Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Bacaan Ayat Kursi: Arab, Latin, Terjemahan Arti + Keutamaan

3 min read

bacaan ayat kursi

Seluruh umat muslim didunia pasti sudah mengetahui bacaan ayat kursi atau bahkan sudah hafal. Ayat ini memang dapat digunakan dalam segala situasi baik untuk meminta perlindungan meupun keberkahan dari Allah SWT, bahkan terdapat hadist yang menyebutkan bahwa ayat kursi meupakan ayat yang paling mulia karena berisi kekuasaan Allah SWT yang mutlak.

Untuk itu kita sebagai muslim minimal harus mengetahui bagaimana bunyi ayat kursi dan akan lebih baik jika kita dapat menghafal serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari kita agar kita selalu dilindungi dan diberkahi oleh Allah SWT.

 

Bacaan Ayat Kursi

Untuk dapat mempelajari tentang ayat kursi, Berikut ini adalah bacaan ayat kursi, antara lain.

bacaan ayat kursi

 

Arab

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

 

Latin

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM.

 

Terjemahan

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar.” (Surat Al-Baqarah ayat 255).

Baca Juga : Bacaan Doa Tahli

 

 

Keutamaan Ayat Kursi

Setelah kita mengetahui bacaan ayat kursi, ada baiknya juga kita ketahui keutamaanya. Berikut ini adalah beberapa keutamaan ayat kursi, antara lain.

 

1. Ayat Paling Agung Dalam Al Quran

Ayat kursi merupakan ayat ke-255 dalam surah Al-Baqarah yang disebut-sebut merupakan ayat paling mulia didalam Al-Qur’an dan diriwayatkan oleh Rasulullah SAW kepada Ubiy Bin Kai.

Rasulullah bertanya kepada Ubay bin Kai, ”Ayat apa yang paling utama di dalam al Quran”?

Ubay bin Kai menjawab, “Ayat paling utama dalam kitabullah adalah ayat kursi.”

Dan Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” ( HR Muslim).

Ayat kursi disebutkan sebagai ayat paling mulia karena terdapat bacaan Al Hayyu dan Al Qayyum yang merupakan asma Allah SWT yang paling agung.

 

2. Memiliki Keagungan Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“ Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah SWT).”

Ayat kursi disebutkan oleh Sufyan Ats-Sauri sebagai salah satu kalamullah atau ucapan dari Allah SWT dimana kalamullah merupakan sesuatu yang lebih agung dari ciptaan Allah SWT lainnya.

 

3. Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari).

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW tersebut sudah jelas menerangkan bahwa jika kita membaca ayat kursi sebelum tidur beserta doa sebelum tidur tentunya maka Allah SWT akan melindungi dan membuat kita tidak diganggu oleh syaitan selama tidur.

 

4. Perantara Masuk Surga

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Artinya :

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Jika kita membaca ayat kursi setelah selesai shalat maka pintu surga terbuka untuk kita dan kita akan diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk masuk surga.

Baca Juga : Doa Turun Hujan dan Setelah Hujan

 

Demikian sedikit informasi mengenai Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Terjemahan Arti + Keutamaan, semoga dapat menambah keimanan kita dan kita senantiasa dilindungi serta diberkahi dalam segala hal oleh Allah SWT. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight