Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

15+ Contoh Kultum Singkat Agama Islam: Lengkap

25 min read

contoh kultum singkat agama islam

Contoh Kultum Singkat Agama – Berbicara mengenai kultum, tentu kamu langsung berpikiran tentang suatu pidato yang berisikan berbagai hal keagamaan. Mungkin di antara kalian berbayar bola bawah kultum disampaikan oleh seorang penceramah yang ahli dalam agama atau yang biasa disebut ustadz.

Hal tersebut dikarenakan seorang ustaz notabennya diketahui memiliki ilmu yang lebih untuk dapat dibagikan kepada masyarakat dan berkewajiban untuk membagikan ilmu yang didapatnya kepada masyarakat dengan cara berceramah, yang mana hal tersebut bertujuan supaya masyarakat dapat lebih memahami ilmu yang disampaikan.

Biasanya kultum sendiri disampaikan pada saat setelah melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid, pada saat bulan Ramadhan setelah melaksanakan salat isya, setelah melaksanakan salat jumat, dan pada acara-acara keagamaan seperti pengajian Akbar atau au peringatan hari-hari besar Islam. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tujuan dibacakannya kultum supaya masyarakat yang lainnya dapat mengetahui ilmu-ilmu baru dari kultum yang disampaikan kan oleh pemberi kultum.

Jenis-jenis dari kultum sendiri ada banyak. Mulai dari jenis kultum yang berhubungan dengan menuntut ilmu, kultum tentang, ibadah, kultum tentang kebersihan, kultum tentang kasih sayang, dan lain sebagainya.

 

Contoh Kultum Singkat Agama Islam

Berikut ini akan diberikan beberapa contoh kultum singkat tentang agama Islam yang dapat kamu jadikan sebagai referensi apabila nantinya kamu ditunjuk untuk membacakan kultum dalam suatu acara. Beberapa contoh kultum yang ada di bawah ini ini antara lain berisikan kultum tentang menuntut ilmu, kewajiban melakukan ibadah, perbuatan ikhlas, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu untuk dapat mengetahui lebih lanjutnya contoh-contoh kultum simaklah di bawah ini.

 

1. Kultum Singkat Tentang Berbuat Baik

contoh kultum singkat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan kita banyak sekali nikmat, seperti nikmat sehat, nikmat sempat, nikmat, iman, dan nikmat islam sehingga kita semua bisa berkumpul di yang insya Allah Mulia ini.

Tak lupa juga sholawat dan salam marilah kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang telah membawa kita dari zaman jahiliya ke zamn ilmiah yang terang benderang seperti yang kita rasakan sekarang ini. Semoga kita semua termasuk golongan yang menerima syafa’atnya kelak di hari kiamat nanti, aamiin.

Di zaman yang sekarang ini dimana teknologi semakin canggih dan maju, manusia semakin kehilangan arah. Dengan berkembangnya teknologi ini harusnya kita memanfaatkanya untuk kegiatan yang baik-baik seperti. Namun sayangnya dengan teknologi ini harusnya kita semakin menambah ketaatan kita kepada Allah, malahan membuat kita jauh dari Allah dan lupa akan tugas kita di dunia.

Seharusnya kita sebagai manusia yang berikan iman oleh Allah memanfaatkan teknologi yang ada untuk berlomba-lomba menyebarkan kebaikan. Seperti yang kita ketahui kita bisa menyebarkan banyak hal baik lewat internet ke seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Namun sayangnya banyak orang yang malah menyebarkan hal buruk dan tidak patut dicontoh.

Jika kita menyebarkan kebaikan maka bisa menjadi amal jariyah untuk kita, sebaliknya jika kita menyebarkan keburukan atau contoh buruk maka bisa menjadi dosa jariya untuk kita yang akan terus menglir meskipun kita sudah meninggal.

Pada saat kita berbuat hal baik atau kebaikan, bukan cuma pahala saja yang akan kita dapatkan dari Allah. Selain mendapatkan pahala, kita juga akan mendapat ampunan dari Allah, dari sini bisa kita lihat betapa indahnya berbuat baik. Allah akan membalas semua perbuatan kita tanpa terkecuali, karena Allah akan selalu mengawasi apa yang kita perbuat, baik itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk.

Jadi kita harus selalu berbuat baik meskipun tidak ada orang yang melihat kita, karena Allah selalu melihat dan mengawasi apapun yang kita lakukan. Seperti sabda rasulullah berikut yang artinya, “Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tak melihat-Nya, (yakinlah) bahwa Dia (Allah) menyaksikanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada saat ingin berbuat baik jangan menunggu banyak orang terlebih dahulu, jangan menunggu orang melihat atau tidak. Malah yang lebih bagus lagi adalah kita berbuat baik tanpa diketahui oleh orang lain, cukup kita dan Allah saja yang tahu. Karena pada saat kita berbuat baik misalnya sedekah di depan banyak orang maka bisa muncul rasa sombong. Karena itulah pada saat sedekah disarankan untuk secara sembunyi-sembunyi atau tidak banyak yang tahu bahwa kita bersedah.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, semoga ilmu tadi bisa bermanfaat dan menjadi dan menjadi amalan untuk kita semua, terima kasih.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

 

2. Kultum Singkat Perintah Menjalankan Shalat

contoh kultum singkat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan kita banyak sekali nikmat, seperti nikmat sehat, nikmat sempat, nikmat, iman, dan nikmat islam sehingga kita semua bisa berkumpul di yang insya Allah Mulia ini.

Tak lupa juga sholawat dan salam marilah kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang telah membawa kita dari zaman jahiliya ke zamn ilmiah yang terang benderang seperti yang kita rasakan sekarang ini. Semoga kita semua termasuk golongan yang menerima syafa’atnya kelak di hari kiamat nanti, aamiin.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan ceramah singkat tentang shalat. Sebagai orang Islam kita harus melaksanakan shalat, shalat ini sudah menjadi kewajiban bagi kita dan tidak boleh ditinggalkan. Bahkan orang yang sedang sakit tetap diwajibkan melaksanakan shalat dengan ketentuan yang ada. Misalnya dia tidak bisa berdiri maka dia dibolehkan shalat sambil duduk, dia tidak bisa duduk maka di dibolehkan shalat sambil tiduran.

Semuanya sudah diatur dan ada ketentuannya. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa mendirikan shalat sangatlah penting. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa, “Shalat adalah tiangnya agama.”. Jadi ibarat sebuah rumah apabila tidak ada tiang atau tembok yang menyangganya maka apa yang terjadi? Pastinya roboh dan tidak bisa berdiri.

Pahala dari Shalat itu sangat banyak. Rasulullah mengatakan bahwa jika kita tahu pahala yang kita dapat dari melaksanakan shalat Subuh dan Asar, maka kita akan mendatanginya meskipun harus merangkak. Hal ini membuktikan betapa besar pahala yang kita dapat dari Shalat. Shalat bukan cuma wajib saja dilakukan oleh umat muslim, Shalat ini juga menjadi bukti iman kita (umat muslim) kepada Allah.  Allah berfirman dalam Qs. Al Mauun : 4-5, yang artinya,

“Maka celakalah orang yang shalat, yaitu orang yang melalaikan shalat.”

Orang-orang yang meninggalkan shalat merupakan orang yang rugi dan celaka. Jika seseorang shalatnya baik, maka amalan lainnya juga ikut baik. Namun sebaliknya jika seseorang shalatnya buruk, maka amalan lainnya juga ikut buruk (sebaik apapun amalan yang mereka lakukan). Kita harus melaksanakan shalat dengan khuyu’ dan tepat waktu. Pada saat mendengar azan, bersegeralah pergi ke masjid untuk yang laki-laki, sedangan untuk perempuan diutamakan shalat di rumah saja.

Dengan mengerjakan shalat tepat waktu juga bisa mencegah kita melakukan perbuatan keji dan mungkar. Maksudnya perbuatan-perbuatan jelek yang menimbulkan dosa dan jahat seperti zina, mencuri, melakukan tindak kekerasan, dan sebagainya. seperti firman Allah dalam surat Al Ankabut yang artinya,

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar”

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, semoga ilmu tadi bisa bermanfaat dan menjadi dan menjadi amalan untuk kita semua, terima kasih.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

 

3. Contoh Kultum Singkat Tentang Hari Kiamat

contoh kultum singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah subhanahu Wa ta’ala. Yang mana atas berkat dan rahmat serta hidayahnya sehingga kita dapat bertemu pada acara ini di hari ini insya Allah diberkati oleh Allah. Shalawat serta salam tidak lupa kita panjatkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang telah membawa wa kita dari zaman kegelapan menuju ke jalan yang berbahagia seperti saat ini.

Adanya saya di sini sedikit membahas mengenai hari akhir atau yang biasa disebut dengan hari kiamat. Dijelaskan di dalam Q.S Al-Qaari’ah bahwa di hari kiamat seluruh umat manusia akan menjadi seperti anai-anai yang bertebaran, dijelaskan pula dalam surat itu bahwa gunung-gunung yang tinggi dan besar layaknya seperti bulu-bulu yang berhamburan.

Dijelaskan pula dalam Q.S Az-Zalzalah yang menerapkan tanda-tanda akan munculnya hari kiamat, yang mana pada saat hari itu telah tiba seluruh umat manusia akan menyaksikan sendiri hasil perbuatan yang telah mereka lakukan selama di dunia, baik itu perbuatan yang terpuji ataupun perbuatan yang tidak terpuji.

Oleh karena itu marilah kita bersama-sama untuk memperbaiki diri dari segala kekurangan yang kita miliki, agar kelak saat hari kiamat telah tiba kita akan aman dan mendapat perlindungan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Demikianlah kultum hari ini dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

4. Contoh Kultum Singkat Tentang Kasih Sayang

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah subhanahu Wa ta’ala yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul ada hari ini pada tempat ini yang insya Allah dimuliakan oleh Allah SWT. Shalawat serta salam tidak lupa selalu tercurahkan kepada Baginda kita Nabi besar Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit membahas mengenai kasih sayang menurut pandangan Islam. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kasih sayang selalu ada di dalam hati setiap manusia, Baik itu dengan orang tua, hewan, sahabat, cerita kasih sayang terhadap kekasih. Dalam hal ini saya akan membahas tentang kasih sayang kepada seorang pacar.

Telah kita ketahui bahwa dalam pandangan Islam melakukan hubungan pacaran haram hukumnya, karena hal tersebut sama saja kedua insan telah melakukan perzinaan. Hal yang lain berbeda apabila kita memberikan kasih sayang kita kepada kedua orang tua, kepada Allah, pada Rasulullah, kepada kitab suci Al-Qur’an, yang mana hukumnya adalah wajib.

Membahas mengenai kasih Sayang atau yang disebut dengan rasa cinta. Cinta yang dianggap bohong apabila tidak melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya yang terdapat di dalam buku Dr. A’id:

  1. Contoh duniawi yang meliputi berbagai kehidupan yang ada di dunia, yang mana cinta ini merupakan cinta monyet dan senda gurau saja.
  2. Cinta ilahiyah, itu cinta yang meliputi langit. Yang berada pada tataran yang tinggi yang merupakan cermin dari ketaatan ibadah.

Demikianlah sedikit kultum yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan Mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

5. Contoh Kultum Singkat Tentang Pendidikancontoh kultum singkat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Marilah pertama-tama kita panjatkan segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk dapat berkumpul di tempat yang insya Allah mulia ini dalam keadaan sehat.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, serta sampailah kepada kita selaku umatnya.

Seperti apa yang telah kita ketahui bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting, baik untuk kehidupan pribadi ataupun bagi keluarga, bangsa serta Negara. Akan tetapi yang disayangkan adalah tidak semua orang dapat merasakan pendidikan hingga tingkat pendidikan tinggi.

Tentunya anda tahu bahwa sebagian kecil saudara kita di daerah terpencil sangat sulit untuk dapat mengakses pendidikan. Pendidikan sangat sulit mereka dapatkan karena keterbatasan ekonomi serta terbatasnya akses yang memadai. Untuk itu bagi kita yang memperoleh kemudahan untuk merasakan pendidikan, manfaatkanlah dengan sebaik mungkin.

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menggapai cita-cita. Serta pendidikan juga dapat memutus rantai kemiskinan, sebab kemiskinan kadang erat kaitannya dengan kebodohan.

Untuk itu mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan berbangsa dan bernegara, maka marilah kita siapkan pendidikan setinggi mungkin supaya apa yang kita cita-citakan dapat tercapai. Demikian apa yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

6. Contoh Kultum Singkat Tentang Menuntut Ilmu

contoh kultum singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Marilah kita bersyukur atas rahmat serta kasih sayang yang telah Allah berikan kepada kita. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita selaku umatnya dari zaman jahiliyah menuju zaman ilmiah seperti sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini bahasan kita adalah mengenai pentingnya menuntut ilmu. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa kita tidak dapat hidup tanpa adanya ilmu. Oleh karena itu islam mengajarkan kita untuk senantiasa menuntut ilmu. Baik itu ilmu duniawi ataupun ukhrawi. Sejalan dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya mencari ilmu itu wajib bagi orang islam laki-laki dan perempuan.

Dengan ilmu, kita sebagai manusia tentunya akan menjadi makhluk terbaik diantara makhluk Allah yang lainnya. Akan tetapi jika tidak memiliki ilmu kita tidak akan mengetahui apa-apa yang ada di dunia ini. Allah telah menyampaikan dalam surah Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.”

Sehingga marilah kita terus semangat untuk menuntut ilmu, sebab dengan ilmu kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia serta akhirat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa selama hayat masih dikandung badan, kita harus selalu menuntut ilmu tanpa kenal kata lelah sebab pentingnya ilmu dalam kehidupan. Tanpa ilmu pula kita tidak akan bisa menjadi insan kamil.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

 

7. Contoh Kultum Singkat Tentang Sabar

contoh kultum singkat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan kita banyak sekali nikmat, seperti nikmat sehat, nikmat sempat, nikmat, iman, dan nikmat islam sehingga kita semua bisa berkumpul di yang insya Allah Mulia ini.

Tak lupa juga sholawat dan salam marilah kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang telah membawa kita dari zaman jahiliya ke zamn ilmiah yang terang benderang seperti yang kita rasakan sekarang ini. Semoga kita semua termasuk golongan yang menerima syafa’atnya kelak di hari kiamat nanti, aamiin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang arti dari sabar beserta keutamaan sabar dalam kehidupan sehari-hari kita. Sabar berasal dari kata sobaru yasbiru yang artinya adalah menahan. Maksud dari menahan ini sangat luas, contohnya sabar ini bisa diartikan ketika kita menjalankan ibadah puasa, dimana dalam hal ini kita sabar atau menahan nafsu, menahan lapar yang artinya adalah kita menahan diri untuk makan dan minum sampai maghrib.

Sabar juga bisa diartikan pada saat kita berperilaku, contohnya adalah sabar saat menghadapi orang yang berbuat buruk dan jahat kepada kita. Pada saat itu kita harus bersikap sabar, dan tidak membalasnya dengan amarah atau membalas perbuatan buruk tersebut dengan perbuatan buruk juga. Yang perlu kalian ingat adalah bahwa tidak semua orang bisa memperoleh nikmat dari sikap sabar ini.

Untuk bisa mendapatkan sikap sabar kita harus mendekatkan diri kita pada Allah dan meminta kepada Allah supaya diberikan kesabaran dalam menghadapai semua ujian yang Allah berikan. Ketika kita bersikap sabar dalam menghadapi segala sesuatu yang menimpa kita, kita akan mendapat pahala. Seperti firman Allah dalam Qs. Al Baqarah : 153 yang isinya tentang kesabaran.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan pertolongan-Nya. Jadi sabar ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita harus sabar dalam menghadapi semua musibah yang menimpa kita, kita harus sabar dalam meninggalkan segala perbuatan buruk dan maksiat, kita harus sabar menjalankan ibadan dan mendekatkan diri kepada Allah.

Allah akan memberikan pertolongan kepada hamanya yang sedang mengalami musibah atau kesulitan namun dia tetap melaksanakan kewajibannya seperti shalat, bersedekah, dan tetap mendekatkan diri kepada Allah. Terus sabar dan yakin bahwa pertolongan Allah akan benar-benar diberikan. Itulah keistimewaan dari sikap sabar, sangat banyak dan bermanfaat bagi manusia.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, semoga ilmu tadi bisa bermanfaat dan menjadi dan menjadi amalan untuk kita semua, terima kasih.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

 

8. Contoh Kultum Singkat Tentang Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

contoh kultum singkat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan kita banyak sekali nikmat, seperti nikmat sehat, nikmat sempat, nikmat, iman, dan nikmat islam sehingga kita semua bisa berkumpul di yang insya Allah Mulia ini.

Tak lupa juga sholawat dan salam marilah kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang telah membawa kita dari zaman jahiliya ke zaman ilmiah yang terang benderang seperti yang kita rasakan sekarang ini. Semoga kita semua termasuk golongan yang menerima syafa’atnya kelak di hari kiamat nanti, aamiin.

Orang tua kita, yaitu Ayah dan Ibu merupakan orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka berdua merawat kita dari kecil sampai kita dewasa dengan kasih sayang yang luar biasa. Ibu kita mengandung kita selama 9 bulan tanpa mengeluh, dan tetap berbahagia serta memberikan kita kasih sayang. Merawat kita yang masih kecil 24 jam sehari dalam satu minggu tanpa imbalan.

Mereka dengan tulus merawat kita tanpa mengharapkan imbalan apapun dan hanya berharap kita menjadi anak yang baik, berbakti kepada orang tua, dan bermanfaat bagi orang lain.

Apapun yang kita minta kepada orang tua pasti akan dituruti. Oleh karena itulah memerintahkan kita untuk berbuat baik dan berbakti kepada ibu dan ayah kita. Ibu kita mengandung dan melahirkan kita dengan susah payah, sedangkan ayah kita bekerja siang dan malam untuk memenuhi kebutuhan kita nantinya. Seperti firman Allah dalam Qs. Surat Al-Isra’:23 yang artinya,

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya”

Cinta dari orang tua adalah cinta yang sejati dan tanpa dibuat-buat, tidak akan pernah berhenti sampai akhir hayat mereka. Namun sekarang ini banyak sekali dijumpai anak yang durhaka kepada orang tua mereka, bahkan ada yang sampai menelantarkan orang tua mereka sendiri. Mereka tidak ingat bahwa kedua orang tua mereka sudah berjuang keras melahirkan dan membesarkan mereka, berharap mereka menjadi orang baik dan berbakti kepada orang tua.

Sebagai anak kita harus berbakti kepada orang tua kita, tanpa adanya kedua orang tua kita, kita tidak akan bisa lahir di dunia ini. Terutama ibu kita, kita benar-benar harus menghormati dan memuliakan ibu kita. Jangan sampai karena surga berada di bawah kedua kaki ibu. Jadi jangan sampai kalian durhaka dan jahat kepada ibu kalian.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, semoga ilmu tadi bisa bermanfaat dan menjadi dan menjadi amalan untuk kita semua, terima kasih.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga : Teks Pidato: Pengertian, Contoh dan Cara Membuat Teks Pidato

 

9. Contoh Kultum Singkat Tentang Hati Ikhlas

contoh kultum singkat

Assalamualaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim

Baiklah para hadirin yang saya cintai, mari kita pnjatkan piji syukur kepada Allah SWT dan solawat kepada nabi Muhammad SAW.Disini saya akan sedikit menjelaskan tentang keutamaan rasa ‘’iklas’’ dalam diri dan jiwa kita sebagai manusia.

Sebagaimana kita ketahui bahwa ikhlas dalam setiap ketentuan Allah baik itu baik atau buruk. Karena kita hanyalah manusia yang diri ini sendiri adalah milik Allah, kapanpun kita dan segala yang Allah berikan sebagai nikmat di dunia ini dapat diambil kapanpun dimanapun. Oleh karena itu, menjaga agar diri ini senagtiasa ikhlas dalam setiap ketetapan itu amatlah penting.

Setiap manusia selalu mengharap diberkahi dengan kenikmata hidup baik itu keluarga, harta, tahta semua adalah karunia yang diberikan Allah dalam wujud nyata dan terlihat. Selain itu masih banyak nikmat tak terlihat yang kadang kita tidak sadari seperti nikmat sehat, bernafas, bahkan ketika kita dapat merasa ikhlas itu juga adalah nikmat yang luar biasa.

Ikhlas itu memang tidak mudah, tetapi ketika daam jiwa ini selalu dipupuk untuk ikhlas karena Allah maka akan bersemayamlah iman yang tak ternilai hargannya. Bahkan keihlasan pada setiap takdir Allah itu tidak dapat dibeli walau serupiahpun hargannya.

Sebagaimana ketika kita memberikan sesuatu baik berwujud materi atau non materi kepada orang lain hendaklah kita bersikap ikhlas tulus hanya mengharap imbalan dari sang Kuasa tanpa menyebut-sebut pemberian yang dapat menyakiti orang yang telah kita beri atau tolong.

Sekian mungkin sedikit dari saya yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kekurangan mohon dimaafkan. Smoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

 

10. Contoh Kultum Singkat Tentang Kebersihan

contoh kultum singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim

Jamaan sekalian yang saya cintai, disini saya akan sedikit menyinggung tentang ‘’kebersihan’’. Sebagaimana hadis rasulullah yang artinya Artinya:,

“Bersuci itu sebagian dari iman, membaca alhamdulillah adalah memenuhi timbangan amal, membaca subhanallah walhamdulillah adalah memenuhi seisi langit dan bumi, salat sunah adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, sabar adalah sinar yang memancar, dan Al-Qur’an adalah hujjah (argumen) dalam pembicaraanmu.

Setiap manusia pada waktu pagi hari, hakekatnya harus memperjualbelikan dirinya. Ada kalanya ia laba (selamat dari maksiat) dan ada kalanya rugi (terseret maksiat) (H.R. Muslim: 328).

Dari hadis diatas dapat diartikan jika kebersihan adalah bagian dari iman, jadi tidak dikatakan beriman bagi seorang muslim jika dia tidak perduli tentang kebersihan.

Selain itu perintah Allah tentang bersuci juga jelas, ketika kita buang hajat kita wajib membersihkan diri, ketika akan solat kita wajib wudhu atau tayamum bahkan setelah junub pun kita berkewajiban untuk mandi janabah.

Semua itu dapat diartikan jika bersuci adalah termasuk menjaga kebersihan dan kebersihan termasuk perintah dari Allah dan melaksanakan perintah-Nya adalah bagian dari iman kita kepada Allah. Jika kita tidak melaksanakan perintahnya brarti kita bukan termasuk hambaNya yang beriman dan bertaqwa.

Allah menciptakan air di dunia ini sudah pasti ada sebab dan fungsinnya yaitu untuk membersihkan diri. jadi banyaklah bersyukur ketika kita hidup di lingkungan yang tidak kekurangan air sedikitpun. karena air adalah pemberian Allah yang seharusnya kita jaga dan lestarikan dengan tidak mengotorinnya.

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

11. Contoh Kultum Singkat Tentang Hari Raya Idul Fitri

contoh kultum singkat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita senantiasa panjatkan puji syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT yang tidak pernah lelah untuk selalu memberi kenikmatan yang tiada tara. Tidak lupa shalawat serta salam kita ucapkan kepada nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah zaman yang penuh dengan ilmu dan penuh dengan cahaya kebersamaan seperti sekarang ini.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah,

Per hari raya idul Fitri seperti sekarang ini, pada hari yang sangat dimuliakan oleh Allah. Pada hari inilah setiap umat Islam bergembira merayakan kemenangan setelah dalam sebulan berperang melawan hawa nafsu untuk dapat menjalankan ibadah puasa.

Pada hari raya idul Fitri diharamkan bagi kita untuk berpuasa, serta kita dibebaskan dari sekolah siksa api neraka dan diberikan pahala kepada kita oleh Allah yang terlibat ganda. Malaikat memohonkan ampun kepada Allah dan bersalaman kepada orang-orang yang melakukan salat Ied saat hari raya idul Fitri. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang malaikat memohonkan ampun. Aamiin.

Serta perbaikilah bagi para kaum muslimin yang telah menunaikan kewajiban selanjutnya yaitu menunaikan zakat fitrah yang bertujuan untuk membersihkan diri lahir dan batin yang menjadi sebab diterimanya puasa kita selama 1 bulan pada bulan Ramadhan.

Hujan sedikit yang dapat saya sampaikan. Apabila terdapat kebenaran maka datangnya dari Allah, dan apabila terdapat kekurangan atau salah-salah kata itu datangnya dari diri saya sendiri .Mohon dimaafkan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

12. Contoh Kultum Singkat Tentang Pergaulan Bebas

contoh kultum singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Saudara sekalian yang saya cintai, karena disini mayoritas adalah para remaja walaupun ada beberapa yang sudah ibu-ibu dan bapak-bapak.

Maka dari itu disini saya akan sedikit menyinggung tentang penrgaulan bebas yang sudah menjadi momok bagi masyarakat bagi kalangan remaja, dan semoga bagi yang sudah menjadi orang tua dapat menjaga anaknya dari pengaruh negatif pergaulan bebas.

Kita sudah ketahui jika dalam seluruh kehidupan ini orang tua kita tidak selalu dapat mengawasi kita 100 %, mungkin mereka hanya bisa mengawasi kita ketika berada di rumah atau ketika kita masih kecil dan masih membtuhkan bantuan dari kedua orang tua kita baik ketika belajar berjalan, membaca, bermain, menulis, berbicara dan lain-lain.

Akan tetapi semua itu sangatlah berbeda ketika kita sudah menginjak remaja atau baligh dimana jangkauan sosial kita lebih luas, baik itu dari lingkungan sekolah atau lingkungan bermain. Apalagi kita sudah merasakan ketertarikan dengan lawan jenis.

Pada dasarnya ketertarikan atau bahasa gaulnya virus merah jambu itu adalah fitrah dari yang Maha Kuasa, itu naluri nomal setiap manusia.

Tanpa fitrah itu kita tidak dapat berkembang biak sampai sekarang ini, mungkin kita tidak dapat berada disini. Apalagi tidak hanya itu dari cinta kita muncul ke nafsu seksual. Ya tidak masalah jika nafsu itu disalurkan ketika sudah halal /menikah justru akan berpahala. Tapi bagaimana jika nafsu itu disalurkan sebelum waktunnya.

Dimana kita melakukan segala sesuatu yang negatif itu sangat didukung oleh lingkungan kita, teman-teman kita, yang satu udah punya pacar satunnya ikut-ikutan biar tidak dikatakan ketinggalan zaman begini dan begitu. Ya begitulah remaja yang sangat rentan sekali dengan coba-coba, ikut-ikutan padahal mereka sendiri sudah tau kalau itu tidak benar.

Oleh karena itu saudara sekalian perlunnya untuk mengikuti kajian-kajian seperti ini, agar kita selalu didekatkan dengan teman-teman yang positif, yang selalu mengajak kepada kebaikan, hindari pergaulan bebas, dan buat para bapak-bapak dan ibu-ibu semoga dapat selalu menjaga anaknya dari pergaulan bebas bagaimanapun carannya.

Sekian sedikit wejangan dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian. Aamiin.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga : 10 Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat Krama Alus & Krama Inggil

 

13. Contoh Kultum Singkat Tentang Kematian

contoh kultum singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Baiklah saudara-saudara seiman semuannya, saya disini akan sedikit menjelaskan tentang ‘’kematian’’.

Sebagaimana firman Allah yang artinnya :

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan”. (QS. Ali Imran 3: 185).

Dari ayat tersebut dijelaskan jika kematian itu pasti akan datang kepada kita, hanya kita saja yang menunggu untuk menunggu ajal tiba. Kita sekarang ini berada dalam kehidupan yang fana dan semu yaitu tidak kekal adannya. Hanya kehidupan setelah mati atau akhiratlah kehidupan yang abadi.

Jika berat amalan kebaikan maka kita akan dimasukkan ke dalam surga tapi jika lebih berat timbangan amal buruk berarti kita akan masuk neraka. Maka beruntunglah ketika di dunia ini kita lebih berat dalam melakukan amalan kebaikan. Tidak ada keberuntungan yang lebih besar daripada surga.

Tapi terkadang hal tersebut tidak kita sadari karena diri ini terlalu terhipnotis pada kenikmatan dunia seperti harta, tahta dan wanita, padahal semua itu tidak akan kita bawa mati. Semua itu hanyalah kesenagan yang semu. Hanyalah amalan kita yang akan membantu kita dalam hari pertimbangan amal nanti.

Sekian sedikit wejangan dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara-saudara sekalian. Aamiin

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

 

14. Contoh Kultum Singkat Tentang Sedekah

contoh kultum singkat

Assalaamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan sukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan ramhat kepada kita semua. Tidak lupa solawat beserta salam semoga tercurah limpahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW, juga kepada keluarga dan pengikutnya sampai akhir jaman Amiin.

Dalam kesemptaan ini saya akan memberikan sedikit keterangan tentang Bersedekah.

Kata sedekah sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga kita,akan tetapi masih banyak orang yang enggan melakukan amal yang amat baik ini. Sedekah itu banyak manfaatnya maka dari itu kita sebagai umat islam di sunnahkan untuk melakukan sedekah,karena dengan sedekah ini akan mendatangkan kebahagiaan dalam hati ketika di dunia maupun di akhirat kelak. Contoh manfaat dan barokah dari bersedekah diantaranya adalah :

Sedekah menjadi Penyebab Bertambahnya Rezeki

Bersedakah itu tidaklah membuat kita semakin miskin,karena rezeki itu sudah diatur oleh yang maha kuasa. Akan tetapi sedekah itu dapat menyebabkan bertambahnya rezeki,bukan menguranginya. Ada pepatah tentang sedekah yaitu jangan menunggu kaya lalu sedekah tetapi sedekahlah agar kamu kaya.

Adapun sabda Rasulullah SAW yaitu :

“Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian,niscaya Allah menyayangi kalian”.

Bahkan dalam Al-Qur’anpun di sebutkan bahwa Allah menjnjikan balasan 10x lipat bagi mereka yang berbuat baik.

 

Sedekah dapat Mengangkat Derajat Seseorang

Orang yang selau bersedekah niscaya derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Orang itu akan selalu mendapatkan keberkahan akan rezekinya, akan selalu merasakan cukup. Berbeda dengan orang yang kikir,meskipun ia banyak hartanya tetapi hidupnya tidak akan tenang dan selalu banyak pikiran yang melanda. Itu adalah sebagian bentuk ketidak berkahan harta yang diberikan Allah SWT.

Adapun hadisnya yaitu :

“ Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, sedekah itu tidak akan mengurangi harta . Allah SWT akan menambah kemulyaan kepada hambanya yang pemaaf dan bagi hamba yang tawadhu karena Allah SWT, Allah SWT akan mengangkat  derajatnya. “ ( H.R Muslim )

Malaikat akan Mendo’akan Orang yang Bersedekah dan Melaknat Orang yang Bakhil

Abu Hurairah berkata bahwa Nabi SAW bersabda “ Ketika seorang hamba berada pada waktu pagi,dua malaikat akan turun kepadanya,lalu salah satu berkata : Ya Allah berilah harta kepada orang yang menginfakkan hartanya. Kemudian malaikat yang satu berkata : Ya Allah binasakanlah orang-orang yang bakhil. ( Muttafak Alaih ).

Itulah beberapa manfaat dari bersedekah,sebetulnya masih banyak lagi manfaat-manfaat yang belum saya sebutkan. Setelah menyimak ceramah tentang sedekah ini semoga kita semua dapat melaksanakan sedekah dengan semaksimal mungkin agar kita terhindar dari api neraka.

Mungkin cukup sekian kultum yang dapat saya sampaikan hari ini, apabila terdapat banyak kekurangan saya meminta maaf. Dan semoga apa yang yang tadi saya katakan dapat menjadi ilmu yang yang bermanfaat pagi semuanya. Aamiin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Baca Juga : 35+ Contoh Pidato Perpisahan Sekolah: Pengertian, Tujuan dan Jenis Pidato

 

15. Contoh Kultum Singkat Tentang Ibu

contoh kultum singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebelumnya marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Saudara –saudara seklian yang saya cintai, disini saya akan sedikit memberikan wejangan tentang ‘’ibu’’. Seperti firman Allah dalam surat Al-Isra’ itu berbunyi seperti ini:“Dan tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak kita.

Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali-kali mengatakan ‘Ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapankanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kita sebagai anak harus menghormati kedua orang tua terutama adalah ibu. Bahkan kita sampai tidak boleh berkata ‘’Ah’’ apalagi sampai membentaknya. Karena karena orang tualah kita dapat berada di dunia ini, Allah memberi amanat berupa kita melalui mereka.

Apalagi seorang ibu, seorang yang telah mengandung kita selama sembilan bulan denan bersusah-susah, melahirkan kita dengan rasa sakit yang luar biasa dan ketika kita lahir, kita hanya mendapat kasih sayang yang tak terhingga seperti kata pepatah yang mengatakan ‘’kasih ibu sepanjang masa’’

Hal tersebut berarti bahwa kasih sayang seorang ibu memang tak terhingga memberi tanpa pamrih dan mengharap imbalan kembali. Ada juga yang mengatakan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu. Hal tersebut berarti begitu berjasannya seorang ibu kepada kita sampai kita wajib berbuat baik kepada ibu kita sampai akhir hayat nanti.

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

 

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan tentanng contoh kultum singkat agama islam. Semoga artikel yang saya berikan dapat memberikan kamu wawasan baru dan informasi yang lebih banyak tentang kultum, serta contoh kultum yang diberikn dapat dijadikan sebagai referensi untuk membuat kultum sesuai dengn tema yang diinginkan.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight