Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN Tahun 2020/2021

7 min read

biaya pendaftaran sbmptn

Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN – Pada kesempatan kali ini pintarnesia akan memaparkan dan menjelaskan mengenai Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN 2020 / 2021. Karena dengan adanya informasi ini, bisa menjadi acuan kamu dalam melakukan pembayaran biaya seleksi masuk SBMPTN.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disebut dengan SBMPTN adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan dengan cara ujuan tertulis, yang diikuti oleh semua peserta yang mengikuti SBMPTN serta peserta yang memilih program studi bidang seni ataupun olahraga harus mengikuti ujian tambahan yang berupa ujian keterampilan.

SBMPTN dilakukan setelah pelaksanaan SNMPTN, jika kamu sebelumnya sudah mengikuti jalur SNMPTN tetapi tidak dinyatakan lulus, maka kamu bisa mengikuti seleksi SBMPTN.

 

Biaya Pendaftaran SBMPTN

Sebelum membahas mengenai biaya pendaftaran SBMPTN, ada baiknya jika kita menginformasikan alur pendaftaran SBMPTN, dimana alur pendaftaran serta biaya pendaftaran dilakukan dalam proses yang beriringan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui informasi ini terlebih dahulu, berikut ini adalah informasinya.

 

1. Alur Pendaftaran dan Pembayaran Biaya SBMPTN

Pertama, silahkan kamu buka alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id, alamat tersebut merupakan alamat khusus pendaftaran SBMPTN. Jika sbmptn.ac.id adalah alamat SBMPTN untuk informasi umum. Contohnya saja seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran SBMPTN, jadwal, kriteria penerimaan, dan lainnya.

Kedua, setelah membuka alamat tersebut, silahkan isi data kamu yang berupa nama, tanggal lahir, sekolah asal, jenis kelamin, asal dan data lain yang sudah tertera pada formulir online tersebut.

Ketiga, setelah selesai mengisi form tersebut, silahkan cetak bukti pengisian data pada tahap awal tersebut.

Keempat, bawa cetakan bukti pengisian data pada tahap awal tersebut saat kamu membayar biaya pendaftaran di Bank.

Kelima, setelah membayar biaya pendaftaran pada Bank, maka kamu bisa mendapatkan KAP serta PIN yang bisa digunakan untuk login pendaftaran jalur SBMPTN tahap selanjutnya.

Keenam, setelah itu login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh dari Bank.

Ketujuh, lakukan pengisian biodata diri, memilih program studi, memilih PTN dan lain sebagainya yang tertera pada formulid pendaftaran online yang ada.

Kedelapan, setelah selesai mengisi data – data di atas, silahkan peserta untuk mencetak kartu SBMPTN.

Kesembilan, peserta yang sudah selesai mencetak kartu SBMPTN silahkan membawa kartu SBMPTN pada saat ujian berlangsung.

 

Nah, itulah tahap – tahap yang perlu kamu ketahui saat kamu akan mendaftar SBMPTN serta membayar biaya SBMPTN. Setelah itu kamu perlu mengetahui ketentuan yang berkaitan dengan biaya SBMPTN.

 

2. Pertanyaan Seputar Biaya SBMPTN

Saat kamu sudah mendaftar jalur SBMPTN, maka salah satu yang menjadi pertimbangannya adalah besarnya biaya pendaftaran SBMPTN. Banyak sekali pertanyaan yang berkaitan dengan biaya pendaftaran SBMPTN, contohnya saja seperti dibawah ini.

  • Berapa biaya pendaftaran SBMPTN?
  • Bagaimana cara membayar biaya SBMPTN?
  • Pada bank apa kita bisa membayar biaya SBMPTN?
  • Bagaimana cara membayar biaya SBMPTN lewat Teller Bank?
  • Bagaimana cara membayar biaya SBMPTN lewat ATM?
  • Ada cara lain untuk biaya SBMPTN selain melalu ATM dan Teller Bank.

Nah, berikut ini adalah jawabannya satu persatu,

 

a. Berapa Biaya Pendaftaran SBMPTN?

Saat kamu akan mendaftar SBMPTN, kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-. Besarnya biaya SBMPTN tersebut untuk peserta Non Bidikmisi. Untuk peserta SBMPTN yang juga calon penerima Bidikmisi, maka tidak perlu untuk membayar biaya SBMPTN karena biaya SBMPTN bagi calon penerima Bidikmisi gratis.

Salah satu tujuan kita membayar biaya SBMPTN adalah untuk mendapatkan KAP dan PIN, yang nantinya digunakan untuk login ke website resmi SBMPTN untuk melengkapi data pendaftaran SBMPTN. Nah, untuk calin penerima Bidikmisi jalur SBMPTN akan menadapatkan KAP dan Pin setelah mengisi biodata pada saat mendaftar Bidikmisi, jadi bagi peserta bidikmisi tidak perlu untuk membayar biaya SBMPTN.

 

b. Cara Membayar Biaya SBMPTN?

Seperti yang sudah dijelaskan pada alur pendaftaran SBMPTN di atas, untuk membayar biaya pendaftaran SBMPTN kamu harus mengisi data pendaftaran awal SBMPTN di alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Setelah mengisi data pada alamat tersebut, setelah itu cetak bukti pendaftaran lalu bawa bukti tersebut ke Bank Mandiri atau Bank BNI. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat kembali alur pendaftaran atau pembayaran SBMPTN di atas.

c. Pada Bank Apa kita Bisa Membayar SBMPTN?

Kamu bisa membayar biaya SBMPTN lewat Bank Mandiri dan Bank Mandiri, kedua Bank tersebut merupakan Bank yang sudah bekerja sama dengan SBMPTN. Pembayaran bisa dilakukan lewat Bank Mandiri atau Bank BNI di seluruh wilayah Indonesia. Lakukan pembayaran di Bank yang lokasinya terdekat dengan tempat tinggal kamu, supaya bisa menghemat tenaga, biaya, dan waktu.

 

d. Bagaimana Cara Membayar Biaya SBMPTN Lewat Teller Bank

Silahkan kamu datang ke Bank Mandiri atau Bank BNI dengan menunjukkan bukti cetakan pendaftaran tahap awal SBMPTN. Setelah itu petugas Bank akan melihat bukti tersebut serta kamu akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- sebagai biaya pendaftaran SBMPTN. Setelah itu, proses pembayaran selesai maka kamu akan mendpatkan KAP dan PIN yang bisa digunakan untuk melanjutkan proses pendaftaran SBMPTN.

 

e. Bagaimana Cara Membayar Biaya SBMPTN lewat ATM

Selain bisa membayar melalui Teller Bank, kamu juga bisa melakukan pembayaran biaya SBMPTN lewat ATM. Disini kamu akan dijelaskan pembayaran melalui ATM Bersama, ATM Mandiri, Mandiri SMS, dan Mandiri Internet.

ATM Mandiri

Ikuti langkah – langkah pembayaran SBMPTN lewat ATM Mandiri,

  1. Masukkan PIN ATM lalu pilih menu BAYAR
  2. Pada menu BAYAR / BELI, pilih menu PENDIDIKAN
  3. Masukkan kode pembayaran yang tercetak pada slip pembayaran biaya seleksi SBMPTN yang digunakan, setelah melakukan pendaftaran di halaman pendaftaran.sbmptn.ac.id
  4. Pilih item pembayaran SBMPTN, ketikan nomor urut yang ada disamping kiri. Jika sudah benar, pilih YA
  5. Menu Konfirmasi Pembayaran
  6. Cek kembali detil pembayaran (terutama bagian KAP)
  7. Bila sudah benar, pilih tombol IYA/YA
  8. Pastikan muncul tulisan transaksi sukses pada layar ATM, lalu keluar struk ATM sebagai bukti yang sah pembayaran
  9. Transaksi selesai, simpan cetak Struk / Resi sebagai bukti pembayaran

ATM Bersama

Ikuti langkah – langkah pembayaran SBMPTN lewat ATM Bersama,

  • Masukkan kartu ATM, lalu masukkan PIN ATM kamu dan akan muncul MENU
  • PENARIKAN CEPAT. Kemudian, pilih menu TRANSAKSI LAINNYA
  • Pilih menu TRANSFER LINK / ATM BERSAMA / PRIMA
  • Masukkan kode bank dan kode pembayaran biaya seleksi SBMPTN
  • Kode bank di isi dengan : 008
  • Kode SBMPTN : 10000
  • No. Rek / Kode Bayar : 83838383838 ( 11 Digit)
  • Masukkan Norek (Nomor Referensi) (boleh di isi atau tidak). Kemudian masukan jumlah RP. 200.000,00.
  • Masukkan Jenis Rekening, setelah itu lakukan KONFIRMASI TRANSFER “YA”
  • Transaksi selesai serta simpan struk atau resi sebagai bukti pembayaran

 

f. Ada Cara Lain Untuk Biaya SBMPTN Selain Melalui ATM dan Teller Bank

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membayar biaya SBMPTN adalah melalui Mandiri Internet atau Mandiri SMS. Berikut ini penjelasannya,

Mandiri SMS

Selain membayar melalui Teller Bank dan ATM Bersama atau ATM Mandiri, kamu juga bisa membayar biaya SBMPTN lewat Mandiri SMS. Cara yang bisa kamu lakukan adalah,

  • Ketik : BYR <spasi> SBMPTN <spasi> <1> <spasi> <kode pembayaran>.
  • Kirim ke 3355.
  • Jika ada pesan membayar berhasil, maka kamu akan memperoleh pesan SMS dari 3355 untuk memasukkan PIN SMS Banking Bank Mandiri.
  • Jika PIN SMS Banking Bank Mandiri yang dimasukkan benar, maka kamu akan mendapatkan pesan SMS dari 3355 yang berisi KAP, Kode Pembayaran, serta Nama pendaftar SBMPTN.

Mandiri Internet

Langkah – Langkah pembayaran Biaya SBMPTN melalui Mandiri Internet

  • Masukkan User ID serta Password Internet banking kamu.
  • Pilih menu Pembayaran, serta pilih menu Pendidikan.
  • Screen Pendidikan.
  • Ketik No Rekening yang akan kamu debet
  • Pilih, SBMPTN sebagai penyedia jasa
  • Masukkan kode pembayaran yang kamu peroleh saat pendaftaran pada laman pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Pilih tagihan yang akan dibayar dengan memberi tanda V
  • Masukkan Challenge Code pada Token PIN Mandiri, serta masukkan PIN yang dihasilkan Token.
  • Hasil transaksi : Setelah transaksi sukses, secara otomatis akan menampilkan KAP dan
  • Nama Peserta, sesuai dengan yang tercetak pada slip pembayaran biaya seleksi SBMPTN.

Dari sekian banyaknya cara pembayaran biaya SBMPTN, silahkan lakukan pembayaran melalui salah satu cara yang menurut kamu paling mudah serta aman. Saya sarankan kamu membayar lewat pendaftaran lewat Teller Bank karena tidak beresiko.

Jika kamu membayar lewat ATM, atau cara lainnya bisa ada resiko salah ketik atau salah kode ataupun salah tekan angka, atau lain sebagainya yang bisa menyebabkan pembayaran biaya SBMPTN menjadi gagal.

Baca Juga : 6+ Contoh Laporan Prakerin TKJ, TKR, Akuntansi, MM, AP, Lainya

 

Biaya Kuliah Jalur SBMPTN

Bagi kamu yang sudah dinyatakan lulus seleksi lewat jalur SBMPTN, maka kamu harus mengetahui besarnya biaya kuliah jalur SBMPTN yang harus dibayarkan. Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pembayaran biaya kuliah sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau yang biasa disebut dengan UKT, dimana biaya tersebut mencakup biaya lainnya. jadi mahasiswa baru yang sudah lulus seleksi melalui jalu SBMPTN cukup membayar biaya UKT saja tanpa membayar biaya uang bangunan, uang pangkal, atau pun biaya lainnya.

UKT dibayar setiap awal semester dan besarnya sama dari awal semester 1 sampai semester akhir. Besarnya UKT ini didasarkan pada jumlah penghasilan orang tua mahasiswa dan pilihan program studi kamu. Jika orang tua kamu kaya, maka UKT kamu akan berada pada level tertinggi, sedangkan jika orang tua kamu kuran mampu maka UKT kamu akan berada pada level rendah.

Begitu juga dengan pilihan program studi, contohnya saja memilih program studi kedokteran serta mendapat UKT lewat III, maka kamu berbeda dengan teman kamu yang memilih program studi Teknologi Informatika, meskipun sama – sama UKT berada pada level III.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur SBMPTN Tahun 2020 / 2021. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam cara membayar biaya pendaftaran jalur SBMPTN, dan semoga kamu bisa diterima dalam jalur SBMPTN, Aamiin.

Jangan patah semangat dalam belajar serta jangan patah semangat dalam mengejar Cita – Cita yang ingin kamu capai dalam kehidupan kamu. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi,

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight