√ 18+ Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan menurut Psikologi

18+ Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan menurut Psikologi

18+ Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan menurut Psikologi

Cara Belajar Efektif – Sebagai manusia yang hidup di dunia, belajar sudah menjadi kewajiban dari lahir hingga meninggal dunia. Kapanpun waktunya dan dimanapun tempatnya pasti kita tidak akan lepas dari yang namanya belajar. Bukan hanya belajar perihal mata pelajaran di sekolah atau mata kuliah di jenjang perguruan negeri, namun berlatih bermain sepeda saat kita kecil juga bisa disebut belajar. Kata belajar sendiri memiliki artian yang sangat luas yang mana selalu di kaitkan dengan kegiatan sekolah dan kuliah, namun secara realistis manusia hidup ya pasti belajar tidak hanya di sekolah, tapi bisa juga di lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, dan lain contohnya.

Namun, perlu kita sayangkan bahwa tak semua orang memiliki pemikiran senang akan kegiatan belajar, pada sebagian orang belajar merupakan hal menyeramkan yang membuat mata kantuk serta kepala pusing. Padahal sebenarnya belajar itu mengasyikkan, karena kita jadi mengetahui banyak hal baru. Rasa tidak senang pada belajar ini perlu kita waspadai, karena kemalasan akan menyesatkan kita kedepannya.

Mungkin ada faktor faktor penyebab kenapa seseorang tidak menyukai belajar seperti tempat belajar, apa yang dipelajari, bahkan siapa yang menemaninya belajar juga dapat berpengaruh pada suasana hati saat belajar.

 

Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

Maka dari itu, pada artikel ini akan kita bahas hal – hal mengenai cara atau tindakan yang dapat kita lakukan agar kegiatan belajarnya semakin menyenangkan.

 

1. Buat Jadwal Waktu Belajar

Waktu merupakan hal yang paling utama bagi para pelajar yang mana ini akan memberatkan mereka yang mempunyai jadwal padat atau sibuk serta mempunyai kebiasaan yang malas. Dengan itu, diperlukan jadwal waktu belajar yang terstruktur untuk dapat belajar dengan fokus, dengan demikian kegiatan belajar akan lebih terjadwal dan juga terkesan rapi. Sebisa mungkin kita harus disiplin dan konsisten terhadap jadwal yang telah kita buat.

2. Terus Berusaha

Rasa menyerah akan hal yang dipelajari pasti sering muncul dalam benak seseorsng, namun dengan demikian jangan jadikan hal ini sebagai jalan untuk menyerah, justru dengan ini jadikanlah sebagai pemotivasi diri untuk gigih dan tetap berusaha agar apa yang dirasa sulit akan lebih mudah dipahami.

3. Awali Dengan Niat dan Doa

Semua kegiatan yang kita lakukan akan lebih baik jika diawali dengan niat yang mumpuni tak terkecuali dengan belajar. Hendaklah kita sepenuh hati dalam melakukan sesuatu hal. Dengan diawali niat, semangat dalam diri akan semakin berkobar yang memacu pikiran akan lebih memahami. Dan jangan lupa berdoa supaya ilmu yang kita pelajari dapat diberkahi oleh Tuhan dan berguna bagi kehidupan sehari – hari.

4. Membuat Peta Materi

Dengan banyaknya hal yang perlu dipelajari, terkadang kita bingung akan hal mana yang harus mulai dipelajari terlebih dahulu. Dengan begitu peta konsep materi sangat dibutuhkan dalam hal ini agar kita belajar dengan lebih terurut. Penggunaan peta materi dalam belajar juga akan lebih menunjang pemahaman kita menganai intisari dari masalah yang dipelajari.

5. Tanyakan jika Bingung

Dalam belajar, bertanya kepada yang lebih memahami sangat dibutuhkan saat kita mengalami kebingungan akan hal yang kita pelajari. Jangan segan dan jangan malu untuk bertanya, karena dengan cara ini kita akan lebih memahami konteks dari berbagai sudut pandang. Dengan bertanya kita dapat menambah wawasan yang belum kita ketahui atau dapat mengetahui cara lain dalam menyelesaikan masalah.

6. Awali dengan Suka

Minat memang hal awal yang benar – benar harus ditopang saat akan belajar. Usahakan dulu kita menyukai hal yang akan kita pelajari, karena dengan rasa tidak suka akan suatu pelajaran akan membuat diri malas dan kurang keingintahuannya akan hal tersebut. Jika kita sudah menyukai hal yang akan kita pelajari, pasti semangat kita untuk mempelajarinya akan lebih besar.

7. Gunakan Cara Bervariasi

Di era digital seperti ini,sudah tidak asing lagi dunia internet bagi kita. Gunakan media tersebut untuk menunjang belajar kita supaya tidak terlalu monoton misal dengan contoh carilah materi dalam bentuk video, dengan begitu cara belajar kita tidak terpaku dengan membaca dan menulis tetapi kemampuan pendengaran kita juga ikut serta dalam pembelajaran ini. Dalam internet, semua
tentang materi yang kita pelajari mudah kita temui pembahasannya dalam berupa gambar, audio, video animasi ataupun video mentoring yang dilakukan oleh guru. Dengan banyak variasi yang kita coba dalam belajar akan membuat kita tidak merasa bosan dengan belajar.

8. Carilah Tempat Ternyaman

Tempat yang nyaman berpengaruh besar dalam suasana hati dan pikiran saat kita belajar. Tempat yang kotor atau lembab pastinya membuat kita risih dan juga menurunkan rasa semangat dalam belajar. Nahh, oleh karena itu sebelum belajar, carilah tempat yang memang nyaman, bersih, dan menyenangkan agar suasana hati dan pikiran juga semangat.

9. Simpulkan Hasil yang Dipelajari

Buatlah hasil kesimpulan dari hal yang telah kita pelajari sebagai tolak ukur seberapa paham kita dengan materi yang baru saja dipelajari. Hasil kesimpulan ini juga bisa digunakan untuk bahan belajar kedepannya karena sudah berisikan intisari hal – hal yang telah kita pelajari.

10. Prioritaskan Belajar

Tanamkan dalam diri akan pentingnya belajar, prioritaskan dan jadikan belajar sebagai bahan kebutuhan yang yang harus terpenuhi setiap harinya. Hal ini akan membakar semangat kita untuk terus belajar dan belajar lagi. Jika sudah bersemangat maka ilmu yang kita pelajari akan lebih mudah terserap ke pikiran.

11. Latihan Soal

Tidak hanya perihal membaca, mengingat dan mendengarkan namun latihan soal juga sangat penting untuk menunjang keefektifan belajar. Ingatan dan kemampuan kita tentang hal yang telah dipelajari akan diukur dari soal soal yang kita jawab dengan benar. Jawaban yang salah juga bisa menjadi tolak ukur kemampuan kita akan materi tersebut.

12. Cari Tenang dan Fokus

Berkaitan dengan hal konsentrasi, setiap insan satu dengan insan lainnya memiliki cara berkonsentrasi yang berbeda – beda. Ada yang dapat berkonsentrasi pada suasana hening, ada pula yang konsentrasinya memuncak saat mendengarkan musik atau lagu – lagu favorit. Dengan demikian, lakukanlah hal yang kiranya dapat membantu berkonsentrasi lebih.

13. Belajar Kelompok

Tujuan dari dilakukannya belajar kelompok adalah supaya kita bisa berdiskusi dengan teman lain perihal materi yang dipelajari. Kegiatan berdiskusi ini dapat menunjang tingkat pemahaman pada sebagian orang karena materi yang dipelajari tidak hanya dihafalkan dan dipelajari sendiri tetapi juga dapat menyatukan sudut pandang tentang materi tersebut dengan teman – teman yang lainnya.

14. Pelajari Perlahan

Jangan terlalu berambisi dalam belajar, kita mulai perlahan saja, supaya ilmu yang terserap juga lebih mudah dipahami tidak hanya terlintas di pikiran karena belajar materi yang banyak dalam waktu yang singkat justru ilmu tersebut tidak akan tertanam dalam pikiran.

15. Bukan Sistem Penghafal tetapi Sistem Pemahaman

Sistem menghafal hanya akan bertahan dalam pikiran dengan waktu singkat, setelah itu ingatan tersebut akan hilang dan bedanya dengan sistem pemahaman adalah hasil yang tertanam di pikiran akan bertahan lebih lama dan juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Itulah beberapa poin yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan cara belajar yang efektif dan juga
efisien. Upaya terakhir yang perlu kita lakukan adalah dengan menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari – hari dan juga mengajarkannya pada penerus – penerus kita kelak.

 

16. Belajar dengan Di iringi Musik

Musik dapat membantu meningkatkan konsentrasi dalam belajar, namun tidak berlaku untuk semua orang. Ada juga orang yang tingkat konsentarsinya meningkat tanpa adanya musik. Dengarlah musik instrumental supaya konsentrasi tidak terpecah antara belajar dan mendengarkan musik. Terkadang malah justru kita fokus mendengarkan musik daripada belajar. Maka dari itu, carilah musik yang tidak mengganggu belajar kalian.

 

17. Jangan Kebut Semalam

Belajar terlalu banyak saat menjelang ujian merupakan cara yang keliru untuk dijadikan strategi belajar kita. Sebenarnya waktu saat akan menghadapi ujian sebaiknya digunakan untuk mengistirahatkan otak sekejap. Sistem Kebut Semalam sangat merusak cara berpikir kita, karena otak akan merasakan tekanan. Dan kebanyakan malah justru ingatan hilang atau tidak gampang masuk otak dengan strategi belajar tersebut. Sebaiknya sejak jauh hari kita harus menyicil materi yang harus dipahami saat ujian dan berlatih sejak jauh hari agar semakin mantap pemahaman kita.

 

18. Ingat Tujuan Utama

Tujuan utama kita ke sekolah adalah untuk mencari ilmu pengetahuan, bukan hanya mencari atau memperoleh nilai yang baik saja. Nilai bukan suatu tolak ukur kualitas seseorang. Nilai berapapun yang didapat saat ujian kebanyakan tidak berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Kita juga harus mencari ilmu mengenai sikap yang baik kepada orang lain, cara menghargai orang lain, dan lain sebagainya yang dapat membantu dalam menuju kesuksesan kita.

 

Selesai sudah kita membahas mengenai beberapa cara belajar efektif yang dapat kita tiru dirumah. Semoga Pintarnesia dapat membantu kesulitan kalian dalam mengatasi cara belajar yang efektif. Bila ada kesalahan kata mohon dimaafkan dan dimaklumi.



99 Asmaul Husna Latin, Arab, Terjemahan Artinya, Asmaul Husna + Tabel

99 Asmaul Husna Latin, Arab, Terjemahan Artinya, Asmaul Husna + Tabel

Cara Belajar Efektif – Sebagai manusia yang hidup di dunia, belajar sudah menjadi kewajiban dari lahir hingga meninggal dunia. Kapanpun waktunya dan dimanapun tempatnya pasti kita tidak akan lepas dari yang namanya belajar. Bukan hanya belajar perihal mata pelajaran di sekolah atau mata kuliah di jenjang perguruan negeri, namun berlatih bermain sepeda saat kita kecil juga bisa disebut belajar. Kata belajar sendiri memiliki artian yang sangat luas yang mana selalu di kaitkan dengan kegiatan sekolah dan kuliah, namun secara realistis manusia hidup ya pasti belajar tidak hanya di sekolah, tapi bisa juga di lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, dan lain contohnya.

Namun, perlu kita sayangkan bahwa tak semua orang memiliki pemikiran senang akan kegiatan belajar, pada sebagian orang belajar merupakan hal menyeramkan yang membuat mata kantuk serta kepala pusing. Padahal sebenarnya belajar itu mengasyikkan, karena kita jadi mengetahui banyak hal baru. Rasa tidak senang pada belajar ini perlu kita waspadai, karena kemalasan akan menyesatkan kita kedepannya.

Mungkin ada faktor faktor penyebab kenapa seseorang tidak menyukai belajar seperti tempat belajar, apa yang dipelajari, bahkan siapa yang menemaninya belajar juga dapat berpengaruh pada suasana hati saat belajar.

 

Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

Maka dari itu, pada artikel ini akan kita bahas hal – hal mengenai cara atau tindakan yang dapat kita lakukan agar kegiatan belajarnya semakin menyenangkan.

 

1. Buat Jadwal Waktu Belajar

Waktu merupakan hal yang paling utama bagi para pelajar yang mana ini akan memberatkan mereka yang mempunyai jadwal padat atau sibuk serta mempunyai kebiasaan yang malas. Dengan itu, diperlukan jadwal waktu belajar yang terstruktur untuk dapat belajar dengan fokus, dengan demikian kegiatan belajar akan lebih terjadwal dan juga terkesan rapi. Sebisa mungkin kita harus disiplin dan konsisten terhadap jadwal yang telah kita buat.

2. Terus Berusaha

Rasa menyerah akan hal yang dipelajari pasti sering muncul dalam benak seseorsng, namun dengan demikian jangan jadikan hal ini sebagai jalan untuk menyerah, justru dengan ini jadikanlah sebagai pemotivasi diri untuk gigih dan tetap berusaha agar apa yang dirasa sulit akan lebih mudah dipahami.

3. Awali Dengan Niat dan Doa

Semua kegiatan yang kita lakukan akan lebih baik jika diawali dengan niat yang mumpuni tak terkecuali dengan belajar. Hendaklah kita sepenuh hati dalam melakukan sesuatu hal. Dengan diawali niat, semangat dalam diri akan semakin berkobar yang memacu pikiran akan lebih memahami. Dan jangan lupa berdoa supaya ilmu yang kita pelajari dapat diberkahi oleh Tuhan dan berguna bagi kehidupan sehari – hari.

4. Membuat Peta Materi

Dengan banyaknya hal yang perlu dipelajari, terkadang kita bingung akan hal mana yang harus mulai dipelajari terlebih dahulu. Dengan begitu peta konsep materi sangat dibutuhkan dalam hal ini agar kita belajar dengan lebih terurut. Penggunaan peta materi dalam belajar juga akan lebih menunjang pemahaman kita menganai intisari dari masalah yang dipelajari.

5. Tanyakan jika Bingung

Dalam belajar, bertanya kepada yang lebih memahami sangat dibutuhkan saat kita mengalami kebingungan akan hal yang kita pelajari. Jangan segan dan jangan malu untuk bertanya, karena dengan cara ini kita akan lebih memahami konteks dari berbagai sudut pandang. Dengan bertanya kita dapat menambah wawasan yang belum kita ketahui atau dapat mengetahui cara lain dalam menyelesaikan masalah.

6. Awali dengan Suka

Minat memang hal awal yang benar – benar harus ditopang saat akan belajar. Usahakan dulu kita menyukai hal yang akan kita pelajari, karena dengan rasa tidak suka akan suatu pelajaran akan membuat diri malas dan kurang keingintahuannya akan hal tersebut. Jika kita sudah menyukai hal yang akan kita pelajari, pasti semangat kita untuk mempelajarinya akan lebih besar.

7. Gunakan Cara Bervariasi

Di era digital seperti ini,sudah tidak asing lagi dunia internet bagi kita. Gunakan media tersebut untuk menunjang belajar kita supaya tidak terlalu monoton misal dengan contoh carilah materi dalam bentuk video, dengan begitu cara belajar kita tidak terpaku dengan membaca dan menulis tetapi kemampuan pendengaran kita juga ikut serta dalam pembelajaran ini. Dalam internet, semua
tentang materi yang kita pelajari mudah kita temui pembahasannya dalam berupa gambar, audio, video animasi ataupun video mentoring yang dilakukan oleh guru. Dengan banyak variasi yang kita coba dalam belajar akan membuat kita tidak merasa bosan dengan belajar.

8. Carilah Tempat Ternyaman

Tempat yang nyaman berpengaruh besar dalam suasana hati dan pikiran saat kita belajar. Tempat yang kotor atau lembab pastinya membuat kita risih dan juga menurunkan rasa semangat dalam belajar. Nahh, oleh karena itu sebelum belajar, carilah tempat yang memang nyaman, bersih, dan menyenangkan agar suasana hati dan pikiran juga semangat.

9. Simpulkan Hasil yang Dipelajari

Buatlah hasil kesimpulan dari hal yang telah kita pelajari sebagai tolak ukur seberapa paham kita dengan materi yang baru saja dipelajari. Hasil kesimpulan ini juga bisa digunakan untuk bahan belajar kedepannya karena sudah berisikan intisari hal – hal yang telah kita pelajari.

10. Prioritaskan Belajar

Tanamkan dalam diri akan pentingnya belajar, prioritaskan dan jadikan belajar sebagai bahan kebutuhan yang yang harus terpenuhi setiap harinya. Hal ini akan membakar semangat kita untuk terus belajar dan belajar lagi. Jika sudah bersemangat maka ilmu yang kita pelajari akan lebih mudah terserap ke pikiran.

11. Latihan Soal

Tidak hanya perihal membaca, mengingat dan mendengarkan namun latihan soal juga sangat penting untuk menunjang keefektifan belajar. Ingatan dan kemampuan kita tentang hal yang telah dipelajari akan diukur dari soal soal yang kita jawab dengan benar. Jawaban yang salah juga bisa menjadi tolak ukur kemampuan kita akan materi tersebut.

12. Cari Tenang dan Fokus

Berkaitan dengan hal konsentrasi, setiap insan satu dengan insan lainnya memiliki cara berkonsentrasi yang berbeda – beda. Ada yang dapat berkonsentrasi pada suasana hening, ada pula yang konsentrasinya memuncak saat mendengarkan musik atau lagu – lagu favorit. Dengan demikian, lakukanlah hal yang kiranya dapat membantu berkonsentrasi lebih.

13. Belajar Kelompok

Tujuan dari dilakukannya belajar kelompok adalah supaya kita bisa berdiskusi dengan teman lain perihal materi yang dipelajari. Kegiatan berdiskusi ini dapat menunjang tingkat pemahaman pada sebagian orang karena materi yang dipelajari tidak hanya dihafalkan dan dipelajari sendiri tetapi juga dapat menyatukan sudut pandang tentang materi tersebut dengan teman – teman yang lainnya.

14. Pelajari Perlahan

Jangan terlalu berambisi dalam belajar, kita mulai perlahan saja, supaya ilmu yang terserap juga lebih mudah dipahami tidak hanya terlintas di pikiran karena belajar materi yang banyak dalam waktu yang singkat justru ilmu tersebut tidak akan tertanam dalam pikiran.

15. Bukan Sistem Penghafal tetapi Sistem Pemahaman

Sistem menghafal hanya akan bertahan dalam pikiran dengan waktu singkat, setelah itu ingatan tersebut akan hilang dan bedanya dengan sistem pemahaman adalah hasil yang tertanam di pikiran akan bertahan lebih lama dan juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Itulah beberapa poin yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan cara belajar yang efektif dan juga
efisien. Upaya terakhir yang perlu kita lakukan adalah dengan menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari – hari dan juga mengajarkannya pada penerus – penerus kita kelak.

 

16. Belajar dengan Di iringi Musik

Musik dapat membantu meningkatkan konsentrasi dalam belajar, namun tidak berlaku untuk semua orang. Ada juga orang yang tingkat konsentarsinya meningkat tanpa adanya musik. Dengarlah musik instrumental supaya konsentrasi tidak terpecah antara belajar dan mendengarkan musik. Terkadang malah justru kita fokus mendengarkan musik daripada belajar. Maka dari itu, carilah musik yang tidak mengganggu belajar kalian.

 

17. Jangan Kebut Semalam

Belajar terlalu banyak saat menjelang ujian merupakan cara yang keliru untuk dijadikan strategi belajar kita. Sebenarnya waktu saat akan menghadapi ujian sebaiknya digunakan untuk mengistirahatkan otak sekejap. Sistem Kebut Semalam sangat merusak cara berpikir kita, karena otak akan merasakan tekanan. Dan kebanyakan malah justru ingatan hilang atau tidak gampang masuk otak dengan strategi belajar tersebut. Sebaiknya sejak jauh hari kita harus menyicil materi yang harus dipahami saat ujian dan berlatih sejak jauh hari agar semakin mantap pemahaman kita.

 

18. Ingat Tujuan Utama

Tujuan utama kita ke sekolah adalah untuk mencari ilmu pengetahuan, bukan hanya mencari atau memperoleh nilai yang baik saja. Nilai bukan suatu tolak ukur kualitas seseorang. Nilai berapapun yang didapat saat ujian kebanyakan tidak berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Kita juga harus mencari ilmu mengenai sikap yang baik kepada orang lain, cara menghargai orang lain, dan lain sebagainya yang dapat membantu dalam menuju kesuksesan kita.

 

Selesai sudah kita membahas mengenai beberapa cara belajar efektif yang dapat kita tiru dirumah. Semoga Pintarnesia dapat membantu kesulitan kalian dalam mengatasi cara belajar yang efektif. Bila ada kesalahan kata mohon dimaafkan dan dimaklumi.