10+ Contoh Teks Ceramah: Lucu, Agama, Islam

By

contoh ceramah lucu agama islam

Ceramah sangat identik dengan pengajian dan siraman rohani agama Islam. Orang yang menyampaikan ceramah biasanya adalah seseorang yang ahli agama dan mempunyai gelar ustadz, kyai haji, dan lain-lain yang dinilai memiliki ilmu agama lebih baik dari kebanyakan orang.

Ilmu agama yang bermanfaat tersebut kemudian dibagikan kepada orang lain agar mereka juga tahu dan paham apa yang orang tersebut ketahui. Ceramah agama ada banyak sekali tema atau jenisnya yang biasa disampaikan oleh ustad-ustad saat ceramah hari jum’at maupun pagi setelah subuh.

Nah, pada kesempatan kali ini pintarnesia akan membagikan tentang contoh ceramah lucu, agama, islam dan dan sebagainya. Langsung saja bagi kalian yang sedang mencari contoh ceramah bisa lihat beberapa ceramah berikut ini.

 

Contoh Teks Ceramah

Bagi kalian yang diberikan tugas untuk ceramah di sekolah dan kalian harus menghafalkan ceramah tersebut tentu bingung mau ceramah yang seperti apa. Nah karena itulah pintarnesia sudah menyiapkan beberapa contoh teks ceramah lucu, agama, Islam.

 

Contoh Ceramah Lucu Tentang Jomblo

contoh ceramah lucu tentang jomblo

Assalamualaikum wr. wb.

Alkhamdulillah, jujur saya sedikit bingung akan memulai dari mana untuk membahas tentang jomblo. Sebab jomblo itu tidak terlepas dari permasalahan cinta yang begitu rumit. Pokoknya tidak kalah jika dibandingkan dengan cerita sinetron di layar televisi Indonesia bahkan drama korea.

Sebelum masuk kepembahasan marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala karunianya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini sekarang.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpah kepada baginda Nabi agung Muhammad SAW yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiamat nanti. Allahumma aamiin.

Jika membicarakan remaja, pasti tidak jauh dari yang namanya cinta. Mulai dari jatuh cinta, jadian, putus, nyambung lagi, putus lagi, seperti lagu “putus nyambung” ternyata tidak hanya pada makanan yang memiliki rantai makanan, dalam urusan cinta ternyata juga demikian.

Seseorang yang tidak memiliki pacar akan memiliki sebutan khusus yaitu jomblo. Para jomblo atau mereka yang tidak pacaran itu suka dibilang tidak laku, wah ternyata bahaya juga nih jika bahasanya sudah seperti itu. Sehingga muncullah taglinenya si Pacooong (pacoong, hantu bohongan yang hits di twitter) yang berani mengatakan bahwa “jomblo itu nasib, sedangkan single itu prinsip”.

Dalam agama islam tidak ada yang namanya istilah pacaran. Sebab pacaran merupakan budaya barat yang diadopsi oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebab tanpa mengetahui ilmu dan asal-usulnya. Lalu bagaimana nasib para jomblo, eh para single maksudnya? Tentu saja mereka sangat beruntung karena insya Allah cinta mereka terjaga hanya untuk Allah.

Tanpa ada pacar yang kadang seenak hati menuntut ini dan itu, para single patut berbahagia sebab waktu mereka full 24 jam menjadi milik pribadi tanpa ada yang mengganggu minta ini dan itu. Tuh kan enak banget jadi jomblo, eh single maksudnya.

Jadi, untuk seluruh teman-temanku yang baik hati, rajin menabung di warung dan tidak sombong, saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya pribadi memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wallahualam bisshawab, wassalamualaikum wr.wb.

 

Contoh Ceramah Lucu Tentang Galau

contoh ceramah lucu tentang galau

Assalamualaikum wr. wb

Alakhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta alam, yang senantiasa memberikan karunianya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ceramah tentang galau, untuk tingkat kelucuannya tergantung dari sudut pandang audience dalam merespon apa yang disampaikan.

Langsung saja, sekarang ini karena semakin majunya perkembangan zaman sering menimbulkan perubahan, salah satu perubahan yang muncul adalah perubahan bahasa baru yang digunakan orang-orang untuk berkomunikasi. Salah satu kata yang baru muncul adalah kata galau.

Munculnya kata galau sepertinya dapat menjadi bukti betapa kretifnya generasi muda kita dalam mengembangkan sebuah kosa kata baru. Kata galau ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang sedang kacau karena berbagai hal. Tetapi seringkali kata galau dikaitkan dengan masalah hati, jomblo, dan masih banyak yang lainnya.

Ketika hati sedang merasa tertekan atau sedih, kata galau akan menjadi sangat pas untuk mewakili perasaan orang tersebut. Sehingga banyak anak-anak muda lebih memilih kata galau di banding dengan kata sedih, terpuruk, menyedihkan, dan sebagainya.

Di balik kata galau sendiri, sepertinya keadaan galau yang beberapa orang rasakan memang membuat banyak orang termotivasi dan pada akhirnya memunculkan karya-karya yang bermanfaat. Salah satu contohnya adalah penyanyi Bruno Mars yang seringkali dapat membuat lagu-lagu galau yang sangat enak untuk didengar.

Sehingga memang benar perasaan galau terkadang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan sumber karya baru, sehingga jangan sampai anda menggunakan keadaan galau anda untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Bahkan membuat hidup anda semakin menderita, kasihan.

Tetapi sebaliknya, gunakan kegalauan anda sebagai penyemangat dalam menjalani kehidupan untuk membuat anda bangkit serta menjadi sosok yang semakin lebih baik. Semoga apa yang dapat saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih atas perhatiannya, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Contoh Ceramah Lucu Tentang Cinta

contoh ceramah lucu tentang cinta

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahirrahmanirrahim.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT karena atas berkat rahmat, taufik, serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya. Aamiin.

Topik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah tentang cinta. Banyak orang yang memaknai cinta beraneka makna. Seperti: “hidup tanpa cinta bagaikan berdiri di tepi tebing yang curam, tanpa cinta rindu yang dirasa seakan gelap gulita. Dan hidup bagaikan sayur tanpa garam. Ada pula yang memaknai cinta seperti pasir yang tidak dapat digenggam terlalu erat.

Begitu banyak penafsiran mengenai cinta, untuk bentuknya cinta dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu: cinta kepada Allah, cinta kepada Nabi, dan cinta kepada sesama manusia. Teman-teman yang mencintai saya. Seperti apa yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa cinta merupakan kata cinta yang memiliki berjuta makna.

Membahas soal cinta tidak terlepas dari budaya pacaran yang sungguh sudah sangat jelas bahwa Allah melarangnya. Saudaraku, budaya pacaran saat ini memang sudah sangat familiar di tengah Masyarakat. Sungguh hal seperti itu sangat miris sekali untuk digunakan, lalu bagaimana nasib bangsa ini apabila generasi muda sudah memanggil ayah bunda?

Bagi anda yang sedang menjalin hubungan yang belum pasti kedepannya yaitu pacaran, lebih baik putuskan dari sekarang juga, move on, dan yang paling penting adalah melupakan mantan, sebab ada pepatah mengatakan jika masa lalu adalah sejarah, maka mantan merupakan peninggalan sejarah.

Saya rasa apa yang saya sampaikan sudah cukup, semoga bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf, untuk segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakaatuh.

 

Contoh Ceramah Tentang Menuntut Ilmu

contoh ceramah tentang menutut ilmu

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan kita banyak sekali nikmat, seperti nikmat sehat, nikmat sempat, nikmat, iman, dan nikmat islam sehingga kita semua bisa berkumpul di yang insya Allah Mulia ini.

Tak lupa juga sholawat dan salam marilah kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang telah membawa kita dari zaman jahiliya ke zamn ilmiah yang terang benderang seperti yang kita rasakan sekarang ini. Semoga kita semua termasuk golongan yang menerima syafa’atnya kelak di hari kiamat nanti, aamiin.

Para hadirin yang dirahmati Allah,

Perlu kalian ketahui bahwa menuntut ilmu itu sangatlah penting dan dalam agama islam mentunt Ilmu itu Wajib hukumnya. Selain itu orang-orang yang menuntut ilmu agama akan ditinggikan derajatnya oleh Allah sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Mujaadilah: 11 yang artinya adalah sebagai berikut,

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu (agama) beberapa derajat.”

Rasulullah juga memerintahkan umatnya untuk menuntut ilmu. Hal ini karena ilmu sangatlah penting bagi kehidupan manusia baik itu di dunia maupun di akhirat. Dengan ilmu pengetahuan kita bisa menguasai tanah, langit, laut, bulan, bintang, dan memimpin semua makhluk hidup, ini adalah kekuatan dari ilmu pengetahuan.

Tanpa ilmu pengetahuan kita tidak bisa mengetahui banyak hal dan bisa salah jalan karena tidak mengetahui mana yang baik dan yang benar. Ada pepatah yang juga mengatakan “Carilah Ilmu sampai ke Negeri Cina”, pepatah ini tidaklah salah. Jadi kita harus mencari ilmu terus menerus, meskipun kita sudah tua kita tetap harus mencari ilmu dan mempelajari hal yang baru. Islam mengajarkan kita untuk terus mencari ilmu selama kita masih hidup. Tidak ada alasan untuk tidak mencari ilmu, karena ilmu ini sangat penting bagi manusia.

Tidak ada hari tanpa belajar sesuatu yang baru. Ilmu ini juga yang membedakan kita manusia dengan makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan tidak memiliki akal, hal ini yang membuat manusia lebih unggul karena mereka bisa mencari ilmu pengetahuan dan mengembangkan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh hewan dan tumbuhan.  Bisa kita lihat bahwa perkembangan teknologi sekarang ini bisa meningkat dengan pesat, hal ini karena manusia mempelajari ilmu yang baru setiap harinya sehingga bisa terus berkembang.

Namun harus kalian ingat bahwa carilah ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang disekitar kita, jangan sampai kita mencari ilmu yang merugikan orang lain atau berdampak buruk dan bisa menimbulkan dosa. Contohnya seperti ilmu mencuri, jangan sampai mempelajari ilmu ini apalagi menerapkannya. Selain merugikan orang lain, kalian juga akan mendapat dosa dan masuk neraka.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menjadi amalan untuk kita semua, terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Contoh Ceramah Tentang Sabar

contoh ceramah tentang sabar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan kita banyak sekali nikmat, seperti nikmat sehat, nikmat sempat, nikmat, iman, dan nikmat islam sehingga kita semua bisa berkumpul di yang insya Allah Mulia ini.

Tak lupa juga sholawat dan salam marilah kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang telah membawa kita dari zaman jahiliya ke zamn ilmiah yang terang benderang seperti yang kita rasakan sekarang ini. Semoga kita semua termasuk golongan yang menerima syafa’atnya kelak di hari kiamat nanti, aamiin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang arti dari sabar beserta keutamaan sabar dalam kehidupan sehari-hari kita. Sabar berasal dari kata sobaru yasbiru yang artinya adalah menahan. Maksud dari menahan ini sangat luas, contohnya sabar ini bisa diartikan ketika kita menjalankan ibadah puasa, dimana dalam hal ini kita sabar atau menahan nafsu, menahan lapar yang artinya adalah kita menahan diri untuk makan dan minum sampai maghrib.

Sabar juga bisa diartikan pada saat kita berperilaku, contohnya adalah sabar saat menghadapi orang yang berbuat buruk dan jahat kepada kita. Pada saat itu kita harus bersikap sabar, dan tidak membalasnya dengan amarah atau membalas perbuatan buruk tersebut dengan perbuatan buruk juga. Yang perlu kalian ingat adalah bahwa tidak semua orang bisa memperoleh nikmat dari sikap sabar ini.

Untuk bisa mendapatkan sikap sabar kita harus mendekatkan diri kita pada Allah dan meminta kepada Allah supaya diberikan kesabaran dalam menghadapai semua ujian yang Allah berikan. Ketika kita bersikap sabar dalam menghadapi segala sesuatu yang menimpa kita, kita akan mendapat pahala. Seperti firman Allah dalam Qs. Al Baqarah : 153 yang isinya tentang kesabaran.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan pertolongan-Nya. Jadi sabar ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita harus sabar dalam menghadapi semua musibah yang menimpa kita, kita harus sabar dalam meninggalkan segala perbuatan buruk dan maksiat, kita harus sabar menjalankan ibadan dan mendekatkan diri kepada Allah.

Allah akan memberikan pertolongan kepada hamanya yang sedang mengalami musibah atau kesulitan namun dia tetap melaksanakan kewajibannya seperti shalat, bersedekah, dan tetap mendekatkan diri kepada Allah. Terus sabar dan yakin bahwa pertolongan Allah akan benar-benar diberikan. Itulah keistimewaan dari sikap sabar, sangat banyak dan bermanfaat bagi manusia.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, semoga ilmu tadi bisa bermanfaat dan menjadi dan menjadi amalan untuk kita semua, terima kasih.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

 

Contoh Ceramah Tentang Pendidikan

contoh ceramah tentang pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Alhamdulilah

Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya. Hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit berceramah mengenai perlunya sabar.

Saudaraku, pertama saya akan membahas tentang apa itu sabar?. Pada dasarnya sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya adalah menahan. Yang mana menahan disini mempunyai arti yang luas. Misalnya saat berpuasa,kita  menahan semua hawa nafsu untuk banyak hal.

Seperti menahan lapar dari adzan subuh hingga adzan magrib tiba untuk saat berbuka. Selain itu hendaknya kita juga diharuskan bersabar dalam menghadapi perilaku buruk seseorang kepada kita.Tetapi harus juga diketahui , bahwa tidak semua orang dapat menikmati sebuah kesabaran. Karena pada hakekatnya tidak semua orang dapat menahan rasa sabar tersebut.

Untuk itu semua saudaraku hendaknya kita selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT agar diberi kesabaran melimpah dan tidak ada batasnya. Supaya kita semua mendapat pahala dari Nya yang seluas-luasnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 153 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman , jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”Bercermin dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hamba-hambanya yang mau menjalankan segala perintahNya dan menjauhkan diri dari segala laranganNya.

Didalam ayat Surat Al-Baqoroh tersebut disebutkan Keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Serta mereka yang mampu menegakkan rasa sabarnya. Yaitu niscaya Allah SWT akan menjanjikan pertolongan  saat mendapat kesusahan.

Walaupun begitu saudaraku, sabar memang tidaklah mudah justru adalah sebuah ujian. Namun justru karena ketidak mudahan tersebut menjadikan sabar adalah sarana Allah SWT untuk menguji hambanya apakah bisa lolos atau tidak dalam ujianNya. Hendaknya kita harus selalu istighfar dan berfikir positif agar dapat lolos ujian kesabaran yang diberikan Allah SWT.

Dan Begitulah sedikit mengenai sabar yang bisa saya bagikan kepada saudara-saudara sekalian. Semoga setelah mendengar ceramah ini kita semua dapat lebih memahami arti penting dari sebuah kesabaran. Dan untuk kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu saya akhiri ceramah hari ini dan mohon maaf apabila ada terdapat salah kata saat penyampaian tadi. Wassalamualaikum Wr.Wb

 

Contoh Ceramah Tentang Kematian

contoh ceramah tentang kematian

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Pertama-tama, mari kita semua memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kucuran kenikmatan tak terhingga. Mulai dari nikmat iman dan islam, hingga nikmat-nikmat lainnya. Kedua, sholawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.

Sebagian besar orang diluar sana, menganggap kematian merupakan akhir dari kehidupan. Padahal, menurut Al-Quran, kematian dimaknai sebagai perpindahan dari dunia fana ke dunia yang kekal di sisi Allah SWT. Bagaimana sebaiknya sikap seorang Muslim terhadap kematian?

Hal pertama yang harus kita sadari adalah kematian pasti akan datang kepada siapapun yang hidup. Banyak dalil yang menjelaskan tentang kematian di contoh kultum singkat. Salah satunya termaktub dalam surat Ali Imron ayat ke-185, yang menyebutkan: “Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan merasakan mati”.

Pernyataan ini dilanjutkan dengan penjelasan mengenai kehidupan pasca-kematian. Dimana, semua perbuatan manusia di dunia akan dibalas pada hari kiamat. Siapa berbuat baik akan mendapat surga. Siapa berbuat jahat akan mendapat neraka. Pernyataan ini ditutup dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa kehidupan dunia hanyalah kesenangan belaka yang memperdaya.

Dari satu ayat tersebut terkandung pelajaran bahwa ada kehidupan pasca-kematian, yang berguna untuk membalas semua perbuatan jahat dan baik manusia selama hidup di dunia. Tentu saja, tak seorang pun akan merasakan hal ini, kecuali, orang tersebut sudah meninggal.

Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.

Dalam contoh naskah ceramah tentang kematian ini, seorang Muslim wajib memperbanyak mengingat kematian itu sendiri. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengingat kematian. Misalnya, membuat seseorang takut berbuat jahat, baik pada diri sendiri maupun orang lain, karena kematian akan datang sewaktu-waktu tanpa permisi.

Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.

Karena kematian datang tanpa diduga, maka seorang Muslim wajib mempersiapkan diri menghadapi kematian. Tentu saja, cara menghadapi kematian itu dengan memperbanyak perbuatan (beramal) baik, yang berhubungan secara horizontal antar-manusia dan vertikal kepada Allah.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhori disebutkan bahwa Rasulullah pernah meminta para sahabatnya untuk mempersiapkan kematian. Dimana, para sahabat dan Rasulullah SAW melihat sekelompok orang tengah menggali kuburannya sendiri. Rasulullah pun bersabda, “Wahai saudaraku, untuk hari inilah (kematian) kalian harus mempersiapkan diri!

Hadis ini menegaskan kepada kita semua yang membaca contoh pidato agama singkat ini untuk mempersiapkan kematian, bukannya berleha-leha. Sebab, kematian itu pasti akan datang.

Hadirin yang dimuliakan dan dirahmati Allah.

Dengan demikian, seorang Muslim sebaiknya memperhatikan tiga hal diatas berkaitan dengan kematian. Di penghujung contoh kultum ini, kita panjatkan doa kepada Allah agar dijauhkan dari kematian yang buruk dan diberikan kematian indah yang Allah ridhoi. Amin!

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

 

Contoh Ceramah Tentang Hijab

contoh ceramah tentang hijab

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum wr. wb.

Mari kita ucapkan pujian kepada Allah SWT yang telah memberikan kita banyak kenikmatan. Salah satunya, nikmat kesempatan untuk bertemu di sini.

Shalawat serta salam kami curah-limpahkan kepada junjungan kita, Baginda Nabi Muhammad saw, yang telah memberikan keteladanan buat kita sampai yaumul akhir nanti, amin!

Kita langsung sampaikan saja teks ceramah pendek ini, yang sengaja mengambil topik soal hijab.

Secara umum, hijab bisa diartikan sebagai penutup. Apakah semua penutup bisa disebut hijab? Pasti tidak begitu ya.

Sebagaimana teman-teman ketahui bahwa seorang Muslimin wajib hukumnya menutup aurat. Perintah Allah untuk menutup aurat termaktub dalam surat Al-Ahzab ayat 59, yang intinya berbunyi: “Hendaknya, mereka mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh!”

Ayat dalam surat Al-Ahzab ini memberikan perintah kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyerukan penggunaan hijab terhadap para istrinya, anak-anak perempuannya, dan istri-istri orang Mukmin. Kenapa? Hal ini bertujuan agar para wanita Mukmin mudah dikenali dan tidak diganggu. Itu salah satu perintah hijab yang tertera di Al-Quran.

Hijab bukan cuma sekadar penutup kepala, tapi pakaian yang menutupi semua tubuh (aurat) para wanita, selain tangan dan wajah. Dalam berhijab ada aturannya, yaitu seorang wanita diperkenankan mengenakan pakaian yang sesuai syariat Islam, atau dalam kata lain syar’i.

Hingga sekarang, di teks ceramah singkat ini menyebutkan bahwa banyak wanita Muslimah yang belum memiliki keinginan menutup aurat. Bahkan, mereka ini malah sengaja membukanya demi sensualitas dan popularitas. Mereka sulit betul diajak mengenakan hijab yang sesuai dengan syariat, dengan berbagai alasan.

Biar bagaimanapun, hijab itu perlu dikenakan oleh setiap wanita Muslimah. Meskipun, mereka merasa belum baik akhlaknya, tapi paling tidak mereka sudah mulai melakukan kebaikan dengan menutup auratnya.

Demikian tema ceramah hijab yang bisa kami sampaikan. Karena manusia tempatnya lupa dan khilaf, maka kami mohon dimaafkan apabila ada ucapan yang salah. Semoga ceramah kali ini memberikan manfaat bagi kita semua, terima kasih!

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Contoh Ceramah Tentang Kebersihan

contoh ceramah tentang kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Mari kita ucapkan pujian kepada Allah SWT yang telah memberikan kita banyak kenikmatan. Salah satunya, nikmat kesempatan untuk bertemu di sini.

Shalawat serta salam kami curah-limpahkan kepada junjungan kita, Baginda Nabi Muhammad saw, yang telah memberikan keteladanan buat kita sampai yaumul akhir nanti, amin!

Jamaah yang saya sayangi.

Pada ceramah singkat ini, saya ingin menyampaikan sedikit pengetahuan soal kebersihan. Hal ini saya jadikan topik ceramah mengingat hadist Rasulullah menyebutkan bahwa “kebersihan sebagian dari iman”.

Jika dijelaskan, maka hadist tersebut ingin mengatakan bahwa seseorang yang menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan, secara tidak langsung ia termasuk orang-orang yang beriman.

Allah sendiri telah memberi manusia perintah untuk bersuci, seperti bersuci pasca-melepaskan hajat, ingin melaksanakan sholat, atau bahkan saat sedang junub. Dalam kata lain, bersuci merupakan salah satu cara seseorang untuk menjaga kebersihan.

Karena menjaga kebersihan itu perintah Allah, maka menjalankan perintah Allah itu salah satu bentuk keimanan kita kepada-Nya. Jika kita tidak melaksanakan perintah tersebut, maka kita tidak termasuk ke dalam golongan dari hamba-hamba Allah yang beriman.

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk membersihkan diri adalah air. Karena itulah, sebaiknya kita bersyukur bisa hidup di wilayah yang tidak kekurangan air. Jadi, cara kita berterima kasih terhadap nikmat Allah atas air itu adalah menjaganya supaya tidak mengotori atau mencemarinya.

Sekian penjelasan dari ceramah tentang kebersihan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk saudara-saudara sekalian.

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

 

Contoh Ceramah Tentang Ibu

contoh ceramah tentang ibu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Saudara –saudara seklian yang saya cintai, disini saya akan sedikit memberikan wejangan tentang ‘’ibu’’. Seperti firman Allah dalam surat Al-Isra’ itu berbunyi seperti ini:“Dan tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak.

jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali-kali mengatakan ‘Ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapankanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kita sebagai anak harus menghormati kedua orang tua terutama adalah ibu. Bahkan kita sampai tidak boleh berkata ‘’Ah’’ apalagi sampai membentaknya. Karena karena orang tualah kita dapat berada di dunia ini, Allah memberi amanat berupa kita melalui mereka.

Apalagi seorang ibu, seorang yang telah mengandung kita selama sembilan bulan denan bersusah-susah, melahirkan kita dengan rasa sakit yang luar biasa dan ketika kita lahir, kita hanya mendapat kasih sayang yang tak terhingga seperti kata pepatah yang mengatakan ‘’kasih ibu sepanjang masa’’

Hal tersebut berarti bahwa kasih sayang seorang ibu memang tak terhingga memberi tanpa pamrih dan mengharap imbalan kembali. Ada juga yang mengatakan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu. Hal tersebut berarti begitu berjasannya seorang ibu kepada kita sampai kita wajib berbuat baik kepada ibu kita sampai akhir hayat nanti.

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

 

Nah itulah beberapa contoh ceramah singkat lucu, agama, islam, cinta, dan masih banyak lagi seperti contoh di atas. Semoga contoh ceramah di atas bermanfaat dan bisa kalian gunakan untuk berlatih atau dijadikan referensi untuk ceramah di depan umum.

Sekian apa  yang bisa pintarnesia sampaikan tentang contoh ceramah, jika ada kesalahan kata dan informasi yang kurang tepat mohon dimaklumi.

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *