Contoh Teks Diskusi

By Arwina Nur Dyah Utami -

Berdiskusi merupakan hal yang sangat wajar di mana saja dan kapan saja. Entah saat berada di sekolah, rumah, lingkungan masyarakat dan lain sebagainya. Nah biasanya ketika diadakan kegiatan diskusi, maka akan ada hasilnya berupa teks diskusi.

Apa kalian sudah pernah dengar atau tahu apa itu teks diskusi? Nah dalam kesempatan ini, Pintarnesia akan membahas secara lengkap seputar teks diskusi, mulai dari pengertian, fungsi, struktur hingga contohnya.

Pengertian Teks Diskusi

contoh teks diskusi

Teks Diskusi adalah suatu tulisan yang isinya mengulas sebuah masalah atau isu dengan dilengkapi argumen atau pendapat, yang sifatnya mendukung atau juga menentang suatu permasalahan atau isu yang ada tersebut, dan juga diakhiri oleh simpulan atau rekomendasi penulis.

Adapun pengertian lain tentang teks diskusi, yaitu teks diskusi adalah salah satu bentuk dari kegiatan wicara. Dengan berdiskusi kita bisa memperluas pengetahuan dan juga memperoleh banyak sekali pengalaman. Diskusi adalah pertukaran ide, gagasan, pendapat, antara dua orang atau lebih secara lisan.

Tujuan Teks Diskusi

Adapun tujuan dari teks diskusi adalah mencari kesepakatan atau kesepahaman pendapat. Sehingga nantinya didapatkan sebuah kesimpulan. Pada saat berdiskusi kelompok dibutuhkan seorang pemimpin yang disebut ketua diskusi.

Kemudian tugas dari seorang ketua diskusi adalah membuka dan juga menutup diskusi, serta membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan suatu gagasan, dan menengahi anggota yang berdebat, serta menyimpulkan hasil diskusi.

Struktur Teks Diskusi

Teks diskusi memiliki struktur yang menyusunnya. Berikut ini akan Pintarnesia jelaskan struktur yang menyusun sebuah teks diskusi utuh.

1. Isu

Isu memiliki isi mengenai masalah yang akan didiskusikan atau dibahas. Dengan kata lain ini adalah topik utama yang akan menjadi perbincangan dalam diskusi tersebut.

2. Argumen Mendukung

Argumen atau pendapat pada bagian pendapat yang mendukung kita dapat dituntut untuk menjabarkan lebih lanjut mengenai penjelasan terhadap masalah yang sedang dibahas.

3. Argumen Menentang

Argumen yang menentang adalah argumen yang berisi pertentangan terhadap masalah yang sedang dibahas dan juga disertai alasan alasan yang mendukungnya.

4. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan ialah berisi rekomendasi dan juga simpulan pastinya mengenai isu atau masalah yang sedang dibahas dan usahakan mengambil jalan tengah dari isu atau masalah yang telah dibahas.

Unsur Kebahasaan Teks Diskusi

Berikut ini adalah unsur kebahasaan yang biasanya digunakan dalam menyusun sebuah teks diskusi.

1. Penggunaan Konjungsi Perlawanan

Kata konjungsi sendiri merupakan partikel yang dipakai untuk menghubungkan kata dengan Klausa, Frasa dengan Frasa, Klausa dengan Klausa, dan kalimat dengan kalimat.

Sedangkan pengertian konjungsi perlawanan adalah hubungan yang dipakai guna menyatakan makna perlawanan atau yang saling berlawanan. Untuk konjungsi perlawanan ialah menggunakan kata hubung antara lain tetapi, namun, sedangkan, dan juga sebaliknya.

2. Kohesi Leksikal

Kohesi leksikal adalah efek kohesif yang diraih melalui pemilihan kosakata kohesi leksikal dapat memiliki bentuk pengulangan,  antonim, sinonim dan hiponim.

3. Kohesi Gramatikal

Untuk kohesi gramatikal hubungan kohesi yang dicapai dengan penggunaan elemen serta aturan gramatikal yang meliputi subtitusi, resonansi dan elipsis.

Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi sendiri bukan hanya satu jenis, melainkan ada beberapa macam yang harus kalian ketahui. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Seminar

Seminar adalah sebuah pertemuan khusus yang mempunyai teknis serta akademis dan juga memiliki tujuan untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik dan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar dibantu oleh guru besar ataupun juga cendekiawan.

2. Sarasehan

Sarasehan sarasehan adalah sebuah pertemuan yang dilaksanakan guna mendengarkan suatu pendapat seseorang yang ahli dalam bidang tertentu. Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan cara mengundang atau pun menghadirkan sekelompok undangan tertentu pula.

3. Simposium

Simposium adalah serangkaian pidato pendek yang dilaksanakan oleh seseorang di depan para peserta atau orang-orang yang datang dan contoh umumnya simposium nasional akuntansi.

4. Diskusi Panel

Diskusi panel adalah forum pertukaran pikiran yang dilakukan oleh sekelompok orang di hadapan sekelompok hadirin mengenai satu permasalahan tertentu yang telah dipersiapkan sebelumnya.

5. Kongres

Kongres adalah pertemuan besar para wakil organisasi untuk mendiskusikan sesuatu serta kemudian mengambil keputusan

6. Muktamar

Muktamar adalah suatu pertemuan atau permusyawaratan tertinggi yang diadakan oleh pemimpin pusat dalam sebuah organisasi. Di mana pertemuan ini akan dihadiri oleh para wakil organisasi tersebut untuk mengambil keputusan mengenai suatu masalah atau isu yang sedang dihadapi bersama di dalam organisasi.

7. Lokakarya

Lokakarya adalah sebuah acara atau pertemuan yang diadakan oleh para ahli pada bidang tertentu yang memiliki tujuan untuk membahas suatu masalah yang terkait dengan keahlian keahlian yang mereka miliki Dan juga sekaligus untuk mencari solusi bagi isu atau permasalahan tersebut.

Cara Menyusun Teks Diskusi

Menyusun teks diskusi tidak boleh asal dan sembarangan. Terdapat beberapa cara untuk menyusun teks diskusi. Berikut ini beberapa tips cara menyusun teks diskusi yang baik dan benar.

  • Menentukan topik masalah ataupun isu
  • Menentukan tujuan seperti memberi penjelasan tentang pro dan kontra.
  • Mencari informasi atau data-data tentang isu yang telah dipilih tadi
  • Menyusun karangan teks atau karangan
  • Mengembangkan karangan tersebut menjadi teks diskusi
  • Merevisi atau menyunting teks diskusi yang telah dibuat tadi

Contoh Teks Diskusi

Dari penjelasan diatas kita bisa tahu apa yang dimaksud dengan teks diskusi beserta dengan fungsi dan strukturnya. Namun hal tersebut tentu belum lengkap jika tidak disertai contoh teks diskusi.

1. Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Teknologi

contoh teks diskusi

Smartphone merupakan teknologi canggih yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi baik secara audio maupun visual. Karena dianggap dapat memudahkan segala aktivitas, smartphone akhirnya digunakan banyak kalangan orang termasuk anak-anak.

Namun pada dasarnya memberikan izin pada anak-anak untuk menggunakan smartphone masih menjadi bahan perdebatan di berbagai kalangan masyarakat.

Pihak yang tidak setuju penggunaan smartphone oleh anak-anak berpendapat bahwa sartphone akan merenggut masa kanak-kanak mereka dengan konten dan fitur-fitur smartphone. Sehingga anak-anak akan lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka.

Dengan munculnya smartphone anak-anak akan lebih terpaku pada permainan layar dan melupakan kesenangan mereka semasa kecil, hingga mereka menginjak remaja pun mereka akan selalu memiliki rasa ketergantungan terhadap smartphone.

Namun bagi mereka yang setuju, smartphone dianggap akan membantu anak-anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Selain itu dari segi orang tua, mereka akan lebih mudah untuk mengawasi dan menghubungi anak mereka kapan saja dan dimana saja.

Penggunaan smartphone diangga dapat mencerdaskan anak-anak karena smartphone mengandung fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran. Berdasarkan kedua pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan smartphone untuk anak-anak masih menjadi berdebatan tersendiri di kalangan orang tua.

Maka dari itu sebagai orang tua hendaknya kita dapat memilah dan memilih dampak dampak smartphone terhadap anak kita.

2. Contoh Teks Diskusi Tentang Lingkungan

contoh teks diskusi

Menurut Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Berbasis Sampah atau PLTSa adalah pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan yang memenuhi baku mutu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan dapat mengurangi volume sampah secara signifikan serta teruji.

Pembangunan PLTSa ini merupakan upaya pemerintah untuk mengubah sampah menjadi sumber energi, meningkatkan kualitas lingkungan serta untuk meningkatkan peran listrik nasional berbasis energi baru dan terbarukan.

Selain itu, pengolahan sampah menjadi listrik ini juga merupakan upaya Indonesia untuk mengurangi emisi karbon sebagaimana yang telah disepakati dalam Konferensi Paris (COP21) pada akhir 2015.

Namun, upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah volume sampah, emisi karbon, dan memanfaatkan besarnya energi yang dihasilkan dari proses pengolahan sampah menjadi energi listrik melalui pembangunan PLTSa tidak berjalan dengan mulus. Hingga kini masih terdapat pro dan kontra di tengah masyarakat mengenai pembangunan PLTSa ini.

Mereka berpendapat bahwa secara keseluruhan PLTsa membahayakan lingkungan dan nyawa manusia. Hal ini disebabkan PLTSa menggunakan incinerator yang dapat memperparah polusi udara dan menghasilkan zat beracun berupa dioxin yang dapat membahayakan sistem saraf dan menyebabkan kanker bagi masyarakat.

Selain itu, hal lain yang menjadi pertimbangan bahwa PLTSa tidak layak dioperasikan di Indonesia adalah tidak siapnya lahan, tidak adanya rencana induk persampahan, adanya prosedur kebijakan dan mekanisme lelang yang tidak transparan, biaya pembangunan dan beban tipping fee yang tinggi, dan pengalaman buruk yang terjadi di negara lain.

Dapat disimpulkan bahwa pembangunan PLTSa sebagai upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah volume sampah, emisi karbon, dan memanfaatkan energi yang dihasilkan sebagai energi listrik memperoleh penolakan dari beberapa elemen masyarakat.

Untuk itu, sebaiknya diadakan kajian yang lebih mendalam mengenai pembangunan PLTSa di Indonesia mengingat tidak semua negara berhasil memanfaatkan PLTSa sebagai salah satu sumber energi listrik.

3. Contoh Teks Diskusi Tentang Politik

contoh teks diskusi

Politik merupakan salah satu hal yang sangat penting mengingat di tahun ini adalah tahun Pemilu. Tradisi Pemilihan Umum (Pemilu) yang sedianya dilakukan 4 tahun sekali akan diadakan serentak di seluruh Indonesia pada tahun in.

Mengingat tahun ini merupakan tahun ke-empat yang menandai berakhirnya masa kepemimpinan seorang pemimpin negara. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi berbagai media tentang sepak terjang media dalam pemberitaan dunia politik.

Senin, 14 april 2014 bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Mikael Unika Soegijapranata Semarang diadakan diskusi publik dengan tema “Evaluasi Sajian Politik Media di Tahun Politik”.

Dalam diskusi publik tersebut dihadirkan sejumlah pembicara dari media yaitu, Wisnu T. Hanggoro dari Program Manager of Southeast Asian Press Alliance, Budi Setyo Purnomo selaku ketua dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Tengah (KPID), Girindra dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Gunawan Permadi dari Koran Harian Suara merdeka.

Dalam diskusi publik yang sebagian dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dari Fakultas Hukum Progdi ilmu Komunikasi ini dijelaskan tentang media sebagai elemen pendukung dalam arah politik di Indonesia.

“ Yang menjadi tantangan media di Asia tenggara sekarang adalah adanya intervensi pemilik media dan adanya pengabaian kode etik/professionalism.” Tutur Wisnu T. Hanggoro yang akrab disapa Pak Wisnu ini.

Menurut beliau, Kasus Vivanews.com dan penggunaan acara TV untuk kampanye politik merupakan contoh dari intervensi pemilik media sedangkan keterlibatan Jurnalis dalam tim sukses politisi merupakan contoh dari pengabaian kode etik /professionalism.

Dalam pembawaan materi kedua yang dibawakan oleh Bapak Budi Setyo Purnomo juga dijelaskan tentang efek dari konglomerasi media terhadap netralitas lembaga penyiaran dalam Pemilu legislatif tahun 2014.

Kemudian dalam pembawaan materi dari Media Harian Suara merdeka dan dari AJI dijelaskan tentang kondisi media di Tahun pemilu ini. Berbagai kondisi yang real maupun tugas dari seorang jurnalis juga dijelaskan dalam pemaparan pada diskusi publik ini.

Secara umum, media sangat menentukan sepak terjang para tokoh politik. Cara pengiklanan akan menentukan seberapa besar pamor seorang tokoh politik. Beruntung, Negara Indonesia memiliki kebebasan untuk berekspresi tetapi kebebasan itu tidak sepenuhnya diberikan kepada para pencari berita mengingat banyaknya kasus penganiayaan pada wartawan.

4. Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja

contoh teks diskusi

Di era perkembangan zaman sekarang ini sering kali kita menemukan berita dan isu tentang pergaulan bebas.Sebenarnya pergaulan bebas sendiri berasal dari eksploitasi seksual yang dialami oleh para remaja.Eksploitasi seksual umumnya terdapat pada video atau gambar-gambar tidak senonoh yang telah marak beredar di internet.

5. Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

contoh teks diskusi

Internet merupakan suatu jaringan yang dapat dipakai untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya dengan memakai suatu sistem. Dengan adanya internet, seluruh pekerjaan seakan-akan cepat dan mudah untuk dikerjakan.

Di dalam dunia pendidikan, internet menjadi suatu dilema dalam penggunaannya.Dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh internet membuat orang tua dan juga para guru menjadi lebih protektif dalam memantau pemakaian internet.

Sebagai masyarakat atau orang tua beranggapan bahwa pemakaian internet dalam proses pembelajaran akan mengganggu proses pembelajaran itu sendiri. Dan juga pemakaian internet juga memudahkan anak untuk bisa mengakses situs yang tidak diinginkan.

Situs yang tidak sesuai dengan usia mereka sudah banyak beredar di internet, sehingga membuat orang tua khawatir akan psikologi anaknya.

Media sosial yang menimbulkan anak kecanduan untuk memegang handphone menjadi alasan kuat yang menjadikan kekhawatiran orang tua semakin meningkat.Dengan pemakaian internet, seluruh sosial media dan situs yang diaksesnya menjadikan anak cenderung apatis, cuek dengan lingkungan sekitar dan tidak mau bersosialisasi.

Penggunaan internet dalam suatu pembelajaran memang telah menjadi suatu hal yang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Walaupun terdapat dampak negatifnya, internet pun mempunyai dampak positif yang bermanfaat untuk pembelajaran siswa baik di rumah ataupun di sekolah. Namun, baik guru maupun orang tua harus memberikan arahan dan juga lebih mengontrol penggunaan internet oleh anak.

Peranan guru, orang tua dan juga masyarakat menjadi sangat penting untuk memberikan arahan dalam penggunaan internet secara bijak. Penggunaan secara baik dan benar akan menjadikan internet bermanfaat secara maksimal dan meminimalisir dampak negatifnya.

6. Meminum Teh Yang Berlebihan

contoh teks diskusi

Bagi banyak orang minum teh merupakan kebiasaan sehari-hari. Minuman teh umumnya disajikan saat sarapan atau ketika bersantai. Sejak diperkenalkan kira-kira 5000 tahun yang lalu, teh sudah dikenal punya beberapa manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, yang tidak banyak diketahui, ternyata minum teh berlebihan juga bisa berdampak buruk.

Kandungan teh diduga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya kandungan polyfenol yang dikenal ampuh sebagai antioksidan. Ada lagi kandungan vitamin C dan vitamin E dalam teh yang dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandungan betakaroten, kafein, serta fluornya dapat menjadi solusi untuk mencegah timbulnya karies pada gigi.

Walaupun banyak manfaatnya, namun jika dikonsumsi berlebihan sebetulnya teh juga dapat berdampak tidak baik untuk kesehatan. Kafein pada teh diduga dapat menghambat penyerapan makanan oleh tubuh. Zat tersebut juga sering dikaitkan dengan masalah ketergantungan, yaitu tubuh menjadi kurang berstamina jika tidak meminumnya.

Apalagi kafein juga tidak baik untuk ibu yang sedang menyusui. Diduga, zat tersebut berdampak pada menurunnya kualitas ASI. Ibu yang terlalu over mengkonsumsi kafein juga tidak baik untuk usus bayi yaitu bisa menjadi kejang. Banyak yang belum tahu juga bila kafein punya kandungan mineral yang bisa berpotensi mengakibatkan batu ginjal.

Oleh karena itu, mengkonsumsi teh memang perlu ada takarannya. Sehari sebaiknya minum maksimal 5 cangkir ukuran 200 ml. Untuk dapat merasakan manfaat dari teh, sebaiknya tidak diseduh dengan air yang terlalu banyak serta hindari penambahan gula. Usahakan jangan minum teh saat perut sedang kosong karena dapat memicu naiknya asam lambung.

7. Full Day School

contoh teks diskusi

Sistem full day school merupakan penerapan sistem pendidikan baru di Indonesia. Sistem ini mengharuskan para murid untuk belajar di sekolah seharian mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore. Jam yang terlalu panjang mengakibatkan sistem ini menjadi pro kontra di masyarakat.

Ada beberapa orang yang sangat mendukung adanya sistem ini untuk diperlakukan. Oleh karena sistem seperti ini dianggap akan lebih membantu menyiapkan murid untuk menghadapi era globalisasi. Full day school dapat memberikan pelajaran, serta pendidikan dan pelatihan yang cukup dan berkualitas untuk para murid.

Namun, banyak juga yang menentang argument tersebut. Mereka lebih menganggap jika kadar konsentrasi anak berbeda-beda. Berada di sekolah seharian penuh justru akan mengurangi tingkat konsentrasi mereka saat menerima pelajaran.

Waktu yang terlalu lama untuk belajar juga justru akan mengurangi kegiatan luar para murid. Terutama untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Sistem full day school sebetulnya dapat tepat sasaran. Namun sekolah harus juga menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung. Jika kegiatan di sekolah dibuat menarik, maka sistem ini justru akan membuat para murid betah untuk belajar.

Sebaliknya, Saat sekolah kurang mendukung sarana maupun prasarana tentu saja murid akan cepat bosan dan pembelajaran sudah tentu tidak efektif.

8. Teks Diskusi Peredaran Narkoba

contoh teks diskusi narkoba

Beberapa waktu lalu publik sempat digemparkan oleh penangkapan seorang Fidelis Ari Sudarwoto. Dirinya kedapatan menanam ganja di rumahnya dengan dalih untuk pengobatan istrinya.

Istrinya menderita suatu penyakit yang belum bisa sembuh dengan berbagai metode pengobatan. Akhirnya dari informasi luar, dirinya memutuskan menanam ganja walaupun pada akhirnya istrinya tetap meninggal.

Sejarah mengatakan jika ganja sebenarnya telah dijadikan obat oleh manusia setidaknya sejak 3000 tahun yang lalu. Bahkan fakta ini telah ditunjang oleh beberapa penelitian. Hasil studi juga banyak yang menunjukkan jika ganja dapat menjadi alternatif pengobatan di dunia medis. Diantaranya sebagai penghilang rasa sakit, menghilangkan stress, dan masih banyak lagi.

Di balik itu semua, ada juga kalangan yang menentang keras argument tersebut. Sebagian besar dari mereka malah menganggap jika ganja termasuk narkoba yang sangat berbahaya jika digunakan. Fakta ini juga diperkuat oleh beberapa studi. Hasil dari studi tersebut menyebutkan jika pemakaian ganja dapat menimbulkan kerusakan mental, maupun pemicu penyakit kanker.

Dari banyak studi yang dilakukan memberikan hasil jika pemakaian ganja pada manusia memang punya dampak positif sekaligus negatif. Terutama dalam hal kesehatan tubuh.

Walaupun bisa dikatakan ganja dapat memberikan manfaat misalnya untuk kepentingan medis, namun bukan berarti penggunaannya bisa dilegalkan. Hal tersebut karena sudah jelas bertentangan dengan undang-undang di Indonesia.

Oleh sebab itu, penelitian lebih lanjut sangat perlu dilakukan. Khususnya untuk lebih mendalami kembali dampak pemakaian ganja sebagai obat atau medis. Hal ini perlu diupayakan supaya tidak lagi terjadi kasus serupa seperti yang dialami oleh Fidelisa

9. Teks Diskusi Pelajar

contoh teks diskusi

Adanya internet memang sangat mendatangkan keuntungan terutama untuk kehidupan masyarakat saat ini. Kemudahan untuk memperoleh informasi apapun baik positif maupun negatif bisa diperoleh melalui teknologi internet. Semua bisa merasakan manfaat tersebut termasuk kalangan pelajar. Bagi pelajar internet juga punya dampak positif juga negatif.

Untuk dampak positifnya, dengan internet para pelajar dapat memperoleh banyak ilmu yang bisa dipelajari. Kebayakan tugas sekolah saat ini memang bisa dikerjakan dengan mengandalkan internet. Hal tersebut sudah tidak mampu dipungkiri lagi. Namun yang harus dilakukan agar pelajar menggunakannya secara lebih bijak.

Dibalik itu, internet juga bisa berdampak buruk untuk para pelajar misalnya konten pornografi. Situs-situs pornografi semakin mudah ditemukan di laman internet. Dampak dari situs ini tidak juga akan mempengaruhi pengguna internet dewasa, namun juga kalangan pelajar. Karena situs ini juga diduga banyak dikunjungi pelajar yang rata-rata masih di bawah umur.

Oleh karena itu adanya himbauan bagi semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Khususnya bagi para orang tua maupun guru untuk bekerja sama mencegah dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh internet. Misalnya mengawasi anak-anak didik mereka untuk memilih konten internet yang berkualitas.

10. Teks Diskusi Mengenai Anak

contoh teks diskusi

Keberadaan smartphone memang seakan sudah menjadi kebutuhan pada semua kalangan. Melalui alat ini setiap orang dapat berkomunikasi dengan sesamanya menjadi lebih mudah.

Kini pengguna smartphone bahkan tidak cuma terbatas hanya orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Namun sebetulnya hal tersebut masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat.

Beberapa orang yang merasa kurang setuju dengan penggunaan smartphone untuk anak-anak menilai jika teknologi ini akan berdampak buruk. Salah satunya konten dan fitur smartphone yang kurang berkualitas dapat merenggut masa bermain anak-anak.

Mereka akan cenderung pasif dan kurang mau bersosialisasi. Hingga saat dewasa akan timbul rasa ketergantungan pada smartphone. Berbeda dengan yang justru menganggap smartphone punya dampak positif bagi perkembangan anak-anak.

Misalnya mereka akan lebih terpacu untuk berkreasi. Selain itu, bagi orang tua juga dapat mengurangi rasa cemas. Karena anak-anak dapat sewaktu-waktu dihubungi kapan dan dimanapun. Fitur-fitur pada smartphone juga syarat akan metode pembelajaran yang mendukung kreativitas anak.

Jika melihat penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan jika penggunaan smartphone untuk anak-anak memang masih diperdebatkan. Tentunya oleh kalangan orang tua.

Agar lebih aman, sebaiknya orang tua lebih pandai memilah-milah. Misalnya lebih ketat mengawasi anaknya ketika mempergunakan smartphone. Tuntun untuk memilih fitur dan konten hanya yang berkualitas.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian teks diskusi, struktur, unsur hingga jenis dan contohnya. Silahkan bantu share apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat. Semoga artikel diatas bisa memberikan informasi dan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Arwina Nur Dyah Utami
Arwina Nur Dyah Utami
Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Artikel Terkait

Jenis-Jenis Paragraf
Jenis-Jenis Paragraf
Oleh Mexi Prizkia
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Ajakan
Contoh Kalimat Ajakan
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Persuasif
Contoh Kalimat Persuasif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Ayam Geprek Crispy
  2. Nasi Goreng Merah
  3. Nasi Goreng Padang
  4. Nasi Goreng Pattaya
  5. Nasi Goreng Hongkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *