Contoh Teks Editorial

Contoh Teks Editorial – teks editorial sering dipakai oleh baik itu oleh individu ataupun oleh kelompok orang. Namun secara mayoritas contoh teks editorial lebih banyak digunakan oleh kelompok orang atau group. Contoh teks editorial banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari penggunaannya. Teks editorial disebut juga dengan berita yang mempunyai keberpihakan kepada opini tertentu.

Sebelumnya apakah kamu tau apa yang dimaksud dengan teks editorial? Pada kesempatan kali ini pintarnesia akan menjelaskan tentang contoh teks editorial politik, kesehatan, lingkungan dan struktur yang akan di jelaskan seperti di bawah ini.

 

  1. Pengertian Teks Editorial
  2. Struktur Teks Editorial
    1. 1. Tesis Pernyataan Pendapat
    2. 2. Argumentasi
    3. 3. Kesimpulan
  3. Kaidah Kebahasaan Teks Editorial
  4. Contoh Teks Editorial
    1. 1. Contoh Teks Editorial Politik
    2. 2. Contoh Teks Editorial Kesehatan
    3. 3. Contoh Teks Editorial Lingkungan
    4. 4. Teks editorial Politik
    5. 5. Teks Editorial Opini

Pengertian Teks Editorial

teks ditorial

Teks editorial adalah teks yang berisikan mengenai opini atau pendapat dari seseorang atau tim mengenai suatu hal yang sedang hangat dibicarakan. Di dalam opini yang disampaikan oleh seseorang atau tim haruslah didasari dengan argumen yang disertai fakta yang mendukung. Pada setiap opini yang disampaikan haruslah disertai dengan hal-hal yang dapat meyakinkan seseorang secara logis.

Dalam sehari-hari contoh teks editorial cukup banyak dapat ditemukan di dalam surat kabar. Surat kabar dalam hal ini bukan hanya mencakup koran atau majalah saja tapi juga teknologi internet. Contoh teks editorial merupakan jenis teks yang bertujuan untuk dapat mempengaruhi pendapat, menyebarkan suatu pemahaman tertentu.

Sehingga dapat dikatakan bahwa teks editorial merupakan teks yang membangun sebuah opini atau argumentasi dapat mempengaruhi pikiran dari para pembacanya. Namun teks editorial juga dapat menjadi suatu informasi atau berita yang berpihak pada yang disampaikan.

 

 

Struktur Teks Editorial

teks editorial

Teks editorial tersusun atas beberapa rincian atau struktur yang bertujuan untuk dapat memudahkan para pembaca agar lebih memahami informasi yang disampaikan oleh teks ini. Berikut ini merupakan struktur teks editorial beserta penjelasannya.

 

1. Tesis Pernyataan Pendapat

Bagian awal dalam pembuatan teks editorial adalah tesis pernyataan pendapat. Bagian ini terletak di awal pembuka suatu teks editorial, yang berisikan mengenai ulasan cerita yang diangkat di dalam sebuah teks editorial. Pada bagian ini penulis teks juga menuliskan pendapatnya terhadap suatu masalah yang terjadi. Pendapat yang diberikan tersebut tentunya haruslah disertai dengan berbagai alasan yang kuat dan masuk akal.

Tujuan dari penjabaran menggunakan pernyataan pendapat adalah untuk mengarahkan fokus membaca terhadap masalah yang yang dibahas di dalam teks editorial. Secara perlahan pada bagian ini penulis mengarahkan para pembaca agar mau untuk mengikuti jalan pikiran yang sesuai dengan pemikiran penulis. Semua teori yang berhubungan dengan masalah teks editorial dipaparkan secara lugas dan juga di selipi dengan argumentasi atau pendapat yang dapat memperkuat teori yang dipaparkan.

 

2. Argumentasi

Argumentasi merupakan bagian yang paling penting dari dibuatnya sebuah teks editorial. Pada bagian argumentasi suatu teks editorial berisikan mengenai pendapat penulis yang disertai dengan bukti dan alasan yang kuat yang dapat meyakinkan para pembaca.Tentunya bukti-bukti yang disampaikan bertujuan untuk dapat memperkuat opini dari penulis.

Tidak jarang pula pada bagian argumentasi, si penulis menuliskan pendapat yang berlawanan dengan opini yang disampaikan olehnya. Meskipun begitu, apabila pendapat yang berlawanan tersebut akan tetap dijaga dengan menggunakan fakta dan bukti yang lebih kuat.

 

3. Kesimpulan

Struktur teks editorial yang terakhir adalah bagian kesimpulan. Pada bagian ini teks editorial mengenai penegasan ulang dari opini atau pendapat yang telah disampaikan oleh si penulis. Penegasan ulang memilih oleh penulis disampaikan dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas serta tidak terlalu panjang. Bagian kesimpulan juga ditambahi dengan fakta dan juga bukti yang sebelumnya telah dipaparkan.

 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

kaidah kebahasaan editorial

Terdapat kaidah kebahasaan atau tata bahasa khusus yang perlu kamu perhatikan apabila kamu ingin menulis semua contoh teks editorial. Secara umum Terdapat lima kaidah kebahasaan yang perlu tuliskan di dalam teks editorial, ke lima tata bahasa tersebut antara lain yaitu:

  • Konjungsi, konjungsi merupakan kata hubung antarkalimat. Contoh konjungsi yang biasanya digunakan dalam teks editorial adalah oleh karena itu, bahkan, oleh sebab itu dan lain sebagainya.
  • Verba material, verba material juga merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang harus ada di dalam sebuah teks editorial. Verba material adalah kata kerja yang menunjukkan perbuatan secara fisik atau peristiwa. Penggunaan verba material untuk menunjukkan bahwa suatu hal yang disampaikan dalam teks editorial tersebut adalah fakta dari benar adanya.
  • Verba mental, verba mental adalah kata kerja yang berfungsi untuk dapat menerangkan persepsi (seperti melihat dan merasa), afeksi (seperti khawatir, merasa suka), dan kognisi (seperti mengerti dan berpikir). Ciri yang paling khas dimiliki oleh verba mental adalah penjelasan yang dirasakan melalui alat penginderaan.
  • Verba rasional, di dalam teks editorial juga harus disertai dengan verba relasional. Pengertian verba relasional adalah kata kerja yang menunjukkan terkait hubungan intensitas.
  • Adverbia, dalam sebuah teks editorial adveebia bertujuan agar para pembaca dapat yakin dan percaya terhadap pendapat yang dituliskan oleh penulis. penegasan dilakukan dengan menggunakan kata keterangan seperti adverbial frequentative. kata-kata yang termasuk dalam adverbial yang biasa digunakan dalam sebuah teks editorial antara lain seperti jarang, waktu, selalu, sebagian besar, biasanya, kadang-kadang, seringkali, sebagian besar dan lain sebagainya.

 

 

Contoh Teks Editorial

contoh teks editorial

Setelah kamu sudah sedikit mengenai teks editorial, kemudian selanjutnya akan di paparkan beberapa contoh teks editorial dengan berbagai jenis tema. Berikut terdapat 10 contoh teks editorial dengan berbagai tema diantaranya seperti di bawah ini yaitu :

 

1. Contoh Teks Editorial Politik

Pernyataan Pendapat (Thesis)

BANDUNG – Ribuan orang tumpah ruah di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang digelar di pusat Kota Bandung. Tua, muda, hingga anak-anak larut dalam kemeriahan puncak peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia tersebut.

Kemeriahan semakin terasa saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istri Iriana Jokowi serta para pejabat tinggi pemerintah pusat hadir di panggung kehormatan yang dibangun tepat di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017).

Argumentasi

Terik matahari tak menyurutkan langkah Jokowi dan istri yang tiba tepat waktu pukul 14.05 WIB. Senyum lebar pun tak henti-hentinya dilepaskan Presiden Jokowi yang kala itu mengenakan Beskap berwarna ungu.

Sementara sang istri tampak elegan dengan balutan kebaya dan alas kaki Kelom Geulis khas Tasikmalaya. Riuh bunyi kohkol (kentongan khas Sunda) yang ditabuh Jokowi yang langsung disambut bunyi kohkol dan kendang tangan yang ditabuh ribuan orang menandai dibukanya karnaval tersebut.

Jokowi pun tampak sumringah menyaksikan satu per satu peserta karnaval saat melintasi panggung kehormatan. Di tengah-tengah kemeriahan karnaval, ada hal yang istimewa. Sebuah kendaraan hias yang dirancang khusus seniman dan budayawan Sunda melaju pelan mendekati panggung kehormatan.

Itulah kendaraan hias yang dibuat khusus untuk mengantarkan Jokowi dan istri ke panggung kehormatan kedua yang dibangun di Taman Vanda, di kawasan Jalan Merdeka, Kota Bandung. Jokowi dan sang istri yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menaiki kendaraan hias tersebut.

Dari atas kendaraan hias yang tampak gagah, namun sederhana itu, senyum ramah Jokowi tak henti-hentinya diumbar kepada warga yang memadati lintasan arak-arakan karnaval, mulai Jalan Diponegoro, Ir H Djuanda, Merdeka, hingga berakhir di Taman Vanda.

Penegasan Ulang

Kendaraan hias istimewa tersebut merupakan hasil rancangan seniman dan budayawan sekaligus pengajar di Institut Teknologi Bandung Tisna Sanjaya bersama rekan sesama budayawan Aat Suratin dan sejumlah budayawan lainnya.

Menurut Tisna Sanjaya, mobil hias tersebut menyimbolkan kerja keras pemimpin untuk membawa kesejahteraan rakyatnya. Konsep yang diusung adalah “Mobil Bajasan” yang bermakna sederhana, tetapi lahir dari kerja keras.

 

2. Contoh Teks Editorial Kesehatan

Pernyataan pendapat (Thesis)

Kesehatan tentu sangat penting bagi setiap individu. Sebab itu diperlukan gaya hidup yang sesuai untuk menjaga kesehatan dan kekuatan dalam tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Pasalnya penanganan penyakit menular belum sepenuhnya berhasil sehingga menciptakan beban ganda penyakit. Adapun penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif yang persoalannya sama. Bahkan sejumlah seseorang yang terkena penyakit tidak menular meningkat secara pesat sehingga menjadi pembunuh nomor satu, penyakit tersebut misalnya diabetes, kanker, hipertensi, jantung, stroke.

Argumentasi

Menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), bahwa penyebaran penyakit relatif merata di setiap kota besar dan kecil. Hal ini menandakan bahwa keadaan kesehatan serta penyakit pada masyarakat telah bergeser sejak beberapa waktu

Sehingga diperlukan gaya hidup yang baik seperti menjaga pola makan dan minum serta memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Perubahan pola yang dilakukan bersamaan dengan adanya demografi yang menyatakan bahwa lebih besar jumlah penduduk usia produktif dibandingkan jumlah penduduk tidak produktif. Hal tersebut disertai dengan perilaku konsumtif dibandingkan produktif yang termasuk ke dalam pola makan dan minum.

Indonesia memang bukanlah satu-satunya negara yang memiliki masalah penyakit ganda namun kita bisa belajar dari negara lain soal pencegahan penyakit tidak menular. Prinsip untuk menangani penyakit adalah dengan mencegahnya dibandingkan harus mengobati. Sehingga pemerintah bisa membuat upaya untuk mewajibkan label informasi kandungan gizi di setiap makanan atau minuman kemasan.

Penegasan ulang pendapat

Pencegahan penyakit lebih baik dari mengobati penyakit, sebab itu masyarakat harus lebih memperhatikan pola hidup yang sehat. Program yang dilaksanakan juga perlu dukungan dari kementerian atau lembaga yang terkoordinasi dengan melibatkan masyarakat untuk hidup sehat.

 

3. Contoh Teks Editorial Lingkungan

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Lingkungan adalah suatu tempat yang berdekatan dengan kehidupan kita sebab itu perlu dijaga kebersihannya. Menjaga lingkungan merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Sehingga menjadi tanggung jawab semua warga negara bukan hanya pemerintah.

Setiap orang mempunyai peran yang harus dilaksanakan. Salah satunya adalah murid yang harus menjaga lingkungan sekolah. Dengan begitu maka setiap warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, maupun siswa harus ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekolah

Argumentasi

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah merupakan suatu hal yang paling penting untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang nyaman. Sehingga bisa membuat siswa dan siswi menjadi lebih semangat dalam belajar di sekolah.

Ada banyak cara atau kegiatan yang membuat siswa siswi sadar akan lingkungan salah satunya mengadakan perlombaan mengenai kebersihan. Siswa dan siswi juga turut diajarkan cara mengelola sampah yang baik

Penegasan Ulang

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, maka siswa akan lebih bertanggung jawab untuk membuang sampah pada tempatnya

 

4. Teks editorial Politik

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Pada tahun 2019 tepatnya di bulan April, merupakan bulan yang mendekati pemilihan calon presiden. Sehingga setiap kandidat pasti telah menyiapkan strategi untuk meyakinkan masyarakat. Sehingga bila pemilihan telah dekat maka akan ada kampanye yang dilakukan di mana-mana. Beliau-beliau akan menyampaikan visi dan misi guna membuktikan dirinya pantas untuk dijadikan sebagai pemimpin atau presiden di Indonesia selama 5 tahun yang akan datang.

Argumentasi

Memang tak salah bila dengan kampanye ini akan memberikan kontribusi kepada masyarakat agar semakin yakin bahwa kandidat tersebut layak untuk dipilih dan menjadi pemimpin. Namun kedua paslon tersebut tentu saja memiliki komitmen dan pertanggungjawaban atas janji-janji yang telah disampaikan kepada masyarakat. Sehingga harapan masyarakat untuk perubahan yang lebih baik dapat terwujud.

Karena bila masyarakat telah dikecewakan maka mereka akan menganggap masa kampanye itu adalah prioritas dan hanya untuk pencitraan saja. Namun menurut pendapat saya yaitu jangan memilih pemimpin karena hal politiknya. Karena kebanyakan masyarakat memilih presiden dengan melihat alasan praktik politik di setiap paslon.

Penegasan Ulang

Oleh sebab itu alangkah baiknya untuk menjauhkan kata politik bila memilih seorang presiden. Dan yang paling penting adalah kita harus memilih presiden yang tetap teguh hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pilihlah pemimpin yang memiliki sifat bertanggung jawab dapat dipercaya tegas dan memiliki komitmen.

Karena politik tidaklah mempengaruhi apapun tanpa kehendak Yang Maha Kuasa. Dan ketika kita memilih salah satu pemimpin, tentu kita harus percaya sepenuhnya dan selalu mendoakan agar menjadi pemimpin yang amanah.

5. Teks Editorial Opini

Pernyataan pendapat (Thesis)

Ketika menghadapi bencana gunung penyelamatan tidak sesuai sehingga kerja di simpang siur di media sosial. Pemerintah kurang cekatan untuk menanggulangi dampak bencana erupsi. Seolah-olah kejadian letusan gunung Sinabung tidak dijadikan pelajaran.

Pemerintah terkesan kurang peduli dengan sikap kurang sigap dalam menyediakan masker, selimut, obat-obatan, hingga pasokan air minum. Hal ini dikarenakan adanya manajemen penanggulangan yang dilakukan secara dadakan. Sehingga lebih banyak pengungsi yang kekurangan pos penampungan karena digunakan oleh pengungsi lainnya

Argumentasi

Tanggapan yang dilakukan oleh pemerintah hanya sebatas respon, spontan, dan sporadis. Sehingga dibutuhkan lebih banyak persiapan dari koordinasi penyelamatan hingga pelatihan relawan bencana.

Perbedaannya dengan negara Jepang yang sering terkena gempa, mereka selalu menyiapkan teknologi yang membangun sistem pertahanan dan tanggap bencana. selain itu di Jepang memiliki program kesiapan, kesiagaan dalam menghadapi bencana

Namun nyatanya mampuan pemerintah, harus tetap dipatuhi oleh masyarakat lemah sehingga banyak korban berjatuhan yang tidak bisa dihindari. Kesimpangsiuran informasi dari media massa selalu terulang ketika ada bencana. Sehingga berbagai isu palsu bisa membuat masyarakat menjadi panik.

Pernyataan Ulang Pendapat

Pemerintah harus lebih cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan bencana alam untuk menyelamatkan masyarakat. tugas mitigasi yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai letusan gunung. Sehingga masyarakat lebih paham mengenai bencana alam letusan gunung dan pemerintah harus menyiapkan infrastruktur mitigasi menjadi lebih baik.

 

Demikian pembahasan tentang contoh teks editorial dari berbagai jenis. Semoga contoh-contoh teks yang diberikan dapat bermanfaat. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepat mohon dimaafkan.