Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

12+ Cara Menghemat Air Bersih: di Lingkungan & Rumah

5 min read

Air memiliki banyak sekali manfaat bagi bagi seluruh makhluk hidup, terutama manusia. Peranan penting air dalam kehidupan manusia tidak bisa dipungkiri lagi. Air adalah sumber daya alam yang begitu penting terutama bagi manusia. Air berperan penting dala kesehatan, kebersihan, semua manusia.

Namun apakah pernah terbayang oleh benakmu jika tiba tiba air di bumi habis? Sudah sangat jelas jikalau air habis maka seluruh ekosistem akan rusak. Seluruh makhluk hidup juga pastinya akan mati karena kekurangan air. Jika membayangkan itu semua mungkin terlalu berlebihan ya. Nah jadi umpamakan saja jika air di lingkunganmu habis, mungkin kamu akan dehidrasi dan akan mati.

 

Cara Menghemat Air Bersih Sehari-Hari

cara menghemat air

Maka dari itu sangat penting rasanya untuk menghemat air walau dalam sekala kecil. Namun apakah kamu tau betul bagaimana cara menghemat air dengan efektif? Berikut adalah Cara Cara yang dapat kamu gunakan untuk menghemat air.

 

1. Mengurangi Siraman

Cara yang pertama adalah mengurangi siraman. Mengurangi siraman yang dimaksud adalah mengurangi jumlah air pada kegiatan menyiram atau segala aktivitas yang memang menggunakan teknik siraman. Beberapa aktivitas dalam menyiram menggunakan air yang biasa digunakan oleh manusia yaitu mencuci kendaraan, menyiram tanaman, dan aktivitas lainya yang masih banyak lagi.

Gunakan air seperlunya untuk melakukan penyiraman jangan membuang buang air sehingga menghemat penggunaan air. Dalam penggunaan air kamu tidak boleh berlebihan, gunakan air pada teknik penyiraman dengan sangat hati-hati dan sesuai keperluan guna menghemat air.

Kemudian jika benar benar anda memiliki kendaraan dengan kondisi masih bisa dibilang bersih jangan terburu buru untuk membersihkanya kembali agar pengeluaran air dapat dikurangi. Kemudian manfaatkan waktu hujan untuk mengimpulkan air, sehingga air hujan tersebut dapat digunakan untuk menyiram tanaman dilain waktu ketika tidak turun hujan.

2. Memantau Pengeluaran Air

Kemudian jika anda sudah merasa melakukan kegiatan penghematan air dengan baik bahkan teramat irit, mungkin anda juga harus memantau penggunaan air di rumah anda. Tanpa adanya pemantauan air dirumah, dapat terjadi kemungkinan yang tidak disengaja debit air tiba tiba membludak.

Semisal anda lupa mematikan keran di bak mandi sehingga membuatnya meluap, atau mungkin meninggalkan mesin cuci yang penampung airnya di buka dan anda tetap mengisi air pada mesin cuci tersebut. Tanpa adanya pemantauan air bersih seperti yang seharusnya bisa dikendalikan memang mungkin saja sumberdaya yang sati ini akan terbuang sia sia bahkan habis.

maka dari itu untuk menghemat air,pemantauan dan juga pengendalian air adalah suatu harga yang tidak bisa ditawar kembali. Kamu dapat juga melakukan pemantauan air dengan cara memasang meteran air untuk menjaga agar tidak boros sekaligus untuk meneliti apakah ada kebocoran air di rumahmu.

Baca Juga : Kumpulan Gambar Ikan Lengkap

 

3. Mematikan Keran Air

Mematikan keran air adalah suatu perbuatan yang sangat sederhana, simple dan sangat mudah. Walaupun itu merupakan kegiatan yang sangat mudah namun seringkali kelupaan. Ada beberapa hal yang yang seringkali membuat persediaan sumber daya air banyak yang terbuang, salah satunya yaitu kegiatan menutup keran air.

Pada saat keran air terbuka dan mengalir tanpa digunakan itu akan terbuang sia-sia. Dari situlah pemborosan air dari hal yang kecil.

 

4. Penggunaan Air Pada Saat Mandi

Mandi merupakan hal yang tidak mungkin ditinggalkan oleh manusia karena bertujuan untuk membersikan diri dari kotoran yang menempel pada tubuh kita terutanma setelah melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan.

Tidak sedikit pula orang yang mandi hanya karena gerah dan membuang-buang air dengan mengguyur air ke tubuh secara berlebihan. Itu sangat mubazir dan jauh dari yang namanya penhematan air.

Bagi anda yang sangat suka bermain air, sulit untuk dijah-juahkan dengan hal seperti mengguanakan air yang sedikit maka gunakanlah shower untuk mandi. Menggunakan shower bisa menjadi antisipasi karena penggunaan air bisa dihemat semaksimal mungkin.

 

5. Hindari Membuang Botol Plastik Sembarangan

Samah plastik didunia memang tidak bisa terhelakan saking banyaknya sampah plastik lingkungan bisa tercemar. Salah satunya merusak kebutuhan air didalam tanah. Penguraian plastik sangatlah lama dan sangat sulit untuk bisa terurai di dalam tanah . Karena botol plastik bisa mengkontiminasi tanah dan sumber-sumber air yang ada. Maka dari itu untuk melakukan penghematan kamu dapat menggunakan botol kemasan yang dapat dipakai secara berulang-ulang.

 

6. Menggosok Gigi

Terdapat penelitian terdapat banyak air yang terbuang percuma hanya karna aktivitas kecil yaitu menggosok gigi. Sebagian orang yang menggosok gigi pasti mengguanakan air untuk berkumur untuk membersihkan sabung darinpasta gigi yang digunakanya. Pada umumnya ketika seseorang sedang menggosok gigi dan membuka keran padahala sedang melakuka gosok gigi dan keran air belum digunakan namun masih tetap menyala. Itulah yang menyebabkan pemborosan air.

Baca Juga : Cara Membuat Origami Kertas

7. Gunakan Air Kembali

Reuse water atau pengguanaan kembali air sebagai salah satu penghematan air. Apasi yang dinamakan dengan reuse water? Reuse water yaitu air yang telah kita gunakan ternyata dapat juga digunakan kembali tanpa harus menbuangya langsung. Seperti contohnya air yang digunakan untuk membersihkan sayur atau jangan langsung dibuang karena masih dapat digunakan kembali untuk menyiram tanaman. Itu merupakan salah satu bentuk penghematan air.

 

8. Gunakan Mesin dan Selang Bertekanan Untuk mencuci mobil

Mencuci kendaraan biasanya hanya mengguanakn selang yang disambungkan dengan keran dan apabila air yang dikeluarkan mengalir besar akan terbuang dan kendaraanpun belum tentu menjadi bersih. Dengan mengguanakan mesin dan selang bertekanan pada saat mencuci kendaraan dipercaya akan menghemat penggunaan air dan menghemat waktu.

 

9. Gunakan “Point Of Use” Pemanas Air

Alat ini tentu sangat bermanfaat terutama untuk penghematan air. Dengan adanya pemanas seperti iniair dapar panas sendiri tanpa kita harus menunggu terlebih dahulu dan tanpa kita harus membuang buang air yang untuk menjadi hangat.

10. Gunakan Keran Aerator

Keran aerator dapat digunakan sebagai salah satu media penghemat air. Karena dengan pengguanan keran aerator ini anda juga membatasi aliran air dari keran.

 

11. Memperbaiki Kebocoran

Saluran air dirumah kamu pasti terhubung dengan pipa penyalur. Sangat mungkin jika pipa saluran ini mengalami kebocoran tanpa anda duga. Jika kita tidak tahu adanya kebocoran pada pipa penyalur maka akan terbuang pula air yang mengalir melalui pipa tersebut. Oleh karena itu kita perlu juga rutin memperhatikan kerusakan yang terjadi pada pipa penyalur dan memperbaiki jika terjadi kerusakan.

Baca Juga : Cara Belajar Efektif dan Efisien

 

12. Gunakan  Filter Air

Alat ini sangat berguna untuk dapat melakukan penhematan air. Dengan memfilter air menggunakan alat filter air kamu tidak perlu lagi membeli air kemasan seperti galon untuk bisa diminum. Gunakan saja air yang berasal dari keran untuk bisa diminum dan tentunya air tersebut sudah disaring melalui alat pemfilter air.

 

Demikian tips untuk bisa menghemat air di sekitar kamu. Karena air memiliki sejuta manfaat bagi makhluk hidup terutama manusia sehingga kita harus menggunakanya seperlunya saja untuk menghindari terjadinya krisis air di bumi.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight