800+ Contoh Kata Baku dan Tidak Baku Sesuai KBBI serta Keteranganya

By

contoh kata baku dan tidak baku

Contoh Kata Baku dan Tidak Baku – Dalam kehidupan kita sehari – hari sering sekali kita temukan beberapa kata yang memiliki tulisan berbeda. Hal ini menimbulkan pertanyaan mana penulisan yang benar dan penulisan yang salah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa disebut dengan KBBI ada istilah untuk menyebutkan ambiguitas.

Bagi kamu yang tidak bekerja di bidang ilmiah pasti tidak terlalu mempermasalahkan beberapa kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan. Tapu, untuk membuat proposal dan surat resmi, penggunaan kata harus mengacu pada aturan yang berlaku.

Sebelum Pintarnesia memaparkan contoh kata baku dan tidak baku, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari kata baku dan tidak baku. Berikut ini adalah perbedaan kata baku dan tidak baku.

 

Perbedaan Kata Baku & Tidak Baku

Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah dan ketentuan, sedangkan kata tidak baku adalah kata yang pengucapan dan penulisannya melenceng dari aturan yang sudah ditetapkan. Dengan mengetahui perbedaan antara kata baku dan tidak baku bisa memberikan banyak manfaat kepada kita, terutama bagi kamu yang bekerja di bidang pendidikan, kajian ilmiah, jurnalistik dan lain sebagainya.

Kita harus membiasakan diri dengan bahasa yang benar, agar saat kita menghadapi kegiatan yang bersidat formal dengan baik, contohnya saja saat wawancara, presentasi dan masih banyak lagi lainnya. Penggunaan kalimat uang tepat bisa menunjukan jati diri yang sebenarnya, biasanya kaum intelektual lebih suka menggunakan kata bersifat formal dan menggunakan kata yang baku ketimbang tidak baku.

 

 

Penggunaan Kata Baku & Tidak Baku dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Penggunaan Kata yang Baku

Dengan mempelajari KBBI bisa memberikan banyak sekali manfaat. Salah satunya untuk keperluan ilmiah, jika kamu seorang mahasiswa, pelajar atau tenaga pengajar, kamu haris mengetahui pengertian kata baku. Hal ini sangat penting karena sebagai bahan dalam penyusunan surat lamaran kerja, surat dinas, karya ilmiah dan lain sebagainya. Saat kamu melakukan presentasi pun harus menggunakan kalimat yang benar dan baku.

 

2. Penggunaan Kata Tidak Baku

Jenis kata tidak baku bisa muncul karena penggunaan bahasa yang salah dan mengalami pengulangan, hal itu bisa menjadikan kebiasaan yang buruk. Masyarakat sebaiknya mengetahui perbedaan kata baku dan kata tidak baku, walaupun ada beberapa pakar yang membiarkan kesalahan itu terjadi. Aksens dan dialek seseorang dalam mengucapkan kalimat salah satu penyebab munculnya kata yang tidak baku.

Ada beberapa orang yang mengucapkan Apotek menjadi kata Apotik, mereka akan menulis kalimat sesuai dengan pengucapannya. Berikut ini adalah contoh perbedaan kata baku dan kata tidak baku.

 

 

Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

Dibawah ini adalah 400 contoh kata baku dan tidak baku beserta keteranganya dalam kehidupan sehari-hari.

 

[table id=katabaku /]

 

Nah, itulah beberapa contoh kata baku dan tidak baku. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa menambah kosakata kata baku kita. Jika pada artikel ini terdapat kesalahan mohon untuk dimaklumi dan dimaafkan.


Hasif Priyambudi Aku tidak bisa mendengarmu spongebob, disini gelap


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nasi Tumpeng
  2. Opor Ayam Kuning
  3. Dalgona Coffee
  4. Tongseng Sapi
  5. Rawon Daging Sapi
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *