Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

50+ Contoh Pantun Teka-Teki Makna dan Jawaban

7 min read

pantun teka teki

Contoh Pantun Teka Teki – Siapa sih di antara kita yang tidak tahu dengan kata pantun? Pantun biasanya digunakan an-nahl menjadi bahan pembelajaran dalam materi pelajaran bahasa Indonesia.

Pada umumnya pantun merupakan salah satu jenis karya puisi lama yang mempunyai 4 baris dan mempunyai sajak a-b-a-b pada akhir lariknya.

Pada baris pertama dan baris kedua dijadikan sebagai tumpuan untuk dapat menentukan kalimat selanjutnya, yang merupakan baris ketiga dan keempat yang merupakan inti dari pantun tersebut.

Terdapat berbagai jenis ragam pantun misalnya seperti pantun nasehat, pantun agama, pantun anak-anak, pantun jenaka, pantun teka-teki, pantun pendidikan, pantun tentang kasih sayang dan jenis-jenis pantun yang lainnya.

Akan tetapi pada artikel kali ini akan dijelaskan dan di berikan pula contoh oh tentang pantun teka-teki beserta makna dan jawaban dari setiap pantun yang ada.

 

Contoh Pantun Teka Teki

contoh pantun teka teki

Pantun teka-teki adalah pantun yang berisikan tentang permainan atau teka-teki yang yang dimasukkan ke dalam suatu karya sastra. Berikut adalah contoh pantun teka-teki maknanya dan jawabannya:

Baca Juga: Ciri-Ciri Pantun Lengkap: Unsur, Struktur, Contoh.

 

 

Makin isi malah makin ringan

Ibu peri dan pengawalnya

Terbang ke langit menuju khayangan

Coba pikirkan wahai saudar

Makin diisi makin ringan

Jawab: balon

 

Hidung bertanduk

Ketika orang berkelahi

Pasti ada yang menghubung

Andai kamu bijak Bestari

Hewan apa yang tanduk di hidung

Jawab: badak

 

Naik jika hujan datang

Cantik parasnya orangnya baik

Terlalu bebas iapun melamun

Terdapat benda yang akan naik

Dikala hujan sedang turun

Jawab: payung

 

Raja dan pekerja

Hidup damai di dalam kota

Ada pemimpin alias raja

Para buruh juga rajin bekerja

Siap sedia setiap masa

Jawab : semut

 

Bergerak bila diikat

Pergi merantau untuk pengalaman

Merantau jauh ibu menanti

Kalau terikat ya berjalan

Kalau dilepas malah berhenti

Jawab : sepatu bertali

 

Ditanam namun bukan tanaman

Walau dibungkus tapi bukan bingkisan

Sudah menjadi takdir dan hanya Allah yang tahu

Walau ditanam tapi bukanlah tanaman

Bisakah kau tahu apakah itu?

Jawab : mayat/jenazah

 

Kejar kejaran

Duduk santai di pinggir pantai

Melihat ayam yang tidak berekor

Aku suka sih kamu sini biar tidak mempunyai kaki

Ada yang dikejar tidak berekor

Jawab: Ular dan Katak

 

Ekor yang di kepala

Minum teh jangan lupa pakai gula

Durian matang memang enak buahnya

Kalau kau benar-benar orang yang bijak

Hewan apa yang ekornya di kepala?

Jawab: gajah

 

Kaki yang bertanduk

Buah duren enak rasanya

Tapi buahnya penuh dengan duri

Akankah kamu tahu jawabannya

Hewan apa yang tanduknya ada di kaki?

Jawab : ayam jantan

 

Lebih besar kepala timbang badan

Malam minggu ke rumah teman

Sedang kalau teman melawak

Lebar kepala lebih dari lebar badan

Hewan apa, apa kamu bisa tebak?

Jawab : Ikan pari

 

Binatang darah hitam

Sakit hati Terbitlah dendam

Karena kau kejam selalu mem-bully ku

Hewan yang memiliki darah hitam

Banyak kaki badan satu

Jawab : cumi cumi

 

Binatang tak berkepala

Kalau jalan biasa aja

Kalau jatuh mau taruh mana tuh muka

Apakah kamu pakai menduga?

Hewan apa yang tak berkepala?

Jawab : kepiting

 

Hewan berjenggot

Jangan main sepeda di kompleks ini

Jalanan susah bisa masuk got

Jika kamu bisa memahami

Binatang apa yang berjenggot?

Jawab: kambing

 

Tanduk yang dimulut

Semangka enak buahnya

Jeruk nipis rasanya kecut

Kamu selalu menjadi targetnya

Hewan yang bertanduk di mulut

Jawab : Nyamuk

 

Dilempar jadi hidup

Di malam hari suasana sunyi

Membuat telingaku seakan menutup

Tebaklah apa ini ni

Dipegang mati dilempar hidup

Jawab : gasing

 

Berbeda warna baju

Meletuslah Gunung Krakatau

Gunung meletus karena amarah

Di saat muda berbaju hijau

Beranjak dewasa berbaju merah

Jawab :cabe merah

 

Putih duduk bersama

Gadis yang cantik eh dia melet

Cantik bagai bunga yang sedang mekar

Putih-putih duduk berderet

Luarnya putih dalamnya pagar

Jawab : gigi

 

Berbulu tak berdaging

Hujan turun tak berhenti

Siang sekali tak ada payung

Badan yang besar dan sangat luas sekali

Memiliki bulu tak memiliki daging

Jawab : karpet

 

Tiga mata satu kaki

Ingin hati ke rumah Wina

Lagi di jalan kena tilangan

Hanya berdiri dan punya 3 mata

Satu kaki tanpa tangan

Jawab : lampu rambu lalu lintas

 

Ada kaki tak punya badan

Ke kebun binatang lihat orang utan

Orangutan berak di hadapanku

Punya kaki empat tanpa bada

Apa kamu tahu siapa namaku?

Jawab : kursi atau meja

 

Susah dicari ketemu dibuang

Malam yang sunyi aku sendiri

Masa-masa menyenangkan tinggallah dikenang

Mencarimu itu sulit sekali

Saat ku bertemu kamu kau malah kubuang

Jawab : upil

 

Hitam manis bagai gula

Bersantai melihat matahari tenggelam

Bersantai bersama dengan Wina

Isinya putih luarnya hitam

Rasanya manis seperti gula

Jawab : manggis

 

Terdapat biji yang berada di luar

Ke kebun binatang melihat merak

Jerawat wina mulai memudar

Bisakah kamu menebak

Buah apa yang bijinya diluar?

Jawab : jambu mete

 

Suka hal jorok

Berdengung namun bukan kumbang

Berbelalai namun bukan gajah

Punya saya dan bisa terbang

Kalau kau jorok pastilah suka

Jawab : lalet

 

Bisa hidup dia alam

Anak racing suka balapan

Paling suka tikungan ke kanan

Manusia diajari untuk sopan

Hewan apa yang punya dua kehidupan?

Jawab : amfibi

 

Raja dan angkasa

Wina kecil giginya ompong

Wina besar pun masih ompong

Wina dikagetin malah bengong

Raja apa yang bisa terbang?

Jawab : rajawali

 

Mirip kuda tapi bukan kuda

Susu itu warnanya putih

Ada juga yang coklat warnanya

Memakai baju hitam putih

Empat kaki muka kuda

Jawab : zebra

 

Belalai pendek

Bayi minta sesuatu pasti merengek

Singa tidur di gebuk matanya melek

Ada monyet saling meledek

Hewan apa yang belalainya pendek

Jawab : gajah pesek

 

Binatang yang kaya

Cari uang setiap waktu

Jika ingin menjadi orang kaya

Ya harus kerja jangan cuma nunggu

Bisa kamu tebak hewan apa yang kaya?

Jawab : beruang

 

Mahkota Misterius

Ke Surakarta Naik delman

Sampai di jalan delmanya menggila

Bersisik tapi bukan ikan

Bermahkota namun bukan Raja

jawab : nanas

 

Naik tangga

pergi ke kota bersama teman-temannya

pergi ke kota tapi kotanya mati

bisakah kau menebak apa yang ku maksudkan

Sebuah tangga yang tidak dapat dinaiki

Jawab : tangga nada

 

Berisi makan merunduk

Buah duren banyak durinya

Tak kuat mata karna kantuk

Bisakah kamu menerkanya?

Semakin berisi makan semakin merunduk

Jawab: padi

 

Naik dan tak pernah turun

Anak adalah bagian dari keluarga

Bahagia bila keluarga rukun

Bisakah kamu menerkanya?

Apakah yang selalu naik tapi tak bisa turun?

Jawab : umur

 

Ditusuk Banyak yang Suka

Pergi ke Amerika pake biaya

Biaya dari orang tua

Ditusuk-tusuk tapi banyak yang suka

Bisakah kamu menerkanya?

Jawab : sate

 

Biji diluar dan terlihat sejak kecil

Rumput tumbuh tiada bunga

Walau tak indah tapi masih berguna

Kalo kamu paham dengan maksud saya

Biji yang diluar apa buahnya?

Jawab : jambu mete

 

Biasa disebut terbang

Di hutan ada teman

Dirumah ada kamu

Dikata bisa terbang

Malah pecah karenaku

Jawab: piring

 

Halus di kepala

Pergi jauh ke pulau sebrang

Sampai disana ketemu singa

Halus nanti lembut saat di pegang

Posisinya ada di kepala

Jawab : rambut

 

Suka tidur tanduk panjang

Masih pagi sudah ada jenang

Ternyata yg taruh itu Wina

Sukanya tidur dan tanduknya panjang

Sangat sakral di tanah toraja

Jawab: kerbau

 

Guling seram

Saya memang tidak suka belimbing

Saya lebih suka jeruk

Bentuknya mirip seperti guling

Namun tiada yang berani peluk

Jawab : pocong

 

Rambut dimana mana

Sakit tapi tak berdarah

Minta ibu tuk balut kan luka

Isinya putih luarnya merah

Banyak rambut di tubuhnya

Jawab : rambutan

 

Dibuang gampang didapat mati matian

Ikan lebar namanya pari

Pari juga termasuk jenis ikan

Mudah untuk menyenangkan hati

Untuk memenuhi kebutuhan susah didapat

Jawab : uang

 

Gulungan

Buah mangga manis seperti madu

Madu manis seperti tebu

Panjang bergulung jadi satu

Kalo memanjang menyatukan sesuatu

Jawab : benang

 

Berdiri membuang debu

Berenang cepat seperti ikan

Dilaut pasti ada batu

Bisa jawab jangan sungkan

Benda yang tegap pengusir debu

Jawab: sapu

 

Besi melahap manusia

Pergi sekolah naik kereta api

Bertemu teman saling sapa

Bersayap besar dan berbahan besi

Di perutnya ada banyak manusia

Jawab : pesawat

 

Raja Dapur

Bayang bayang terlihat kabur

senandung rindu menyertai diriku

kerajaanya ada di dapur

binatang lucu pemburu tikus dan berbulu

jawab: kucing

 

Penjaga Hebat

Alangkah manis buah mangga

jumlah bintang tak terhingga

Sangat penurut kepada pemiliknya

dapat dipercaya sebagai penjaga

jawab : anjing

 

Pemercantik Sekitarnya

Layang layang putus benangnya

layang layang jatuh dikerjar masa

mempesona paras dan bentuknya

wangi dan harum itu ciri khasnya

jawab : bunga

 

Pembawa Masadepan

Kepala benjol kena batu

batu diambil dibanting pula

warnanya selalu biru

menjadi kebutuhan seluruh dunia

jawab : listrik

Baca Juga: Contoh Syair Cinta, Kehidupan, Nasihat, Agama, Kiasan, dan Persahabatan.

 

Tenang Menghanyutkan

Mata lelah akibat mengantuk

Akibat kantuk mata memejam

dapat dirasa dan bisa berubah bentuk

namun sulit untuk di genggam

jawab: air

 

Bagai Kehidupan Kebalikan

kutatap erat wajahmu

baumu menyekujan kalbu

aku berdiri di depanmu

dan aku dapat melihat pula diriku

jawab: cermin

 

Cerminan Perasaan

Ucapanmu menyayat hati

ikatan suci kini lepas kendali

dia keluar jika kita bersedih hati

mengalir seperti air suci

jawab : air mata

 

Rezeki yang Turun

ada musim dingin dan musim panas

beragam budaya di indonesia ini

dia turun kadang kecil kadang deras

orang bilang dia adalah rezeki

jawab : hujan

 

Tumbuhan Istimewa

Bermain ke tanah lapang

bermain bersama kawan kawan

tumbuhan yang khas dari jepang

warnanya pink dan sangat menawan

jawab : Sakura

 

Berbulu tak Bernyawa

Anak nakal dilempar batu

kena sasaran si anak ketawa

benda apa yang memiliki bulu

pembersih debu dan tak bernyawa

jawab : kemoceng

 

Demikianlah Pantun teka teki yang sudah saya paparkan, Mulai dari pengertian hingga contohnya. Tidak hanya itu, didalam pantun tersebut juga sudah ada makna atau jawabanya, jadi tidak perlu kalian pikirkan atau mencari sendiri lagi karena sudah terpampang jelas.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan, sehingga kamu dapat membuat sendiri dan mempelajari secara betul mengenai pantun teka teki.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight