Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

10+ Contoh Seni Rupa Murni: Penjelasan dan Gambar

4 min read

contoh seni rupa murni

Contoh Seni Rupa Murni – Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan seni rupa? Seni rupa adalah cabang dari seni yang membentuk sebuah karya seni dengan menggunakan media yang bisa dilihat dengan mata dan dapat dirasakan oleh rabaan.

Seni rupa menurut fungsi dapat dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan juga seni rupa terapan.

Seni rupa terapan adalah sebuah karya seni yang lebih mengedepankan nilai fungsi pakai dalam proses pembuatannya dan menyampingkan nilai keindahan. Sedangkan seni rupa murni adalah sebuah karya seni rupa yang lebih mengedepankan nilai keindahan dan menyampingkan nilai fungsi pakai.

Atau lebih tepatnya seni rupa murni adalah sebuah karya seni yang dibuat untuk dijadikan sebagai hiasan atau pajangan.

Seni rupa murni diciptakan dari gagasan, ekspresi, serta kreativitas dari seorang seorang seniman agar dapat menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan memiliki nilai seni tersendiri.

Nah, apakah kamu pernah melihat atau datang ke tempat pameran? Seni rupa murni biasa dijadikan sebagai pajangan di dalam rumah atau juga biasa dipamerkan dalam sebuah pameran karya seni.

Lalu apakah kamu tahu karya seni apa saja yang termasuk dalam seni rupa murni? Berikut adalah beberapa contoh dari karya seni rupa murni.

 

Contoh Seni Rupa Murni

Berikut ini adalaah beberapa seni rupa murni, di antaranya adalah :

 

1. Kerajinan Keramik

Contoh Seni Rupa Murni keramik

Kerajinan keramik adalah sebuah karya seni yang terbuat dari tanah liat yang telah melalui proses glasir. Glasir sendiri adalah sebuah bahan yang terbuat dari tanah dan batuan silikat yang nantinya bahan tersebut akan dileburkan bersamaan saat pada proses pembakaran.

Sehingga akan membentuk sebuah lapisan tipis pada keramik. Contoh dari kerajinan seni rupa murni keramik adalah tembikar dan juga piring yang digunakan untuk sebagai pajangan saja.

 

2. Lukisan

Contoh Seni Rupa Murni Lukisan

Lukisan adalah sebuah karya seni dua dimensi yang dalam proses pembuatannya dilakukan dengan menggoreskan cat menggunakan sebuah kuas pada bidang datar atau biasanya menggunakan media berupa kanvas.

Dalam seni lukis terdapat banyak sekali aliran seperti aliran naturalisme, kubisme, realisme, romantisme, dan lain-lain. Selain itu dalam seni lukis juga memiliki banyak sekali teknik seperti, teknik aquarel, plakat, spray, pointilis, campuran dan tentunya masih banyak lagi.

Ini adalah salah satu karya seni yang paling populer di kalangan seniman, dan juga salah satu karya seni yang paling sering dijadikan sebuah pameran.

 

3. Fotografi

Contoh Seni Rupa Murni Fotografi

Fotografi adalah suatu karya seni yang dihasilkan dari dari jepretan kamera yang menghasilkan sebuah gambar atau foto yang indah. Hasil dari fotografi biasanya dipajang di sebuah dinding seperti lukisan.

Baca Juga: Pengertian Seni Rupa Murni.

 

4. Patung

Contoh Seni Rupa Murni Patung

Patung adalah sebuah karya seni rupa murni tiga dimensi atau karya seni rupa yang memiliki volume dan dapat dilihat dari segala arah.

Dalam pembuatannya patung bisa menggunakan beberapa teknik seperti, teknik cor, asembling, cetak, las, butir, dan pahat. Bahan yang biasanya di pakai adalah batu, logam, keramik, dan kayu.

 

5. Relief

Contoh Seni Rupa Murni Relief

Relief adalah karya seni yang dalam pembuatannya biasanya menggunakan teknik ukiran yang ditempelkan di dinding dengan material yang sama, sehingga menghasilkan lukisan yang timbul yang pastinya indah dan lebih realistis.

Relief juga digolongkan dalam karya seni tiga dimensi, biasanya relief ditemukan di sebuah arsitektur kuno, salah satu contohnya adalah relief yang berada di candi Borobudur.

 

6. Kaligrafi

Contoh Seni Rupa Murni kaligrafi

Kaligrafi adalah seni visual berupa tulisan yang dibuat atau di desain dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah karya seni yang indah.

Kaligrafi bisa diterapkan dengan semua huruf atau aksara, tetapi huruf yang biasanya digunakan dalam pembuatan aksara adalah huruf Jepang (kanji, katakana, dan juga hiragana), huruf Arab, dan huruf Mandarin. Kebanyakan kaligrafi biasanya dijadikan sebuah hiasan dinding.

 

7. Gantungan

Contoh Seni Rupa Murni Gantungan

Hiasan gantungan juga sering digunakan hiasan dengan digantungkan pada kunci. Dalam pembuatannya biasanya di ukir atau dibentuk. Gantungan juga bisa biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh setelah pergi ke suatu tempat wisata.

 

8. Mozaik

Contoh Seni Rupa Murni Mozaik

Mozaik adalah sebuah karya seni yang dibuat dengan cara menyusun potongan-potongan kecil seperti kaca atau batu yang berwarna-warni sehingga membentuk sebuah motif tertentu.

Mozaik merupakan sebuah karya seni rupa murni yang memiliki sejarah panjang dan pertama kali ditemukan Mesopotamia pada abad ke-3 SM. Biasanya mozaik dijadikan sebagai sebuah hiasan dinding pada tempat-tempat peribadatan seperti gereja atau masjid.

 

9. Topeng

Contoh Seni Rupa Murni Topeng

Topeng adalah sebuah karya yang digunakan untuk menutupi wajah dalam sebuah seni pertunjukan seperti pertunjukan tari tradisional. Topeng sangatlah khas di Indonesia, salah satu daerah yang banyak ditemukannya topeng adalah Bali, Cirebon, Malang, Yogyakarta, Surakarta, dan juga Jakarta.

 

10. Seni Cetak

Contoh Seni Rupa Murni Seni Cetak

Seni cetak adalah sebuah karya seni yang digunakan dengan menggunakan teknik cetak. Alat yang biasanya digunakan dalam pembuatan karya seni cetak seperti sablon, stempel, sprinter, dan masih banyak lagi. Sedangkan media yang dapat digunakan dalam pembuatannya adalah kertas, kain, dan juga kanvas.

 

11. Arsitektur

Contoh Seni Rupa Murni Arsitek

Arsitektur adalah sebuah proses perencanaan, perancangan, dan pembangunan dalam pembuatan bangunan, dan struktur fisik yang lainnya dari sebuah bangunan. Hasil karya seni arsitektur sering dijadikan sebagai sebuah simbol budaya dan sebuah hasil karya seni.

Banyak sekali arsitektur yang dapat digolongkan dalam karya seni rupa murni, salah satu contohnya adalah gapura dan juga tugu.

 

12. Seni Konseptual

Contoh Seni Rupa Murni Konseptual

Seni konseptual adalah sebuah karya seni yang lebih yang lebih mementingkan ide dan konsep dalam pembuatannya ketimbang estetika, teknik, dan material.

Karya seni ini berbeda dengan karya seni yang lainnya, karena dalam sebelum melakukan eksekusi, seni konseptual akan melakukan perancangan perencanaan dan keputusan untuk menjadikannya sebuah instruksi terlebih dahulu.

Karya seni ini bisa dibuat oleh siapa saja yang mau mengikuti instruksi yang telah bibuat. Nah itulah beberapa contoh dari karya seni rupa murni, pada intinya semua karya seni rupa murni tidak memiliki fungsi pakai sama sekali dan hanya digunakan sebagai pajangan atau hiasan saja.

Tidak seperti seni rupa terapan yang lebih mementingkan pada nilai fungsi pakai ketimbang keindahannya.

 

Semoga apa yang ada di dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi dan juga menambah wawasan kamu. Jika ada kesalahan dalam artikel mohon untuk dimaafkan.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight