Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

15 Ciri-Ciri Hamil Muda: Lengkap dan Akurat

4 min read

tanda tanda kehamilan

Ciri-Ciri Hamil – Salah satu tanda-tanda kehamilan seseorang adalah tidak adanya haid. Bukan hanya itu saja tapi terdapat beberapa kondisi lain yang mencirikan tanda kehamilan.

Untuk itu ketika terdapat seorang perempuan yang memiliki tanda-tanda seperti berikut coba pastikan dengan cara mengecek ke dokter.

Berdasarkan Health line, minggu pertama kehamilan dihitung sejak tanggal terakhir perempuan itu haid. Walau pada minggu-minggu pertama pada umumnya wanita tidak merasakan adanya sesuatu yang berarti. Berikut adalah tanda-tanda kehamilan pada perempuan di minggu-minggu pertama.

 

Ciri-Ciri Hamil

Perempuan pada umumnya pasti akan menikah dan memiliki seorang suami. Layaknya seorang suami istri pasti mereka akan mengharapkan adanya momongan.

Banyak diantara ibu-ibu hamil yang tidak mengetahui akan gejala gejala tentang kehamilan. Disini akan dijelaskan tanda-tanda hamil pada wanita / perempuan .

 

Tidak Mengalami Menstruasi

Pada saat sudah melalui masa implementasi tubuh akan memproduksi Human gonadotropin. Guna membantu badan untuk mempertahankan kehamilan serta memerintahkan ovarium berhenti untuk merilis sel-sel telur matang  pada setiap bulannya. Hal inilah yang menjadikan ibu saat hamil tidak mengalami menstruasi.

 

Kram dan juga Flek

Sel telur yang dibuahi akan berisi cairan. Di minggu ke 10 sampai dengan minggu ke 14 setelah konsepsi blastokista akan menempel di endometrium serta menyebabkan adanya pendarahan pada saat implantasi.

Dengan adanya pendarahan pada saat implantasi banyak yang mengira bahwa itu adalah haid. Namun ternyata itu adalah flek yang merupakan gejala dari kehamilan.

Warna flek biasanya merah muda, coklat dan merah seperti darah haid. Adanya flek ini biasanya terjadi selama kurang lebih 3 hari, Dan dapat juga disertai dengan kram perut ringan sedang dan berat.

 

Kelelahan

Sering mengalami kelelahan itu juga merupakan tanda dari kehamilan. Kelelahan dapat terjadi karena kadar progesteron pada perempuan meningkat. Sehingga perempuan yang sedang hamil sering mudah ngantuk.

 

Meningkatnya Suhu Tubuh

Suhu tubuh pada seorang perempuan yang sedang hamil meningkat. Itu juga merupakan gejala yang dialami oleh perempuan pada saat hamil. Untuk menetralkan suhu tubuh diperlukanya untuk seorang perempuan yang sedang hamil mengkonsumsi air putih yang banyak.

 

Berat Badan Bertambah

Naiknya berat badan secara drastis merupakan salah satu tanda kehamilan yang dialami oleh seorang perempuan. Kenaikan berat badan ini sekitar 0,4 sampai 1,6 kg.

 

Pusing dan Tekanan Darah Rendah

Melebarnya pembuluh darah pada seorang perempuan di awal kehamilan merupakan pemicu turunnya tekanan darah. Adanya tekanan darah rendah menyebabkan gejala pusing. Hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu tanda adanya kehamilan bagi seorang perempuan.

 

Mudah Sensitif Adanya Bau

Tanda-tanda kehamilan bagi seorang perempuan yang lainnya adalah sensitif terhadap adanya bau atau aroma. Kesensitifan pada seorang perempuan yang sedang hamil biasanya terjadi di trimester awal kehamilan hal tersebut dibuktikan adanya laporan di tahun 1922 sampai tahun 2014.

 

Adanya Perubahan pada Payudara

Adanya pembesaran pada payudara merupakan hal yang lazim dialami oleh seorang wanita atau perempuan. Hal tersebut juga sama dengan adanya pembengkakan yang dialami seorang perempuan pada masa kehamilan.

Perubahan ini terjadi di minggu ke-4 sampai minggu ke 6 hal itu terjadi akibat adanya perubahan hormon pada seorang perempuan yang sedang hamil. Puting serta areola juga mengalami perubahan.

 

Perubahan Perasaan atau Mood

Tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh seorang perempuan yang lainnya ialah adanya perubahan mood. Adanya kadar estrogen dan progesteron menyebabkan mulut yang dialami oleh seorang perempuan dapat dengan mudah berubah-ubah.

 

Perut Terasa Kembung serta Sembelit

Perubahan kembung serta Sembelit tersebut juga biasanya dialami oleh seorang perempuan pada masa awal menstruasi, siapa sangka juga bahwa hal tersebut merupakan salah satu adanya tanda-tanda kehamilan bagi seorang perempuan.

Itu merupakan akibat dari pengaruh adanya perubahan hormon yang membuat kerja sistem cerna  seorang ibu hamil lebih lambat.

 

Mual serta Muntah

Adanya mual mual atau muntah biasanya terjadi pada minggu ke 4 sampai dengan minggu ke 6 kehamilan yang dialami seorang ibu hamil. Mual serta muntah ini biasanya terjadi pada trimester kedua  akibat adanya perubahan hormon pada seorang ibu hamil.

 

Kulit Mudah Berjerawat

Meningkatnya volume darah dan hormon pada saat kehamilan bisa juga menyebabkan banyaknya darah yang mengalir di pembuluh darah. Sehingga hal tersebut menyebabkan kulit pada ibu hamil mudah berjerawat.

 

Heartburn

Tanda-tanda kehamilan pada perempuan yang selanjutnya adalah Heartburn.  terjadinya perubahan hormon pada awal kehamilan dapat membuat katup antara perut serta kerongkongan rileks.

Hal ini yang menimbulkan asam lambung akan lebih mudah naik serta harga heartburn sering dialami oleh ibu-ibu pada awal kehamilannya.

 

Akan cenderung lebih sering buang air kecil

Seorang ibu yang sedang hamil akan cenderung lebih sering buang air kecil. Mungkin tanda-tanda kehamilan pada perempuan yang satu ini masih diselesaikan.

Pada saat hamil kadar darah di dalam tubuh akan meningkat yang membuat ginjal juga memproduksi lebih banyak cairan.  Hal inilah yang membuat seorang ibu hamil akan lebih mudah atau cenderung sering buang air kecil.

 

Detak jantung yang  meningkat

Tanda-tanda kehamilan pada perempuan yang berikutnya adalah tetap jantung yang meningkat.  tanda-tanda kehamilan yang satu ini terjadi pada minggu ke-8 sampai Minggu ke 10 kehamilan.

Hal ini disebabkan karena detak jantung yang akan menjadi lebih banyak untuk memompa darah yang salah satunya dialirkan kepada janin atau bayi melalui plasenta.

 

Demikianlah penjelasan penjelasan tentang 15 tanda-tanda kehamilan pada perempuan. Ketika istri atau siapapun itu yang memiliki tanda-tanda tersebut maka alangkah baiknya jika diperiksa ke dokter untuk kejelasan lebih lanjutnya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya dan dapat menambah wawasan kamu setelah membaca artikel ini.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight