Contoh Surat Tugas

Contoh Surat Tugas – Biasanya seorang karyawan atau pegawai dan staff mendapatkan surat tugas dari atasannya untuk memberitahukan kepada para karyawan, pegawai atau staf untuk pekerjaan baru.

Surat tugas yang diberikan oleh eh eh pemimpin kepada para karyawannya bertujuan untuk memberitahukan kepada karyawannya bahwa sebagian dari mereka akan mengemban tugas baru yang diluar dari tugas kesehariannya.

Contoh surat tugas merupakan kategori surat dinas karena biasanya dalam hal ini surat tugas biasa digunakan untuk acara kedinasan. Banyak pula yang mengaitkan bahwa wa surat tugas sama persis dengan surat dinas. Akan tetapi, keduanya memiliki ciri khas atau karakteristik yang membedakan satu dengan yang lainnya.

Salah satu perbedaan yang mendasar dari contoh surat tugas yaitu pada surat ini hanya diperuntukan untuk satu jenis pekerjaan saja. Sedangkan untuk surat dinas diperuntukkan bagi suatu pekerjaan yang dilakukan secara rutin.

Seorang karyawan yang telah selesai dalam melaksanakan tugas barunya tersebut, maka masa berlaku dari surat tugasnya pun akan habis.

  1. Pengertian Surat Tugas
  2. Ciri-Ciri Surat Tugas
    1. 1. Keterangan Tugas Yang Jelas
    2. 2. Isi Surat Tugas
    3. 3. Menggunakan Bahasa Resmi dan Baku
    4. 4. Kelengkapan Bagian Surat
    5. 5. Stempel Instansi
  3. Struktur Bagian Surat Tugas
    1. 1. Kepala Surat atau Kop Surat
    2. 2. Judul dan Nomor Surat
    3. 3. Tanggal surat
    4. 4. Lampiran surat
    5. 5. Hal atau perihal surat
    6. 6. Alamat surat
    7. 7. Penutup surat
  4. Tips Pembuatan Surat Tugas
  5. Fungsi dan Tujuan Surat Tugas
    1. 1. Lebih Mempermudah Tugas
    2. 2. Pengesahan Secara Formal
    3. 3. Bukti Legal
  6. Contoh Surat Tugas
    1. 1. Surat Tugas Karyawan
    2. 2. Contoh Surat Tugas Guru
    3. 3. Contoh Surat Tugas Guru Pengganti Sementara
    4. 4. Contoh Surat Tugas Penanggung Jawab Acara
    5. 5. Contoh Surat Tugas Guru Penanggung Jawab Kegiatan
    6. 6. Contoh Surat Tugas Penanggung Jawab Acara

Pengertian Surat Tugas

surat tugas

Pengertian surat tugas adalah sebuah surat resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh seorang pejabat atau orang yang berwenang di dalam sebuah perusahaan atau instansi atau dapat juga lembaga tertentu.

Isi dari Surat tugas tersebut adalah penugasan baru yang diberikan kepada seorang staf atau karyawan untuk dapat melakukan suatu pekerjaan yang baru di luar pekerjaan kesehariannya.

Surat tugas dibuat dan juga di tanda tangani oleh seorang pemimpin atau atasan di dalam suatu instansi. Pimpinan tersebut merupakan salah seorang atasan yang memiliki wewenang yang berdasarkan dari lingkup tugas, dan juga tanggung jawab atas dirinya sebagai pemimpin.

Baca Juga : Contoh Surat Rekomendasi

Ciri-Ciri Surat Tugas

surat tugas

Contoh surat tugas yang baik dan benar pada umumnya memiliki ciri-ciri atau karakteristik khusus yang sesuai dengan aturan pembuatan surat tugas. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh surat tugas yang akan diberikan kepada karyawan untuk dapat menjalankan tugasnya:

1. Keterangan Tugas Yang Jelas

Dibuatnya surat tugas yang baik akan menjelaskan tentang ketel penugasan kepada seorang karyawan atau start yang didelegasikan. Keterangan tugas yang jelas dalam contoh surat penawaran yaitu dijelaskan mengenai apa saja tugas yang diberikan dari pimpinan kepada da pegawai atau stafnya untuk melakukan pekerjaan yang baru dari pekerjaan yang sebelumnya.

2. Isi Surat Tugas

Di dalam contoh surat tugas, selain berisikan mengenai keterangan dari surat tugas secara jelas. Terdapat pula isi dari surat tugas yang menuliskan tentang identitas dari pemimpin ataupun atasan serta juga identitas dari seorang karyawan yang diberikan tugas baru melalui surat tugas.

Kemudian di dalam Surat tugas tersebut juga berisikan mengenai materi tugas yang akan diberikan oleh pemimpin atau atasan kepada karyawannya. Penjelasan tersebut diberikan secara jelas dan tegas serta berisikan pula mengenai pertanggungjawaban dan jangka waktu untuk melaksanakan tugas.

3. Menggunakan Bahasa Resmi dan Baku

Surat tugas merupakan salah satu contoh surat resmi, sehingga dalam pembuatan surat tugas haruslah dengan menggunakan bahasa yang baku dan formal. Isi dari surat tugas pun harus menggunakan penjelasan secara singkat, padat dan jelas. Bahasa yang digunakan di dalam surat tugas jugalah harus menggunakan bahasa yang lugas atau tidak menggunakan kalimat basa-basi.

4. Kelengkapan Bagian Surat

Di dalam contoh surat tugas kelengkapan yang harus ada berupa kop surat, nomor surat, judul surat, isi surat, tanggal, nama dan juga disertai pula dengan tanda tangan dari pemimpin atau atasan yang memberikan tugas kepada ada pegawainya, dan kemudian disertai pula tanda tangan dari pegawai atau penerima tugas.

5. Stempel Instansi

Ciri khas atau karakteristik khusus yang dimiliki oleh surat tugas yang selanjutnya adalah pemberian stempel dari suatu perusahaan atau instansi yang bertujuan untuk dapat mengetahui apakah instansi atau perusahaan tersebut resmi atau tidak.

Stempel instansi tersebutlah yang harus ada di dalam contoh surat tugas sebelum karyawan atau pegawai menerima surat tugas tersebut.

Baca Juga : Contoh Surat Perjanjian

Struktur Bagian Surat Tugas

Struktur bagian dari surat tugas merupakan salah satu hal yang harus dibuat sesuai dengan susunan atau struktur yang ada. Bagian-bagian tersebut merupakan komponen penting dari fungsi surat tugas. Berikut ini yang merupakan struktur bagian surat tugas yang harus ada di dalam sebuah surat tugas:

1. Kepala Surat atau Kop Surat

Kepala surat atau kop surat merupakan salah satu bagian terpenting yang harus ada di dalam contoh surat tugas. Kepala surat atau kop surat pada umumnya terletak di atas tengah bagian surat tugas.

Di dalam kepala surat berisikan mengenai nama dari instansi atau perusahaan, nomor telepon, alamat dan juga logo instansi atau perusahaan. Isi dari kepala surat tersebut haruslah ada untuk dapat memperjelas suatu surat tugas yang diberikan.

2. Judul dan Nomor Surat

Struktur bagian di dalam surat tugas yang selanjutnya adalah judul dan nomor surat. Setelah bagian kepala surat kemudian selanjutnya adalah judul di mana judul dari surat ini adalah “SURAT TUGAS”.

Lagu desa joknya di bawah judul terdapat nomor surat. Nomor surat ini berisikan tentang pembuatan kode surat, seperti tulisan nomor urutan, kedudukan dari surat, serta bulan dan tahun pembuatan surat tugas.

3. Tanggal surat

Struktur bagian kepala surat setelah judul dari nomor surat, yang selanjutnya adalah tanggal pembuatan dari surat tugas. Tanggal ini menjelaskan tentang pada tanggal berapa surat tugas ditulis atau dibuat. Seperti contohnya misal: 28 Februari 2020.

4. Lampiran surat

Lampiran surat di dalam contoh surat tugas haruslah ada. Dan merupakan penunjuk tentang jumlah berkas di dalam surat tugas yang diberikan. Apabila dalam pembuatan surat lampiran dibuat lebih dari 1 lembar maka lampiran tersebut wajib diisi. Seperti misalnya: Lamp 4 lembar.

5. Hal atau perihal surat

hal atau perihal surat merupakan salah satu struktur bagian surat tugas yang harus ada di dalam contoh surat tugas. Perihal surat berisikan mengenai tujuan dibuatnya surat tugas. Di mana surat tugas memiliki maksud dan tujuan dibuatnya surat ini kepada penerima tentang isi dari surat tersebut.

6. Alamat surat

Selanjutnya struktur bagian surat tugas yang harus ada adalah alamat surat. Alamat surat di dalam surat tugas berupa kepada siapa surat tersebut ditujukan, di mana surat tugas diberikan.

Seperti misalnya: Yth. Bpk. Iskandar Atmoko, S.pd. Jl. Pegansaan Timur No. 56 Jakarta Pusat. Kemudian isi surat dapat dibagi menjadi 3 bagian, yang pertama adalah bagian pendahuluan, bagian isi surat dan yang terakhir adalah penutup surat.

7. Penutup surat

struktur bagian yang terakhir yang ada di dalam Surat tugas adalah penutup surat. Pada bagian penutup surat, sebuah surat tugas berisikan mengenai nama yang disertai dengan tanda tangan dari pengirim surat tugas tersebut. Nama lengkap dari pejabat juga harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital. Menggunakan cap dinas.

Tips Pembuatan Surat Tugas

Dalam pembuatannya tentu membutuhkan hal-hal yang harus diperhatikan, terutama kelengkapan dari surat tugas yang akan diberikan. Berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalan pembuatan surat tugas antara lain yaitu:

  • Apabila tugas yang diberikan kepada pegawai adalah tugas yang bersifat kolektif, maka daftar pegawai yang akan diberi tugas dimasukkan ke dalam lampiran yang berisikan nomor urut, nama, nomor induk, jabatan, pangkat, dan juga keterangan.
  • Masa berlaku surat tugas yaitu setelah seorang pegawai telah selesai dalam menjalankan tugas yang diberikan kepadanya.

Baca Juga : Contoh Surat Pengalaman Kerja

Fungsi dan Tujuan Surat Tugas

Berdasarkan dari fungsi contoh surat tugas, terdapat banyak tujuan bagi dibuatnya sebuah surat tugas ini. Pembuatan surat tugas pada umumnya hampir sama dengan surat kuasa. Selain itu, pada umumnya surat tugas juga juga selalu disertai dengan surat kuasa.

Dimana dalam surat tugas, adanya surat kuasa juga digunakan sebagai dokumen pelengkap bagi surat tugas. Berikut ini terdapat beberapa fungsi dan tujuan dari dibuatnya contoh surat tugas:

1. Lebih Mempermudah Tugas

Surat tugas dalam pembuatannya juga memiliki fungsi dan tujuan, antara lain salah satunya yaitu digunakan agar dapat lebih mempermudah tugas. Dibuatnya surat tugas yaitu untuk membantu mempermudah tugas dari pemimpin yang merupakan pelaksana tugas saat berhubungan dengan suatu perusahaan atau instansi yang berkaitan dengan tugas tersebut.

2. Pengesahan Secara Formal

Fungsi yang kedua dibuatnya surat tugas ini antara lain yaitu untuk dapat dijadikan sebagai dokumen pengesahan. Yang mana dokumen ini merupakan dokumen yang sifatnya formal atau resmi bagi para penerima tugas yang diberikan kepada dirinya untuk harus bisa dijalankan.

Fungsi dan tujuan yang selanjutnya dibuatnya surat tugas antara lain yaitu sebagai sebuah bukti yang bersifat legal. Telah kita ketahui bahwa surat tugas merupakan surat yang termasuk ke dalam kategori surat resmi yang merupakan penguasaan yang diberikan kepada seorang pemimpin atau pejabat atas suatu pekerjaan yang sesuai dengan isi dari surat tugas tersebut.

Baca Juga : Contoh Surat Resmi

Contoh Surat Tugas

surat tugas

Surat tugas dalam hal ini banyak sekali digunakan di dalam berbagai hal atau kepentingan. Berikut ini terdapat beberapa contoh surat tugas yang meliputi berbagai hal. Contoh surat tugas antara lain yaitu:

1. Surat Tugas Karyawan

MAJU TERUS
Jln. Malik Ibrahim No. 27 Bandung

Telp. 3497543

SURAT TUGAS
Nomor : 560/ST/MB/IV/2018

Surat Tugas Kerja ini diberikan kepada :

Nama:Charles Babage
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Jabatan:Kepala Administrasi
Alamat:Jl. Bunga Kamboja No. 10 Semarang

Terhitung mulai tanggal 10 Februari 2018 saudara Charles Babage diberikan tugas sebagai Koordinator Jasa Operasional serta Koordinator Administrasi Keuangan.

Surat Tugas ini berlaku sejak tanggal 20 Maret 2018, dan sewaktu-waktu bisa dilakukan peninjauan ulang sesuai dengan kebijaksanaan dan kebutuhan dari perusahaan.

Demikian Surat Tugas Kerja ini kami buat untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan diketahui oleh pihak yang terkait.

Bandung, 05 Februari 2018

Direktur Utama PT Maju Jaya,

Ahmad Burhan

PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 TELUKNAGA
Alamat : Jl. Kahyangan No. 123 Teluk Naga

SURAT TUGAS
Nomor : 302/900/IV/SMAN-1/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Negeri 1 Teluk Naga Kecamatan Tak Tun Tuang Kabupaten Tangerang memberikan tugas kepada :

Nama:Kukuh Fajar Darmawan, S. Pd
NIP:3409834
Pangkat/Golongan:Penata Muda /IIIA
Jabatan:Guru SMA Negeri 1 Teluk Naga

untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Guru Mata Pelajaran Fisika yang akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Banten mulai tanggal 19 Februari 2018 s/d 05 Maret 2018.

Demikian surat tugas ini dibuat, untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan semestinya. Di mohon untuk menyampaikan laporan secara tertulis, setelah selesai mengikuti kegiatan tersebut.

Teluk Naga, 15 Februari 2018
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Teluk Naga,

Effendi Sutoyo, M. Pd

MUNDUR AJA LAH
Jln. Melati No. 55 Aceh
Telp. (0651) 375

SURAT TUGAS
Nomor : 1345/ST/KC/V/2016

Sehubungan dengan telah dimulainya Pembangunan Jembatan yang berada di Jalan Yuswe Aceh-Medan Luengbata Kota Aceh Provinsi Aceh, maka dengan ini menugaskan kepada :

Nama:Antonio Paijo
Jabatan:Pengawas Lapangan

untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pembangunan Jembatan, terhitung mulai tanggal 10 Februari 2018 s/d 09 Maret 2018.

Segala biaya yang diakibatkan dari pelaksanaan tugas ini akan diberikan kepada biaya proyek pembangunan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikianlah surat tugas ini dibuat supaya agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Aceh, 02 Februari 2018,
Manajer Proyek,

Burhan Emanuel

2. Contoh Surat Tugas Guru

PEMERINTAN KABUPATEN DATI II KEDIRI

DINAS PENDIDIKAN

SMP NEGERI 15 KEDIRI

Kecamatan Gajahan Kabupaten Kediri Jawa Timur

SURAT TUGAS

Nomor: 09/124/SMA-25/III/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Kediri Kecamatan Gajahan Kabupaten Kediri, memberikan tugas kepada:

Nama                   : Gita Savitri, M. Of

NIP                         : 37464876849

Tempat, tgl lahir : Sidoarjo, 11 Januari 1986

Pangkat/ gol. Ruang : Penata Muda/ IIB

Unit Kerja                :  SMP Negeri 25 Kediri

Untuk mengikuti kegiatan “Pelatihan Peningkatan Mutu Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing” yang akan di laksanakan di Gedung Pertemuan Universitas Kadiri pada tanggal 4 s/d 7 April 2019.

Demikian surat tugas ini kami sampaikan untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya  dan di mohonkan kepada pemerintah tugas untuk membuat laporan secara tertulis seusai  mengikuti kegiatan tersebut.

Kediri, 19 Maret 2019

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 25 Kediri,

Drs. Agus Salam, M. Ag

NIP: 75843847564

3. Contoh Surat Tugas Guru Pengganti Sementara

SURAT TUGAS

Nomor : 16/12-SM/XII/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Surya Apriliantono, M. Sc

NIP : 7584357977474

Pangkat/ Gol. : Pembina/ IV D

Jabatan : Kepala SMA Perbaktian Nusantara Yogyakarta

menugaskan kepada :

Nama : Dewi Kumala Sari, S. Pd

Jabatan : Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SMA Perbaktian Nusantara Yogyakarta

untuk mengemban tugas sebagau guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) pengganti sementara di SMA Perbaktian Nusantara Yogyakarta selama semester genap tahun ajaran 2019/ 2020 terhitung mulai 12 Januari s/d 19 Mei 2020.

Demikian Surat Tugas ini kami buat, semoga dapat menjalan kan tugas dengan baik.

Yogyakarta, 11 Desember 2019

Mengetahui,

Kepala SMA Perbaktian Nusantara,

Surya Apriliantono, M. Sc

4. Contoh Surat Tugas Penanggung Jawab Acara

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANTUL

SMP NEGERI 1 SEWON

Jalan Raya Bantul KM 11

SURAT TUGAS

Nomor : 12/23/Bks/X/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama.         : Ihza Zahwana, S. Pd

NIP.             : 388475674721

Jabatan.     : Kepala SMP Negeri 1 Sewon

Menugaskan kepada :

Nama.         : Ayu Cahyani Ningtyas, S. Ah

NIP.              : 84838291018

Jabatan.      : Guru Pengajar

Untuk menjadi Penanggung jawab kegiatan Bakti Sosial yang diadakan oleh SMP Negeri 1 Sewon kepada masyarakat desa Wonorejo Kabupaten Gunung Kidul yang akan di laksanakan pada 12 Nopember 2017.

Demikian surat tugas ini di buat untuk di jalankan dengan baik. Dan dimohonkan kepada yang bersangkutan untuk bersedia menjadi penanggung jawab.

5. Contoh Surat Tugas Guru Penanggung Jawab Kegiatan

PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL

QDINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANTUL

SMA AL BURHANI

Jln. Kebangsaan Baru Tanjung No. 12 Bantul email: [email protected]

SURAT TUGAS

Nomor : 12/SSF/2324/2019

Perihal : Penanggung jawaban Kegiatan

YANG BERTANDA TANGAN DI BAWAH INI:

Nama               : Syarif Maulana, M. Hum

Jenis kelamin : Laki – laki

Alamat             : Perum. Mutiara Citra Asri No. 09 Sewon Bantul

Jabatan            : SMA AL Burhani Bantul

Menugaskan kepada :

Nama.               : Andrian Setioko, S. Kom

Jenis kelamin.  : Laki – laki

Jabatan.            : Guru Teknologi Informatika

Alamat.             : Perum. Asri Hijau Batik Regensi

Untuk menjabat sebagai panitia penanggung jawab kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Gasal  Tahun Ajaran 2019/ 2020 SMP Al Burhani Bantul yang di selenggarakan pada tanggal 16 s/d 22 Februari 2019.

Demikian surat tugas ini saya buat untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan semoga kegiatan Ujian Tengah Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/ 2020 dapat berjalan dengan lancar.

Bantul, 09 Januari 2019.

Mengetahui,.

Kepala SMP Al Burhani Bantul

Syarif Maulana, M. Hum

6. Contoh Surat Tugas Penanggung Jawab Acara

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANTUL

SMP NEGERI 1 SEWON

Jalan Raya Bantul KM 11

SURAT TUGAS

Nomor : 12/23/Bks/X/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama.         : Sbiba Anana, S. Pd

NIP.             : 385729645383

Jabatan.     : Kepala SMP Negeri 1 Sewon

Menugaskan kepada :

Nama.         : Aisah Jamilah, S. Ah

NIP.              : 84838838383

Jabatan.      : Guru Pengajar

Untuk menjadi Penanggung jawab kegiatan Bakti Sosial yang diadakan oleh SMP Negeri 1 Sewon kepada masyarakat desa Wonorejo Kabupaten Gunung Kidul yang akan di laksanakan pada 12 Nopember 2020.

Demikian surat tugas ini di buat untuk di jalankan dengan baik. Dan dimohonkan kepada yang bersangkutan untuk bersedia menjadi penanggung jawab.

Bantul, 11 Oktober 2019

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 1 Sewon,

Sabiba Anana, S. Pd

Itulah merupakan penjelasan tentang contoh surat tugas yang kaki ini dapat disampaikan oleh pintarnesia. Semoga contoh surat tugas yang diberikan diatas dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan baru secara meluas tentang surat tugas. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepas, mohon dimaklumi.

Originally posted 2020-07-27 09:18:48.