50+ Contoh Iklan: Baris, Produk, Penawaran, Jasa, Pekerjaan

By

contoh iklan

Contoh Iklan – Pada saat Anda menonton televisi ataupun melihat surat kabar, tentu Anda menemukan beberapa iklan. Bagik iklan yang hanya memuat tulisan atau juga yang disertai dengan gambar.

Tujuan iklan tersebut tidak lain untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. Agar banyak yang tertarik untuk membeli produk tersebut, ada beberapa ketentuan dalam membuatnya.

Nah, pada artikel kali ini, Pintarnesia akan membagikan materi tentang teks iklan. Mulai dari ciri-cirinya, ketentuan, jenis, dan lain sebagainya.  Simak baik-baik ya!

Iklan dapat diartikan sebagai sebuah informasi yang berisi tentang ajakan mengenai sebuah produk atau jasa yang ditawarkan.

Definisi iklan lainnya yaitu segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk menawarkan sebuah jasa atau produk yang dilakukan tidak secara individu dan dibayarkan oleh sponsor dari produk atau jasa yang bersangkutan.

 

Ciri Ciri Iklan

Teks iklan yang baik memiliki beberapa ciri-ciri supaya iklan tersebut dapat tersampaikan kepada orang lain dengan benar. Berikut ciri-ciri dari teks iklan.

1. Menggunakan kata-kata persuasif, yaitu kata-kata yang menarik, membujuk, dan meyakinkan pembacanya untuk menggunakan produk/jasa tersebut.

2. Menggunakan pemilihan kata atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh kalangan masyarakat atau target market.

3. Memakai slogan atau tagline sehingga iklan tersebut akan mudah diingat oleh pembacanya dan akan lebih terkenal.

4. Informasi tersampaikan secara komunikatif dan informatif.

5. Menjelaskan tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa tersebut.

 

 

Jenis Jenis Iklan

Ada berbagai macam jenis pengelompokkan iklan. Pengelompokkan ini memiliki perbedaan entah dari tujuannya, isinya, cara penulisannya, dan lain sebagainya. Disini kami akan menyampaikan beberapa jenis – jenis iklan. Berikut jenis iklan berdasarkan tujuan, media, dan isinya.

 

Jenis Iklan berdasarkan Tujuannya

Iklan berdasarkan tujuannya dibedakan menjadi dua, yaitu iklan komersial dan non-komersial.

  1. Iklan komersial, yaitu iklan tersebut bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan.
  2. Iklan non-komersial, yaitu iklan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat.

 

Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Dipakai

Iklan berdasarkan media yang dipakai dibedakan menjadi dua, yaitu iklan cetak dan elektronik.

  1. Iklan cetak, yaitu iklan yang dipasang pada media yang menggunakan teknik cetak yang berupa sablon, letterpress, dan lain sebagainya. Contoh iklan cetak yaitu iklan yang terdapat di surat kabar, majalah, poster, stiker, dan lain sebagainya.
  2. Iklan elektronik, yaitu iklan yang memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik yaitu iklan luar ruang, radio, televisi, film, dan internet.

 

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan berdasarkan media yang dipakai dibedakan menjadi tiga, yaitu pemberitahuan, penawaran, dan layanan masyarakat.

  1. Iklan Pemberitahuan, yaitu iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan yaitu iklan berita duka cita, iklan reuni alumni sekolah, dan lain sebagainya.
  2. Iklan Penawaran, yaitu iklan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat umum. Contoh iklan penawaran yaitu iklan penawaran produk (misalnya smartphone, laptop, dan lain-lain), iklan penawaran jasa (misalnya jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain).
  3. Iklan Layanan Masyarkat, yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat ini dibuat oleh suatu lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.

 

 

Syarat Iklan

Kita perlu memperhatikan beberapa syarat agar iklan yang dibuat adalah iklan yang baik dan benar. Berikut beberapa ketentuan agar menjadi iklan yang baik.

  1. Penulisan kata dalam iklan harus tertata dengan rapi dan harus memiliki satu makna, tidak boleh memiliki makna ganda.
  2. Iklan tidak mengandung unsur merendahkan atau menghina produk lain, diperkenankan menunjukkan kelebihan produk/jasa yang ditawarkan.
  3. Iklan ditulis harus sesuai produk/jasa yang ditawarkan, tidak dibenarkan untuk berbohong untuk menarik perhatian pembaca.

 

 

Fungsi Iklan

Untuk lebih jelas mengenai fungsi iklan, berikut kami jelaskan beberapa fungsi dari iklan.

  1. Informing, yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang suatu produk atau jasa dari perusahaan.
    Persuading, yaitu sebagai sarana untuk membujuk masyarakat agar melakukan transaksi pembelian suatu produk/jasa.
  2. Reminding, yaitu untuk membuat masyarakat selalu ingat tentang merek suatu produk /jasa tertentu agar mereka terus memakainya atau tetap berlangganan.
  3. Adding Value, yaitu memberikan nilai tambah pada suatu merek produk/jasa dengan cara membentuk preferensi merek, merubah persepsi tentang produk, dan mengajak masyarakat untuk mencoba produk/jasa yang diiklankan sehingga merek produk yang diiklankan dipandang lebih baik, lebih elegan, lebih menarik, lebih unggul dan lebih bergaya dari produk/jasa pesaing.

 

 

Struktur Iklan

Struktur juga dapat dikatakan sebagai kerangka. Berikut struktur yang harus ada pada sebuah iklan.

 

1. Judul

Penempatan judul biasanya terletak di bagian paling atas dan tulisan  judul lebih besar/tebal daripada bagian isi agar dapat langsung dilihat oleh orang lain.

Judul iklan akan menentukan seseorang akan terus membaca iklan atau tidak. Judul iklan harus menarik, unik, spesifik,  memberi solusi/manfaat dan kontroversial untuk menarik minat pembaca.

 

2. Nama produk/jasa

Bagian ini berisi nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.

 

3. Deskripsi produk/jasa

Bagian ini berisi deskripsi/penjelasan tentang produk/jasa yang diiklankan. Deskripsi haruslah jelas, singkat dan menarik yang menggambarkan produk/jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Pengertian Media Gambar.

 

Contoh Iklan

Disini kami akan menjelaskan beberapa contoh iklan dari berbagai tema ataupun tujuannya. Mulai dari iklan penawaran hingga iklan untuk menyosialisasikan kesehatan kepada masyarakat.

 

Contoh Iklan Baris

Iklan baris adalah jenis iklan barang dan jasa yang dibuat secara singkat yang terdiri dari beberapa baris saja, yang umumnya ditemukan di surat kabar. Iklan baris harusnya berisi informasi yang padat dan jelas. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1. DIBUTUHKAN KARYAWAN TEKNISI SALON BODY MOBIL YG SUDAH BERPNGALMAN LOKASI JKT PUSAT HUB. 0821736548.

 

#2.

 

#3. DIBUTUHKAN PRIA, LULUSAN S1, POSISI ADM, ANTR LMRN KE CV.PINTAR MANDIRI, JL LET JEND SUPRAPTO NO. 8 KORPRI : 072182773*

 

#4. Jual Rumah Jl. Palagan Tentara Pelajar LT 360m Typ 70 8KT Carport Jln lebar SHM Hrg 1,5M Hub: 086974857

 

#5. Dijual HP Gallaxy S1234 new, quadcore, Ram 2Gb, jack, bluetooth, USB, harga WA 085663665561 (hana)

 

#6. DIBUTUHKAN TENAGA DISTRIBUSI BAJU , um.20-28 thn llsn SMK, serius hub.081434662773

 

#7. Dibutuhkan pegawai Wanita llsn SMA max 27th, bg yang brmnat bw lmrn ke Difa Fashion Jl.Gagak No.109 Jkt Pusat

 

Contoh Iklan Kolom

Iklan kolom merupakan jenis iklan yang berbentuk kolom yang memuat informasi penawaran barang, jasa atau informasi lain yang diumumkan kepada masyarakat,  misalnya iklan lowongan kerja, iklan tentang berita dukacita,  iklan ucapan terima kasih, iklan layanan masyarakat, dan lain sebagainya.

Iklan kolom dapat ditemukan di media cetak maupun media elektronik. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan

Iklan lowongan kerja adalah jenis iklanyang diterbitkan oleh suatu perusahaan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan karyawan baru, baik lewat media cetak maupun media online. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

Contoh Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah jenis iklan yang berisi tentang penawaran suatu produk atau jasa tertentu untuk mendapatkan konsumen. Biasanya dapat berupa penawaran promo produk tersebut. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

#4.

 

Contoh Iklan Jasa

Iklan jasa adalah jenis iklan yang berisi tentang penawaran suatu jasa tertentu untuk mendapatkan konsumen. Contohnya iklan laundry, service barang elektronik, dan lain sebagainya. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan non-komersial, yaitu iklan yang bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat umum ataupun tertentu saja.

Kebanyakan iklan ini yang menampilkan pesan-pesan sosial atau edukasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan masyarakat. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

#4.

 

Contoh Iklan Makanan

Iklan makanan adalah jenis iklan yang berisi informasi mengenai suatu produk makanan. Di era yang modern ini, tentu banyak pengusaha makan yang berlomba-lomba dalam mempromosikannya.

Pembuatan iklan haruslah menarik sehingga bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produk makanannya. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

Contoh Iklan Minuman

Seperti halnya iklan makanan, iklan minuman adalah jenis iklan yang berisi informasi mengenai suatu produk minuman. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

#4.

 

Contoh Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang yang dibuat untuk tujuan mendapatkan kentungan dengan cara mempromosikan sebuah produk atau jasa dari suatu perusahaan. Pada umumnya, kita sering menjumpai jenis iklan ini di televisi, social media, dan lainnya. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

#4.

 

Contoh Iklan Pendidikan

Iklan pendidikan adalah jenis iklan yang dapat mengedukasi masyarakat sekitar mengenai pendidikan. Contoh iklan pendidikan yaitu iklan penerimaan murid baru, iklan bimbingan belajar, iklan layanan masyarakat tentang pendidikan lainnya. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

#4.

 

Contoh Iklan Elektronik

Iklan elektornik adalah jenis iklan yang mempromosikan barang elektronik yang dikeluarkan dari sebuah perusahaan. Iklan ini berisi tentang keunggulan produk, mulai dari harganya, kualitasnya, model yang dikeluarkan, dan lain sebagainya. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

Contoh Iklan Kesehatan

Iklan kesehatan adalah jenis iklan yang biasanya berisi tentang sosialisasi kesehatan untuk masyarakat umum guna menghindari berbagai macam penyakit, mengetahui pola hidup sehat, dan lain sebagainya. Berikut kami berikan beberapa contohnya.

#1.

 

#2.

 

#3.

 

Selesai sudah Pintarnesia membahas tentang iklan. Semoga dapat membantu kalian menyelesaikan tugas ataupun hal lainnya. Sekian yang dapat kami sampaikan, bila ada kesalahan mohon dimaafkan dan dimaklumi.


Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *