Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

15 Contoh Hewan Ovovivipar: Ciri, Contoh Gambar

5 min read

contoh-contoh hewan ovovivipar

Setiap hewan akan berkembang selalu biak untuk melanjutkan keturunannya dengan cara yang berbeda. Mungkin kalian pernah mendengar istilah ovovivipar dan mungkin sudah tahu apa itu ovivipar pada saat pembelajaran di sekolah. Bagi kalian yang belum tahu apa itu ovivipar simak penjelasan dibawah.

 

Pengertian Hewan Ovovivipar

Istilah ovovivipar merupakan gabungan dari ovipar dan vivipar yang berarti hewan ovovivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar (bertelur) dan vivipar (beranak).

Maksudnya adalah setelah terjadi pembuahan zigot dari hewan-hewan tersebut akan menjadi embrio yang tumbuh dalam telur dan terus berkembang hingga menetas dalam tubuh sang induk, setelah telur-telur tersebut menetas barulah induk akan melahirkan mereka ke dunia, meskipun terkadang saat induk melahirkan masih ada yang berbentuk telur.

 

 

Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri hewan ovovivipar, antara lain.

  • Berkembang biak dengan ovipar (bertelur) dan beranak (vivipar)
  • Embrio tumbuh dalam telur yang berkembang dalam tubuh sang induk
  • Setelah telur menetas barulah sang induk melahirkan anaknya
  • Asupan makanan embrio berasal dari cadangan telur bukan dari induknya

 

Contoh Hewan Ovovivipar

Berikut ini adalah beberapa contoh hewan ovovivipar, antara lain.

 

1. Kadal

gambar kadal

Umumnya hewan kadal berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Namun karena banyaknya jenis kadal didunia, baru ditemukan fakta bahwa kadal termasuk hewan ovovivipar karena setelah terjadinya proses pembuahan kadal akan menyimpan telurnya dalam tubuh dengan asupan embrio berasal dari kuning telur, hingga telur menetas dan menghasilkan kadal baru, setelah itu induk akan melahirkannya.

 

2. Iguana

gambar iguana

Iguana termasuk kedalam salah satu jenis kadal yang hidup pada daerah tropis wilayah Amerika Selatan, Amerika Tengah dan juga Karibia. Iguana memiliki beragam jenis dengan warna berbeda pula sehingga saat ini banyak iguana yang dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Hewan ini memiliki mata sangat tajam yang membantunya mencari makan dan berkomunikasi dengan spesies iguana lain. Hewan ini juga berkembang biak dengan cara ovovivipar.

 

3. Bunglon

gambar bunglon

Memiliki bentuk yang hampir sama dengan iguana namun bunglon berukuran lebih kecil dan merupakan hewan yang dapat mengubah warna tubuhnya menyesuaikan benda yang disentuhnya untuk melindungi diri. Hewan ini biasanya berada pada pohon, semak-semak dan berbagai macam tempat terbuka lainnya. Bunglon juga termasuk kedalam golongan hewan ovovivipar.

 

4. Kuda Laut

gambar kuda laut

Mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah pernah melihat kuda laut secara langsung dan ada yang hanya sebatas melihat lewat gambar saja karena kuda laut ini merupakan salah satu hewan yang hidup didasar laut sehingga jarang terlihat dipermukaan dan saat ini keberadaannya mulai terancam karena seringnya diburu.

Kuda laut dapat dijumpai pada perairan tropis hingga menengah di seluruh dunia dengan berbagai jenis, warna dan ukuran mulai dari 16 mm hingga 35 cm. Dengan keunikannya yaitu yang hamil dan melahirkan anak adalah sang jantan, kuda laut termasuk kedalam golongan hewan ovovivivpar.

 

5. Ikan Pari

gambar ikan pari

Ikan pari merupakan ikan yang tidak memiliki tulang dengan tubuh berbentuk pipih dan lebar dengan ekor panjang yang merupakan salah satu spesies ikan terbesar. Ikan pari ini dapat ditemukan pada lautan tropis di seluruh dunia dan termasuk kedalam golongan hewan ovovivipar.

 

6. Ikan Hiu

gambar ikan hiu

Ikan hiu merupakan salah satu ikan predator yang paling ditakuti, bukan hanya karena tubuh dewasanya yang besar namun juga karena memiliki gigi yang sangat tajam. Ikan hiu ini merupakan golonga hewan yang berkembang biak dengan ovovivipar namun tidak menghasilkan keturunan sebanyak ikan-ikan lain.

 

7. Ikan Guppy

gambar ikan guppy

Ikan guppy atau yang sering kita kenal sebagai ikan cupang ini merupakan salah satu ikan hias karena bentuknya yang sangat cantik. Dengan panjang antara 4 hingga 6 cm ini ikan guppy berkembang biak dengan cara ovovivipar yang akan menghasilkan keturunan sekitar 2 hingga 100 ekor. Ikan guppy menjadi salah satu ikan yang mudah berkembang biak dengan masa kehamilan sekitar 20 hingga 30 hari tergantung suhu air.

Baca Juga : Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

 

8. Salamander

gambar salamander

Salamander termasuk kedalam golongan hewan ovovivipar yang memiliki kemampuan unik dimana dapat menumbuhkan kembali bagian tubuhnya jika terpotong. Salamander masuk kedalam spesies amfibi yang memiliki berbagai macam jenis dan ukuran. Hewan ini mirip dengan kadal dan hidup pada wilayah perairan atau dekat perairan yang basah.

 

9. Platypus

gambar Platypus

Hewan platypus ini memiliki empat kaki dan paruh yang terlihat seperti bebek namun lebar. Platypus ini sebenarnya hewan yang berkembang biak dengan ovipar (bertelur) layaknya burung lainnya namun uniknya hewan ini memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anak-anaknya setelah menetas layaknya mamalia sehingga para ilmuwan ahli biologi menyebut platypus sebagai hewan peralihan evolusi dari aves ke mamalia.

Biasanya platypus dijumpai pada wilayah Australia bagian timur dengan berat antara kurang dari 1 hingga 2 kg dengan permukaan tubuh tertutup oleh bulu.

 

10. Ular Kadut

gambar ular kadut

Ular kadut merupakan ular yang memiliki warna dasar gelap dengan lurik putih pada sekujur tubuhnya. Hewan ini biasa hidup di perairan dan hutan lembab dilaut, jika ular ini berada di daratan akan sulit bergerak karena kulit yang sangat tipis yang di milikinya bisa saja robek. Ular kadut ini juga termasuk kedalam golongan hewan ovovivipar.

Baca Juga : Kumpulan Hewan Peliharaan

 

11. Ular Bangkai Laut (Ular Hijau)

gambar ular hijau

Ular bangkai laut atau yang lebih dikenal dengan sebutan ular hijau merupakan salah satu hewan berbisa yang dapat mematikan. Ular hijau memiliki panjang sekitar 80 hingga 100 cm dengan ekor pendek yang bergerak lebih lambat dari ular lainnya pada malam hari namun jika sudah terancam ular ini berubah menjadi sangat gesit. Ular bangkai laut termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar dengan sekali hamil mampu melahirkan keturunan sekitar 20 hingga 70 ekor.

 

12. Ular Boa

gambar ular boa

Ular boa masuk kedalam golongan hewan ovovivipar yang dalam sekali hamil mampu melahirkan 10 hingga 40 ekor. Ular ini akan lebih agresif pada saat musim kawin yang dimulai pada usia sekitar 2 hingga 3 tahun dengan masa kehamilan selama 6 bulan.

Baca Juga : Hewan Vertebrata Lengkap

 

13. Ular Pucuk

gambar ular pucuk

Ular pucuk merupakan ular asli Indonesia yang memiliki warna hijau hampir menyerupai ular bangkai laut namun sisik ular pucuk ini lebih terlihar jelas dan bercorak. Berbeda dengan ular hijau ular ini tidak memiliki bisa yang mematikan untuk manusia, bisa yang dimilikinya hanya mampu untuk berburu makanannya seperti burung kecil dan kodok. Ular pucuk ini juga termasuk kedalam golongan hewan ovovivipar.

 

14. Ular Anaconda

gambar ular anaconda

Ular anaconda dikenal sebagai ular terbesar yang ada didunia dan termasuk ular yang paling berbahaya karena mampu bergerak dengan sangat cepat untuk membunuh mangsanya dengan lilitan yang sangat kuat sehingga mangsanya tidak dapat lepas dan akhirnya mati karena kehabisan nafas.

Pada musim kawin ular anaconda betina akan lebih agresif dengan masa kehamilan sekitar 6 hingga 7 bulan. Ular anaconda berkembang biak dengan cara ovovivipar dan mampu melahirkan 20 hingga 100 keturunan dalam sekali hamil.

 

Demikian sedikit informasi mengenai Contoh Hewan Ovovivipar: Ciri, Contoh Gambar. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight