7+ Contoh Ancaman Militer: Pengertian, Kasus yang Terjadi

By

contoh ancaman militer

Ancaman untuk sebuah negara bisa dibedakan menjadi ancaman militer dan ancaman non militer. Nah, kali ini akan membahas mengenai ancaman militer, ancaman militer merupakan hal yang sangat berat kaitannya dengan keamanan dari suatu wilayah negara.

Adanya ancaman militer yang sangat berbahaya terhadap suatu negara dan bangsanya. Di negara Indonesia sendiri juga terdapat contoh ancaman militer yang dapat meresahkan warga Indonesia. Pada artikel kali ini pintarnesia akan menjelaskan contoh ancaman militer yang dapat membahayakan suatu negara serta dapat meresahkan para warganya.

 

Pengertian Ancaman Militer

ancaman militer

Terdapat banyak kejadian atau contoh ancaman militer yang terjadi di berbagai negara yang perlu untuk ditangani dengan serius supaya kehidupan negara tidak terganggu akan hal tersebut. Sebelum itu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan ancaman militer?

Terlebih dahulu kita membahas apa itu ancaman. Pengertian ancaman adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan baik di dalam negeri ataupun di luar negeri, yang dinilai sekiranya dapat membahayakan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah negara serta keselamatan dari segenap warga negara.

Sedangkan untuk pengertian ancaman militer adalah suatu kegiatan atau usaha yang dinilai dapat membahayakan dan dapat mengancam keutuhan wilayah negara, kedaulatan negara dan keselamatan segenap warga negara dengan menggunakan kekuatan bersenjata yang dilakukan secara terorganisir.

 

 

Contoh Ancaman Militer

ancaman militer

Ancaman militer merupakan ancaman yang dinilai sangat membahayakan keutuhan dan kedaulatan dari suatu wilayah negara tersebut. Contoh ancaman militer telah banyak terjadi di baik itu di dalam negeri ataupun di luar negeri yang perlu untuk diwaspadai serta dilakukan pemberantasan terhadap oknum yang melakukan and yang dapat mengancam pertahanan wilayah negara.

Berikut ini merupakan contoh ancaman militer yang dapat terjadi di di berbagai wilayah negara yang tentunya dapat membahayakan and1 negara apabila tidak ditangani secara tepat.

 

1. Agregasi

Pengertian agregasi adalah salah satu contoh ancaman militer yang dilakukan dengan menggunakan kekuatan bersenjata yang dilakukan oleh negara lain terhadap suatu negara. Contoh ancaman militer agresi dapat membahayakan kedaulatan negara serta keutuhan wilayah negara tersebut dan dapat pula membahayakan keselamatan pada setiap warga negara di dalam suatu wilayah negara disebut.

Contoh ancaman militer agresi

Contohnya dapat diambil pada suatu peristiwa yang terjadi di kota Yogyakarta. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa agresi militer Belanda II yang terjadi pada tanggal 19 Desember 1945. Agresi militer Belanda II ini berlangsung di kota Yogyakarta yang pada saat itu kota Yogyakarta merupakan ibu kota dari negara Indonesia.

 

2. Pelanggaran Wilayah

Pelanggaran wilayah merupakan salah satu contoh ancaman militer yang dapat membahayakan keutuhan serta kedaulatan wilayah negara dan membahayakan bangsa suatu dalam suatu negara. Kegiatan pelanggaran wilayah dapat dilakukan baik itu dengan menggunakan alat seperti pesawat ataupun kapal.

Contoh ancaman militer pelanggaran wilayah

Contoh ancaman militer pelanggaran wilayah yang saat ini tengah hangat diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia yaitu, berlangsungnya kegiatan kapal nelayan Cina yang dikawal oleh coaat guard Cina masuk ke dalam wilayah perairan Indonesia tepatnya di kawasan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEE) Di Natuna.

Pelanggaran wilayah ah yang dilakukan oleh negara Malaysia kepada Indonesia pada tanggal 24 dan 25 Februari 2007 yang berada lokasinya tepat di Ambalat, perairan Sulawesi.

Baca Juga : Pengertian Ancaman Lengkap

 

3. Spionase

Contoh ancaman militer yang selanjutnya adalah spionase. Pengertian spionase adalah ancaman militer yang dilakukan kepada suatu negara yang dilakukan dengan cara memata-matai suatu negara oleh negara lain in.the dengan tujuan untuk dapat mencari atau memperoleh eh eh dokumen rahasia yang diinginkan dan oleh negara lain.

Contoh ancaman militer spionase

Contoh ancaman militer spionase yaitu yang terjadi terkait dengan cyber terhadap sistem komputer militer Amerika Serikat pada tahun 2008 yang dilakukan oleh badan spionase asing terhadap penyerangan tersebut. Kegiatan serangan tersebut dilakukan dengan cara menyambungkan flashdisk yang yang memiliki virus dengan komputer milik militer AS yang terdapat di markas Timur Tengah.

 

4. Sabotase

Contoh ancaman militer sabotase adalah ancaman militer yang dilakukan oleh suatu negara yang mempunyai tujuan untuk melakukan kegiatan tersebut yaitu merusak instalasi militer serta objek vital nasional.

Contoh ancaman militer sabotase

Contoh ancaman militer sabotase misalnya yang terjadi pada militer angkatan udara Amerika Serikat yang menggunakan alat pelacak sinyal dari darat yang ditujukan kepada pesawat Sukhoi. Saat itu pesawat Sukhoi tengah melakukan masa percobaan di Indonesia. Sehingga pada tanggal 9 Mei 2012 hal tersebut menyebabkan pesawat Sukhoi menabrak tebing.

 

5. Pemberontakan

Pengertian pemberontakan adalah penolakan terhadap otoritas yang dapat timbul karena disebabkan oleh berbagai bentuk, baik itu dari pembangkangan sipil atau kekerasan terorganisir yang merupakan upaya dari peruntuhan otoritas yang ada. Misalnya yaitau terjadi pada pemberontakan bersenjata.

Contoh ancaman militer pemberontakan bersenjata

Pada tanggal 23 Januari 1950 terjadi pemberontakan Angkatan Perang ratu Adil di Bandung.

Baca Juga : Hukum Perdata Lengkap

 

6. Aksi Teror

Contoh ancaman militer aksi teror terutama yang banyak terjadi pula di Indonesia merupakan aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh jaringan terorisme internasional atau suatu jaringan yang bekerja sama nama dengan terorisme dalam negeri. aksi terorisme dapat membahayakan keutuhan serta kedaulatan wilayah negara yang dilakukan oleh sekelompok orang kriminal dan mempunyai sifat khusus.

Contoh ancaman militer aksi teror bersenjata

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 4 desember 2011, tepatnya berada pada Nanggroe Aceh Darussalam. Kekerasan bersenjata yang dilakukan oleh orang tidak dikenal terhadap sejumlah pekerja perkebunan di Krueng Jawa pedalaman Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, yang saat itu sedang menonton televisi bersama.

 

7. Perang Saudara Menggunakan Senjata

Perang saudara merupakan salah satu contoh ancaman militer yang terjadi antar kelompok masyarakat bersenjata yang ada di dalam satu wilayah ah atau satu daerah yang sama.

Contoh ancaman militer perang saudara menggunakan senjata

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 19 Januari 1999 di Ambon, tepatnya terletak di kota Poso, palu dan Palopo. Peristiwa tersebut terjadi lantaran terdapat supir taksi yang merupakan orang Nasrani yang bertengkar dengan penduduk Ambon yang beragama Islam.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang contoh ancaman militer yang ada di Indonesia yang tentunya dapat membahayakan kedaulatan serta keutuhan wilayah negara Indonesia sia serta membahayakan pula bangsa Indonesia. Semoga apa yang pintarnesia kali ini semoga kita semua sebagai warga negara Indonesia dapat menjaga keutuhan NKRI bersama.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nasi Goreng Jawa
  2. Nasi Goreng Kampung
  3. Kastengel Keju
  4. Nastar Coklat
  5. Nastar Daun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *