Contoh Paragraf Deduktif

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai contoh paragraf deduktif. Terdapat beberapa contoh yang akan diberikan dalam artikel ini sebagai bahan referensi dan bahan pembelajaran tentang paragraf deduktif.

Namun sebelum itu alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan paragraf deduktif. Simak uraian di bawah ini tentang penjelasan paragraf deduktif.

  1. Pengertian Paragraf Deduktif
  2. Ciri-Ciri Paragraf Peduktif
  3. Contoh Paragraf Deduktif
    1. 1. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sampah
    2. 2. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Teknologi
    3. 3. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lalu Lintas
    4. 4. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebudayaan
    5. 5. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan
    6. 6. Contoh Paragraf Deduktif Tempat Wisata
    7. 7. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Iklim
    8. 8. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebersihan
    9. 9. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan
    10. 10. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan
    11. 11. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pekerjaan
    12. 11. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Tanggung Jawab
    13. 12. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sosial
    14. 13. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Olahraga
    15. 14. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Tumbuhan Indonesia

Pengertian Paragraf Deduktif

Contoh Kalimat Deduktif

Sebelum menuju pada contoh paragraf deduktif terlebih dahulu kita mengetahui pengertian paragraf deduktif. Paragraf deduktif adalah suatu jenis paragraf di mana kalimat utamanya atau kalimat gagasannya terletak pada awal paragraf.

Pada umumnya paragraf deduktif diawali dengan pernyataan yang sifatnya umum, kemudian selanjutnya dilengkapi dengan berbagai penjelasan khusus misalnya seperti contoh-contoh, bukti, rincian khusus dan lain sebagainya.

Pola deduksi berawal dari pemaparan hal yang yang bersifat umum dan kemudian menyebar ke hal khusus.

Ciri-Ciri Paragraf Peduktif

Contoh paragraf deduktif terdapat ciri-ciri atau karakteristik yang membedakan jenis paragraf deduktif dengan jenis paragraf yang lainnya. Berikut ini merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh paragraf deduktif antara lain yaitu:

  • Di dalam paragraf deduktif bahasa yang digunakan adalah bahasa yang mudah dimengerti dan informatif.
  • Suatu paragraf deduktif hanya menjelaskan satu topik permasalahan.
  • Ciri-ciri yang paling umum di miliki oleh paragraf deduktif adalah terdapat kalimat atau gagasan utama yang terletak pada bagian awal paragraf.
  • Paragraf deduktif lebih menjelaskan tentang suatu permasalahan yang umum kemudian melebar menuju ke permasalahan khusus.
  • Paragraf deduktif ditulis dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang telah ditentukan.
  • Alur yang digunakan dalam paragraf deduktif adalah alur maju

Contoh Paragraf Deduktif

Tidak lengkap rasanya jika membahas tentang paragraf deduktif namun tidak di berikan pula contoh paragraf deduktif yang menyertainya. Berikut ini merupakan contoh paragraf deduktif yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi pembelajaran.

1. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sampah

Contoh Kalimat Deduktif

Sampah adalah salah satu masalah yang saat ini tengah dihadapi oleh Indonesia untuk dapat terhindar dari bencana banjir. Sampah merupakan benda yang sudah tidak terpakai oleh masyarakat.

Sampah kini menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat karena baunya yang tidak sedap serta dapat menimbulkan suatu penyakit yang dapat diderita oleh manusia.

Tidak hanya dapat menimbulkan penyakit sampah juga dapat menjadi salah satu faktor terjadinya bencana banjir.

Kurangnya kesadaran yang dimiliki oleh manusia akan bahaya sampah menyebabkan berbagai bencana banjir terjadi di Indonesia yang salah satu penyebabnya disebabkan oleh sampah yang menyumbat aliran air sehingga menyebabkan banjir air atau genangan.

Oleh karena itu diperlukan adanya kesadaran bagi tiap-tiap individu dalam lingkungan masyarakat akan bahaya sampah dan cara cara mengatasi sampah agar tidak memberikan dampak yang negatif terhadap lingkungan.

Salah satu caranya yaitu dengan cara mengurangi penggunaan sampah plastik dalam rumah tangga.

Hal itu dikarenakan kan plastik merupakan bahan yang sulit untuk terurai di dalam tanah, jadi apabila sampah plastik tidak ditangani dengan tepat maka akan kan berakibat buruk terhadap lingkungan.

Marilah dari sekarang kita menerapkan untuk meminimalisir Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari agar sampah plastik tidak menumpuk. dan tidak menyebabkan bencana banjir terutama bagi daerah-daerah yang rawan banjir. Jika bukan kita yang memulai lalu siapa lagi?

2. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Teknologi

Contoh Kalimat Deduktif

Teknologi akhir-akhir ini menjadi salah satu perbincangan yang menarik untuk dibahas. Utama bagi anak-anak muda yang hidupnya bagaikan sulit terlepas dari gadget dan social media. Semakin majunya perkembangan zaman maka semakin maju pula teknologi dan semakin canggih.

Penggunaan media sosial merupakan salah satu tu penggunaan teknologi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Media sosial dapat memberikan berbagai macam informasi, dimana hal ini media sosial memiliki manfaat untuk dapat mengetahui berbagai informasi dari berbagai penjuru daerah tanpa kita harus berada di suatu daerah tersebut.

Selain penggunaan media sosial yang banyak memberikan manfaat terdapat pula dampak yang diberikan oleh media sosial kepada para penggunanya.

Kebebasan terhadap akses media sosial menyebabkan adanya hal-hal yang dapat membahayakan pengguna media sosial. Salah satunya adalah kasus cyber bullying.

cyber bullying atau intimidasi yang dilakukan di dalam dunia maya adalah segala bentuk kekerasan yang dialami oleh anak-anak atau remaja dan dilakukan oleh teman seusia mereka melalui dunia maya atau internet.

Saat ini di Indonesia sendiri telah banyak korban yang mengalami cyberbullying karena adanya penggunaan teknologi salah satunya media sosial tanpa adanya pengawasan dari orang tua. Dan adanya kebebasan atas hak untuk menggunakan media sosial dengan minimnya batasan.

Korban dari cyber bullying dapat mengalami trauma yang mendalam karena perbuatan yang dilakukannya melalui media sosial atau internet.

Bentuk dari tindakan cyber bullying bermacam-macam, antara lain dapat seperti ancaman melalui pesan, menyebarkan fitnah terhadap korban dan lain sebagainya.

Kemajuan teknologi apabila tidak diimbangi dengan kesadaran diri dan pengawasan dari orangtua terhadap anak-anak yang menggunakan teknologi terutama internet akan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Oleh karena itu terutama bagi orang tua haruslah memberi batasan kepada anak-anak terhadap penggunaan internet.

Baca Juga : Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

3. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lalu Lintas

Contoh Kalimat Deduktif

Masalah lalu lintas saat ini banyak terjadi terutama pada jalan-jalan besar atau jalan provinsi. Salah satu masalah yang dapat dibilang merupakan hal yang sepele namun sering diajukan oleh para pengguna lalu lintas adalah penggunaan helm.

Banyak yang memberikan alasan bahwa tempat yang mereka tuju tidak jauh dari rumah, sehingga tidak menggunakan helm. Ada pula yang memberikan alasan bahwa lupa menggunakan helm. Pada hal-hal tersebut akan menyebabkan dampak yang besar bagi keselamatan para pengendara sepeda motor.

Salah satu dampak yang diakibatkan karena lalainya masyarakat untuk melindungi kepala mereka dengan menggunakan helm adalah kecelakaan yang diakibatkan menjadi fatal.

Fungsi penggunaan helm sendiri yaitu untuk melindungi kepala dari benturan yang kapan saja dapat terjadi bagi pengguna sepeda motor. Akan tetapi hal itu banyak dilupakan bagi para pengguna sepeda motor.

Dan tugas dari aparat kepolisian adalah menangani para pengguna sepeda motor yang tidak memakai helm. Karena hal itu dapat membahayakan diri mereka sendiri.

Tindak tegas yang dilakukan oleh aparat kepolisian yaitu dengan melakukan penilangan terhadap para pelanggar peraturan. Agar dapat membuat mereka jera dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

4. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebudayaan

contoh paragraf deduktif

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang tiada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke luas Indonesia yang dibatasi oleh pulau-pulau.

Luasnya wilayah negara Indonesia menjadikan Indonesia memiliki banyak bahasa yang berbeda pada tiap-tiap daerah. Keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia tidak lantas menjadikan bangsa Indonesia menjadi terpecah belah meskipun memiliki banyak perbedaan.

Meskipun tiap-tiap daerah memiliki bahasa yang berbeda yang menjadi ciri khas dari suatu daerah tersebut. Akan tetapi negara Indonesia memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang digunakan apabila kita datang ke daerah lain namun tidak mengerti bahasa daerah yang digunakan oleh daerah setempat.

Sebagai bangsa Indonesia tentu kita harus bangga terhadap kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia yang tidak akan pernah habis.

Selalu dijunjung tinggi budaya bangsa dengan cara mengakui dan menggunakan hasil kebudayaan Indonesia. Salah satunya adalah bahasa daerah.

5. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan

Contoh Kalimat Deduktif

Menjaga kesehatan merupakan hal yang umum diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu dengan tidak merokok.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang ini banyak sekali orang-orang yang merokok meskipun mereka telah tahu apa nantinya dampak yang akan terjadi di jika mereka telah kecanduan merokok.

Rokok tidak hanya berbahaya bagi para penggunanya saja, akan tetapi asap yang yang berasal dari rokok tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit bagi para perokok pasif bahkan bagi orang-orang yang hanya sering terpapar oleh asap rokok.

Kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan adiksi atau kecanduan, yang menyebabkan para pengguna rokok sulit terlepas penggunaannya.

Semakin banyak penggunaan rokok maka semakin tinggi pula tingkat kecanduan dan resiko penyakit yang dapat diderita oleh para pengguna rokok.

Gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh rokok antara lain adalah kanker. Lebih dari 60 bahan kimia yang terkandung didalam rokok bersifat karsinogen yang mana hal ini dapat menyebabkan penyakit kanker bagi para pengguna rokok.

Asap rokok yang ditimbulkan pun dapat meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat memicu pertumbuhan sel yang tidak normal.

Kanker yang disebabkan oleh penggunaan rokok dapat berupa kanker paru-paru, kanker usus, kanker mulut sampai dengan kanker pita suara. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa menjaga kesehatan dengan tidak merokok dan usahakan untuk menghindari asap rokok.

Baca Juga : Teks Narasi

6. Contoh Paragraf Deduktif Tempat Wisata

contoh paragraf deduktif wisata

Di hari libur atau weekend pasti banyak orang yang memilih untuk keluar rumah agar dapat menghilangkan penat setelah berhari-hari menghabiskan waktu untuk bekerja.

Dan waktu yang tepat untuk menghilangkan penat tersebut adalah saat weekend. Pada saat itu banyak orang-orang yang yang mencari tempat wisata untuk dijadikan sebagai salah satu salah satu destinasi untuk berlibur bersama keluarga.

Salah satu tempat wisata yang sekaligus juga dapat dijadikan untuk pendidikan adalah candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Keindahan serta cerita di balik terciptanya Candi Borobudur membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu kita juga dapat belajar banyak tentang sejarah masa lalu yang berhubungan dengan Candi Borobudur.

7. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Iklim

Contoh Kalimat Deduktif

Iklim yang saat ini berlangsung tidaklah menentu, hal itu disebabkan oleh eh suhu dari permukaan bumi yang berubah-ubah. Perubahan iklim global menimbulkan dampak yang dapat diamati pada lingkungan.

Pemanasan global merupakan pencemaran udara yang terjadi di berbagai wilayah negara. Aktivitas manusia merupakan salah satu faktor yang menyebabkan dapat terjadinya pemanasan global atau global warming.

Dampak yang dapat diberikan dari adanya pemanasan global antara lain yaitu mencairnya puncak es yang dapat menyebabkan suatu permukaan laut menjadi meningkat.

Dan dapat pula merusak berbagai jenis terumbu karang yang ada di dalam laut. Beberapa ilmuwan iklim menyebutkan bahwa 97% perubahan iklim disebabkan oleh aktivitas manusia.

Untuk dapat menghindarinya marilah kita melakukan tindakan melalui upaya konservasi agar risiko yang ditimbulkan oleh pemanasan global semakin rendah.

8. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebersihan

Contoh Kalimat Deduktif

Kebersihan merupakan pangkal kesehatan. Hal itulah yang telah diajarkan kepada kita sejak kecil tentang kebersihan. Suatu lingkungan yang bersih akan membuat damai dan tentram parah pengguna lingkungan tersebut.

Untuk dapat melakukan hidup bersih, dimulai dari kegiatan yang sederhana misalnya dengan menjaga kondisi tubuh agar selalu tetap bersih. Bersih dapat diawali dari kondisi tubuh kita yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jika kita berhasil menjaga kebersihan diri maka langkah selanjutnya kita perlu untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal. Tumbuhnya kuman penyakit melalui tempat-tempat yang kotor yang kemudian terbawa oleh udara dan dapat menuju ke jaringan tubuh manusia.

Jika imun kita rendah maka kita akan dapat mudah terserang oleh penyakit. Oleh karena itu tu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan agar kita selalu terhindar dari berbagai hal hal yang dapat membahayakan diri kita sendiri dan orang lain.

9. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Contoh Kalimat Deduktif

Asap kendaraan merupakan salah satu faktor yang dapat  menyebabkan pencemaran lingkungan. Banyaknya pengguna kendaraan saat ini ini yang menyebabkan pula lingkungan menjadi tercemar.

Apalagi ditambah pepohonan yang sudah mulai jarang. Hal itu menyebabkan sulitnya didapatkan oksigen yang bersih.

Penanaman pohon dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh kendaraan.

Setidaknya apabila kita tidak dapat mengurangi penggunaan kendaraan untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari, maka kita menggantinya dengan langkah menanam pohon agar kebutuhan oksigen selalu tersedia.

10. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Contoh Kalimat Deduktif

Pentingnya pendidikan sebagai makhluk sosial sangatlah perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan dalam hal ini tidak hanya menyangkut mengenai ilmu pengetahuan saja.

Pendidikan moral juga sangat dibutuhkan bagi generasi penerus bangsa sebelum kita mengetahui pendidikan ilmu pengetahuan yang sebenarnya.

Ilmu pengetahuan tanpa didampingi dengan adanya moral maka tidak akan ada gunanya. Pendidikan moral sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan bagi setiap orang.

Jika memiliki pendidikan moral maka kita akan dapat menentukan jalan yang tepat dan akan dapat berpikir panjang untuk menentukan sesuatu sehingga tidak akan mengecewakan hasil yang kita buat.

Orang yang tidak mempunyai pendidikan moral mereka akan melakukan hal apa saja yang sekiranya menurut mereka itu benar dan baik, akan tetapi tidak baik untuk orang lain. Salah satunya adalah dengan melakukan pergaulan tanpa memilih-milih.

Baca Juga : Teks Eksplanasi

11. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pekerjaan

Contoh Kalimat Deduktif

Pekerjaan merupakan salah satu faktor penunjang agar kita dapat melanjutkan hidup dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mendapatkan pekerjaan yang layak merupakan idaman hampir semua manusia.

Terutama bagi orang-orang yang hanya mengandalkan ijazah SMA sebagai modal untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Banyaknya saingan saat ini menjadikan mereka menjadi terbuang dan dan seakan tidak dianggap.

Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan melakukan usaha sendiri atau bisnis sendiri. Kita dapat memulai bisnis kapan pun asalkan kita memiliki modal mental baja dalam diri kita.

dengan membangun usaha sendiri secara tidak langsung kita pun membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang yang lainnya yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

11. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Tanggung Jawab

Contoh Kalimat Deduktif

Rasa tanggung jawab harus dimiliki oleh setiap orang, dan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bagi seseorang.

Salah satu tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seorang pelajar dimulai dari hal yang paling kecil yaitu mengerjakan tugas yang diberikan oleh Bapak dan ibu guru.

Jika kita sudah memiliki rasa tanggung jawab itu maka kita pun akan dapat terbiasa untuk bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dibebankan kepada kita.

12. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sosial

Contoh Kalimat Deduktif

Kehidupan manusia merupakan kehidupan yang tidak pernah terlepas dari kehidupan sosial. Karena mereka saling membutuhkan satu sama lain yang tidak dapat hidup sendiri sehingga manusia disebut sebagai makhluk sosial.

Sebagai manusia kita tentunya membutuhkan manusia lainnya untuk dapat membantu segala yang berhubungan dengan memenuhi kebutuhan hidup.

Sifat yang individualisme merupakan salah satu sifat manusia yang melenceng dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Individualisme adalah ah prila ku menyendiri yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Dalam hal ini individualisme merupakan orang yang terlalu percaya diri akan kemampuan dirinya untuk dapat mengatasi segala hal dalam kehidupannya.

Hal itulah yang harus dihindari boleh kita agar kita tidak memiliki sifat individualisme. Karena pada hakekatnya manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain.

13. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Olahraga

Contoh Kalimat Deduktif

Salah satu cabang olahraga yang saat ini banyak digemari oleh anak muda adalah bulu tangkis. pada cabang olahraga bulutangkis negara Indonesia telah banyak menorehkan pencapaian dan banyak mendapatkan gelar juara dalam setiap ajang perlombaan bulu tangkis.

Banyak sekali atlet bulutangkis yang memiliki skill yang tinggi sehingga dapat mengalahkan lawan mainnya dari berbagai negara.

Tentunya itu semua merupakan hasil atas kerja keras yang telah mereka lakukan an-nur dapat menjadi pemain bulutangkis profesional. Dapat pesan yang dapat diambil adalah bahwa tiada hasil tanpa adanya usaha.

14. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Tumbuhan Indonesia

Contoh Kalimat Deduktif

Terdapat berbagai macam jenis tumbuhan yang yang ada di Indonesia. Salah satu tumbuhan khas Indonesia adalah anggrek hitam. Agar kita merupakan salah satu tumbuhan khas Indonesia yang sudah terkenal di kalangan dunia akan keindahan dan keunikannya.

Terdapat dua jenis anggrek hitam khas Indonesia yaitu anggrek hitam Kalimantan dan anggrek hitam Papua. Meskipun keduanya memiliki nama yang sama, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan yang terlihat mencolok yang dimiliki oleh tiap-tiap anggrek hitam.

Untuk jenis anggrek hitam Kalimantan memiliki gulai bunga yang berwarna hijau dan memiliki bunga yang lebih berwarna hitam pekat. Sedangkan untuk anggrek hitam Papua, terkadang butik tersebut dapat berwarna merah, ungu dan putih.

Itulah beberapa contoh paragraf deduktif yang dapat pintarnesia sampaikan. Semoga contoh-contoh di atas dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan baru tentang paragraf deduktif. Jika dalam penulisan atau penjelasan terdapat kekurangan atau kesalahan, mohon dimaafkan.

Originally posted 2020-07-05 08:25:33.