Contoh Daftar Pustaka

By Danang Febriyandra -

Sebuah karya tulis ilmiah seperti jurnal, tesis atau makalah umumnya disusun dengan menggunakan berbagai macam referensi sebagai bahan rujukan. Hal tersebut demi mendukung isi dari karya tulis tersebut dengan mengutip beberapa informasi dari literasi lainnya.

Dan semua bentuk sumber yang dijadikan referensi baik berupa buku, koran, kamus ataupun dari internet akan dikumpulkan dalam contoh daftar pustaka. Nah kalian pasti pernah mendengar istilah tersebut dong?

Bagi para akademisi seperti mahasiswa, sangatlah penting untuk memahami tentang cara membuat daftar pustaka. Karena seringkali mendapatkan tugas membuat karya tulis ilmiah seperti makalah dan jurnal yang di dalamnya tentu harus dilengkapi dengan kepustakaan ini.

Pengertian Daftar Pustaka

Adalah suatu daftar berisi kumpulan referensi yang digunakan saat menyusun sebuah karya tulis ilmiah. Referensi yang dimaksud bisa berupa buku, majalah, koran, ensiklopedia, kamus ataupun informasi yang didapat dari internet.

Daftar pustaka merupakan hal yang sangat penting dan harus selalu ada di bagian akhir setiap karya tulis ilmiah. Karena umumnya sebuah karya tulis ilmiah akan disusun menggunakan rujukan dari literasi lain untuk mendukung dan memperkuat kevalidan informasi di dalamnya.

Selain itu, daftar referensi yang digunakan tersebut harus ditulis untuk menghindari resiko tindakan yang dianggap sebagai bentuk plagiarisme. Hal tersebut juga sebagai bentuk apresiasi terhadap penggunaan ide dari karya tulis milik orang lain yang kita gunakan.

Baca Juga: Contoh Jurnal.

Unsur-Unsur Daftar Pustaka

Unsur Daftar Pustaka

Apa aja sih yang harus dituliskan dalam sebuah kepustakaan? Hal tersebut beragam tergantung jenis dari literatur yang dipakai sebagai bahan rujukan. Namun secara umum, ada beberapa hal yang wajib dicantumkan, antara lain :

  • Nama Penulis
  • Tahun Terbit
  • Judul Buku, Jurnal, Makalah dsb.
  • Kota Terbit
  • Nama Penerbit

Untuk jenis rujukan yang berupa informasi dari internet atau wawancara, ada beberapa informasi tambahan lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan di bawah.

Contoh Daftar Pustaka

Kaidah Penulisan Daftar Pustaka

Untuk membuat sebuah kepustakaan, ada aturan-aturan baku tertentu yang harus diikuti dalam penulisannya. Hal tersebut juga bergantung dari jenis referensi yang digunakan. Antara buku, kamus, koran dan literasi lainnya punya kaidah penulisan yang berbeda.

1. Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Format penulisan untuk rujukan yang berasal dari buku adalah sebagai berikut :

Nama Pengarang (terbalik dan tanpa gelar). Tahun Terbit. Judul Buku (tebal atau miring). Tempat Terbit: Nama Penerbit.

2. Contoh Buku Dengan Satu Pengarang

Untuk sebuah buku dengan hanya satu orang pengarang, maka dimulai dengan menuliskan namanya. Apabila nama pengarang lebih dari satu kata, tuliskan nama belakang terlebih dahulu, kemudian diikuti tanda koma dan kemudian nama depannya.

Contoh :

3. Contoh Buku Dengan Pengarang Lebih dari Satu

Apabila sebuah buku memiliki jumlah pengarang yang lebih banyak, maka untuk nama pengarang pertama harus dibalik. Kemudian ikuti kata “dan” lalu tulis nama pengarang lainnya dengan urutan yang benar tanpa dibalik.

Contoh :

4. Contoh Buku Dengan Pengarang Banyak

Jika tidak ingin menulis semua nama pengarang dalam kepustakaan, maka ada satu cara yang bisa digunakan. Setelah menulis nama pengarang pertama secara terbalik diikuti dengan kata “dkk” (dan kawan-kawan) di belakangnya.

Contoh :

5. Contoh Buku Dengan Pengarang Bukan Nama

Ada pula buku-buku yang mana pengarangnya bukan nama orang, melainkan berupa organisasi, lembaga ataupun sebuah tim. Jika seperti itu, maka tulis saja nama organisasi tersebut menggantikan nama pengarang tanpa dibalik.

Contoh :

Baca Juga : Cara Penulisan Gelar

6. Contoh Buku Hasil Kompilasi Beberapa Pengarang

Ada pula buku yang berisi karya tulis dari beberapa orang kemudian dikumpulkan menjadi satu. Jika mengutip dari salah satu bab yang ada disana, maka tulis saja nama pengarang dari bab tersebut. Diikuti dengan buku apa tempat tulisan tersebut dirujuk.

Contoh :

7. Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal

Sebagai bentuk publikasi dari penelitian ilmiah, tak heran jika jurnal menjadi salah satu pilihan wajib sebagai bahan referensi. Dalam pustaka acuan, kalian bisa menulis mulai dari nama pengarang, judul artikel jurnal, nama jurnal beserta volume terbitnya dan halaman.

Nama Pengarang. Tahun Terbit. Judul Artikel Jurnal. Tempat Terbit: Judul Jurnal. Volume. Halaman

Contoh :

8. Contoh Daftar Pustaka dari Makalah

Makalah juga merupakan salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang sering dijadikan tugas kuliah. Selain itu, ia juga banyak dipakai sebagai bahan acuan dalam penulisan karya tulis lainnya.

Untuk itulah jika kalian menggunakannya sebagai bahan rujukan, maka cantumkan nama penulis, judul makalah beserta tahun terbitnya dalam bagian kepustakaan.

Nama Pengarang. Tahun Terbit. Judul Makalah. Jenis (Makalah)

Contoh :

9. Contoh Daftar Pustaka dari Skripsi atau Tesis

Untuk penulisannya dalam daftar acuan, format yang dipakai masih mirip seperti sebelumnya. Cantumkan nama pengarang, tanggal terbit, judul kemudian diikuti jenis rukukan (apakah berupa skripsi atau tesis dan dicetak miring). Terakhir tambahkan tempat terbit dan nama universitas.

Nama Pengarang. Tahun Terbit. Judul. Jenis (Tesis/Skripsi). Tempat Terbit. Universitas

Contoh :

10. Contoh Daftar Pustaka dari Majalah

Kadang kala ada pula majalah yang dijadikan sebagai sumber rujukan suatu karya tulis ilmiah. Untuk penyusunan dalam kepustakaan, kita harus menulis nama pengarang, judul artikel yang dirujuk serta nama majalahnya.

Nama Penulis. Tahun Terbit. Judul Artikel. Judul Majalah. (Halaman)

Contoh :

Baca Juga : Contoh Karya Ilmiah

11. Contoh Daftar Pustaka dari Buletin

Buletin sendiri merupakan bentuk publikasi secara berkala oleh sebuah organisasi terkait suatu topik atau pokok bahasan. Ia biasanya tidak ditujukan untuk kalangan umum, melainkan kalangan yang berkaitan dengan topik serta bidang yang dibahas.

Untuk penulisannya sebagai bahan rujukan, cukup tuliskan nama pengarang, judul buletin disertai dengan volume terbitnya.

Nama Penulis. Tahun Terbit. Judul Buletin. Penerbit. Volume.

Contoh :

12. Contoh Daftar Pustaka dari Koran (Surat Kabar)

Literatur yang satu ini juga menjadi salah satu sumber rujukan yang sering digunakan. Saat ditulis dalam kepustakaan, maka harus menyertakan nama penulis beserta judul artikel, nama koran (dicetak miring) dan diakhiri dengan tanggal terbit + halaman yang dirujuk.

Nama Pengarang. Tahun terbit. Judul Artikel. Tempat Terbit: Nama Koran (Tanggal Terbit). Halaman

Contoh :

13. Contoh Daftar Pustaka dari Internet

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka persebaran informasi lewat internet pun sudah semakin maju. Bahkan sekarang ini banyak karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam bentuk online.

Nah apabila kalian mengutip salah satu rujukan dari internet, maka ada cara penulisan khusus dalam daftar pustaka.

Apa yang perlu dicantumkan adalah nama penulis beserta judul artikel (dicetak miring). Lalu alamat web atau url tempat informasi yang kalian rujuk diikuti tanggal pengaksesannya.

Nama Penulis. Tahun Terbit. Judul Artikel. Alamat Website. Tanggal Akses.

Contoh :

14. Contoh Daftar Pustaka dari Kamus atau Ensiklopedia

Mengutip suatu informasi dari kamus atau ensiklopedia memang sering dilakukan ketika menyusun sebuah karya tulis ilmiah. Maka dari itu dalam daftar rujukan kita harus menuliskan nama kamus beserta halamannya.

Nama Penulis. Tahun Terbit. Nama Kamus/Ensiklopedia. Jenis. Halaman.

Contoh :

15. Contoh Daftar Pustaka dari Wawancara

Adakalanya untuk mencari sebuah informasi kita harus melakukan wawancara kepada seorang narasumber. Hal tersebut juga harus dicantumkan sebagai salah satu sumber rujukan dalam kepustakaan.

Untuk penulisannya bisa dilakukan dengan mencantumkan nama acara saat wawancara dilakukan beserta tahunnya. Bisa juga dilengkapi dengan media yang menyiarakannya serta durasinya.

Nama Narasumber. Tahun Wawancara. Nama Acara. Media Penyiaran. Tempat Penyiaran. Durasi.

Contoh :

Demikian pembahasan tentang contoh daftar pustaka yang baik dan benar. Kalian harus memperhatikan kaidah dan aturan baku yang berlaku karena hal tersebut sangatlah penting. Apabila ada kritik, saran atau pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Seorang yang suka dunia anime yang sangat akut, suka belajar hal baru.

Artikel Terkait

Jenis-Jenis Paragraf
Jenis-Jenis Paragraf
Oleh Mexi Prizkia
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Ajakan
Contoh Kalimat Ajakan
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Persuasif
Contoh Kalimat Persuasif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nastar Nanas
  2. Nastar Keju
  3. Opor Ayam Tanpa Santan
  4. Opor Ayam Putih
  5. Singkong Thailand

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *