√ 7 Contoh Recount Text Singkat beserta Artinya (Stuktur & Jenis)

7 Contoh Recount Text Singkat dan Artinya

7 Contoh Recount Text Singkat dan Artinya

Contoh Recount Text – Recount text merupakan salah satu jenis text dalam bahasa Inggris yang menceritakan kembali mengenai pengelaman atau kejadian – kejadian pada masa lampau atau bisa juga disebut dengan menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang sudah terlewat atau di lalui. Tujuan dari Recount text adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur para pembaca sehingga tidak ada konflik. Nah, pada artikel ini pintarnesia akan memberikan contoh recount text, yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Baca Juga: Contoh Narrative Text.

Recount text juga bisa diartikan sebah kegiatan untuk Mengingat Kembali suatu kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau atau pada masa lalu melalui sebuah text. Sebelum pintarnesia memberikan contoh mengenai recount text, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu ciri – ciri dan jenis – jenis recount text. Berikut ini adalah pemaparan dan penjelasan mengenai ciri – ciri recount text.

 

Ciri – Ciri Recount Text

Seperti text yang lain, recount text juga memiliki ciri – ciri atau karakteristik tersendiri. Berikut ini adalah ciri – ciri dari recount text, di antaranya adalah:

  • Menggunakan conjunction dan time connectives seperti after, before, when, then dan first untuk merangkai satu kejadian dengan kejadian yang lainnya.
  • Menggunakan kalimat past tense karena menceritakan suatu kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau atau masa lalu.
  • Menggunakan action verbs seperti walk, visit, eat dan go.
  • Menggunakan adverbial phrase dab adverbs.

Baca Juga:

 

Jenis – Jenis Recount Text

Recount text bisa dibedakan menjadi 4 (empat) jenis, yakni Personal Recount, Factual Recount, Imaginative Recount, dan Historical Recount. Berikut ini adalah penjelasan dari jenis – jenis recount text , di antaranya adalah:

  • Personal Recount, merupakan recount text yang menceritakan mengenai pengalaman pribadi dari si penulis. COntohnya saja adalah pengalaman yang tidak terlupakan, pengalaman pertama masuk sekolah, liburan ke gunung dan masih banyak lagi lainnya.
  • Factual Recount, merupakan recount text yang menceritakan peristiwa yang benar – benar terjadi (fakta) pada masa lampau seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan dan laporan kepolisian.
  • Imaginative recount, merupakan recount text yang menceritakan imaginasi dari penulis mengenai suatu hal dan dituliskan dalan bentuk pas tense, atau menuliskan kembali kejadian atau peristiwa yang telah terjadi.
  • Historical Recount, merupakan recount text yang membahas mengenai cerita sejara baik itu tempat bersejarah ataupun benda bersejarah. Contohnya saja adalah candi Prambanan dan candi Borobudur.

 

Struktur Recount Text

Seperti pada text yang lain, pada recount text juga memiliki struktur tersendiri. Ada 3 (tiga) struktur recount text, diantaranya adalah Orientation, Event, dan Reorientation. Berikut ini penjelasan dari ketiga struktur dari recount text tersebut.

 

1. Orientation (Pembuka)

Merupakan struktur atau bagian yang memberikan informasi mengenai siapa, kapan dan dimana kejadian atau peristiwa tersebut terjadi pada masa lampau.

 

2. Event (Isi)

Merupakan struktur yang berisi rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan dalam urutan yang kronologis. Contohnya adalah “In the first day… . And in the next day… . And in the last day… .” Pada bagian tersebut terdapat juga komentar pribadi mengenai kejadian atau peristiwa yang sedang diceritakan.

 

3. Reorientation (Kesimpulan atau Penutup)

Merupakan struktur pengulangan pengenalan yang ada pada struktur orientation, pengulangan mengenai rangkuman kejadian atau peristiwa yang sedang diceritakan.

 

 

Contoh Recount Text

Berikut ini pintarnesia akan memaparkan contoh dari recoount text beserta dengan artinya, di antaranya adalah:

 

1. Contoh Recount Text Tentang Pengalaman Beserta Artinya

My First Time in Yogyakarta

My family and I went to my grandmother’s house in Yogyakarta last month. It was my first trip to this city. We went there two days after my sister’s gradution ceremony in Semarang. We arrived at Yogyakarta at night. We spent a week staying in my grandmother’s house which is 5 minutes away by foot to Malioboro street. In the first morning, we were still too tired after a long trip from Semarang to Yogyakarta. So we decided to stay at home to recharge our energy. I walk around the neighborhood with my sister just to experience how it is like to be in Yogyakarta. There were too many house, I think, which made the space between a house and the other was so small, even the road was also small that only bicycle and motorcycle can go through.

On the second day, all of us went to Malioboro street. We saw so many merchant with various of product which they claim to be a traditional product of Yogyakarta. I bought some wooden figurine and T-shirt with the word “Yogyakarta” printed on it, while my sister bought some leather handbag. My mom and dad were busy choosing some merchandise to be brought home when we go back.

On the third day, we went to Taman Sari and Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat to see some historical building in Yogyakarta. We took a lot of picture there. We also took some picture of the building so we can check it again at home. We found some place providing Yogya traditional food around the building and we jumped in right away. We spent the rest of our week in Yogyakarta by visiting some Shopping Malls such as Jogja City Mall, Malioboro Mall, Hartono Mall and Ambarrukmo Plaza. We realized that Yogyakarta turned out to be very warm during the day, that was the reason why we decided to spend more time in air conditioned building like this.

Terjemahan

Kali Pertama Saya ke Yogyakarta

Keluarga saya dan saya pergi ke rumah nenek saya di Yogyakarta bulan lalu. Itu merupakan perjalanan pertama saya ke kota ini. Kami pergi kesana dua hari setelah upacara wisuda kakak saya di Semarang. Kami sampai di Yogyakarta pada malam hari. Kami menghabiskan satu minggu tinggal di rumah nenek saya yang berjarak 5 menit jalan kaki dari jalan Malioboro. Pada pagi hari pertama, kami masih terlalu lelah setelah perjalanan panjang dari Semarang ke Yogyakarta. Jadi kami memutuskan untuk tetap di rumah untuk mengisi tenaga kami. Saya berjalan jalan di lingkungan rumah bersama kakak saya untuk merasakan bagaimana rasanya berada di Yogyakarta. Terdapat terlalu banyak rumah, menurut saya, yang membuat jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya begitu sempit, bahkan jalanan nya juga kecil hingga hanya sepeda dan sepeda motor yang bisa lewat.

Pada hari kedua, kami semua pergi ke jalan Malioboro. Kami melihat ada begitu banyak pedagang dengan berbagai macam produk yang mereka akui sebagai produk tradisional dari Yogyakarta. Saya membeli beberapa patung kayu dan kaos oblong dengan tulisan “Yogyakarta” tercetak di atasnya, sementara itu kakak saya membeli beberapa tas tangan kulit. Ibu dan Ayah saya sibuk memilih beberapa barang dagangan untuk dibawa kerumah saat kami pulang.

Pada hari ketiga, kami pergi ke Taman Sari dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk melihat beberapa bangunan bersejarah di Yogyakarta. Kami mengambil banyak poto di sana. Kami juga mengambil beberapa poto dari bangunan itu supaya kami bisa melihatnya lagi di rumah. Kami menemukan beberapa tembat yang menyediakan makanan khas Yogya disekitar bangunan itu dan kami langsung saja masuk kesana. Kami menghabiskan sisa minggu kami di Yogyakarta dengan mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan seperti Jogja City Mall, Malioboro Mall, Hartono Mall dan Ambarrukmo Plaza. Kami menyadari bahwa ternyata Yogyakarta sangat panas pada siang hari, inilah alasannya mengapa kami memutuskan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam bangunan ber AC seperti ini.

 

2. Contoh Recount Text Tentang Liburan ke Pantai dengan Artinya

My Holiday with My Family at Pangandaran Beach

Last month was New Year holiday. I and my family went to Pangandaran beach for a vacation. We took a tourism bus to go there. We left at 07.00 o’clock in the morning. The trip took about four hours and we arrived at around 11.00 am.

As we arrived there, I walked down to the beach. It was a nice sunny day with a blue sky and a gentle breeze. I saw some seagulls flew around hunting for fish. The waves there were suitable for swimming, but I didn’t swim because I couldn’t swim and only play with the water on shallow part. We also didn’t miss our opportunity here taking some pictures with the background of scenic Pangandaran beach.

Before we went home, I looked for some beautiful souvenir at the nearby shop there. Eventually, we went home at about 05.00 pm. It was a memorable experience for me with my family.

Terjemahan

Liburanku Bersama Keluarga di Pantai Pangandaran

Bulan lalu adalah liburan tahun baru. Aku dan keluarga pergi ke pantai Pangandaran untuk berlibur. Kami memakai bus pariwisata untuk pergi kesana. Kami berangkat jam 7 pagi. Perjalanan memakan waktu  empat jam dan kami sampai sekitar jam 11 siang.

Ketika sampai disana, aku berjalan ke pantai. Saat itu hari sangat bagus dan cerah dengan langit biru dan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Aku melihat beberapa burung laut sedang berburu ikan. Ombak disana cocok untuk berenang, tetapi aku tidak berenang karena tidak bisa dan hanya bermain air dibagian yang tidak dalam. Kami tidak melewatkan momen untuk berfoto dengan latar belakan pantai Pangandaran yang indah.

Sebelum kami pulang ke rumah, aku mencari beberapa oleh-oleh di toko terdekat. Akhirnya, kami pulang ke rumah pukul 5 sore. Ini merupakan pengalaman yang berkesan untukku dan keluargaku.

 

3. Contoh Recount Text Tentang Pencuri Beserta Artinya

Recount Text Pencuri

Three days ago, I went to the traditional market to buy some fruits and vegetables. In that market, I saw an accident, there was a thief beaten by a lot of people. It was so terrible. I didn’t want to take closer and see. A few minutes later, police came and took him.

I asked to the fruit seller what had happened actually and she said that the thief tried to steal someone’s wallet but he was unlucky. Someone saw him and shouted loudly and suddenly some people roughed him up hardly. It was a pity event and I hoped it would never happen again.

Terjemahan

Pencuri

Tiga hari yang lalu aku pergi ke pasar tradisional untuk membeli beberapa buah-buahan dan sayuran. Di pasar tersebut aku melihat kejadian suatu musibah, seorang pencuri dihajar masa. Peristiwa itu sangat mengerikan. Aku tidak ingin pergi mendekat untuk melihatnya. Beberapa menit kemudian polisi datang dan mengamankan pencuri itu.

Aku bertanya pada penjual buah tentang peristiwa itu dan penjual tersebut menjelaskan kalau ada pencuri zyang mencoba mencuri dompet seseorang dan ia tidak beruntung. Seseorang melihat aksinya lalu berteriak kencang dan tiba-tiba beberapa orang menghajar pencuri tersebut hingga babak belur. Peristiwa itu sungguh menyedihkan dan aku berharap hal semacam itu tak akan terulang lagi.

 

4. Recount Text Tentang Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Two days ago I went to the Merapi Mountain. It was the first time I climbed the mountain. I did it with some of my friends. We start climbing at 8 p.m. It was so dark and we only used flashlight to get the way. I felt no worry because all of my friends were professional climber. I just followed their instruction. We climbed slowly and enjoy the night there.

After 7 hours walking in the dark, we could reach the top of the mountain. It was at 3 a.m. early in the morning. We were not alone. There were a lot of people who reached that top before us. We waited the sun rises by cooking some food and making some hot drink to get back our energy. We sang some songs together, shared stories and got acquainted with people there.

After seeing the sun raised, we had to go back home. Getting down the mountain was not as hard as the climbing process because we only spent a few energy and time even we had to be more careful to do this process. However, it was great experience i had ever done so far. After all, that was my great experience I had ever have.

Terjemahan

Mendaki Gunung

Dua hari yang lalu aku pergi ke gunung Merapi. Itu merupakan pertamakalinya aku akan melakukan pendakian gunung. Aku melakukannya bersama dengan teman-temanku. Kami mulai melakukan pendakian pada pukul 8 malam. Situasi sangat gelap gulita dan kami hanya menggunakan lampu senter untuk mencari jalur pendakian. Aku tidak merasa khawatir karena teman-temanku merupakan para pendaki profesional. Aku hanya tinggal mengikuti instruksi mereka saja. Kami mendaki perlahan-lahan dan menikmati waktu kami di sana.

Setelah 7 jam perjalanan naik, akhirnya kami sampai di puncak gunung. Jam menunjukkan pukul 3 pagi. Ternyata kami tidak sendirian. Banyak orang yang ternyata sudah sampai di puncak gunung sebelum kami datang. Kami menunggu matahari terbut sambil memasak makanan dan membuat minuman hangat untuk mengembalikan tenaga kami. Kami juga bernyanyi bersama, bertukar cerita serta berkenalan dengan orang-orang baru di sana.

Setelah menikmati matahari terbit, kami harus segera pulang. Turun gunung tidak secapek pendakian, kami hanya butuh sedikit tenaga dan waktu namun kami harus melakukannya dengan hati-hati. Bagaimanapun juga, pengalaman tersebut merupakan pengalaman mengesankan yang pernah aku alami sejauh ini. Selebihnya, pengalaman tersebut merupakan pengalaman hebat yang pernah aku alami.

 

5. Contoh Recount Text Tentang Memancing

Memancing

Yesterday l was going to the lake. It was the nice time for fishing because I had no work to do. I wake earlier at the morning then I went to the market place to buy some shrimps which I used for fishing bait. After that, I went to the lake to start fishing.

At that lake, I looked for the best point to fish. I went to the place under the big tree at the bank of the lake. I threw my hook as far as I can then I wait for the fish eating my bait. 30 minutes left and finally there was a fish ate my bait. It was the first big enough fish that I got. I got 10 big fish and 3 small fish at that day. I was so happy. I would cook that fish at home and then I would call my friends to come to my home then we would have a small party.

But I was not lucky enough because on the way home I saw a beggar. He was an old poor beggar. I gave all of my fish to him and I wish he would be happy getting that fish. Perhaps he could sell them at the market and get some money to buy some food. Even I did not have any fish after that, I was so happy because I could help people.

Terjemahan

Memancing

Kemarin aku pergi ke Danau. Hari itu merupakan hari yang tepat untuk memancing karena aku sedang libur kerja. Aku bangung pagi-pagi lalu pergi ke pasar untuk membeli beberapa ekor udang yang akan aku gunakan sebagai umpan. Setelah itu, aku menuju ke danau dan mulai memancing.

Di danau itu, aku mencari tempat terbaik untuk memancing. Aku pergi menuju sebuah tempat di bawah pohon besar di tepi danau. Aku melempar kailku sejauh mungkin lalu menunggu ikan memakan umpanku. 30 menit berlalu dan akhirnya ada seekor ikan yang makan umpanku. Ikan itu merupakan ikan pertamaku yang berukuran lumayan besar. Aku mendapatkan 10 ekor ikan berukuran besar dan 3 ekor berukuran kecil pada hari itu. Aku sangat senang. Aku akan memasak ikan-ikan tersebut di rumah lalu aku akan menelfon beberapa temanku agar datang ke rumah dan pesta kecil-kecilan.

Tetapi aku agak kurang beruntung karena di tengah perjalanan pulang aku melihat seorang pengemis. Seorang pengemis tua. Aku memberikan semua ikan hasil tangkapanku kepada pengemis itu dan aku berharap ia senang menerimanya. Mungkin ia bisa menjual ikan-ikan itu di pasar dan mendapatkan uang untuk membeli makanan. Meski aku tidak mempunyai ikan setelahnya, aku sangat senang karena aku bisa membantu orang lain.

 

6. Contoh Recount Text Tentang Leberan

Visiting grandma’s house

Last year holiday of Lebaran I went to Surabaya visiting my grandmother and grandfather. I had to go there because the previous holiday I wasn’t there. I missed them so much because I lived with them when I was a child. At that time both of my parents had to go to another city to earn money so they left me with my grandma and grandpa.

After graduated from junior high school, I follow my parents living at Jakarta. Since that, I had visited them only at holiday time. Unfortunately, I didn’t have any ticket of either train and plane so that I went to Surabaya by bus. It was so tiring because the traffic was too crowded and stagnant. Normally, the trip needs around 24-28 hours but my trip at that time took 40 hours from Jakarta to Surabaya. That made me mad. The madness and tiredness during the trip had gone after I met my grandma and grandpa. They were looked old. I was so happy knowing them in healthy condition.

Terjemahan

Mengunjungi Rumah Nenek

Lebaran tahun lalu aku pergi ke Surabaya untuk mengunjungi kakek dan nenekku. Aku harus pergi ke sana karena lebaran sebelumnya aku tidak bisa berada di sana. Aku sangat merindukan mereka karena sejak aku kecil aku tinggal bersama mereka. Waktu itu, kedua orangtuaku harus bekerja ke kota lain sehingga mereka menitipkanku pada kakek dan nenekku.

Setelah lulus SMP aku menyusul kedua orangtuaku tinggal di Jakarta. Sejak saat itu, aku hanya mengunjungi kakek nenekku hanya setiap liburan saja. Sayang sekali, aku tidak mendapatkan tiket pesawat atau kereta untuk berangkat dan oleh karenanya aku pergi ke Surabaya dengan mengendarai bis umum. Hal itu sangat melelahkan karena jalanan sangat padat dan macet. Normalnya, perjalanan tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 24-28 jam saja namun karena arus mudik lebaran perjalananku dari Jakarta sampai Surabaya membutuhkan waktu sekitar 40 jam. Hal itu membuatku gila. Kelelahan dan kegilaan selama perjalanan terobati tatkala aku bertemu dengan kakek dan nenekku. Mereka telah tampak tua. Aku sangat senang karena mereka masih dalam keadaan sehat.

 

7. Recount Text Tentang Liburan di Rumah

Holiday at Home

At last year holiday I didn’t go anywhere. I just stay at home for the whole month. It was not too bad to spend the holiday at home because I had something to do. I did a small project building a small fishpond at home. What I need is river sand, cement, and some tools. I choose the middle space of my yard. After that, I made the design.

Anyway, I would like to keep some koi fish at that fishpond, so that I had to make the design as well as I can. I preferred to choose the nature landscape as the model. I did it alone, day and night. I was so happy to do that. After two weeks, I finished it. It was a small beautiful fishpond with nature landscape designed. Before I put on it some koi fish, I fill the water and waited for about two weeks to make sure that the fishpond was free from poison. Finally, I bought 5 koi fish and keep them at my new fishpond. It was a nice thing to spend the holiday at home.

Terjemahan

Liburan di Rumah

Pada waktu liburan tahun lalu aku tidak bepergian. Aku hanya menghabiskan waktuku di rumah selama satu bulan. Hal itu bukanlah hal buruk karena aku memiliki kegiatan untuk dilakukan. Aku punya proyek kecil membuat kolam ikan di rumah. Yang aku butuhkan hanyalah pasir bangunan, semen, dan beberapa alat bangunan. Aku memilih bagian tengah dari halaman rumahku untuk dibangun kolam ikan. Setelah itu aku membuat desain.

Rencananya, aku aka memelihara beberapa ekor ikan koi, oleh karena itu aku membuat desain secantik mungkin yang aku bisa. Aku memilih pemandangan alami sebagai model. Aku mengerjakan proyek itu sendirian, siang dan malam. Aku sangat senang melakukannya. Aku menyelesaikannya dalam waktu dua minggu. Akhirnya aku memiliki kolam ikan dengan desain pemandangan alami. Sebelum aku memasukkan beberapa koi ke dalam kolam itu, terlebih dahulu aku mengisinya dengan air dan menunggunya selama dua minggu untuk memastikan bahwa air tersebut benar-benar bebas dari racun. Dan pada tahap terakhir, aku membeli 5 ekor ikan koi dan memeliharanya dalam kolam ikan baruku. Hal itu merupakan pengalaman menyenangkan untuk menghabiskan liburan di rumah.

 

Nah, itulah contoh – contoh recount text, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita dalam recount text dan juga bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas membuat recount text. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.



Pengertian Debat: Jenis, Unsur, Struktur dan Tujuan Debat

Pengertian Debat: Jenis, Unsur, Struktur dan Tujuan Debat

Contoh Recount Text – Recount text merupakan salah satu jenis text dalam bahasa Inggris yang menceritakan kembali mengenai pengelaman atau kejadian – kejadian pada masa lampau atau bisa juga disebut dengan menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang sudah terlewat atau di lalui. Tujuan dari Recount text adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur para pembaca sehingga tidak ada konflik. Nah, pada artikel ini pintarnesia akan memberikan contoh recount text, yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Baca Juga: Contoh Narrative Text.

Recount text juga bisa diartikan sebah kegiatan untuk Mengingat Kembali suatu kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau atau pada masa lalu melalui sebuah text. Sebelum pintarnesia memberikan contoh mengenai recount text, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu ciri – ciri dan jenis – jenis recount text. Berikut ini adalah pemaparan dan penjelasan mengenai ciri – ciri recount text.

 

Ciri – Ciri Recount Text

Seperti text yang lain, recount text juga memiliki ciri – ciri atau karakteristik tersendiri. Berikut ini adalah ciri – ciri dari recount text, di antaranya adalah:

  • Menggunakan conjunction dan time connectives seperti after, before, when, then dan first untuk merangkai satu kejadian dengan kejadian yang lainnya.
  • Menggunakan kalimat past tense karena menceritakan suatu kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau atau masa lalu.
  • Menggunakan action verbs seperti walk, visit, eat dan go.
  • Menggunakan adverbial phrase dab adverbs.

Baca Juga:

 

Jenis – Jenis Recount Text

Recount text bisa dibedakan menjadi 4 (empat) jenis, yakni Personal Recount, Factual Recount, Imaginative Recount, dan Historical Recount. Berikut ini adalah penjelasan dari jenis – jenis recount text , di antaranya adalah:

  • Personal Recount, merupakan recount text yang menceritakan mengenai pengalaman pribadi dari si penulis. COntohnya saja adalah pengalaman yang tidak terlupakan, pengalaman pertama masuk sekolah, liburan ke gunung dan masih banyak lagi lainnya.
  • Factual Recount, merupakan recount text yang menceritakan peristiwa yang benar – benar terjadi (fakta) pada masa lampau seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan dan laporan kepolisian.
  • Imaginative recount, merupakan recount text yang menceritakan imaginasi dari penulis mengenai suatu hal dan dituliskan dalan bentuk pas tense, atau menuliskan kembali kejadian atau peristiwa yang telah terjadi.
  • Historical Recount, merupakan recount text yang membahas mengenai cerita sejara baik itu tempat bersejarah ataupun benda bersejarah. Contohnya saja adalah candi Prambanan dan candi Borobudur.

 

Struktur Recount Text

Seperti pada text yang lain, pada recount text juga memiliki struktur tersendiri. Ada 3 (tiga) struktur recount text, diantaranya adalah Orientation, Event, dan Reorientation. Berikut ini penjelasan dari ketiga struktur dari recount text tersebut.

 

1. Orientation (Pembuka)

Merupakan struktur atau bagian yang memberikan informasi mengenai siapa, kapan dan dimana kejadian atau peristiwa tersebut terjadi pada masa lampau.

 

2. Event (Isi)

Merupakan struktur yang berisi rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan dalam urutan yang kronologis. Contohnya adalah “In the first day… . And in the next day… . And in the last day… .” Pada bagian tersebut terdapat juga komentar pribadi mengenai kejadian atau peristiwa yang sedang diceritakan.

 

3. Reorientation (Kesimpulan atau Penutup)

Merupakan struktur pengulangan pengenalan yang ada pada struktur orientation, pengulangan mengenai rangkuman kejadian atau peristiwa yang sedang diceritakan.

 

 

Contoh Recount Text

Berikut ini pintarnesia akan memaparkan contoh dari recoount text beserta dengan artinya, di antaranya adalah:

 

1. Contoh Recount Text Tentang Pengalaman Beserta Artinya

My First Time in Yogyakarta

My family and I went to my grandmother’s house in Yogyakarta last month. It was my first trip to this city. We went there two days after my sister’s gradution ceremony in Semarang. We arrived at Yogyakarta at night. We spent a week staying in my grandmother’s house which is 5 minutes away by foot to Malioboro street. In the first morning, we were still too tired after a long trip from Semarang to Yogyakarta. So we decided to stay at home to recharge our energy. I walk around the neighborhood with my sister just to experience how it is like to be in Yogyakarta. There were too many house, I think, which made the space between a house and the other was so small, even the road was also small that only bicycle and motorcycle can go through.

On the second day, all of us went to Malioboro street. We saw so many merchant with various of product which they claim to be a traditional product of Yogyakarta. I bought some wooden figurine and T-shirt with the word “Yogyakarta” printed on it, while my sister bought some leather handbag. My mom and dad were busy choosing some merchandise to be brought home when we go back.

On the third day, we went to Taman Sari and Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat to see some historical building in Yogyakarta. We took a lot of picture there. We also took some picture of the building so we can check it again at home. We found some place providing Yogya traditional food around the building and we jumped in right away. We spent the rest of our week in Yogyakarta by visiting some Shopping Malls such as Jogja City Mall, Malioboro Mall, Hartono Mall and Ambarrukmo Plaza. We realized that Yogyakarta turned out to be very warm during the day, that was the reason why we decided to spend more time in air conditioned building like this.

Terjemahan

Kali Pertama Saya ke Yogyakarta

Keluarga saya dan saya pergi ke rumah nenek saya di Yogyakarta bulan lalu. Itu merupakan perjalanan pertama saya ke kota ini. Kami pergi kesana dua hari setelah upacara wisuda kakak saya di Semarang. Kami sampai di Yogyakarta pada malam hari. Kami menghabiskan satu minggu tinggal di rumah nenek saya yang berjarak 5 menit jalan kaki dari jalan Malioboro. Pada pagi hari pertama, kami masih terlalu lelah setelah perjalanan panjang dari Semarang ke Yogyakarta. Jadi kami memutuskan untuk tetap di rumah untuk mengisi tenaga kami. Saya berjalan jalan di lingkungan rumah bersama kakak saya untuk merasakan bagaimana rasanya berada di Yogyakarta. Terdapat terlalu banyak rumah, menurut saya, yang membuat jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya begitu sempit, bahkan jalanan nya juga kecil hingga hanya sepeda dan sepeda motor yang bisa lewat.

Pada hari kedua, kami semua pergi ke jalan Malioboro. Kami melihat ada begitu banyak pedagang dengan berbagai macam produk yang mereka akui sebagai produk tradisional dari Yogyakarta. Saya membeli beberapa patung kayu dan kaos oblong dengan tulisan “Yogyakarta” tercetak di atasnya, sementara itu kakak saya membeli beberapa tas tangan kulit. Ibu dan Ayah saya sibuk memilih beberapa barang dagangan untuk dibawa kerumah saat kami pulang.

Pada hari ketiga, kami pergi ke Taman Sari dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk melihat beberapa bangunan bersejarah di Yogyakarta. Kami mengambil banyak poto di sana. Kami juga mengambil beberapa poto dari bangunan itu supaya kami bisa melihatnya lagi di rumah. Kami menemukan beberapa tembat yang menyediakan makanan khas Yogya disekitar bangunan itu dan kami langsung saja masuk kesana. Kami menghabiskan sisa minggu kami di Yogyakarta dengan mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan seperti Jogja City Mall, Malioboro Mall, Hartono Mall dan Ambarrukmo Plaza. Kami menyadari bahwa ternyata Yogyakarta sangat panas pada siang hari, inilah alasannya mengapa kami memutuskan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam bangunan ber AC seperti ini.

 

2. Contoh Recount Text Tentang Liburan ke Pantai dengan Artinya

My Holiday with My Family at Pangandaran Beach

Last month was New Year holiday. I and my family went to Pangandaran beach for a vacation. We took a tourism bus to go there. We left at 07.00 o’clock in the morning. The trip took about four hours and we arrived at around 11.00 am.

As we arrived there, I walked down to the beach. It was a nice sunny day with a blue sky and a gentle breeze. I saw some seagulls flew around hunting for fish. The waves there were suitable for swimming, but I didn’t swim because I couldn’t swim and only play with the water on shallow part. We also didn’t miss our opportunity here taking some pictures with the background of scenic Pangandaran beach.

Before we went home, I looked for some beautiful souvenir at the nearby shop there. Eventually, we went home at about 05.00 pm. It was a memorable experience for me with my family.

Terjemahan

Liburanku Bersama Keluarga di Pantai Pangandaran

Bulan lalu adalah liburan tahun baru. Aku dan keluarga pergi ke pantai Pangandaran untuk berlibur. Kami memakai bus pariwisata untuk pergi kesana. Kami berangkat jam 7 pagi. Perjalanan memakan waktu  empat jam dan kami sampai sekitar jam 11 siang.

Ketika sampai disana, aku berjalan ke pantai. Saat itu hari sangat bagus dan cerah dengan langit biru dan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Aku melihat beberapa burung laut sedang berburu ikan. Ombak disana cocok untuk berenang, tetapi aku tidak berenang karena tidak bisa dan hanya bermain air dibagian yang tidak dalam. Kami tidak melewatkan momen untuk berfoto dengan latar belakan pantai Pangandaran yang indah.

Sebelum kami pulang ke rumah, aku mencari beberapa oleh-oleh di toko terdekat. Akhirnya, kami pulang ke rumah pukul 5 sore. Ini merupakan pengalaman yang berkesan untukku dan keluargaku.

 

3. Contoh Recount Text Tentang Pencuri Beserta Artinya

Recount Text Pencuri

Three days ago, I went to the traditional market to buy some fruits and vegetables. In that market, I saw an accident, there was a thief beaten by a lot of people. It was so terrible. I didn’t want to take closer and see. A few minutes later, police came and took him.

I asked to the fruit seller what had happened actually and she said that the thief tried to steal someone’s wallet but he was unlucky. Someone saw him and shouted loudly and suddenly some people roughed him up hardly. It was a pity event and I hoped it would never happen again.

Terjemahan

Pencuri

Tiga hari yang lalu aku pergi ke pasar tradisional untuk membeli beberapa buah-buahan dan sayuran. Di pasar tersebut aku melihat kejadian suatu musibah, seorang pencuri dihajar masa. Peristiwa itu sangat mengerikan. Aku tidak ingin pergi mendekat untuk melihatnya. Beberapa menit kemudian polisi datang dan mengamankan pencuri itu.

Aku bertanya pada penjual buah tentang peristiwa itu dan penjual tersebut menjelaskan kalau ada pencuri zyang mencoba mencuri dompet seseorang dan ia tidak beruntung. Seseorang melihat aksinya lalu berteriak kencang dan tiba-tiba beberapa orang menghajar pencuri tersebut hingga babak belur. Peristiwa itu sungguh menyedihkan dan aku berharap hal semacam itu tak akan terulang lagi.

 

4. Recount Text Tentang Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Two days ago I went to the Merapi Mountain. It was the first time I climbed the mountain. I did it with some of my friends. We start climbing at 8 p.m. It was so dark and we only used flashlight to get the way. I felt no worry because all of my friends were professional climber. I just followed their instruction. We climbed slowly and enjoy the night there.

After 7 hours walking in the dark, we could reach the top of the mountain. It was at 3 a.m. early in the morning. We were not alone. There were a lot of people who reached that top before us. We waited the sun rises by cooking some food and making some hot drink to get back our energy. We sang some songs together, shared stories and got acquainted with people there.

After seeing the sun raised, we had to go back home. Getting down the mountain was not as hard as the climbing process because we only spent a few energy and time even we had to be more careful to do this process. However, it was great experience i had ever done so far. After all, that was my great experience I had ever have.

Terjemahan

Mendaki Gunung

Dua hari yang lalu aku pergi ke gunung Merapi. Itu merupakan pertamakalinya aku akan melakukan pendakian gunung. Aku melakukannya bersama dengan teman-temanku. Kami mulai melakukan pendakian pada pukul 8 malam. Situasi sangat gelap gulita dan kami hanya menggunakan lampu senter untuk mencari jalur pendakian. Aku tidak merasa khawatir karena teman-temanku merupakan para pendaki profesional. Aku hanya tinggal mengikuti instruksi mereka saja. Kami mendaki perlahan-lahan dan menikmati waktu kami di sana.

Setelah 7 jam perjalanan naik, akhirnya kami sampai di puncak gunung. Jam menunjukkan pukul 3 pagi. Ternyata kami tidak sendirian. Banyak orang yang ternyata sudah sampai di puncak gunung sebelum kami datang. Kami menunggu matahari terbut sambil memasak makanan dan membuat minuman hangat untuk mengembalikan tenaga kami. Kami juga bernyanyi bersama, bertukar cerita serta berkenalan dengan orang-orang baru di sana.

Setelah menikmati matahari terbit, kami harus segera pulang. Turun gunung tidak secapek pendakian, kami hanya butuh sedikit tenaga dan waktu namun kami harus melakukannya dengan hati-hati. Bagaimanapun juga, pengalaman tersebut merupakan pengalaman mengesankan yang pernah aku alami sejauh ini. Selebihnya, pengalaman tersebut merupakan pengalaman hebat yang pernah aku alami.

 

5. Contoh Recount Text Tentang Memancing

Memancing

Yesterday l was going to the lake. It was the nice time for fishing because I had no work to do. I wake earlier at the morning then I went to the market place to buy some shrimps which I used for fishing bait. After that, I went to the lake to start fishing.

At that lake, I looked for the best point to fish. I went to the place under the big tree at the bank of the lake. I threw my hook as far as I can then I wait for the fish eating my bait. 30 minutes left and finally there was a fish ate my bait. It was the first big enough fish that I got. I got 10 big fish and 3 small fish at that day. I was so happy. I would cook that fish at home and then I would call my friends to come to my home then we would have a small party.

But I was not lucky enough because on the way home I saw a beggar. He was an old poor beggar. I gave all of my fish to him and I wish he would be happy getting that fish. Perhaps he could sell them at the market and get some money to buy some food. Even I did not have any fish after that, I was so happy because I could help people.

Terjemahan

Memancing

Kemarin aku pergi ke Danau. Hari itu merupakan hari yang tepat untuk memancing karena aku sedang libur kerja. Aku bangung pagi-pagi lalu pergi ke pasar untuk membeli beberapa ekor udang yang akan aku gunakan sebagai umpan. Setelah itu, aku menuju ke danau dan mulai memancing.

Di danau itu, aku mencari tempat terbaik untuk memancing. Aku pergi menuju sebuah tempat di bawah pohon besar di tepi danau. Aku melempar kailku sejauh mungkin lalu menunggu ikan memakan umpanku. 30 menit berlalu dan akhirnya ada seekor ikan yang makan umpanku. Ikan itu merupakan ikan pertamaku yang berukuran lumayan besar. Aku mendapatkan 10 ekor ikan berukuran besar dan 3 ekor berukuran kecil pada hari itu. Aku sangat senang. Aku akan memasak ikan-ikan tersebut di rumah lalu aku akan menelfon beberapa temanku agar datang ke rumah dan pesta kecil-kecilan.

Tetapi aku agak kurang beruntung karena di tengah perjalanan pulang aku melihat seorang pengemis. Seorang pengemis tua. Aku memberikan semua ikan hasil tangkapanku kepada pengemis itu dan aku berharap ia senang menerimanya. Mungkin ia bisa menjual ikan-ikan itu di pasar dan mendapatkan uang untuk membeli makanan. Meski aku tidak mempunyai ikan setelahnya, aku sangat senang karena aku bisa membantu orang lain.

 

6. Contoh Recount Text Tentang Leberan

Visiting grandma’s house

Last year holiday of Lebaran I went to Surabaya visiting my grandmother and grandfather. I had to go there because the previous holiday I wasn’t there. I missed them so much because I lived with them when I was a child. At that time both of my parents had to go to another city to earn money so they left me with my grandma and grandpa.

After graduated from junior high school, I follow my parents living at Jakarta. Since that, I had visited them only at holiday time. Unfortunately, I didn’t have any ticket of either train and plane so that I went to Surabaya by bus. It was so tiring because the traffic was too crowded and stagnant. Normally, the trip needs around 24-28 hours but my trip at that time took 40 hours from Jakarta to Surabaya. That made me mad. The madness and tiredness during the trip had gone after I met my grandma and grandpa. They were looked old. I was so happy knowing them in healthy condition.

Terjemahan

Mengunjungi Rumah Nenek

Lebaran tahun lalu aku pergi ke Surabaya untuk mengunjungi kakek dan nenekku. Aku harus pergi ke sana karena lebaran sebelumnya aku tidak bisa berada di sana. Aku sangat merindukan mereka karena sejak aku kecil aku tinggal bersama mereka. Waktu itu, kedua orangtuaku harus bekerja ke kota lain sehingga mereka menitipkanku pada kakek dan nenekku.

Setelah lulus SMP aku menyusul kedua orangtuaku tinggal di Jakarta. Sejak saat itu, aku hanya mengunjungi kakek nenekku hanya setiap liburan saja. Sayang sekali, aku tidak mendapatkan tiket pesawat atau kereta untuk berangkat dan oleh karenanya aku pergi ke Surabaya dengan mengendarai bis umum. Hal itu sangat melelahkan karena jalanan sangat padat dan macet. Normalnya, perjalanan tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 24-28 jam saja namun karena arus mudik lebaran perjalananku dari Jakarta sampai Surabaya membutuhkan waktu sekitar 40 jam. Hal itu membuatku gila. Kelelahan dan kegilaan selama perjalanan terobati tatkala aku bertemu dengan kakek dan nenekku. Mereka telah tampak tua. Aku sangat senang karena mereka masih dalam keadaan sehat.

 

7. Recount Text Tentang Liburan di Rumah

Holiday at Home

At last year holiday I didn’t go anywhere. I just stay at home for the whole month. It was not too bad to spend the holiday at home because I had something to do. I did a small project building a small fishpond at home. What I need is river sand, cement, and some tools. I choose the middle space of my yard. After that, I made the design.

Anyway, I would like to keep some koi fish at that fishpond, so that I had to make the design as well as I can. I preferred to choose the nature landscape as the model. I did it alone, day and night. I was so happy to do that. After two weeks, I finished it. It was a small beautiful fishpond with nature landscape designed. Before I put on it some koi fish, I fill the water and waited for about two weeks to make sure that the fishpond was free from poison. Finally, I bought 5 koi fish and keep them at my new fishpond. It was a nice thing to spend the holiday at home.

Terjemahan

Liburan di Rumah

Pada waktu liburan tahun lalu aku tidak bepergian. Aku hanya menghabiskan waktuku di rumah selama satu bulan. Hal itu bukanlah hal buruk karena aku memiliki kegiatan untuk dilakukan. Aku punya proyek kecil membuat kolam ikan di rumah. Yang aku butuhkan hanyalah pasir bangunan, semen, dan beberapa alat bangunan. Aku memilih bagian tengah dari halaman rumahku untuk dibangun kolam ikan. Setelah itu aku membuat desain.

Rencananya, aku aka memelihara beberapa ekor ikan koi, oleh karena itu aku membuat desain secantik mungkin yang aku bisa. Aku memilih pemandangan alami sebagai model. Aku mengerjakan proyek itu sendirian, siang dan malam. Aku sangat senang melakukannya. Aku menyelesaikannya dalam waktu dua minggu. Akhirnya aku memiliki kolam ikan dengan desain pemandangan alami. Sebelum aku memasukkan beberapa koi ke dalam kolam itu, terlebih dahulu aku mengisinya dengan air dan menunggunya selama dua minggu untuk memastikan bahwa air tersebut benar-benar bebas dari racun. Dan pada tahap terakhir, aku membeli 5 ekor ikan koi dan memeliharanya dalam kolam ikan baruku. Hal itu merupakan pengalaman menyenangkan untuk menghabiskan liburan di rumah.

 

Nah, itulah contoh – contoh recount text, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita dalam recount text dan juga bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas membuat recount text. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.