Rumus Volume Balok: Cara Menghitung, Contoh Soal

By Adi Catur Pamungkas -

Balok merupakan salah satu jenis bangun ruang yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari. Kita sering menjumpai bentuk balok tersebut baik pada kardus, kotak pensil, kotak kado, dan lain sebagainya.

Selain mengetahui bentuknya, alangkah lebih baiknya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menghitung volume dari sebuah balok. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang rumus volume balok lengkap dengan cara menghitung dan contoh soal serta pembahasannya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Balok

Pengertian Balok

Sebelum kita masuk materi bagaimana cara menghitung volume balok, maka sebelum itu kita perlu mengetahui apa pengertian dari balok. Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk dari tiga buah pasang persegi dan juga persegi panjang dengan dipasangkan saling berbeda diantara satu dengan lainnya.

Balok mempunyai 6 buah sisi, 12 buah rusuk, dan 8 titik sudut dan masing – masing permukaannya akan membentuk bujur sangkar. Sedangkan untuk balok yang terbentuk dari enam buah persegi dengan ukuran yang sama biasanya disebut dengan Kubus.

Kemudian, selain itu balok juga mempunyai 12 rusuk yang masing – masing rusuknya bisa dijadikan sebagai rusuk panjang , rusuk lebar, dan rusuk, tinggi. Tergantung dari sudut pandang pengamatan kita.

Lalu terdapat 4 buah rusuk yang sama panjang yang biasanya disebut dengan rusuk tinggi. Apabila didalam sebuah balok terdapat 12 rusuk dengan panjang yang sama, maka balok tersebut dengan Kubus.

Kubus tersebut merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang sangat istimewa karena semua rusuk yang dimilikinya mempunyai ukuran yang sama panjang dan semua bidangnya akan berbentuk bujur sangkar.

Sedangkan balok sendiri mempunyai tiga macam rumus dalam matematika. Rumus – rumus tersebut antara lain yaitu rumus menentukan luas permukaan balok, rumus panjang diagonal balok, dan rumus volume balok.

Namun pada pembahasan kali ini kami hanya akan fokus membahas tentang rumus volume balok saja. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan mengenai rumus volume balok berikut ini.

Rumus Volume Balok

Rumus Volume Balok

Untuk menentukan volume sebuah balok, maka kita bisa menggunakan rumus berikut ini :

Volume Balok = panjang x lebar x tinggi

V = p x l x t

Dalam menghitung volume sebuah balok sangatlah mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengalikan tiga buah sisi pada balok yaitu sisi panjang, lebar, dan tinggi balok saja. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar diatas.

Selain itu, salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam menghitung volume balok adalah kamu harus menyatakan semua panjang semua sisi dengan menggunakan satuan yang sama.

Misalnya saja, kamu menyatakan panjang balok tersebut dalam satuan cm, maka kamu juga harus menyatakan sisi lain seperti tinggi dan lebar menggunakan satuan cm juga. Sehingga nantinya hasil perhitungan volume balok yang didapatkan akan benar.

Lalu untuk satuan dari hasil perhitungan volume balok adalah satuan panjang pangkat tiga atau sering disebut dengan kubik. Misalnya saja dalam cm3 ( centimeter kubik ), m3 ( meter kubik ), dan lain sebagainya.

Baca Juga : Rumus Kubus.

Contoh Soal Volume Balok

1. Sebuah balok mempunyai panjang 10 cm, lebar 5cm, dan tinggi 2 cm. Hitunglah volume balok tersebut!

Jawab :

V = p x l x t

V = 10 x 5 x 2

V = 100 cm3

Jadi, volume balok tersebut adalah 100 cm3.

2. Terdapat sebuah balok yang telah diketahui luas alasnya yaitu 125 cm2. Hitunglah volume balok tersebut jika balok tersebut memiliki tinggi 5 cm ?

Jawab :

V = luas alas x tinggi

V = 125 x 5

V = 625 cm3

Jadi, volume balok tersebut adalah 625 cm3.

3. Adi memiliki sebuah kolam renang yang pada awalnya berisi air sebanyak 400 liter. Kemudian Adi menguras air pada kolam renang tersebut hingga volume air pada kolam renang tersebut hanya tersisa ½ saja dari volume air sebelumnya. Carilah berapa kedalaman air yang tersisa pada kolam tersebut jika kolam tersebut memiliki luas alas sebesar 2 m2 !

Diketahui :

Volume awal kolam = 300 liter

Sisa air setelah dikuras = ½ x 400 = 200 liter kemudian dikonversi menjadi meter = 0,2 m3

Luas kolam renang = 2 m2

Ditanya :

Kedalaman air yang tersisa setelah kolam dikuras?

Jawab :

V = luas alas x tinggi

0,2 m3 = 2 m2 x tinggi

tinggi = 0,2 : 2

tinggi = 0,1 m atau 10 cm

Jadi, kedalaman air yang tersisa setelah dikuras adalah 0,1 m atau 10 cm.

Tanya Jawab

Apa rumus menentukan volume balok ?

V = panjang x lebar x tinggi

Berapa banyak rusuk sebuah balok ?

Balok memiliki rusuk sebanyak 12 rusuk

Berapa banyak sisi sebuah balok ?

Balok memiliki sisi sebanyak 6 sisi

Jadi demikianlah pembahasan kami mengenai rumus volume balok dan cara menghitungnya lengkap dengan contoh soal dan pembahasan. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi dalam mempelajari cara menghitung volume balok.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Seorang muslim yang suka menulis berbagai macam artikel dan tertarik dengan dunia networking

Artikel Terkait

Bilangan Asli
Bilangan Asli
Oleh Mexi
Bilangan Real
Bilangan Real
Oleh Mexi
Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Oleh Hasif Priyambudi
Rumus ABC
Rumus ABC
Oleh Hasif Priyambudi
Diskon dan Persen
Diskon dan Persen
Oleh Hasif Priyambudi
Limit Fungsi Matematika: Tak Hingga, Trigonometri, Contoh Soal
Limit Fungsi Matematika: Tak Hingga, Trigonometri, Contoh Soal
Oleh Hasif Priyambudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *