10+ Bahaya Merokok Bagi Kesehatan: Balita, Remaja, Wanita, Ibu Hamil

By

bahaya merokok

Sudah tidak sedikit orang yang mengetahui benda yang terbuat dari daun tembakau kering yang tercacah ini pasalnya rokok sudah diperjual belikan secara luas di dunia ini. Tidak hanya lelaki yang bebas menghirup pembakaran daun tembakau keirng ini, namun rokok juga bebas digunakan oleh wanita, bahkan banyak diluar sana para anak – anak kecil di bawah umur yang sudah bergaul dengan rokok untuk gaya hidupnya.

Bagi para pecandu, rokok sudah menjadi hal wajib yang tidak boleh tertinggal setiap harinya, kadar kebutuhan meroko setiap pecandu juga berbeda – beda tergantung selera masing – masing. Dibalik itu semua terdapat penyakit – penyakit yang siap menyerang para pecandu rokok, tidak hanya penyakit biasa, namun rokok dapat berdampak besar pada penyakit yang mematikan.

Entah karena sudah kecanduan atau tidak mengetahui hal ini, anehnya jumlah perokok aktif di Indonesia hingga kini terus meningkat hingga mencapai 66 juta orang yang artinya merupakan 34% populasi dari total penduduk Indonesia pada tahun 2016, padahal informasi mengenai bahaya merokok ini sudah tersebar luas bahkan dalam kemasan rokoknya pun sudah terdapat gambar penyakit yang disebabkan karena merokok.

Bahan – bahan kimia yang terkandung dalam rokok ini lah yang menjadi penyebab utama gerbang penyakit dalam tubuh manusia yang pada aslinya sudah diketahui sangat berbahaya jika termakan dan masuk dalam tubuh manusia. Zat – zat kimia tersebut meliputi sianida, nikotin, tar, metanol, amonia, karbon monoksida, benzene, dan masih banyak lagi bahan mematikan yang terkandung dalam sebatang rokok.

Rokok juga memiliki banyak jenis berdasarkan pembungkus, proses pembuatan, filter, serta bahan baku atau isi. Ungkap para pecandu rokok, rasa dari setiap jenis rokok ini berbeda – beda, hal ini berdasarkan karena bedanya bahan baku dan juga pembungkus pada rokok tersebut.

Tidak hanya membahayakan tubuh si pecandu rokok, namun para penghirup asap rokok atau yang biasa disebut dengan perokok pasif juga menerima dampak bagi kesehatannya. Ini menandakan bahwa tidak hanya batang rokoknya yang berbahaya namun asap hasil pembakarannya pun juga sangat mematikan bagi para penghirupnya.

Organ – organ inti dalam tubuh merupakan hal yang menjadi sasaran utama terserangnya rokok, seperti paru – paru, jantung, dan gangguan lainnya. Kali ni Pintarnesia akan membahas mengenai penyakit – penyakit yang dapat menyerang karena rokok.

 

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

bahaya merokok bagi kesehatan

Berikut ini adalah beberapa bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia, antara lain.

 

1. Gangguan Pernafasan

Paru – paru menjadi sasaran utama dari rokok karena proses penghirupan pembakaran tembakau yang dilakukan secara terus – menerus. Merokok dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang bila menyerang pada manusia maka sistem pernafasan akan terhampat sehingga akan menyebabkan sulit bernafas.

Hal lain yang dapat dialami karena penyakit PPOK ini adalah kecacatan dalam tubuh yang menyebabkan tubuh tidak dapat bergerak. Hal lain yang berkaitan dengan masalah pernafasan karena rokok adalah batuk, tuberkulosis, kanker paru – paru, kanker tenggorokan, asma, infeksi saluran pernafasan, dan lain sebagainya.

 

2. Gangguan Jantung

Sistem kerja dari rokok di dalam tubuh adalah merusak pembuluh darah ( kardiovaskular ), penyumbatan dan penyempitan arteri yang menyebabkan kurang masuknya darah beroksigen ke jantung. Hal ini menyebabkan jantung mengalami ketidakefektifan kerja sehingga masalah gangguan jantung pun tidak dapat dihindari.

 

3. Buerger Disease

Penyakit dengan nama lain thromboangitis obliterans ini merupakan penyakit yang menyerang pembuluh darah. Buerger Disease membuat peradangan, pembengkakan, penyumbatan, bahkan pembekuan sel darah dalam pembuluh darah pada kaki dan tangan yang menyebabkan rusaknya jaringan kulit pada ujung – ujung jari sehingga jari terjadinya infeksi atau matinya jaringan.

Penyakit ini selalu diawali pada lengan dan kaki yang semakin lama akan merambat meluas ke tubuh. Kemungkinan terfatal jika sudah terserang Buerger Disease adalah dengan pengamputasian lengan dan kaki karena kematian jaringan yang menyebabkan tidak bergunanya lagi lengan serta kaki yang terserang.

Baca Juga : Pergaulan Bebas

 

4. Diabetes

Dengan merokok atau terpapar dengan asap rokok, cara kerja insulin oleh pankreas mengalami penurunan sistem fungsi kadar glukosa yang terdapat dalam tubuh tidak akan diubah menjadi energi sehingga kadar gula akan tertimbun dalam darah yang menyebabkan naiknya kadar gula darah dalam tubuh.

 

5. Kanker

Kanker merupakan penyakit perenggut nyawa nomor 1 di dunia karena tidak sedikit mereka yang mengidap kanker harus menghembuskan nafas terakhir karena penyakit ini. Dengan merokok, kesempatan tubuh untuk mengidap kanker akan lebih meningkat.

Tidak hanya kanker 1 organ yang dapat terserang, namun banyak juga peluang kanker untuk hidup di tubuh saat tubuh sudah tercampuri oleh pembakaran daun tembakau kering ini. Organ yang dapat terserang kanker karena merokok meliputi paru – paru, kandung kemih, payudara, serviks, hati, pankreas, kerongkongan, pencernaan, mulut, ginjal, dan masih banyak lagi.

 

6. Pengeriputan Kulit atau Penuaan Dini

Zat kimia yang terkandung dalam rokok jika melewati pembakaran ini sangat berbahaya bagi kulit, karena akan merusak sebagian besar jaringan kulit yang menyebaban kulit akan meriput dan menjadikan penuaan dini. Ini akan sangat menunkang ketidaknyamanan diri dalam berkegiatan sosial atau bekerja.

Baca Juga : Jenis-Jenis Narkoba

 

7. Hipertensi

Penyempitan pembuluh darah karena adanya penumpukan plak ini lah yang menjadi penyebab utama terjadinya hipertensi atau menaiknya kadar darah dalam tubuh.

Dengan merokok akan semakin membantu menumpuknya plak tersebut yang menyebabkan jantung harus memompa lebih cepat supaya darah dapat tersalurkan ke seluruh tubuh, namun cepatnya pemompaan darah pada jantung tersebut menyebabkan tekanan darah dalam tubuh menaik sehingga tubuh akan terserang hipertensi.

Dengan tubuh yang sdah terserang hipertensi, maka sistem kontrol darah akan tidak stabil yang bisa menyebabkan terserngnya penyakit lain yang berkaitan dengan darah dan pemompaannya.

 

8. Ganguan Kehamilan

Wanita hamil yang merokok atau terlalu sering terpapar oleh sinar rokok tidak hanya membunuh diri sendiri serta penghirup asap rokoknya, namun juga membahayakan janin yang terdapat dalam kandungannya tersebut. Hal ini menyebabkan bayi yang lahir prematur atau lebih fatalnya terjadi kerusakan suatu organ bayi yang menyebabkan bayi mengalami kelainan karena kurangnya sistem kerja seluruh organ tubuhnya.

Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok atau asap rokok ini dapat menyebabkan terhalangnya asupan nutrisi serta oksigen dalam plasenta kandungan. Dalam konteks bukan wanita hamil namun wanita yang merokok, hal ini dapat menyebabkan terserangnya ketidaksuburan wanita atau biasa disebut dengan infertilitas.

 

9. Aterosklerosis

Penyakit ini juga dilatarbelakangi pada pembuluh darah atau arteri yang megalami penyumbatan yang mana dengan merokok maka proses penyumbatan tersebut akan berjalan dengan lebih cepat. Penyumbatan ini diawali karena adanya penumpukan dan pembengkakan lemak dalam pembuluh darah sehingga menimbulkan terjadinya penebalan arteri dan terjadinya jaringan parut yang menyebabkan menyerangnya aterosklerosis pada tubuh.

 

10. Stroke

Merokok dapat menyebabkan berhentinya suplai darah yang menuju otak sehingga kadar oksigen dalam otak mengalami penurunan yang menyebabkan otak secara perlahan akan mengalami kematian lalu stroke pun tak terhindarkan. Perubahan yang terjadi dalam tubuh karena stroke meliputi kelumpuhan tubuh, susah berbicara, fungsi otak yang mengalami perubahan serta hal terfatal merupakan kematian.

 

Ternyata penyakit yang diakibatkan oleh rokok dapat dibilang tidak sedikit, dan juga penyakit – penyakit yang termasuk pembawa dampak besar untuk kematian. Oleh karena itu, marilah rubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat. Tinggalkan rokok, karena hanya merugikan diri sendiri. Sekian artikel tentang bahaya merokok dari Pintarnesia. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Bila terdapat kesalahan mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nastar Gulung
  2. Nastar Keranjang
  3. Nastar Nanas
  4. Nastar Keju
  5. Opor Ayam Tanpa Santan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *