Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

3+ Cara Memilih Kacamata: Sesuai Bentuk Wajah dan Nyaman

5 min read

cara memilih kacamata yang baik dan benar

Cara Memilih Kacamata – Kacamata merupakan alat bantu penglihatan yang berfungsi untuk menormalkan dan mempertajam penglihatan manusia.

Umumnya kacamata terdiri dari 2 (dua) bagian, yakni frame (kerangka) dan juga lensa yang biasa digunakan untuk membantu orang yang menderita gangguan penglihatan.

Pada zaman sekarang ini, kacamata sudah mengalami perubahan, selain digunakan untuk alat bantu, kacamata juga menjadi salah satu pelengkap gaya atau penampilan dalam berbusana.

Ada sebagian orang yang menganggap hal tersebut sedikit berlebihan, tapi di era modern saat ini penampilan dan gaya berbusana bisa sangat dinilai. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menilai sikap atau perilaku orang lain.

 

Cara Memilih Kacamata

Berikut ini adalah beberapa cara memilih kacamata yang nyaman untuk digunakan, di antaranya adalah :

 

1. Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Manusia mempunyai bentuk wajah yang bermacam-macam, biasanya bentuk wajah manusia dibagi menjadi 5 (lima), yakni kotak, bulat, segitiga, hati dan oval. Nah, cara yang pertama adalah memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah, berikut ini adalah penjelasan dari kelima bentuk tersebut.

 

Wajah Bulat

cara memilih kacamata yang nyaman wajah bulat

  • Ciri – Ciri, wajah bila merupakan wajah yang tampak bulat dengan lebar wajah yang hampir sama dengan tinggi wajah, garis rahang, dan dagu membentuk setengah lingkaran dan pipi terlihat tembem.
  • Frame Kacamata yang Cocok, Mempunyai bentuk yang kaku serta menyiku seperti bentuk persegi panjang atau kotak dan kalau bisa lebih lebar daripada wajah kamu. Jika kamu menggunakan frame yang berbentuk bulat akan terlihat lucu, tapi kacamata tersebut akan membuatmu terlihat semakin bulat.

 

Wajah Kotak

cara memilih kacamata yang nyaman wajah kotak

  • Ciri – Ciri, wajah kotak mempunyai ciri-ciri lebar wajah pada daerah mata sama dengan lebar wajah pada daerah mulut, garis pertumbuhan rambut lurus dan mempunyai rahang yang lebar.
  • Frame Kacamata yang Cocok, mempunyai bentuk lensa yang bulat atau melengkung. Hal tersebut akan menjadikan wajah kamu tidak terlalu terlihat kotak dan membuat bentuk wajah kamu terlihat lebih proporsional. Jika kamu ingin menggunakan frame kacamata yang berbentuk kotak, maka akan membuat wajah kamu terlihat lebih kaku dan tegas, maka dari itu jika kamu ingin terlihat sebagai orang yang tegas atau berwibawa, kamu bisa menggunakan kacamata kotak, tapi jangan yang berbentuk persegi panjang.

 

Wajah Segitiga

cara memilih kacamata yang nyaman wajah segitiga

  • Ciri – Ciri, wajah segitiga memiliki ciri – ciri lebar wajah pada bagian kening lebih kecil dibandingkan lebar wajah pada bagian mulut dan mempunyai garis rahang yang panjang.
  • Frame Kacamata yang Cocok, mempunyai bentuk yang bisa membuat bentuk wajah kamu terlihat lebih seimbang, dengan cara memilih frame kacamata yang berbentuk seperti mata kucing dan detail di bagian atas atau bentuk lensa kacamata yang melebar ke bawah.

Wajah Hati

cara memilih kacamata yang nyaman wajah hati

  • Ciri – Ciri, wajah hati mempunyai lebar wajah bagian kening lebih besar dibandingkan lebar wajah bagian mulut atau bisa juga dibilang jika wajah ini mempunyai ciri-ciri kebalikan dari wajah segitiga.
  • Frame Kacamata yang Cocok, mempunyai bentuk membundar, lebar kacamata lebih sedikit daripada lebar kening.

 

Wajah Oval

cara memilih kacamata yang nyaman wajah oval

  • Ciri – Ciri, wajah oval mempunyai dahi yang lebar, rahang serta dagu yang bulat. Wajah ini dianggap tipe wajah yang paling ideal dan sempurna dibandingkan dengan bentuk wajah yang lain.
  • Frame Kacamata yang Cocok, sebenarnya semua jenis frame cocok digunakan oleh orang yang memiliki wajah oval. Supaya terlihat lebih keren, kamu bisa memainkan tekstur dan warna kacamata yang digunakan.

 

2. Cara Memilih Kacamata Berdasarkan Rambut

Memilih kacamata berdasarkan warna rambut bisa memberikan dampak yang besar terhadap perubahan penampilan kamu, secara umum ada 5 (lima) macam warna rambut baik itu warna rambut alami ataupun warna rambut semir. Sebagai pertimbangan kamu, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

  • Rambut Hitam, Rambut hitam sangat cocok dengan warna frame hitam dan gelap, tapi akan lebih menarik jika dipadukan dengan kacamata yang mempunyai warna terang, seperti warna biru laut dan merah semi pink. Jangan gunakan warna pucat karena bisa merusak keseimbangan warna.
  • Rambut Pirang, Warna rambut pirang cocok dipadukan dengan kacamata yang mempunyai warna merah mudah, biru dan warna pastel yang menimbulkan kesan hangat. Jangan gunakan frame yang memiliki warna emas atau kuning.
  • Rambut Coklat, Orang yang memiliki warna rambut coklat biasanya cocok dengan warna yang ringan dan mempunyai nada abu-abu.
  • Rambut Merah, orang yang memiliki warna rambut merah cocok dengan frame berwarna mencolok. Kamu bisa mencoba menggunakan frame kacamata berwarna hijau hangat, hitam atau warna krim lainnya. Jangan gunakan frame kacamata yang memiliki warna pucat dengan nada kuning, karena hal tersebut bisa meredupkan warna merah pada rambut kamu.
  • Rambut Putih, bagi kamu yang memiliki warna rambut putih, kamu bisa menggunakan frame kacamata yang memiliki warna yang cerah dan bersih. Coba gunakan frame kacamata yang memiliki warna hitam, biru marinir dan warna cherry. Hindari frame kacamata yang memiliki warna kuning dan coklat, karena bisa membuat wajah kamu terlihat redup.

 

3. Cara Memilih Kacamata yang Sesuai dengan Kegiatan sehari-hari

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah memilih kacamata yang sesuai dengan kegiatan sehari-hari kamu. Ada beberapa kacamata yang di desain untuk digunakan pada kegiatan tertentu, berikut ini adalah beberapa contohnya.

 

Lensa yang Cocok Untuk Bekerja di Depan Komputer

Jika kamu terlalu lama di depan komputer bisa membuat mata menjadi tegang. Hal tersebut menyebabkan risiko sindrom komputer / CSV. Mata lebih cepat lelah, jika fokus di depan komputer dalam waktu yang cukup lama, dibandingkan dengan saat membaca koran ataupun buku.

Kacamata khusus komputer umumnya dibuat dengan menggunakan jenis lensa visi tunggal, dimana lensa visi tunggal adalah lensa yang mempunyai kekuatan fokus yang sama pada setiap bagiannya, mempunyai bidang pandang yang luas, dan mempunyai kekuatan lensa yang optimal untuk melihat jarak menengah serta mencegah postur tubuh yang tidak baik.

Jenis lensa lain yang biasa digunakan untuk kacamata komputer adalah jenis lensa progresif, yakni lensa yang mempunyai kekuatan fokus yang bervariasi di setiap bagiannya.

Lensa ini memiliki bagian atas yang berguna untuk fokus jarak jauh, bagian tengah untuk jarak menengah dan bagian bawah untuk jarak dekat.

 

Lensa yang Cocok untuk Mengemudi

Kacamata dengan lensa sunglass yang terpolarisasi akan mengurangi silau dan membuatmu lebih mudah melihat dalam kondisi terang dan lensa terpolarisasi yang berwarna bisa meningkatkan kontras sehingga penglihatan kita bisa menjadi lebih tajam.

Jenis yang kedua adalah kacamata yang diresepkan oleh dokter dengan memperhatikan aspek jarak yang tepat dan dengan lensa anti-reflektif.

Lensa yang anti-reflektif bisa mengurangi silau dari cahaya yang terpantul pada bagian depan dan belakang lensa. Hal tersebut bisa membuat penglihatan lebih baik saat malam hari, karena lebih banyak cahaya yang masuk ke mata.

Nah, itulah beberapa cara untuk memilih kacamata yang nyaman untuk digunakan. Selain hal diatas, bahan frame, tipe bridge kacamata, jenis lensa, jenis lapisan tambahan juga sangat mempengaruhi kenyamanan dari kacamata itu sendiri.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa menambah wawasan kacamata kita. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight