Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

15+ Contoh Alat Musik Melodis: Pengertian dan Cara Menggunakan

10 min read

contoh alat musik melodis

Alat Musik Melodis – Seiring dengan majunya perkembangan jaman dan semakin pesatnya kemajuan teknologi, dunia musik juga ikut berkembang mengikuti jaman. Oleh karena itu, sekarang banyak sekali jenis alat-alat musik yang bisa kita temui.

Pada umumnya alat musik yang ada di dalam dunia musik terdiri dari 3 jenis alat musik yaitu alat musik ritmis, alat musik harmonis, dan juga alat musik Melodis.

Dari ketiga alat musik tersebut semuanya dapat dibedakan berdasarkan dengan fungsi – fungsinya. Nah dalam artikel kali ini kami akan memaparkan tentang pengertian dan contoh-contoh dari alat musik melodis.

 

Pengertian Alat Musik Melodis

Pada dasarnya alat musik melodis adalah alat musik yang dapat menghasilkan bunyi berupa melodi pada irama lagu. Alat musik melodi sebenarnya tidak dapat menghasilkan suara cord sendiri.

Hal ini disebabkan karena alat musik melodis hanya dapat mengeluarkan nada berupa do, re, mi, fa, sol, la, dan si baik itu nada tinggi maupun nada rendah.

Sehingga untuk menambahkan keindahan pada irama maka alat musik melodis membutuhkan alat musik pendukung yang lain seperti alat musik ritmis dan juga harmonis.

Karena alat musik ritmis dan harmonis juga memiliki nada seperti halnya dengan irama yang dapat menambah keindahan pada musik. Alat musik melodis secara umum sebenarnya memiliki fungsi untuk penentu dalam sebuah musik atau lagi yang akan dibawakan.

Sesuai dengan perkembangan jaman alat musik melodis pun menjadi lebih bervariasi ada yang terkesan tradisional dan bahkan juga ada yang berkesan modern.

Dari semua alat musik yang ada, tentunya cara menggunakannya atau memainkannya pun berbeda – beda. Berikut ini adalah macam-macam alat musik melodis dan juga cara memainkannya.

 

 

Alat musik Melodi yang Dimainkan dengan Dipetik

Berikut ini adalah beberapa alat musik melodi yang dimainkan dengan cara dipetik, antara lain:

 

1. Gitar

contoh alat musik melodis gitar

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang satu ini karena gitar adalah salah satu alat musik melodis yang paling populer di kalangan masyarakat. Gitar adalah salah satu alat musik melodi yang dimainkan dengan cara dipetik, pada gitar bagian yang di petik adalah pada bagian senarnya.

Dari sejarah yang ada, gitar adalah alat musik yang berasal dari negara Spanyol, tetapi selain itu ada juga yang mengatakan bahwa gitar adalah salah satu alat musik yang sudah ada sejak tahun sebelum masehi atau yang lebih tepatnya lagi pada masa Babilonia.

Tapi asal kamu tahu, di jaman Ranaissance, gitar tidak begitu diminati oleh masyarakat Indonesia , sehingga pada saat itu gitar menjadi alat musik yang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia atau bahkan merasa asing dengan gitar.

Tetapi setelah ada salah satu tokoh seniman yang bernama Alonso Mudara, gitar menjadi mulai banyak di minati oleh beberapa orang dan pamornya pun mulai ikut naik.

Alonso Mudara kemudian membuat banyak sekali karya yang diciptakannya melalui gitar, dan hal tersebut juga disambut baik oleh banyak orang.

Banyak orang yang menyukai karya dari Alonso Mudara bahkan dengan adanya hal tersebut orang-orang pun mulai tertarik untuk memainkan gitar, hingga seperti yang kita ketahui sekarang adalah gitar menjadi alat musik yang paling populer di berbagai kalangan entah itu orang muda ataupun orang tua.

Selain hal di atas, tahukah kamu kenapa semua kalangan suka bermain gitar? Karena gitar adalah alat musik yang dianggap bagus untuk dijadikan sebagai alat peromantis. Hal inilah kenapa berbagai kalangan terutama kalangan muda di jaman mulai menekuni bermain gitar.

 

2. Mandolin

contoh alat musik melodis mandolin

Mandolin pertama kali muncul pada saat ada seorang soprano kecapi yang datang dari Italia yang memiliki nama mandore. Mandolin hampir sama dengan halnya gitar, keduanya sama-sama dimainkan dengan cara dipetik.

Tapi ada hal yang membedakan antara mandolin dengan gitar, yaitu pada jumlah senarnya. Senar yang dimiliki alat musik mandolin lebih banyak dari pada senar yang dimiliki pada gitar.

Mandolin adalah alat musik tradisional yang memiliki banyak sekali fungsinya. Mandolin biasanya digunakan pada acara-acara adat seperti sebagai mengiringi Taian rudat, dan juga dapat mengiring berbagai Taian lagu tradisional.

Tapi fungsi dari mandolin tidak hanya sebatas itu, karena mandolin dapat dikombinasikan dengan alat musik lain.

 

3. Kecapi

contoh alat musik melodis kecapi

Ghuzeng atau yang biasa kita sebut dengan kecapi adalah alat musik yang berasal dari Tiongkok. Di Indonesia, kecapi biasanya digunakan sebagai pengiring tembang-tembang di daerah Sunda.

Dengan hadirnya alat musik ini di Indonesia, sebagian besar masyarakat menggunakan sebagai pengiring tembang-tembang Sunda, karena dengan adanya kecapi dalam tembang-tembang Sunda dapat membuat tariannya menjadi lebih indah.

Tapi kamu juga harus tahu, kalau kecapi ini tidak hanya digunakan sebagai pengiring tembang-tembang Sunda saja, tapi juga dapat digunakan sebagai pengiring lagu yang lainnya seperti lagu pop, dangdut, religi, dan lain-lain.

Oleh karena itu, alat musik petik ini menjadi semakin populer di daerah Sunda dan juga di daerah Jawa Barat. Di Indonesia sendiri kecapi memiliki 2 jenis yang biasanya digunakan yaitu kecapi perahu dan kecapi siter.

Yang dimaksud dengan kecapi perahu adalah kecapi yang terbuat dari kotak resonansi yang pada bagian bawa bawah juga diberi lubang resonansi agar suara yang dihasilkan dapat keluar.

Kecapi ini dinamakan dengan kecapi perahu karena pada bagian sampingnya diberikan hiasan sehingga kecapi tersebut menyerupai dengan sebuah perahu.

Sedangkan kecapi siter adalah kecapi yang dibuat menggunakan kotak resonansi dengan bidang yang rata dan juga sejajar.

Kecapi ini hampir sama dengan kecap perahu, tetapi bagian yang membedakannya adalah jika kecapi perahu memiliki lubang di bawah kecapi sedangkan kecapi siter memiliki lubang berada bagian atas dan pada bagian bawahnya membentuk sebuah trapesium.

 

4. Sasando

contoh alat musik melodis sasando

Sasando adalah alat musik petik tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, atau yang lebih tepatnya di pulau Rote. Warga daerah sana menamakan sasando dengan nama sasandu atau yang berarti bergetar atau berbunyi.

Alat musik ini sudah digunakan oleh orang-orang Rote sejak tahun 7 masehi sebagai pengiring tarian pada saat ada acara-acara adat. Tetapi suara yang dihasilkan dari sasando ini tidak sama dengan suara yang dihasilkan oleh senar atau dawai.

Sasando juga memiliki tiga jenis yang umum dipakai yakni sasando biola, sasando gong, dan sasando elektrik. Dari ketiga sasando tersebut cara memainkannya juga berbeda-beda.

 

 

Alat Musik Melodis yang Dimainkan ditiup

Berikut ini adalah beberapa alat musik melodi yang dimainkan dengan cara ditiup, antara lain:

 

1. Seruling

contoh alat musik melodis suling

Pada awalnya suling diperkenalkan di daerah Jawa Barat. Bahan yang digunakan dalam pembuatan suling umumnya adalah menggunakan bambu yang telah dipilih. Seruling termasuk ke dalam alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.

Ketika salah satu ujung suling di tiup maka ujung yang lain akan mengeluarkan bunyi. Seruling biasanya digunakan untuk dikombinasikan dengan alat musik lain.

Seruling ini juga bisa menghasilkan suara dengan notasi dan nada yang indah sehingga seruling juga bisa dikategorikan ke dalam alat musik melodis.

 

2. Pianika

contoh alat musik melodis Pianika

Pianika adalah alat musik tiup yang memiliki beberapa bilah keyboard yang biasnya setiap bilah keyboard tersebut hanya memiliki luas sekitar 3 oktaf saja.

Pianika biasanya di tiup melalui pipa berwarna putih dan lentur kemudian di hubungkan ke pianis tapi ada juga yang bisa ditiup secara langsung tanpa menggunakan pipa. Pianis juga biasanya digunakan oleh anak-anak kecil sebagai alat pembelajaran di sekolah.

Pianika juga bisa dijadikan untuk berbagai pokok melodi, kontra melodi, dan juga tak jarang bisa dijadikan sebagai pengiring musik atau lagu. Dalam pianika terdapat dua jenis tuts yang memiliki fungsinya masing-masing.

Tuts putih pada pianika digunakan untuk memainkan nada-nada yang asli, sedangkan tuts hitam pada pianika digunakan untuk memainkan nada-nada yang kromatis.

Untuk kamu yang ingin memainkan pianika kamu bisa mencoba dengan memegang pianika di tangan kiri dan gunakan tangan kanan untuk menekan tuts yang ada pada pianika, sedangkan mulut digunakan untuk meniup. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bermain pianika seperti :

  • Mainkan pianika dengan 5 jari, dari jari-jari tersebut memiliki tugas untuk menekan tuts tertentu.
  • Pada saat meniup pianika usahakan agar dapat meniup dengan stabil dan halus.
  • Pada saat tangan kiri memegang pianika kamu bisa memosisikan tangan kanan kamu seperti pada saat kamu memegang bola, sehingga jari-jari kamu dapat leluasa untuk menekan tuts yang ada.

Pianika dan piano sebenarnya memiliki struktur yang hampir sama, tetapi keduanya tidaklah sama seperti yang dipikirkan.

Jika dilihat dari bentuknya keduanya memiliki kesamaan, tetapi jika didasarkan pada golongan alat musik yang ada piano merupakan alat musik melodis yang harmonis, sedangkan pianika merupakan alat musik melodis.

 

3. Recorder

contoh alat musik melodis recorder

Meskipun memiliki nama recorder tetapi alat ini tidak berfungsi untuk merekam suara, melainkan alat musik yang dapat dimainkan dengan cara ditiup pada salah satu ujungnya.

Ada beberapa jenis recorder yang biasanya digunakan disekolahan untuk bahan pembelajaran yakni recorder sopran, sopranino, atau juga alto.

Recorder berbeda dengan suling karena adanya lubang untuk meletakkan ibu jari yang berlawan dengan tujuh lubang yang lainnya. Meskipun begitu cara memainkannya sama saja dengan suling.

Baca Juga: Pengertian Seni Musik.

 

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Ditekan

Berikut ini adalah beberapa alat musik melodi yang dimainkan dengan cara ditekan, antara lain:

 

1. Akorden

contoh alat musik melodis acordeon

Akordeon merupakan alat musik yang hampir sama dengan organ tetapi cara memainkannya dengan cara dipompa pada bagian badan alat musik akordeon tersebut.

Alat musik ini berasal dari daerah Sumatra Barat, dan pada umumnya alat musik ini digunakan untuk mengiringi musik religi, modern dan yang lainnya. Akordeon adalah alat musik yang memiliki 4 jenis, yaitu akordeon diatonik, akordeon berwarna, akordeon concertinas, dan juga akordeon piano.

 

2. Piano

contoh alat musik melodis piano

Piano adalah alat musik yang bisa dibilang tradisional tetapi memiliki harga yang lumayan mahal. Oleh karena itu piano hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, seperti orang yang di kalangan menengah ke atas saja.

Alat musik ini berasal dari Italia , sejarah mengatakan bahwa alat musik ini pertama kali dibuat pada tahun 1970 masehi oleh Bartolomeo Cristofori. Piano juga dibedakan menjadi 3 jenis yakni baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

 

 

Alat Musik Melodis yang Dimainkan Digoyang

Berikut ini adalah beberapa alat musik melodi yang dimainkan dengan cara digoyang, antara lain:

 

1. Angklung

contoh alat musik melodis calung

Angklung adalah salah satu alat musik yang bisa dikatakan sebagai multitonal (bernada ganda). Angklung adalah alat musik tradisional yang sekarang mulai berkembang pesat di daerah Sunda atau di Jawa Barat.

Alat musik angklung ini terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa hingga dapat berbunyi saat angklung tersebut digoyangkan (penyebab terjadinya bunyi pada angklung adalah karena adanya benturan antar pipa bambu yang telah di susun) sehingga menghasilkan bunyi yang bermacam-macam.

Angklung juga sudah terdaftar sebagai Karya Agung warisan Budaya dari UNESCO pada bulan November 2010 yang lalu.

Angklung memiliki banyak sekali jenisnya, ada sekitar 15 jenis angklung yang biasa kita jumpai dan juga sudah terkenal di dunia yakni: angklung pedang, angklung bandeng, angklung sarinande, angklung dogdog lojor, angklung buncis, angklung badud, angklung Bungo, angklung ari murni, angklung kanekas, angklung tol, angklung eror, angklung Banyuwangi, angklung bali dan juga angklung gubrag.

 

Alat Musik Melodis yang Dimainkan Digesek

Berikut ini adalah beberapa alat musik melodi yang dimainkan dengan cara digesek, antara lain:

 

1. Biola

contoh alat musik melodis biola

Biola adalah alat musik dawai yang ditemukan di Spanyol pada abad ke 18 masehi. Cara bermain alat musik ini adalah dengan cara menggesek senar yang ada menggunakan stik khusus. Senar biola terdiri dari 4 nada yaitu G-D-A-E .

 

 

Alat Musik Melodis yang Dihisap

Berikut ini adalah beberapa alat musik melodi yang dimainkan dengan cara dihisap, antara lain :

 

1. Harmonika

contoh alat musik melodis harmonika

Harmonika adalah alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dihisap dan juga ditiup pada bagian lubang yang tersedia. Harmonika pertama kali diperkenalkan di daerah cina dengan nama Sheng.

Harmonika juga sudah dipakai sejak abad ke 5 yang lalu. Harmonika juga dibagi menjadi 5 jenis yaitu tremolo, chord, diatonik, akromatik, dan Bass.

 

 

Alat Musik Melodis yang Dipukul

Berikut ini adalah beberapa alat musik melodi yang dimainkan dengan cara dipukul, antara lain:

 

1. Bonang

contoh alat musik melodis bonang

Bonang adalah alat musik yang berasal dari daerah pulau Jawa dan juga pulau Bali. Bonang adalah alat musik melodis yang biasanya digunakan untuk memeriahkan suatu acara seperti pagelaran wayang dan juga upacara adat yang ada di pulau Bali dan Juga Jawa.

Untuk memainkan Bonang adalah dengan cara ditabuh atau dipukul pada bagian atas yang menonjol. Untuk menabuhnya yaitu menggunakan bindhi. Dalam instrumen gamelan, bonang terdiri dari 3 jenis yang biasanya dikenal oleh masyarakat yaitu bonang arung, bonang panembung, dan bonang panerus.

 

2. Calung

contoh alat musik melodis calung

Merupakan alat musik daerah yang berasal dari Jawa Barat dan juga sudah lama berkembang di tegah tengah masyarakat. Suara yang dihasilkan oleh calung adalah tangga nada pentatonik. Calung juga terdapat beberapa macam yaitu calung rantay, calung Banyumas, dan calung jinjing.

 

3. Telompong

contoh alat musik melodis talempong

Talempong adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Minangkabau. Dalam memainkan talempong sama saja dengan cara memainkan bonang. Biasanya talempong memiliki ukuran yang kecil kemudian disandingkan dengan talempong lain dalam suatu wadah.

Dalam memainkannya seseorang harulah jeli, karena setiap talempong yang dijejerkan memiliki nada yang berbeda-beda.

 

Nah, itulah beberapa contoh alat musik melodis dan juga cara memainkannya, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambahkan wawasan kamu dan juga bisa dijadikan referensi kamu, bila ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight