Bulu Tangkis: Pengertian, Teknik, Peraturan, Sejarah, Lapangan

By

peraturan bulu tangkis

Bulutangkis atau yang lebih dikenal dengan and1 tante badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup favorit di kalangan anak muda dan cukup terkenal pula bagi orang Indonesia.

Di Indonesia sendiri banyak atlet-atlet bulutangkis yang menorehkan prestasinya pada ajang ajang besar misalnya seperti Asian games, olimpiade, dan lain sebagainya. Banyak sekali atlet Indonesia yang berhasil mendapatkan juara 1 dalam perlombaan dunia dan mengharumkan nama Indonesia pada cabang olahraga bulutangkis.

Dalam kesempatan ini pintarnesia akan membahas secara lebih mendalam mengenai bulutangkis. Pembahasan yang akan dijelaskan meliputi pengertian bulu tangkis, teknik bermain bulu tangkis, peraturan permainan bulu tangkis, sejarah bulu tangkis dan lapangan yang digunakan dalam cabang olahraga bulutangkis.

 

Pengertian Bulu Tangkis

Bulu Tangkis

Berdasarkan dari artinya bulu tangkis berasal dari kata “bulu” dan “tangkis” yang mana arti kata “bulu” sendiri adalah perwujudan dari bentuk kok atau shuttlecock yang terbuat dari bahan dasar bulu angsa. Sedangkan arti kata “tangkis” sendiri merupakan kata dasar dari menangis.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa permainan bulu tangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga dengan menggunakan alat raket dan kok dan cara permainannya itu dengan menangkis pergerakan kok atau shuttlecock. Bulu tangkis dapat dimainkan oleh 1 sampai 2 orang, dengan kata lain yaitu 2 orang untuk permainan tunggal dan 2 pasangan untuk permainan bulutangkis ganda.

Secara umum permainan olahraga bulu tangkis ini hampir mirip dengan cabang olahraga tenis. Namun, tipe permainan yang diterapkan, teknik dan peraturan yang ditentukannya pun berbeda dengan olahraga tenis.

Baca Juga : Permainan Bola Voli Lengkap

 

 

Teknik Bulu Tangkis

bulu tangkis

Bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang sama dengan cabang olahraga jenis lainnya karena sama-sama membutuhkan teknik dalam permainannya. Dalam permainan bulu tangkis sendiri terdapat beberapa macam teknik yang harus dikuasai oleh para pemain bulu tangkis. Sangat dibutuhkannya teknik  yang baik dan benar sebagai dasar bagi para pemain bulu tangkis yang profesional.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa teknik yang harus dikuasai dalam permainan bulutangkis antara lain adalah sebagai berikut:

 

1. Teknik Memegang Raket

Teknik yang paling awal dan dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis adalah cara memegang raket bulu tangkis. benar atau tidaknya seseorang untuk memegang raket bulu tangkis akan mempengaruhi kualitas yang akan dihasilkan dari pukulan terhadap kok atau shuttlecock.

Bagi seorang pemula yang ingin belajar olahraga bulutangkis maka harus teliti dalam memperhatikan genggaman raket yang dipegang dan harus benar-benar menguasai teknik memegang raket terlebih dahulu. Untuk teknik memegang raket dalam permainan bulu tangkis dibagi menjadi dua, yaitu forehand dan back hand.

 

A. Teknik Pegangan Forehand

bulu tangkis

Teknik dalam permainan bulu tangkis dengan menggunakan pegangan forehand atau merupakan teknik pegangan dasar yang harus diterapkan oleh para pemain bulutangkis terutama bagi pemula. Di bawah ini merupakan teknik pegangan forehand:

  • Raket dipegang dengan menggunakan tangan kiri dan kepala raket berada dalam posisi menyamping.
  • Raket dipegang seperti layaknya seseorang yang menyodorkan tangan untuk bersalaman. Bentuk “V” tangan berada pada posisi bagian gagang raket.
  • Jari tengah, jari manis, dan jari kelingking menggenggam raket, sementara untuk jari telunjuk agak menjauh dalam memegang raket.
  • Ibu jari terletak dalam posisi diantara tiga jari dan jari telunjuk.

 

B. Teknik Pegangan Backhand

bulu tangkis

Untuk teknik pegangan backhand dalam permainan bulu tangkis yaitu raket dipegang dengan menggeser “V” ke arah dalam. Lalu kemudian bantalan jempol diposisikan pada pegangan raket yang lebar.

 

2. Footwork

Teknik footwork Dalam permainan bulu tangkis dijadikan sebagai penyangga tubuh supaya badan dapat berada pada posisi si yang sangat memungkinkan untuk dapat melakukan pukulan kok yang efektif. Latihan untuk dapat gunakan teknik footwork yang paling penting adalah setiap pemain bulutangkis diharuskan memiliki kecepatan gerak untuk dapat selalu siap menerima kok yang datang kapan saja. Kecepatan kaki dapat diatur dengan latihan yang rutin.

 

3. Hitting Poisition

Posisi persiapan atau posisi siap sangatlah penting dalam permainan bulu tangkis untuk dapat menghasilkan pukulan kok yang berkualitas. Berikut ini merupakan cara atau teknik dalam melakukan hitting position Dalam permainan bulu tangkis.

 

A. Overhead Pegangan Tangan Kanan

Berikut ini adalah cara hotting position pegangan tangan kanan.

  • Badan berada pada posisi menyamping kearah net pada permainan bulu tangkis.
  • Letakkan kaki kanan tepat berada di belakang kaki kiri.
  • Pada saat akan memukul kok, pemain bulutangkis harus mengalami perpindahan berat badan dari kaki kanan menuju ke kaki kiri.
  • Badan harus selalu pada posisi belakang dari kok yang nantinya akan dipukul.

B. Pukulan Underhand Net

Berikut ini adalah cara pukulan underhand net, antara lain.

  • Posisi salah satu kaki berada di depan.
  • Lutut kaki kanan kemudian dibengkokkan, sehingga posisi paha pada bagian bawah agak turun.
  • Rendah tingginya posisi paha dapat disesuaikan dengan ketinggian kok yang nantinya akan dipukul.
  • Kemudian pada saat bola dipukul posisi kaki kiri harus selalu berada pada bagian belakang, hanya saja bergeser sedikit ke arah depan.

 

4. Servis

bulu tangkis

Teknik servis dalam permainan bulutangkis adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh pemain bulu tangkis untuk mengawali permainan. Servis juga dilakukan apabila kok yang telah dimainkan telah mati, dan memulai pukulan pertama lagi dengan teknik servis.

Apabila teknik dalam melakukan servis dinyatakan fault oleh wasit maka hal itu akan menjadi keuntungan bagi lawan main.

Teknik servis dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu servis pendek, servis tinggi dan servis setengah tinggi. Berikut ini merupakan penjelasan teknik dari ketiga jenis macam teknik servis pada permainan bulutangkis.

 

A. Servis Forehand Pendek

Servis forehand pendek pada permainan bulu tangkis memiliki tujuan agar lawan main tidak dapat melakukan serangan dengan cepat. Sehingga secara otomatis lawan main akan berada pada posisi bertahan. Teknik untuk dapat melakukan servis forehand pendek antara lain yaitu:

Raket diayunkan pada saat akan memukul kok dengan ayunan yang relatif pendek. Kemudian pada saat raket berkenaan dengan kok, kasihku berada dalam posisi bengkok agar dapat menghindari penggunaan tenaga pada pergelangan tangan. Cara melakukan servis forehand pendek perhatikan peralihan pada titik berat badan.

 

B. Servis Forehand Tinggi

Secara umum servis forehand tinggi dalam permainan bulutangkis biasanya digunakan pada permainan tunggal. Teknik yang digunakan dalam servis ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Selalu perhatikan dan konsentrasi terhadap kok yang nantinya akan dipukul.
  • Kemudian pukul kok dengan sekuat-kuatnya agar dapat melayang jauh, kamu juga harus selalu memperhatikan agar pendaratan kok tidak out.
  • Kedua kaki dibuka selebar bahu saat akan memukul kok.
  • Perhatikan ayunan raket saat akan memukul kok.
  • Kemudian gerakan peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kehidupan secara

 

C. Servis Backhand

Jika teknik-teknik sebelumnya digunakan dalam Permainan tunggal bulutangkis. Kemudian selanjutnya servis back hand yang yang biasa digunakan pada permainan ganda atau pasangan. Berikut ini merupakan teknik servis backhand dalam permainan bulu tangkis:

  • Posisi salah satu kaki berada di depan, kemudian ujung kaki kanan mengarah pada sasaran yang akan dituju oleh kok.
  • Kedua kaki dibuka selebar pinggul yang diikuti dengan lutut dibengkokkan. Kemudian sikap badan tetap rileks dan selalu konsentrasi.
  • Ayunkan raket dengan ayunan yang pendek agar nantinya kok dapat didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang menuju ke kaki depan dengan gerakan secara kontinyu.
  • Kemudian arahkan menuju lapangan permainan lawan.

 

5. Underhand

Daam melakukan teknik ini seorang pemain bulutangkis diharuskan memiliki keterampilan dan kecepatan dalam menangkap atau menerima kok. Pada posisi untuk menjangkau kok maka siku berada dalam kondisi bengkok dan selalu mempertahankan sikap tubuh yang tegak. Sehingga lutut kanan berada pada posisi tertekuk. Berikut ini merupakan teknik untuk melakukan teknik underhand Dalam permainan bulu tangkis:

  • Raket dipegang sesuai dengan teknik yang digunakan, misalnya menggunakan pegangan raket forehand untuk underhand forehand, dan gunakan pegangan back hand untuk underhand back hand.
  • Posisi pergelangan tangan dan siku agak dibengkokkan ke belakang
  • Langkahkan kaki kanan ke depan diikuti dengan ayunan raket yang relatif pendek ke belakang, kemudian pukul dengan posisi tangan lurus saat raket telah berkenaan dengan kok.
  • Pukul bola yang kira-kira dekat dengan kaki kanan pada bagian luar.

 

6. Overhead Clear (Lob)

Overhead clear atau yang biasa disebut dengan pukulan lob adalah pukulan yang jauh dan dan posisi kok melayang atau melambung. teknik untuk dapat melakukan pukulan overhead clear harus selalu dapat dikuasai oleh para pemain bulu tangkis. Pukulan overhead clear dapat dibagi menjadi dua macam yaitu deep lob atau  clear dan attacking lob atau clear.

Deep lob atau clear adalah pukulan di mana posisi kok melambung tinggi ke belakang. Sedangkan untuk daging lob atau clear adalah pukulan di mana posisi kok melambung tidak terlalu tinggi.

Berikut ini merupakan teknik dalam melakukan pukulan overhead clear atau pukulan lob dalam permainan bulu tangkis:

  • Dengan menggunakan pegangan forehand dan raket dipegang pada pada samping bahu.
  • Posisi badan menyamping ke arah net.
  • Posisi kaki kanan terletak pada bagian belakang kaki kiri, dan pada saat memukul bola melakukan perpindahan beban badan dari kaki kanan menuju kaki kiri.
  • Badan selalu berada dalam posisi belakang bola saat akan memukul kok.
  • Pukul kok seperti saat akan melempar nya.
  • pada saat rakyat akan berkenaan dengan memakai tangan harus dalam posisi yang lurus.
  • Posisi akhir raket kemudian mengikuti arah bola dan lepas kok.
  • Kemudian selanjutnya lanjutkan pergelangan pada raket saat akan berkenaan dengan kok.

 

7. Smash

bulu tagkis

Teknik smash dalam permainan bulutangkis adalah gerakan yang biasanya digunakan pada saat akan memukul kok dengan kecepatan yang tinggi. Tujuan dari pukulan smash antara lain yaitu untuk dapat mematikan lawan dengan. Smash pada permainan bulu tangkis dapat dilakukan dalam posisi diam ataupun sambil meloncat atau king smash.

Berikut ini merupakan teknik untuk dapat melakukan pukulan smash dalam permainan bulu tangkis antara lain yaitu:

  • Badan selalu dalam posisi yang rileks dan lentur, kemudian kedua lutut dibengkokkan dan selalu konsentrasi terhadap kok.
  • Perkenaan raket dan kok di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk dapat menjangkau kok setinggi mungkin dan gunakanlah tenaga pada pergelangan tangan pada saat akan memukul kok.
  • Kemudian lakukan gerakan jutan dengan cara mengayunkan raket yang sempurna menuju ke depan badan.

 

8. Dropshot

Pukulan dropshot dalam permainan bulutangkis adalah pukulan an-nur dapat meluncurkan kok menuju ke daerah lawan yang posisinya sedekat mungkin dengan net. Ciri-ciri yang dimiliki oleh pukulan dropshot adalah posisi jatuhnya kok dekat dengan net pada daerah lawan.

Saat akan melakukan pukulan dropshot maka para pemain bulutangkis diharuskan untuk melakukan pukulan yang keras namun diusahakan untuk dapat jatuh dekat dengan mata pada daerah lawan main.

Berikut ini merupakan teknik untuk dapat melakukan pukulan dropshot dalam permainan bulu tangkis antara lain yaitu:

  • Menggunakan pegangan raket forehand.
  • Raket berada pada posisi samping bahu.
  • Badan berada dalam posisi yang menyamping secara vertikal dengan arah net kemudian posisi kaki kanan terletak di belakang kaki kiri.
  • Saat akan memukul kok, melakukan perpindahan di antara beban badan dari kaki kanan menuju ke kaki kiri.
  • Posisi badan harus selalu berada di belakang kok yang akan dipukul.
  • pada saat berkenaan dengan tangan berada dalam posisi yang lurus untuk menjangkau bola dan mendorong dengan sentuhan halus.
  • Kemudian posisi akhir raket mengikuti arah gerakan dari kok.

 

9. Netting

Netting dalam permainan bulutangkis adalah pukulan yang pendek terhadap kok yang dilakukan didepan net dan arah jatuhnya kok juga berada di dekat net pada daerah lawan main. Ciri atau karakteristik yang dimiliki dari netting dalam permainan bulutangkis adalah jatuhnya kok bergulir sangat dekat dengan net pada daerah lawan main.

Berikut  ini merupakan cara melakukan teknik pukulan netting dalam permainan bulu tangkis antara lain yaitu:

  • Raket dipegang dengan menggunakan gaya forehand untuk forehand net, Sedangkan untuk gaya Backhand untuk melakukan backhand samping net.
  • Siku berada pada posisi bengkok dan pergelangan tangan ditekuk sedikit ke belakang.
  • Saat akan memukul kok, posisi kaki kanan berada di depan dan kok dipukul setinggi mungkin.
  • Harga berkenaan dengan kok maka lakukan tarikan kecil pada pergelangan tangan. Kemudian pukul lah kok pada bagian lengkung kanan dan juga kiri sampai pada bagian bawah kok.

 

10. Drive

Drive dalam permainan bulutangkis adalah jenis pukulan yang cepat dan mendatar. biasanya teknik drive dalam permainan bulutangkis digunakan pada permainan ganda atau pasangan. Tujuan dari drive antara lain yaitu untuk dapat menghindari agar lawan tidak menyerang. Atau justru malah sebaliknya yaitu memaksa lawan untuk dapat mengangkat dan berada pada posisi bertahan.

Untuk melakukan pukulan drive diperlukan adanya kekuatan otot bahu dan menggunakan lecutan pergelangan pada saat akan dipukul.

Baca Juga : Sepak Bola Lengkap

 

 

Peraturan Bulu Tangkis

peraturan bulu tangkis

Dalam permainan bulu tangkis terdapat pula peraturan Sama halnya dengan jenis cabang olahraga yang lainnya. Peraturan yang berlaku dalam permainan bulu tangkis haruslah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh IBF. Peraturan dalam hal ini bukan hanya menyangkut mengenai peralatan atau perlengkapan yang digunakan saja. Akan tetapi juga menyangkut para pemain yang akan mengikutinya, misalnya yaitu produsen peralatan.

  • Dalam permainan bulutangkis permainan dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya yaitu partai tunggal dan partai ganda. Setiap partai berlaku untuk putra ataupun untuk putri. Dan pada parta ganda terdapat campuran antara putra dan putri yang dinamakan ganda campuran.
  • Pertandingan bulutangkis akan dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu oleh 4 hakim garis. Apabila bola telah keluar lapangan maka hakim garis akan merentangkan kedua tangan ke samping.
  • Sebelum permainan bulutangkis dimulai, terlebih dahulu akan dilakukan undian untuk menentukan siapa yang akan melakukan servis terlebih dahulu.

 

Perhitungan Angka

Dalam melakukan perhitungan angka atau skorsing pada permainan bulu tangkis memiliki ketentuan. Pada umumnya perhitungan angka dilakukan dengan dua kali kemenangan. Sejak pada tahun 2006, semua partai dalam permainan bulu tangkis menggunakan sistem pemenang 2 dari 3 set dimana masing-masing didapat dengan menggunakan sistem penilaian rally point. Setiap satu set dilakukan dengan jumlah game 21.

Kemudian apabila terjadi kedudukan antara nilai 20-20 maka akan dinamakan yus. Dan untuk dapat mencari kemenangan setelah kedudukan berada pada selisih 2 poin.

Baca Juga : Peraturan Permainan Softball Lengkap

 

 

Sejarah Bulu Tangkis

bulu tangkis

Cabang olahraga bulutangkis diciptakan oleh petugas tentara Britania di Pune, India yaitu sekitar pada abad ke-19 pada saat mereka menambahkan jaring dan kemudian memainkannya sejarah perlawanan atau persaingan. Oleh sebab itu, kota Pune yang sebelumnya dikenal dengan nama Poona, Poona merupakan permainan Pada masa itu.

Kemudian para tentara cara membawa permainan tersebut menuju kembali ke Inggris pada tahun 1850-an. Cabang olahraga ini disebut dengan nama bulutangkis pada tahun 1860 di sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, yang merupakan seorang penyalur mainan Inggris. Permainan ini dimainkan di gedung badminton badminton hall, Estat Duke of Beaufort’s Di Gloucestershire, Inggris.

Peraturan pertama kali dituliskan oleh Klub Badminton Bath pada tahun 1877. Asosiasi bulutangkis di Inggris dibentuk pada tahun 1893 dan kejuaraan all England merupakan perlombaan internasional yang pertama kali dilakukan pada tahun 1899.

Baca Juga : Lompat Tinggi Lengkap

 

 

Lapangan Bulu Tangkis

bulu tangkis

Setelah kita tahu bahwa bentuk dari lapangan yang digunakan dalam permainan bulutangkis adalah berbentuk persegi panjang. Lapangan tersebut dibagi menjadi dua daerah yang dibatasi oleh net yang membentang dan berada di tengah.

Berikut ini merupakan beberapa garis dalam lapangan bulu tangkis antara lain yaitu:

  • Garis servis depan
  • Garis servis Tengah
  • Garis servis belakang dalam permainan ganda
  • Garis servis samping dalam permainan tunggal pada sisi kiri dan sisi kanan.

Garis-garis yang terdapat pada lapangan bulu tangkis memiliki ketebalan sekitar 40 mm. sebutkan warna yang digunakan untuk membuat garis tersebut haruslah kontras dengan warna lapangan, sehingga garis dapat dengan mudah dilihat.

Alas lapangan permainan bulu tangkis berbahan dasar dari sintesis yang lunak dan juga kayu. Lapangan permainan bulu tangkis tidak dibolehkan untuk menggunakan bahan-bahan misalnya seperti beton. karena hal itu dapat mengakibatkan cidera bagi para pemain bulu tangkis.

Berikut ini merupakan ukuran dari lapangan bulutangkis yang telah ditetapkan dengan standar internasional yaitu:

  • Lapangan badminton memiliki panjang yaitu 13,40 m.
  • Dan memiliki lebar lapangan yaitu 6,10 m.
  • Jarak garis servis depan dari garis net yaitu 1,98 m.
  • Jarak garis servis rumah dari garis samping lapangan bulu tangkis yaitu 3, 05 m.
  • Jarak garis servis belakang pada lapangan bulu tangkis yang digunakan dalam permainan ganda yaitu 0,76 m.
  • Dan jarak garis samping lapangan bulu tangkis pada permainan tunggal dari garis pinggir lapangan yaitu 0,46 m.
  • Tinggi net yaitu 1,52 m.
  • Dan tinggi tiang net yaitu 1,55 m.

 

Itulah pembahasan tentang bulu tangkis yang dapat dijelaskan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah dijelaskan di atas dapat dengan mudah dipahami dan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan baru dalam dunia olahraga. Apabila dalam penulisan atau dalam penjelasan terdapat kekurangan, mohon dimaafkan. Sekian, Terimakasih. Salam teman pintar!

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *