15+ Contoh Artikel: Ilmiah, Pendidikan, Singkat, Populer, Opini, Kesehatan

By

artikel yang baik dan benar

Contoh Artikel yang Baik dan Benar – Pada kesempatan kali ini pintarnesia akan membahas mengenai artikel serta macam – macam artikel beserta dengan ciri – cirinya yang ada pada artikel. Artikel merupakan suatu tulisan yang membahas topik tertentu, artikel bisa dipublikasikan di koran, majalah sampai dengan media di internet.

Pada artikel ada sebuah gagasan, pendapat serta fakta yang diungkapkan oleh seseorang dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pembacanya.

Sebelum kita membahas mengenai contoh artikel, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai jenis – jenis artikel. Berikut ini pembahasan mengenai jenis – jenis artikel.

 

Jenis Jenis Artikel

jenis jenis artikel

Setelah kita membahas secara singkat basa basi diatas mengenai contoh artikel kali ini kita membahas tentang jenis jenis artikel. Berikut ini adalah pembahasan mengenai jenis – jenis artikel, antara lain.

 

1. Artikel Prediktif

Artikel Prediktif adalah suatu artikel yang di dalam artikelnya mengemukakan mengenai masalah pada zaman sekarang serta memprediksi kejadian yang akan datang.

Dalam artikel prediktif penulis akan mengungkapkan mengenai fenomena – fenomena yang terjadi pada masa sekaran dan memberikan perdiksi kejadian pada masa depan. Kejadian di masa depan merupakan akibat dari kejadian yang terjadi pada masa kini.

 

2. Artikel Deskriptif

Artikel Deskriptif adalah suatu artikel yang membahas sebuah masalah yang terjadi atau pemberitahuan informasi kepada para pembacanya.

Artikel ini dibuat untuk memberikan informasi kepada para pembacanya mengenai hal yang belum diketahui oleh para pembaca, sehingga para pembaca akan paham dan mengerti. Artikel ini tidak dibuat untuk memaparkan sebuah masalah secara detail.

 

3. Artikel Eksplanatif

Artikel Eksplanatif merupakan suatu artikel yang didalamnya berisi kajian, memaparkan atau pun menjabarkan mengenai suatu masalah yang ada.

Penjabaran yang dilakukan tak hanya secara umum, tapi penjabaran dilakukan secara gamblang, detail serta jelas. Isi dari artikel lebih menampilkan pendapat atau sudut pandang si penulis tentang topik yang sudah dipilih.

Baca Juga: Contoh Kliping yang Baik.

 

 

Contoh Artikel

contoh contoh artikel

Nah, setelah kita membahas mengenai jenis – jenis artikel. Kali ini pintarnesia akan memberikan contoh artikel pendidikan, contoh artikel di koran, contoh artikel kesehatan, contoh artikel ilmiah, contoh artikel panjang, contoh artikel singkat, contoh artikel lingkungan hidup, contoh artikel opini, contoh artikel populer.

 

1. Contoh Artikel Pendidikan

Bukan menjadi rahasia lagi jika anak – anak yang tinggal di daerah pedalaman sangat sulit untuk mendapatkan kehidupan yang layak seperti anak – anak pada umumnya.

Anak – anak pada daerah pedalaman sangat sulit unduk mendapatkan pendidikan sesuai dengan batas kelayakan yang ada pada negara Indonesia serta mereka sulut untuk mengikuti perkembangan zaman. Bukan hanya itu saja, merela bahkan tidak mengenal dengan alat komunikasi, contohnya saja seperti telepon genggam.

Salah satu hal yang menjadi sorotan utama adalah betapa sulitnya mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak serta mengenyam pendidikan 12 tahun.

Faktanya tidak semua merupakan salah mereka, kesulitan mereka untuk menjangkai lokasi sekolah menjadi masalah utama. Mereka juga harus berjalan kaki sampai berkilo-kilo meter, bahkan ada yang tidak menggunakan alas kaki.

Kurangnya tenaga pengajar di pedalaman dikarenakan sulitnya mencari pengajar yang mau mengajar di daerah tersebut. Padahal kualitas seseorang diukur melalui seberapa jauh pendidikan yang dicapai, karena kualitas seseorang yang lulusan SD berbeda dengan kualitas seseorang lulusan sarjana. Sehingga bisa disimpulkan jika pendidikan sangat berpengaruh kualitas seorang anak pedalaman.

 

 

2. Contoh Artikel Kesehatan

Madu merupakan hasil produksi dari hewan yang bernama lebah yang saat ini sudah sangat terkenal khasiatnya bagi kesehatan yang sangat melimpah ruah. Tidak heran jika madu sangat banyak digunakan untuk pengobatan berbagai macam, berikut ini adalah manfaat madu, antara lain.

 

a. Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Madu tak hanya dikenal sebagai pemanis alami, madu juga mempunyai manfaat lain yang bisa digunakan untuk kesehatan kulit, khususnya untuk kulit wajah.

Madu dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, tapi perlu ditambahkan dengan beberapa bahan – bahan lain seperti jeruk nipis. Madu juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori – pori wajah serta menghaluskan kulit wajah.

 

b. Madu Sebagai Penghilang Batuk

Manfaat madu sebagai penghilang batuk tidak hanya isapan jempol belaka, buktinya manfaat ini dibuktikan dengan jurnal pula. Jurnal tersebut sudah dirilis pada tahun 2007 dengan sampel anak – anak sebanyak 270 anak, hasil dari penelitian tersebut dengan meminum satu sendok madu sebelum mereka tidur dan yang terjadi adalah intensitas batuk mengalami penurunan.

 

c. Madu digunakan untuk Peningkatan Kekebalan Tubuh

Dalam madu ada aneka nutrisi yang sangat kompleks, nutrisi tersebut mulai dari vitamin sampai dengan aneka mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak heran jika saat ini banyak para orang tua yang mempercayai madu untuk diberikan kepada anak mereka.

Alasan para orang tua memberikan madu yaitu guna menjaga kesehatan sang anak untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan stamina.

 

d. Madu digunakan Membunuh Bakteri

Dalam madu ada suatu zat yang mempunyai fungsi memperlambat laju bakteri atau bahkan bisa mematikan bakteri tersebut, sehingga tubuh terhindar dari penyakit. Sudah dibuktikan pada suatu studi jika madu efektif untuk membasmi bakteri dalam tubuh seperti E. Coli, Salmonella serta bakteri lain yang sejenis. Maka dari itu, khasiat madu tidak usah diragukan lagi.

 

 

3. Contoh Artikel Lingkungan Hidup

Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki iklim tropis yang terdiri dari ribuan pulau. Meskipun daratan negara Indonesia tidak seluas dengan lautannya, hutan di negara Indonesia sangat banyak, mulai dari Sabang sampai ke merauke.

Tapi, beberapa tahun terakhir banyak kebakaran di Indonesia yang kerap terjadi, hal tersebut dikarenakan 2 (dua) faktor yakni faktor alam atau pun buatan (manusia).

Jika dari faktor alam memang tidak bisa ada yang disalahkan, tapi mengenai faktor buatan dari manusia itu yang perlu dievaluasi.

Manusia saat ini sudah kehilangan kesadaran sampai mereka melakukan hal yang merugikan banyak pihak, diantaranya adalah merugikan lingkungan hidup salah satunya adalah hutan. Hutan merupakan habitat dari ribuan spesies makhluk hidup yang saling bergantungan.

Maka dari itu, aksi manusia membakar hutan untuk memenuhi maksud dari dalam dirinya sendiri memang sangat perlu untuk di adili.

Alasan mereka untuk membakar hutan bermacam – macam, mulai dari untuk membuka lahan tanam baru sampai untuk membangun gedung bertingkat. Tapi mereka tidak memikirkan aneka flora serta fauna yang tinggal dalam hutan tersebut.

 

 

4. Contoh Artikel Populer

Bagi kamu yang mengikuti perkembangan berita saat kini, khususnya berita di kalangan selebriti pasti sudah tidak asing lagi dengan pembahasan lelaki seperti wanita. Sebenarnya mereka merupakan seorang laki – laki yang entah kenapa bergaya seperti seorang wanita.

Mereka menggunakan pakaian atau baju wanita yang identik dengan para perempuan bahkan bisa sampai menggunakan make up juga.

Entah apa yang ada di dalam pikiran mereka sampai mereka mengganti penampilan tubuhnya. Tapi, ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya kamu terhindari dari fenomena buruk ini, antara lain.

 

A). Perdalam Agama yang Diyakini

Sejak lahir yang sudah dimiliki oleh kita adalah agama yang sudah terbawa sejak dalam kandungan ibu serta juga sesuai dengan agama dari orang tua kita.  Agama merupakan suatu pondasi paing dalam untuk menjalani kehidupan.

Tanpa agama, seseorang bisa kehilangan arah tujuan hidup serta tidak mengerti kemana arahnya. Sehingga, keinginan berganti kelamin bisa terjadi.

 

B). Jaga Lingkup Pergaulan

Saat ini lingkup pergaulan sudah terjalin luas sera bisa terjalin antar belahan benua satu dengan belahan dunia yang lain. Contohnya saja seorang bisa berkomunikasi atau bahkan bisa mempunyai keakrabatan dengan seseorang  yang berbeda negara.

Pergaulan yang terlalu luas dan bebas juga menyebabkan dari fenomena janggal tersebut. Pergaulan menjadikan mereka tidak peduli dengan agama yang mereka miliki.

Melalui 2 (dua) cara diatas setidaknya seseorang bisa menjaga diri dari hal yang melawan kodrat dan menentang takdir. Setiap orang harus percaya dengan apa yang mereka punyai, sehingga tidak akan terpikir untuk menjadi jenis yang lain.

Seseorang laki – laki harus percaya jika suatu saat dia bisa memimpin suatu keluarga dengan baik dan para perempuan harus yakin bisa menjadi ibu yang mendidik para anaknya.

 

 

5. Contoh Artikel Menarik

Pada zaman dahulu, memang sebagian besar para pria memiliki lebih dari satu istri atau bahkan bisa menikah sampai berkali – kali. Tapi, seiring berjalannya waktu kesetiaan mulai tumbuh sehingga hal tersebut berubah menjadi suatu yang umum.

Seperti halnya yang sudah dicontohkan oleh mantan presiden kita, yaitu Almarhum Bapak Habibie yang setia sehidup semati dengan Almarhumah Ibu Ainun.

Dan belakangan ini muncul lagi suatu hal yang pernah ada pada masa lalu yaitu memiliki lebih dari satu istri. Perempuan yang menjadi istri kedua dikenal dengan sebutan pelakor (Perebut Suami Orang). Para pelakor yang kepergok pasti akan viral di dunia maya karena sang istri sah mengungkapkan hal tersebut melalui curhatan.

Curhatan tersebut lalu dibaca oleh banyak orang sampai akhirnya menjadi booming, setelah itu sang pelakor akan mendapatkan hujatan dari para netizen. Hujatan tersebut bukan tak beralasan,  sesama kaum wanita tentu akan bisa merasakan hal yang sama dengan para istri yang sah.

Wanita memang lebih mementingkan perasaan ketimbang logika, sehingga kejadian tersebut bukan suatu yang mengejutkan lagi.

 

 

6. Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Beberapa bulan yang lalu, masyarakat negara Indonesia dikejutkan dengan adanya berita sensasional yakni munculnya telur palsu yang ada di pasaran berbagai wilayah. Ciri – ciri terlu palsu yakni tidak memberikan bau amis, putih telu encer serta warna merahnya pudar.

Tidak lama setelah beredar berita tersebut, seluruh warga Indonesia langsung lebih sehingga penjualan telur para pedagang menurun.

Beredarnya berita tersebut tidak hanya merugikan para pedagang, tapi juga merugikan seluruh kalangan dikarenakan telur merupakan hasil hewani protein yang sangat baik.

Sejak zaman dahulu, telur memang dipercaya mempunyai kandungan protein yang sangat baik bagi tubuh selain ikan dari laut. Tidak heran jika telur diolah menjadi berbagai macam jenis makanan, mulai dari telur balado, telur goreng, sampai semur telur.

Tapi perlu diketahui jika seluruh pembaca jika berita mengenai telur palsu itu adalah hoax (berita yang tidak memiliki kebenaran).

Oknum tidak bertanggung jawab sengaja mempublikasian berita tersebut dengan tujuan dan maksud untuk menguntungkan diri mereka sendiri. Sehingga, saat ini semua orang tidak perlu khawatir untuk membeli telur dan mengkonsumsi telur setiap hari.

 

 

7. Contoh Artikel Ilmiah

Junk Food disebut sebagai makanan cepat saji yang saat ini sudah berkembang pesat di perusahaan makanan di negara Indonesia. Makanan cepat saji dinilai oleh sebagian orang lebih efektif terhadap waktu serta mudah untuk ditemukan.

Tidak hanya itu saja, makanan cepat saji juga mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan ditambah lagi dengan harganya yang cukup terjangkau.

Makanan cepat saji mengundang kontroversi di negara Indonesia karena makanan tersebut memiliki beberapa dampak yang buruk. Dampak tersebut bisa disebabkan karena kandungan zat – zat berbahaya yang ada di dalam makanan instan tersebut.

Bukan hanya itu, nyatanya di dalam makanan cepat saji terkandung bahan penyedap dan pengawet yang disebut micin.

Fenomena kata micin mendadak sering digunakan oleh para remaja sampai dewasa jika seseorang mengalami hal yang kurang normal.

Contoh dari hal kurang normal adalah telat berpikir, lama menjawab jika diajak berbicara, dan lain sebagainya. Tidak bisa dielakkan, makanan cepat saji memang mengandung zat – zat berbahaya seperti yang sudah diungkapkan.

 

 

8. Contoh Artikel Motivasi Hidup

Hidup merupakan sebuah arena bagi kita untuk bertarung supaya bisa mendapatkan kebahagian dalam berbagai wujud. Saat kita sudah bisa menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah dan tangguh, maka kebahagian tersebut bisa menjadi milik kita.

Tidak ada sesuatu yang tidak membutuhkan perjuangan, hidup mengajarkan manusia untuk bisa menjadi pribadi yang tangguh, karena ketangguhan yang kita miliki akan membukakan kesempatan kita untuk bisa meraih sesuatu yang sangat bernilai.

Tidak ada yang instan dalam hidup kita, segala sesuatu yang kita inginkan harus kita perjuangkan dulu. Kita tidak bisa mendapatkan apapun tanpa disertai dengan adanya perjuangan yang berarti, saat kita terjatuh maka kita harus bangun serta kembali melangkah serta terus melangkah dalam menjalani hidup ini.

Dan kita sebagai manusia, kita tidak selalu bisa mempunyai apa yang kita ingin miliki. Tapi, kita pasti akan mendapatkan yang lebih baik jika kita mau melakukan hal yang terbaik.

 

 

9. Contoh Artikel Kesehatan #2

Jika kita berlama-lama di depan layar monitor seperi laptop, komputer, notebook dan lain sebagainya, membuat mata merasa mudah lelah dan jika hal tersebut dibiasakan maka hal tersebut menjadi pemicu rusaknya mata kamu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengurangi intensitas cahaya dari monitor kamu, sehingga tidak begitu terang serta tidak mudah merusak mata kamu.

Akibat dari sinar UV yang mengenai mata kamu bisa membuat mata terasa sakit, dan hal tersebut menjadi penyebab utama rusaknya mata kamu, karena saat mata melihat sinar matahari yang sangat cerah maka membuat mata terasa sakit. jadi, jika kamu ingin melihat matahari secara langsung, maka kamu perlu menggunakan pelapis khusus seperti kaca mata atau alat bantu lainnya.

Baca Juga: Kata Baku dan Kata Tidak Baku.

 

 

10. Contoh Artikel Lingkungan #2

Khusus untuk daerah yang rawan banjit, tapi kini banjir menghampiri daerah yang sebelumnya tidak pernah mengalami banjir. Pada saat banjir, warga di daerah Gempol Anjun mengungsi ke tempat yang belum terkena banjir. Tapi, warga mengungsi lagi ke tempat lain saat banjir semakin membesar.

Semua warga merasa panik saat mengetahui jika banjir semakin besar, mereka berusaha menyelamatkan harta yang berharga dan perlu untuk di bawa. Sebagian warga ada yang mengungsi di Masjid Al-Jihad, dan rumah sanak saudara yang tidak terkena banjir.

Semua warga mendapatkan bantuan yang berupa mie instan, beras, nasi bungsis, pakaian, sembako, makanan bayi dan masih banyak lagi lainnya.

Pada saat hujan turun sangat deras, ada beberapa pohon yang ikut tumbang. Pohon tumbang menyebabkan rumah – rumah warga rusak dikarenakan pohon yang tumbang.

Saat banjir ada seseorang yang hanyit terbawa arus, ada juga nenek – nenek yang tertabrak kereta api saat memunguti cangkir bekas. Banjir yang besar menyebabkan beberapa rumah runtuh, dan juga menimbulkan berbagai penyakit.

 

Nah, itulah contoh artikel yang disajikan oleh pintarnesia. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas, dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita.


Hasif Priyambudi Aku tidak bisa mendengarmu spongebob, disini gelap


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *