara meniup dan salah satu tangan lain mengatur lubang suling untuk menghasilkan nada indah. Saat ini suling telah banyak dimodifikasi menjadi lebih modern.

 

Karinding

karinding

Karinding merupakan alat musik dari Jawa Barat yang juga cara memainkannya dengan ditiup. Karinding ini dapat dibuat dengan bahan bambu maupun dari bahan pelepah pohon aren dimana karinding dari bambu digunakan oleh kaum pria dan karinding dari pelepah pohon aren digunakan oleh kaum wanita.

Cara memainkan karinding ini adalah dengan meniup bagian tiga ruas yang ada dan tangan lainnya memukul bagian lain untuk menghasilkan resonasi suara merdu.

 

Kecapi

kecapi

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang terbagi kedalam dua bagian yaitu kecapi indung atau kecapi induk yang memiliki ukuran besar dengan jumlah dawai sekitar 18 hingga 20 buah yang digunakan untuk memimpin musik mulai dari intro hingga menentukan tempo.

Sedangkan kecapi rincik atau kecapi anak digunakan untuk iringan musik dengan cara mengisi jeda antar nada dengan frekuensi tinggi.

Cara memainkan alat musik kecapi ini dimainkan dengan cara dipetik, selain itu alat musik ini sering digunakan sebagai instrumen musik khas Jawa Barat.

 

Jentreng

jentreng

Jentreng merupakan alat musik yang sekilas hampir sama dengan kecapi padaha sebenarnya dua alat musik ini berbeda.

Jentreng ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari kecapi dan juga senar yang terdapat dalam jentreng hanya berjumlah 7 buah.

 

Rebab

rebab

Rebab merupakan alat musik yang diketahui telah muncul sejak abad 9 masehi yang masuk ke daratan sunda dibawa oleh pedagang timur tengah yang datang ke Indonesia. Alat musik ini terbuat dari tembaga namun saat ini telah banyak dibuat menggunakan kayu dengan jumlah dawai sekitar 2 hingga 3 buah.

Cara memainkan alat musik rebab ini adalah dengan cara digesek menggunakan alat khusus seperti pada saat menggunakan biola. Biasanya rebab ini dimainkan bersama dengan serangkaian alat musik khas Jawa Barat lainnya dalam pertunjukan seni tradisional.

 

Tarawangsa

tarawangsa

Tarawangsa mungkin sekilas terlihat seperti biola namun alat musik ini merupakan alat musik tradisional Jawa Barat. Tarawangsa ini merupakan salah satu alat musik sunda yang telah berusia cukup tua karena telah tercatat dalam naskah kuno Sewaka Darma sekitar abad ke-18.

Tarawangsa ini dimainkan dengan cara menggesek salah satu dawai sambil memetik dawai lainnya agar dapat menghasilkan harmoni yang indah. Alat musik ini biasanya dimainkan bersama dengan alat musik lain yaitu Jentreng.

 

Gendang

gendang

Gendang merupakan alat musik dari Jawa Barat yang cukup terkenal bukan hanya di Jawa Barat saja, terbuat dari kayu kelapa, cempedak atau nangka dilapisi oleh kulit hewan seperti kerbau dan kambing.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul atau ditepak dengan memperhatikan tempo agar menghasilkan bunyi yang enak didengar.

 

Jenglong

jenglong

Jenglong merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dan logam atau besi yang dikaitkan dan disusun menggunakan tali.

Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus, yang akan memberikan nada dasar dan kerangka lagu dalam pentas musik.

 

Angklung

angklung

Angklung merupakan alat musik yang terkenal dengan suara indah yang dihasilkan. Angklung terbuat dari bambu yang merupakan golongan instrumen multitonal atau alat musik bernada ganda.

Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyang sehingga tiap-tiap bagian angklung akan berbenturan dan potongan bambu dalam akan menghasilkan suara bergetar yang sangat indah.

Angklung telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2010 sehingga membuat angklung semakin dikenal oleh dunia.

 

Kulanter

kulanter

Kulanter merupakan alat musik yang memiliki bentuk dan bahan dasar sama persis seperti gendang bahkan cara memainkannya pun sama yang membedakannya hanyalah ukuran kulanter yang lebih kecil dari gendang.

Baca Juga: Tarian Daerah.

 

Arumba

arumba

Arumba merupakan sekelompok alat musik yang biasa ditampilkan dalam pertunjukkan seni musik tradisional Jawa Barat.

Komposisi asemble arumba ini terdiri atas angkung solo, gambang melodi, gambang pengiring, bass lodong dan juga gendang yang dimainkan secara berkelompok.

 

Nah itu dia tadi beberapa alat musik yang berasal dari Jawa Barat yang patut diketahui, selain untuk menambah pengetahuan namun juga agar kita dapat ikut melestarikan budaya asli Indonesia.

Demikian sedikit informasi mengenai Alat Musik Tradisional Jawa Barat dan gambarnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi Prizkia
Mexi Prizkia
Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Artikel Terkait

Seni Rupa 3 Dimensi
Seni Rupa 3 Dimensi
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Alat Musik Melodis
Contoh Alat Musik Melodis
Oleh Hasif Priyambudi
Contoh Seni Rupa Murni
Contoh Seni Rupa Murni
Oleh Hasif Priyambudi
Seni Rupa Terapan
Seni Rupa Terapan
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Seni Rupa Murni
Seni Rupa Murni
Oleh Hasif Priyambudi
Seni Rupa 3 Dimensi
Seni Rupa 3 Dimensi
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Ayam Geprek Crispy
  2. Nasi Goreng Merah
  3. Nasi Goreng Padang
  4. Nasi Goreng Pattaya
  5. Nasi Goreng Hongkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *