16+ Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

By

contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang ada dibumi merupakan pemberian Tuhan kepada makhluk hidup yang adadi bumi untuk bertahan hidup sehingga manusia sebagai makhluk yang paling sempurna harus memanfaatkan sumber daya alam yang ada sebaik mungkin.

Sumber daya alam ada yang jumlahnya terbatas sehingga dapat habis jika dipakai secara terus menerus namun ada pula sumber daya alam yang dapat diperbaharui sehingga tidak akan habis dapat digunakan secara terus menerus.

 

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Agar dapat memahami lebih lengkap, Dibawah ini terdapat beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Untuk kalian ketahui secara detail.

NamaDapat Diperbaharui
AirYA
AnginYA
TumbuhanYA
TanahYA
Energi MatahariYA
Panas BumiYA
BiomassaYA
BiofuelYA
Pasang SurutYA
BatuYA
PasirYA
KayuYA
KapasYA
NuklirYA
HewanYA

 

1. Air

sumber daya alam air yang dapat diperbaharui

Air berperan sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup bahkan sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri atas air. Jumlah air di bumi ini sangat banyak sehingga manusia dapat memanfaatkan air yang tersedia di bumi ini sebaik mungkin.

 

2. Angin

angin

Angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara pada saat bumi berotasi dan tekanan udara ini tidak akan pernah berakhir sehingga angin juga tidak akan ada habisnya yang dapat dimanfaatkan dengan bijak oleh manusia untuk kehidupan.

 

3. Hewan

hewan sumber daya alam

Hewan menjadi salah satu makhluk hidup yang dapat dimanfaatkan oleh manusia baik untuk makanan, sumber mata pencaharian maupun alat bantu dan sebagainya, karena hewan merupakan makhluk hidup yang terus bereproduksi sehingga hewan akan terus berkembang biak.

 

4. Tumbuhan

tumbuhan

Tumbuhan memiliki beragam jenis dan diantara banyak jenis tumbuhan tersebut dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai penghasil oksigen, bahan makanan, obat dan masih banyak yang lainnya.

 

5. Tanah

Tanah merupakan permukaan bumi yang dapat dilihat secara langsung oleh manusia dan dapat digunakan oleh manusia untuk menjadi pemukiman, bahan baku produksi dan lain sebagainya.

 

6. Energi Matahari

Matahari menjadi salah satu sumber kehidupan manusia, tanpa matahari dunia akan gelap gulita dan menjadi sumber energi bagi planet lain. Makhluk hidup lain dapat memanfaatkan matahari contohnya tumbuhan yang menggunakan matahari untuk fotosintesis, manusia menggunakan matahari sebagai pembangkit listrik dan pemanas dan masih banyak yang lainnya.

 

7. Ombak

Ombak di lautan memiliki kekuatan yang besar namun berubah menjadi tidak terlalu kuat saat sampai di tepi pantai. Karena kekuatannya ini ombak dapat dijadikan sebagai sumber energi, pembangkit listrik, penunjang aktivitas manusia dan sebagainya.

 

8. Biomassa

Biomassa merupakan makhluk biologis yang masih hidup atau yang baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber energi, filter alam dan lain sebagainya.

 

9. Biofuel

Biofuel merupakan bahan bakar dari bahan organik, biofuel ini juga dikenal sebagai bahan bakar hayati yang dihasilkan secara langsung oleh tumbuhan atau secara tidak langsung dari limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi yang ramah lingkungan.

 

10. Pasang Surut

Pasang surut disini berasal dari air laut yang memang rutin terjadi, meskipun pemanfaatannya belum secara luas namun sebenarnya pasang surut ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, pembangkit listrik, penunjang aktivitas air dan lainnya.

 

11. Batu

Batu merupakan benda yang terbentuk secara alami dan salah satu benda yang jumlahnya sangat banyak di bumi ini dengan berbagai bentuk dan karakteristik. Batu dapat digunakan untuk keperluan bangunan, energi, sumber daya industri dan sebagainya.

 

12. Pasir

Pasir sering dijumpai pada kawasan pantai dan juga gurun yang dpat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan barang seperti keramik, kaca logam dan yang lain-lain.

 

13. Kayu

Kayu banyak ditemukan dihutan yang seringkali di eksploitasi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab padahal jika manusia dapat memanfaatkan kayu secara efisien sumber daya yang satu ini dapat digunakan untuk bahan bakar, bahan baku meubel dan yang lainnya.

 

14. Kapas

Kapas dihasilkan dari biji pohon kapas yang dapat digunakan sebagai bahan sandang seperti pakaian, benang, kain dan sebagainya.

 

15. Nuklir

Nuklir merupakan salah satu energi buatan yang terjadi akibat pecahnya atom. Nuklir ini berhasil membuat perang dunia kedua berhenti akibat efek ledakannya yang luar biasa dan nuklir ini telah digunakan sebagai sumber energi oleh negara Jepang.

 

16. Panas Bumi

Panas bumi merupakan suhu bumi yang terdapat pada masing-masing lapisannya dimana suhunya akan bertambah seiring bertambahnya kedalaman dan dapat dimanfaatkan manusia sebagai pembangkit listrik, penunjang sektor dan lain-lain.

 

Demikian sedikit informasi mengenai Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.


Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *