Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

15 Contoh Naskah Drama Persahabatan, Komedi, dan Cinta

7 min read

contoh naskah drama

Contoh Naskah Drama Pendek – Kata drama berasal dari bahasa Yunani yang yakni Draomai yang mempunyai arti berlaku, berbuat, dan bertindak. Drama merupakan kisah, perjalanan, atau alur hidup yang diceritakan kembali dan bisa diperagakan oleh orang lain.

Sebelum memperagakan sebuah drama, biasanya kita terlebih dahulu membuat naskah drama. Naskah drama bisa berbentuk teks berisi komposisi drama yang ditulis di atas kertas.

Pada artikel ini kita akan mengulas mengenai contoh naskah drama yang baik dan benar. Mulai dari contoh naskah drama pendek, contoh naskah drama persahabatan, contoh naskah drama lucu, contoh naskah drama cerita rakyat, contoh naskah drama komedi, dan lain sebagainya.

 

Contoh Naskah Drama

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh naskah dramanya, antara lain.

 

1. Contoh Naskah Drama Komedi

Sore itu sekawanan teman yaitu Miko, Hanif, Aan, dan Surya sepakat untuk mengerjakan tugas saat di sekolah bersama-sama.

Miko : Nanti tugas yang Pemrograman Dasar kerjakan di sekolah saja ya

Hanif : Oke, jam habis pelajaran bahasa Indonesia kan istirahat dulu, nah kita kerjain tugas pemrograman dasar pas jam istirahat saja

Miko : Oke

Setelah pelajaran bahasa Indonesia selesai mereka langsung berkumpul untuk mengerjakan tugas Pemrograman Dasar. Tapi Aan saat itu malah langsung pergi ke kantin karena ia belum sarapan tadi pagi.

*Saat Jam Istirahat*

Surya : Aan mana ya? sudah hampir masuk pelajaran pemrograman dasar kok dia tak kunjung datang

Hanif : Jangan-Jangan dia lupa jika kita sekarang mengerjakan tugas?

Miko : Atau mungkin dia mengira kalau kita tidak akan mengerjakan tugas pemrograman dasar, sebaiknya kita menyusulnya ke kantin mungkin dia nongkrong disana

Hanif : Mungkin dia sedang antri di kantin, kita tunggu saja disini sembari menyelesaikan tugas ini.

Mereka bertiga mengerjakan tugas bersama terlebih dahulu sembari menunggu Aan datang. Jam menunjukan pukul 09 : 30 pagi. Terlihat dari depan kelas aan sedang berjalan dengan santainya, sambil membawa makanan yang dibelinya dikantin.

Hanif : Tuh kan, Aan baru balik

Miko : Eh.. iya. Tapi kenapa dia santai ya, padahal dia belum mengerjakan tugas?

Aan : Sedang apa kalian?

Surya : Ngerjain tugas Pemrograman Dasar

Aan : Lah, emang sekarang ada pelajaran pemrograman dasar ya?

Hanif : Iya lah, habis ini kan pelajaran pemrograman dasar

Aan : Bukannya Hari Kamis tidak ada pelajaran Pemrograman Dasar ya?

Miko : Lah, hari ini kan hari Rabu

Aan : Waduh, berarti aku salah jadwal hari ini. Pantesan tadi aku rada bingung, aku kira tadi jam pelajaran Matematika kenapa yang masuk guru Bahasa Indonesia

Hanif : Makanya kalau malam jadwal dulu, jadi tidak tergesa – gesa tadi pagi

Aan mulai panik karena belum menyelesaikan tugas pemrograman dasar dan salah jadwal hari ini.

Baca Juga: 19+ Ciri-Ciri Puisi: Umum, Lama dan Puisi Baru.

 

2. Contoh Naskah Drama Singkat

Saat pagi hari disebuah sekolah SMA, Sandi berlari menghampiri Bande, Rangga, dan Faiz.

Sandi : Teman-teman, kemarin ada salah satu teman kita yang ditahan oleh polisi karena terlibat kasus Narkoba

Rangga : Iya, kemarin saya tidak sengaja mendengar kabar burung tetapi saya tidak mengetahui siapa anak yang terlibat kasus narkoba tersebut

Faiz : Kalo saya tidak salah dengar sih yang ditangkap oleh polisi itu si Sahrul anak kelas sebelah

Bande : Kasihan sekali, pasti dia ada masalah sampai mencoba narkoba sebagai pelariannya. Di satu sisi, kejadian ini juga merusak nama baik sekolah kita

Rangga : Tapi, dia bisa saja korban atau dijebak oleh orang. Kita tidak boleh menuduhnya sebagai pengguna apalagi belum ada bukti yang kuat

Sandi : Setahuku, dia memang berasal dari keluarga yang mampu, tapi kurang kasih sayang dari kedua orangtuanya

Faiz : Benar kata Rangga, sekarang ini banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang menjebak orang – orang

Bande : Saat ini memang sedang marak kasus narkotika dikalangan para remaja. Hampir setiap hari tayangan yang ada ditelevisi menyiarkan mengenai berita kasus narkoba

Sandi : Kita harus pandai dalam memilih teman untuk bergaul, serta kita harus mewaspadai orang asing disekitar kita

Rangga : Kasih sayang serta perhatian orang tua sangat berpengaruh kepada kehidupan remaja yang masih labil. Jika orang tua terus mengabaikan anak – anaknya, maka mereka mungkin akan terjerumus ke pergaulan bebas

Sandi : Tapi katanya dia tidak akan dipenjara, karena masih dibawah umur. Mungkin dia akan direhabilitasi

Faiz : Nah, kita sebagai generasi muda jangan sampai terjerumus ke pergaulan bebas

 

3. Contoh Naskah Persahabatan

contoh naskah persahabatan

Siang itu saat jam istirahat sekolah berbunyi, Yani, Windi, Mono, dan Budi memesan makanan di kantin sembari mengobrol bersama.

Windi : Kalian tahu tidak kenapa Sahrul tidak masuk sekolah selama empat hari? Apa dia sakit?

Budi : Terakhir aku melihat Sahrul kemarin siang duduk melamun di teras rumahnya saat mau ke toko yang ada didekat rumahnya. Aku sempet bertanya kenapa dia melamun dan tidak masuk sekolah. Sahrul hanya menjawab tidak apa-apa dan berasalan jika ia kesiangan

Yani : Hmmm, tidak mungkin Sahrul kesiangan terus, dia kan selali bangun sebelum azan subuh. Jangan-jangan Dika sedang ada masalah tapi dai tidak ingin menceritakan kepada teman-temannya?

Mono : Ohiya saya baru ingat, 4 (empat) haru yang lalu sepulang saya dari sekolah, bapakku bercerita jika dia melihat Sahrul di pasar sedang membatu ibunya berjualan. Bukannya itu hari dimana Sahrul tidak masuk sekolah pertama?

Budi : Nanti kita pulang sekolah mengunjungi Sahrul dulu, untuk mengetahui apa yang terjadi

Windi, Mono, Yani setuju dengna usulan dari Budi. Sepulang sekolah mereka berkumpul dan berangkat bersama menuju rumah Sahrul. Sesampainya dirumah Sahrul mereka melihat jika Sahrul sedang merapikan barang dagangan ibunya.

Sahrul : Ada apa ya? Kenapa kalian mendadak ke sini?

Windi : Kami ingin memastikan alasan kenapa kamu tidak masuk sekolah selama 4 (empat) hari berturut-turut karena kamu tahu jika kamu teman kami yang paling rajin dan kami juga curiga kalau kamu sedang ada masalah saat ini

Budi : Sebaiknya kamu cerita saja apa masalahmu, Rul

Sahrul : Maaf teman-teman, saya tidak ingin menceritakannya karena malu dan tidak ingin kalian menjadi susah karena aku. Saya bekerja untuk membantu Ibu untuk meringankan biaya sekolah karena saya tidak bisa membayar uang SPP dan saya juga kasihan melihat Ibu saya bekerja sendiri

Yani : Kalau begitu besok sore kamu membantu menjual sebagian barang daganganmu, bagaimana teman-teman?

Budi : Setujuuuu!

Sahrul : Makasih ya teman, kalian memang sahabat sejatiku

 

4. Contoh Naskah Drama Musikal

Yani merupakan salah satu siswi disebuah SMA yang sangat berbakat dalam bidang musik dan sastra. Karya yang dibuat oleh Yani selalu mengisi mading sekolah, serta dimuat di beberapa majalah dan koran. Hari ini Yani kedatangan teman  sekolah yang ingin melihat karya dari Yani yang belum dipublikasikan.

*Di Rumah Yani*

Yani : Silahkan masuk teman-teman

Budi : Maaf jadi merepotkanmu, Yani

Yani : Tidak apa-apa teman-teman, justru saya suka jika kalian berkunjung ke rumahku dan tertarik dengan karya-karyaku

Putri : Kamu memang hebat Yan, kata yang digunakan dalam puisi kamu selalu menyentuh hati

Yani : Bisa saja kamu Ris, saya juga masih belajar membuat puisi. Karyaku masih tidak sebanding dengan karya para sastrawan lainnya

Rizal : Tapi kalau terus diasah, suatu saat kamu bisa menyaingi para sastrawan yang terkenal itu

Budi : Iya Yan, kami juga mau melihat karyamu yang belum dipublikasikan, boleh?

Putri : Sekalian kami juga mau belajar, supaya nilai pelajaran sastra kami naik

Rizal : Boleh saja teman-teman, ayo masuk ke ruangan khusus untuk aku membuat karya. Disana banyak sekali karya – karya ku yang belum dipublikasikan.

*Mereka kemudian masuk ke ruangan khusus Yani membuat karya*

Budi : Wah, ternyata kamu hebat juga dalam melukis ya. Kenapa kamu tidak memajang lukisanmu di mading sekolah? pasti banyak siswa yang suka dengan karyamu

Yani : Sebenarnya itu lukisan yang aku buat terakhir, ayahku tidak suka melihatku melukis, ayahku meminta kepadaku untuk fokus sekolah terlebih dahulu, karena aku selalu menghabiskan waktu untuk melukis sampai lupa belajar

Rizal : Terus bagaimana dengan karyamu yang lain? seperti puisi dan karya sastra?

Yani : Kalau soal yang itu, ayahku tidak mengetahuinya. Karena kalau membuat karya sastra, ayahku menganggap jika aku sedang belajar

Budi : Lali bagaimana dengan pendapat dari ibumu?

Yani : Kalau ibuku setuju saja dan membiarkanku untuk mengembangkan minatku

Putri : Coba kamu bujuk ayahmu untuk mensupport kamu dalam bidang seni

Yani : Iya akan aku coba

 

5. Contoh Naskah Drama Lucu

contoh naskah komedi

Di sebuah desa tinggal lah sepasang suami-istri yang sudah berumur. Mereka hanya tinggal berdua, karena anak-anak mereka semua pergi ke perantauan. Suaminya sedang duduk di halaman rumah.

Kakek : Maa, Ambilkan papa teh, dong!

Nenek : Tidak usah panggil saya Ma, kita sudah berumur, sudah kakek nenek. Anak – anak kita kita juga sudah besar, bahkan ada yang sudah mempunyai anak, kita sudah menjadi kakek dan nenek.

Kakek : Ya udah, Nek ambilkan kakek tehnya!

Nenek : Emangnya saya terlihat tua? makanya kamu panggil aku nenek?

Kakek : Gimana sih? tadi dibilang mama tidak mau, dipanggil nenek marah

*Tetangga yang mendengar*

Pak Aan : Kalian sudah tua tapi masih saya bertengkar seperti muda-mudi yang masih pacaran.

Kakek : Maunya sih begitu pak Aan, tapi kulit sudah mengendur

Bu Aan : Emangnya kalau kulit sudah mengendur disebut tua ya pak?

Nenek : Dia memang selalu berlagak seperti masih muda, padahal mengangkat kursi saja tidak kuat

Tiba-tiba datang Bu Yani, beliau merupakan anak pertama dari kakek dan nenek tersebut. Bu Yani datang bersama dengan anaknya dan Pak Budi suami Bu Yani, mereka datang untuk mengunjungi orang tuanya dan membawakan oleh-oleh dari luar kota.

Kakek : Sudah berapa puluh tahun kamu tidak mengunjungi ayah dan ibumu ini, Yani?

Nenek : Kakek memang sudah pikun, bahkan ia kadang lupa jika dia sudah makan.

Pak Budi : Wah kalau begitu nanti badan kakek bisa gendut kaya pemain Sumo

Bu Yani : Kalau bapak gendut kasian ibu nanti disenggol sedikit langsung melayang

Nenek : Huss, kamu kira ibu tidak mempunyai kekuatan untuk melawan badan sumo bapakmu> Tenaga ibu masih seperti anak muda

 

6. Contoh Naskah Drama Monolog

Contoh Naskah Drama Monolog

7. Contoh Naskah Drama Singkat

Contoh Naskah Drama Singkat

 

8. Contoh Naskah Drama Modern

Contoh Naskah Drama Modern Contoh Naskah Drama Modern

 

9. Contoh Naskah Drama

Contoh Naskah Drama Empat Orang Contoh Naskah Drama Empat Orang

Baca Juga: 80+ Contoh Syair Cinta, Kehidupan, Nasihat, Agama, Kiasan, dan Persahabatan.

 

10. Contoh Naskah Drama Singkat

Contoh Naskah Drama Singkat

 

Nah, itulah artikel contoh-contoh drama yang pintarnesia berikan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight