√ 60+ Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu dan Strukturnya (Lengkap)

60+ Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu dan Strukturnya

60+ Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu dan Strukturnya

Contoh Teks Anekdot – Pembelajaran tentang teks anekdot bisa kita dapatkan di pelajaran Bahasa Indonesia, teks tersebut berisi teks yang singkat, padat, dan penuh dengan lelucon. Umumnya teks ini berupa sindiran atau kritik kepada kondisi atau situasi bidang hukum, lingkungan, sosial ataupun bidang politik.

Ciri khas dari teks ini adalah singkat, menghibur, dan lucu. Sehingga dalam pembuatan teks ini diperlukan keahlian khusus dan mempunyai humor yang tinggi, cerita ini umumnya berupa pengalaman yang berdasarkan pengalaman pribadi yang dialami seseorang yang dibuat sehumor mungkin. Nah, sebelum kita memberikan contoh teks anekdot, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu kaidah teks anekdot, ciri – ciri teks anekdot dan struktur teks anekdot.

 

Ciri – Ciri Teks Anekdot

Seperti teks lain, teks anekdot juga mempunyai ciri – ciri atau karakteristik tersendiri, diantaranya adalah :

  • Hanya ditujukan kepada orang atau tokoh tertentu, contohnya adalah pejabat negara atau orang terkenal lainnya.
  • Mempunyai sifat yang humoris.
  • Berisi sindiran atau kritik secara halus.
  • Teks anekdot hampir sama dengan dongeng tetapi bisa dibedakan secara jelas.
  • Cerita yang ada di dalam teks anekdot berkaitan dengan realitas yang ada, tetapi cerita tersebut diubah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cerita yang lucu dan menghibur.
  • Biasanya teks anekdot bercerita tentang makhluk hidup, contohnya saja adalah karakter hewan dan juga figur manusia. Akan tetapi, ada juga yang bercerita mengenai benda mati, contohnya saja adalah gelas dan lainnya.

 

Kaidah Teks Anekdot

Seperti teks lain, teks anekdot juga mempunyai kaidah tersendiri, diantaranya adalah :

  • Menggunakan kalimat seru.
  • Di dalam teks anekdot ada kalimat perintah.
  • Terdapat penggunaan kata kerja.
  • Banyak menggunakan konjungsi atau disebut juga dengan kata penghubung.
  • Menggunakan pernyataan yang retotik. Retorik adalah kalimat pertanyaan yang seharusnya tidak harus menjawab secara langsung karena bersifat umum, dan yang menanyakan pertanyaan ataupun yang ditanya mengetahui jawabannya. Contoh: “Apakah kamu senang melihat orang lain menderita?”.
  • Latar waktu yang digunakan merupakan waktu lampau.

 

Struktur Teks Anekdot

Seperti teks lain, teks anekdot juga mempunyai strukturnya tersendiri, diantaranya adalah :

  • Abstraksi, merupakan bagian yang paling pertama yang ada diawal paragraf, fungsi dari struktur ini adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai isi dari sebuah teks anekdot.
  • Orientasi, merupakan bagian yang menggambarkan sebuah suasana yang terjadi di dalam awal cerita teks.
  • Event, merupakan bagian yang menggambaran dari rangkaian cerita yang terjadi.
  • Krisis, merupakan bagian yang berisi mengenai permasalahan utama yang ada dalam sebuah teks anekdot.
  • Reaksi, merupakan bagian yang berisi mengenai bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah yang ada di dalam bagian krisis.
  • Kodo, merupakan bagian yang diartikan sebagai perubahan yang terjadi pada tokoh cerita.
  • Re-orientasi, merupakan bagian penutup atau disebut juga bagian akhir yang ada pada dalam teks anekdot.

 

Contoh Teks Anekdot

Kumpulan teks anekdot ini kami himpun dari beberapa sumber yang menurut kami adalah cerita yang sangat menarik. Tapi teks anekdot juga tergantung pada selera humor juga, berikut ini adalah beberapa contoh teks anekdot singkat dan lucu, di antaranya adalah :

 

Contoh Teks Anekdot Lucu

Pelanggan : Siang mas, saya mau pesan, boleh?
Penjual : Boleh dong mba, silahkan mau pesen apa? dan berapa jumlahnya?
Pelanggan : Maksud saya bukan mau pesan barang mas..
Penjual : Lah terus mau pesen apa mba?
Pelanggan : Saya mau pesen sama mas, jangan lupa sholat lima waktu, jangan lupa makan, sama jaga kesehatan ya.
Penjual : Hmmmm…..

 

Contoh Teks Anekdot Penjual Roti

Pada suatu hari ada seorang pedagang roti keliling lewat depan rumah, kemudian teman saya si Riski memanggil si penjual Roti tersebut. Tidak lama setelah itu penjual roti pun datang dan menghampiri kita di depan rumahku.

Riski : Ada roti apa aja nih mba?
Penjual Roti : Banyak mas, ada beberapa macam rasa
Riski : Oh, kalau yang ini rasa apa mba?
Penjual Roti : Yang ini rasa nanas mas
Riski : Kalau Yang ini rasa apa mba?
Penjual Roti : Kalau yang ini rasa melon
Riski : Kalau yang ini apa mba?
Penjual Roti : Itu rasa strobery
Riski : Lah dari tadi saya nanya jawabannya malah nyebutin buah – buahan terus, rotinya mana mba? Mba ini jualan apa si sebenarnya? Kalau kaya gini mending saya kagak jadi beli.
Penjual Roti : *Hening, Kemudian si penjual roti menikah dengan si riski karena keluguannya*

 

Contoh Teks Anekdot Politik

Dua orang kader parpol sebut saja namanya upin dan ipin sama – sama bermaksud mencalonkan diri sebagai anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah).

Setelah menyerahkan berkas pencalonannya ke KPU yang ada di daerahnya, Upin dan Ipin mengobrol sambil minum teh di kantin gedung tersebut. Mereka terlibat percakapan yang seru

Upin : Ipin, banyak politisi di negeri kita yang sudah kaya raya!
Ipin : Kalau masalah itu aku juga sudah tau, Ya!
Upin : Saking kayanya mereka, mereka mampu memiliki baju termahal di negara Indonesia.
Ipin : Loh, maksudmu baju termahal itu baju apa ?
Upin : Yah, apalagi kalau bukan baju tahanan KPK.
Ipin : Kok malah baju tahanan KPK?
Upin : Iyalah, coba saja kamu pikir, seorang politisi minimal harus mencuri uang negara sebesar 1 milyar dahulu baru bisa menggunakan baju tersebut.
Ipin : Ooohh, maksud kamu Mail toh, baru ngerti aku.

Kemudian mereka mengenang teman – teman mereka yang sudah bisa menggunakan baju termahal tersebut.

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Diceritakan dalam sebuah kisah seorang pengemis tua yang sedang meminta sedekah kepada seorang anak muda, anggap saja seorang mahasiswa.

Pengemis : Mba, ibu mau minta sedekahnya
Mahasiswa : (Sambil menggigit HP lalu ia mengambil dompet dan mengeluarkan uang 20 ribuan) ini bu, kembaliin 10 ribu yah pak.
Pengemis : Ini mba kembaliannya, sambil memegang gelas yang berisi uang.
Mahasiswa : Lah bu, ini kok duitnya 12 ribu ?
Pengemis : Gpp mba, itung-itung saya juga sedekah sama mb.

 

Contoh Teks Anekdot Pendek

Pada suatu siang yang cerah, karena memang lagi terang mataharinya, terjadilah percakapan yang tidak penting antara murid dan gurunya.

Murid : Ibuuuuu guru, bu guru boleh enggak yah di hukum karena perbuatan yang belum dilakukannya ?
Ibu Guru : Iya enggak boleh lah nak, seseorang itu baru boleh dihukum jika dia sudah melakukan kesalahan.
Murid : Alhamdulillah, saya belum mengerjakan PR dari ibu soalnya
Ibu Guru : Oooo.. dasar murid edannn !

 

Contoh Teks Anekdot Lucu

Sebuah keluarga yang bahagia ada sepasang kakak beradik yang pergi untuk berkebun, tapi tiba – tiba mereka pulang dengan tergesa – gesa.

Kakak : Mah, tolong ini gawat, adik menelan Tikus mahh !!.
Mamah : Astaga kok bisa sih kak !! Gimana ceritanya ? Cepet kamu panggil Bapak supaya bapak bawa dokter kesini.
Kakak : Oh kalau gitu tambah menjadi masalah bu, tunggu bentar aja tikusnya mati, soalnya kakak udah kasih adik racun tikus tadi.

 

Contoh Teks Anekdot Hukum

Contoh Teks Anekdot Hukum

 

Contoh Tekss Anekdot Menyindir

Contoh Teks Anekdot Menyindir

 

Contoh Teks Anekdot Dialog

Contoh Teks Anekdot Dialog

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan – Cuma Salah Satu

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan – Gigi Terakhir Disebut Apa?

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan – Tips Lulus UN

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

 

Contoh Teks Anekdot Tentang Sedekah

Contoh Teks Anekdot Sedekah

 

Contoh Teks Anekdot Lucu

Contoh Teks Anekdot Lucu

 

Contoh Teks Anekdot Layanan Publik

Contoh Teks Anekdot Layanan Publik

 

Contoh Teks Anekdot Politik

Contoh Teks Anekdot Politik

 

Contoh Teks Anekdot Keluarga

Contoh Teks Anekdot Keluarga

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh Teks Anekdot Politik

Contoh Teks Anekdot Politik

Contoh Teks Anekdot Sindiran

Contoh Teks Anekdot Sindiran

 

Nah, itulah Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Beserta dengan Struktur. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan teks anekdot, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.



Pengertian Joint Venture: Ciri-Ciri, Jenis, Manfaat dan Contoh Joint Venture

Pengertian Joint Venture: Ciri-Ciri, Jenis, Manfaat dan Contoh Joint Venture

Contoh Teks Anekdot – Pembelajaran tentang teks anekdot bisa kita dapatkan di pelajaran Bahasa Indonesia, teks tersebut berisi teks yang singkat, padat, dan penuh dengan lelucon. Umumnya teks ini berupa sindiran atau kritik kepada kondisi atau situasi bidang hukum, lingkungan, sosial ataupun bidang politik.

Ciri khas dari teks ini adalah singkat, menghibur, dan lucu. Sehingga dalam pembuatan teks ini diperlukan keahlian khusus dan mempunyai humor yang tinggi, cerita ini umumnya berupa pengalaman yang berdasarkan pengalaman pribadi yang dialami seseorang yang dibuat sehumor mungkin. Nah, sebelum kita memberikan contoh teks anekdot, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu kaidah teks anekdot, ciri – ciri teks anekdot dan struktur teks anekdot.

 

Ciri – Ciri Teks Anekdot

Seperti teks lain, teks anekdot juga mempunyai ciri – ciri atau karakteristik tersendiri, diantaranya adalah :

  • Hanya ditujukan kepada orang atau tokoh tertentu, contohnya adalah pejabat negara atau orang terkenal lainnya.
  • Mempunyai sifat yang humoris.
  • Berisi sindiran atau kritik secara halus.
  • Teks anekdot hampir sama dengan dongeng tetapi bisa dibedakan secara jelas.
  • Cerita yang ada di dalam teks anekdot berkaitan dengan realitas yang ada, tetapi cerita tersebut diubah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cerita yang lucu dan menghibur.
  • Biasanya teks anekdot bercerita tentang makhluk hidup, contohnya saja adalah karakter hewan dan juga figur manusia. Akan tetapi, ada juga yang bercerita mengenai benda mati, contohnya saja adalah gelas dan lainnya.

 

Kaidah Teks Anekdot

Seperti teks lain, teks anekdot juga mempunyai kaidah tersendiri, diantaranya adalah :

  • Menggunakan kalimat seru.
  • Di dalam teks anekdot ada kalimat perintah.
  • Terdapat penggunaan kata kerja.
  • Banyak menggunakan konjungsi atau disebut juga dengan kata penghubung.
  • Menggunakan pernyataan yang retotik. Retorik adalah kalimat pertanyaan yang seharusnya tidak harus menjawab secara langsung karena bersifat umum, dan yang menanyakan pertanyaan ataupun yang ditanya mengetahui jawabannya. Contoh: “Apakah kamu senang melihat orang lain menderita?”.
  • Latar waktu yang digunakan merupakan waktu lampau.

 

Struktur Teks Anekdot

Seperti teks lain, teks anekdot juga mempunyai strukturnya tersendiri, diantaranya adalah :

  • Abstraksi, merupakan bagian yang paling pertama yang ada diawal paragraf, fungsi dari struktur ini adalah memberikan gambaran yang jelas mengenai isi dari sebuah teks anekdot.
  • Orientasi, merupakan bagian yang menggambarkan sebuah suasana yang terjadi di dalam awal cerita teks.
  • Event, merupakan bagian yang menggambaran dari rangkaian cerita yang terjadi.
  • Krisis, merupakan bagian yang berisi mengenai permasalahan utama yang ada dalam sebuah teks anekdot.
  • Reaksi, merupakan bagian yang berisi mengenai bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah yang ada di dalam bagian krisis.
  • Kodo, merupakan bagian yang diartikan sebagai perubahan yang terjadi pada tokoh cerita.
  • Re-orientasi, merupakan bagian penutup atau disebut juga bagian akhir yang ada pada dalam teks anekdot.

 

Contoh Teks Anekdot

Kumpulan teks anekdot ini kami himpun dari beberapa sumber yang menurut kami adalah cerita yang sangat menarik. Tapi teks anekdot juga tergantung pada selera humor juga, berikut ini adalah beberapa contoh teks anekdot singkat dan lucu, di antaranya adalah :

 

Contoh Teks Anekdot Lucu

Pelanggan : Siang mas, saya mau pesan, boleh?
Penjual : Boleh dong mba, silahkan mau pesen apa? dan berapa jumlahnya?
Pelanggan : Maksud saya bukan mau pesan barang mas..
Penjual : Lah terus mau pesen apa mba?
Pelanggan : Saya mau pesen sama mas, jangan lupa sholat lima waktu, jangan lupa makan, sama jaga kesehatan ya.
Penjual : Hmmmm…..

 

Contoh Teks Anekdot Penjual Roti

Pada suatu hari ada seorang pedagang roti keliling lewat depan rumah, kemudian teman saya si Riski memanggil si penjual Roti tersebut. Tidak lama setelah itu penjual roti pun datang dan menghampiri kita di depan rumahku.

Riski : Ada roti apa aja nih mba?
Penjual Roti : Banyak mas, ada beberapa macam rasa
Riski : Oh, kalau yang ini rasa apa mba?
Penjual Roti : Yang ini rasa nanas mas
Riski : Kalau Yang ini rasa apa mba?
Penjual Roti : Kalau yang ini rasa melon
Riski : Kalau yang ini apa mba?
Penjual Roti : Itu rasa strobery
Riski : Lah dari tadi saya nanya jawabannya malah nyebutin buah – buahan terus, rotinya mana mba? Mba ini jualan apa si sebenarnya? Kalau kaya gini mending saya kagak jadi beli.
Penjual Roti : *Hening, Kemudian si penjual roti menikah dengan si riski karena keluguannya*

 

Contoh Teks Anekdot Politik

Dua orang kader parpol sebut saja namanya upin dan ipin sama – sama bermaksud mencalonkan diri sebagai anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah).

Setelah menyerahkan berkas pencalonannya ke KPU yang ada di daerahnya, Upin dan Ipin mengobrol sambil minum teh di kantin gedung tersebut. Mereka terlibat percakapan yang seru

Upin : Ipin, banyak politisi di negeri kita yang sudah kaya raya!
Ipin : Kalau masalah itu aku juga sudah tau, Ya!
Upin : Saking kayanya mereka, mereka mampu memiliki baju termahal di negara Indonesia.
Ipin : Loh, maksudmu baju termahal itu baju apa ?
Upin : Yah, apalagi kalau bukan baju tahanan KPK.
Ipin : Kok malah baju tahanan KPK?
Upin : Iyalah, coba saja kamu pikir, seorang politisi minimal harus mencuri uang negara sebesar 1 milyar dahulu baru bisa menggunakan baju tersebut.
Ipin : Ooohh, maksud kamu Mail toh, baru ngerti aku.

Kemudian mereka mengenang teman – teman mereka yang sudah bisa menggunakan baju termahal tersebut.

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Diceritakan dalam sebuah kisah seorang pengemis tua yang sedang meminta sedekah kepada seorang anak muda, anggap saja seorang mahasiswa.

Pengemis : Mba, ibu mau minta sedekahnya
Mahasiswa : (Sambil menggigit HP lalu ia mengambil dompet dan mengeluarkan uang 20 ribuan) ini bu, kembaliin 10 ribu yah pak.
Pengemis : Ini mba kembaliannya, sambil memegang gelas yang berisi uang.
Mahasiswa : Lah bu, ini kok duitnya 12 ribu ?
Pengemis : Gpp mba, itung-itung saya juga sedekah sama mb.

 

Contoh Teks Anekdot Pendek

Pada suatu siang yang cerah, karena memang lagi terang mataharinya, terjadilah percakapan yang tidak penting antara murid dan gurunya.

Murid : Ibuuuuu guru, bu guru boleh enggak yah di hukum karena perbuatan yang belum dilakukannya ?
Ibu Guru : Iya enggak boleh lah nak, seseorang itu baru boleh dihukum jika dia sudah melakukan kesalahan.
Murid : Alhamdulillah, saya belum mengerjakan PR dari ibu soalnya
Ibu Guru : Oooo.. dasar murid edannn !

 

Contoh Teks Anekdot Lucu

Sebuah keluarga yang bahagia ada sepasang kakak beradik yang pergi untuk berkebun, tapi tiba – tiba mereka pulang dengan tergesa – gesa.

Kakak : Mah, tolong ini gawat, adik menelan Tikus mahh !!.
Mamah : Astaga kok bisa sih kak !! Gimana ceritanya ? Cepet kamu panggil Bapak supaya bapak bawa dokter kesini.
Kakak : Oh kalau gitu tambah menjadi masalah bu, tunggu bentar aja tikusnya mati, soalnya kakak udah kasih adik racun tikus tadi.

 

Contoh Teks Anekdot Hukum

Contoh Teks Anekdot Hukum

 

Contoh Tekss Anekdot Menyindir

Contoh Teks Anekdot Menyindir

 

Contoh Teks Anekdot Dialog

Contoh Teks Anekdot Dialog

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan – Cuma Salah Satu

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan – Gigi Terakhir Disebut Apa?

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan – Tips Lulus UN

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

 

Contoh Teks Anekdot Tentang Sedekah

Contoh Teks Anekdot Sedekah

 

Contoh Teks Anekdot Lucu

Contoh Teks Anekdot Lucu

 

Contoh Teks Anekdot Layanan Publik

Contoh Teks Anekdot Layanan Publik

 

Contoh Teks Anekdot Politik

Contoh Teks Anekdot Politik

 

Contoh Teks Anekdot Keluarga

Contoh Teks Anekdot Keluarga

 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh Teks Anekdot Politik

Contoh Teks Anekdot Politik

Contoh Teks Anekdot Sindiran

Contoh Teks Anekdot Sindiran

 

Nah, itulah Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Beserta dengan Struktur. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan teks anekdot, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.