Belah Ketupat: Rumus, Keliling, Luas, Contoh, Cara Menghitung

By

rumus belah ketupat

Bangun datar belah ketupat termasuk kedalam kategori jenis segi empat karena bangun belah ketupat memiliki 4 buah rusuk, sehingga disebut sebagai salah satu bangun segi empat.

Secara umum bangun datar segiempat terdiri dari berbagai jenis bangun diantaranya adalah persegi, persegi panjang, layang-layang, trapesium, belah ketupat dan jajar genjang.

Sebelumnya kita pernah membahas rumus trapesium. Nah, pada kesempatan kali ini pintarnesia akan menjelaskan tentang bangun datar belah ketupat tentang bagaimana mencari keliling belah ketupat dan luas belah ketupat dengan diperjelas oleh latihan soal dan pembahasan.

Pengertian Bangun Datar Belah Ketupat

Pengertian Bangun Datar Belah Ketupat

Pengertian bangun datar belah ketupat adalah salah satu bangun datar yang tersusun dari empat buah sisi yang sama panjang, dimana sudut yang dimiliki oleh bangun belah ketupat yang berhadapan adalah sama besar.

Secara umum bangun belah ketupat memiliki sifat yang sama dengan bangun jajar genjang, sehingga dapat disimpulkan bahwa bangun belah ketupat adalah bangun jajar genjang yang memiliki empat sisi yang sama panjang.

bangun datar belah ketupat juga dapat terbentuk dari gabungan antara dua buah segitiga sama kaki dan bayangannya, serta dengan alas yang dijadikan sebagai sumbu cermin.

Baca Juga: Bilangan Berpangkat.

Sifat-Sifat Belah Ketupat

Sifat-sifat Belah Ketupat

Seperti pada penjelasan di atas bahwa bangun belah ketupat memiliki sifat yang sama dengan bangun jajar genjang, hanya saja pada bangun belah ketupat ke empat sisinya sama panjang. Selain itu, berikut ini adalah beberapa sifat yang dimiliki oleh bangun datar belah ketupat.

  • Bangun belah ketupat memiliki empat buah sisi dengan besar sama panjang.
  • Bangun belah ketupat memiliki ruang pasang sudut yang saling berhadapan dengan ukuran yang sama besar.
  • Bangun belah ketupat memiliki dua buah diagonal yang saling berpotongan tegak lurus, dimana satu diagonal membagi dua diagonal yang lain dengan ukuran sama panjang.
  • Bangun belah ketupat memiliki dua buah simetri lipat dan juga simetri putar.

Baca Juga: Rumus Lingkaran.

Rumus Belah Ketupat

Rumus Bangun Datar Belah Ketupat

Setelah mengetahui penjelasan sebelumnya tentang pengertian dan sifat-sifat belah ketupat ketupat, selanjutnya kita akan membahas tentang rumus belah ketupat untuk menentukan keliling bangun belah ketupat dan menentukan luas bangun belah ketupat. Berikut ini adalah penjelasan rumus menentukan keliling dan luas belah ketupat.

Rumus Keliling Belah Ketupat

Bangun belah ketupat memiliki empat buah sisi, dimana rumus untuk menentukan keliling bangun belah ketupat adalah dengan menjumlahkan ukuran panjang dari setiap sisi bangun belah ketupat tersebut. Rumus keliling belah ketupat antara lain yaitu:

Keliling belah ketupat = panjang sisi AB + panjang sisi BC + panjang sisi CD + panjang sisi DA

Atau

Keliling belah ketupat = sisi + sisi + sisi + sisi

Atau

Keliling= 4 x s

Rumus Luas Belah Ketupat

Mencari luas bangun belah ketupat asrtinya adalah mencari ukuran besar daerah yang ada di dalam belah ketupat yang dibatasi oleh semua sisi pada bangun belah ketupat. Berikut ini merupakan rumus untuk menentukan luas bangun datar belah ketupat:

Luas belah ketupat = ½ x diagonal 1 x diagonal 2

Atau

Luas belah ketupat = ½ x AC x BD

Atau

Luas = ½ x d1 x d2

Contoh Soal Belah Ketupat

Agar kamu lebih memahami lagi tentang bangun belah ketupat, maka kali ini akan diberikan contoh soal dan juga disertai dengan pembahasan soal. Oleh karena itu, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Jika terdapat sebuah bangun datar belah ketupat yang memiliki panjang sisi yang berukuran 25 cm. Maka, berapa keliling bangun datar belah ketupat tersebut?

Diketahui:

Sisi = 25 cm

Keliling?

Pembahasan:

Keliling = 4 x sisi

Keliling = 4 x 25

Keliling = 100 cm

Jadi keliling sebuah bangun datar belah ketupat di atas telah diketahui yaitu 100 cm.

2. Terdapat sebuah bangun datar belah ketupat yang memiliki panjang diagonal berturut-turut adalah 8 cm dan 14 cm. Berapakah luas daerah bangun datar belah ketupat tersebut?

Diketahui:

Diagonal 1 = 8 cm

Diagonal 2 = 14 cm

Luas?

Pembahasan:

Luas = ½ x d1 x d2

Luas = ½ x 8 cm x 14  cm

Luas = ½ x 112

Luas = 66 cm

Jadi besar luas bangun datar belah ketupat diatas adalah sebesar 66 cm.

3. Ada sebuah bangun datar yang berbentuk belah ketupat dengan luas bangun yang telah diketahui adalah 125 cm² dan memiliki panjang diagonal 1 adalah 5 cm, berapakah besar diagonal bangun belah ketupat tersebut?

Diketahui:

Luas = 125 cm²

diagonal 1 = 5 cm

diagonal 2?

Pembahasan:

Luas = ½ x diagonal 1 x diagonal 2

125 cm² = ½ x 5 cm x d2

d2 = 5 cm

Besar diagonal 2 pada bangun belah ketupat tersebut adalah 5 cm.

4. Apabila terdapat sebuah bangun belah ketupat dengan panjang sisi adalah 6a cm. Jika telah diketahui keliling bangun datar belah ketupat tersebut adalah 72 cm, berapa besar nilai a tersebut?

Diketahui:

Panjang sisi = 4a

Keliling = 72 cm

Nilai a?

Pembahasan:

Keliling = 4 x sisi

72 cm = 4 x 6a

72 cm = 24a

a = 3 cm

Jadi nilai a dari bangun datar belah ketupat tersebut adalah sebesar 3 cm.

5. Jika terdapat sebuah bangun datar belah ketupat dengan panjang diagonal secara berturut-turut adalah 22 dan 26, kemudian berapakah ukuran luas dari bangun belah ketupat tersebut?

Diketahui:

d1 = 22 cm

d2 = 26 cm

Luas?

Pembahasan:

Luas = ½ x 22 x 26

Luas = ½ x 572

Luas = 286 cm

Maka, dapat diketahui bahwa ukuran luas dari bangun belah ketupat diatas adalah 286 cm.

Demikian penjelasan yang dapat pintarnesia sampaikan tentang bangun datar belah ketupat, mulai dari pengertian, sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun belah ketupat, rumus belah ketupat, dan contoh soal. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepat, mohon maaf.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *