√ 20 Contoh Teks Eksposisi Singkat Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan

20 Contoh Teks Eksposisi Singkat Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan

20 Contoh Teks Eksposisi Singkat Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi – Teks Eksposisi merupakan sebuah tulisan yang didalamnya berisikan mengenai informasi atau fakta dengan berbentuk pengembangan sebuah paragraf. Dalam teks eksposisi sendiri memiliki tujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu, sehingga para pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari penjelasan si penulis. Penjelasan tersebut berbentuk tulisan terkesan lebih singkat, padat dan jelas. Supya para pembaca bisa memahami dengan sangat mudah dari apa yang dimaksud si penulis.

Nah, sebelumnya Pintarnesia sudah membahas mengenai Eksposisi, tapi pada artikel tersebut pintarnesia hanya memaparkan mengenai pengertian, ciri – ciri, jenis, serta struktur dari teks ekposisi, bagi kamu yang belum membacanya, kami bisa klik Pengertian Teks Eksposisi.

 

Contoh Teks Esposisi

Nah, kali ini pintarnesia akan memaparkan mengenai contoh teks eksposisi beserta strukturnya, berikut ini adalah contoh teks eksposisi. Berikut ini adalah beberapa contoh dari teks eksposisi, di antaranya adalah :

 

1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Mengenai Hukum

Untuk contoh yang pertama adalah contoh teks eksposisi mengenai hukum, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan hukum. Berikut ini adalah contohnya :

 

Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

Tesis

Perempuan merupakan makhluk hidup yang sangat rentan untuk dijadikan sebagai sasaran objek kejahatan. Ada sebuah data yang menyatakan, Indonesia masuk ke dalam kategori negara yang tidak aman untuk para kaum perempuan. Bahkan setiap harinya selalu ada laporan kejahatan terhadap perempuan yang ada di Indonesia. Bahkan, ada beberapa kasus yang dibilang cukup langka.

Contohnya saja adalah pelaku kejahatan yang merupakan keluarga dari korban. Kasus seperti itu mengundang berbagai kritik dan masukan dari beberapa pakar sosial mengenai adanya kesalahan dalam struktur yang ada pada masyarakat Indonesia.

Isi

Walaupun Negara kita ini tegas menerapkan undang – undang mengenai pelaku tindak kriminal, tapi penerapan atas hukum tersebut dianggap masih belum membuat jera para pelaku tindakan kejahatannya. Ada sebagian dari pakar sosial memberikan suatu kesimpulan bahwa hal itu menunjukan adanya stereotype yang ada di tengah masyarakat.

Sehingga menyebabkan tindakan kriminal kepada kaum wanita semakin meningkat. Hal itu tidak mengherankan karena di Indonesia secara konstruksi sosial menganut patriarki yang mendorong kedudukan kaum laki – laki lebih tinggi dan kuat dibandungkan kedudukan kaum wanita itu sendiri.

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah menerapkan beberapa usaha untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kriminal, contohnya saja dengan mengadakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perempuan, mengutamakan berbagai kebutuhan perempuan ditempat umu, menyediakan gerbong khusus untuk perempuan. Walaupun sudah seperti itu, tidak sedikit oknum yang melanggar peraturan – peraturan tersebut.

Kesimpulan

Karena sistem patriarki sudah berlangsung dalam waktu yang lama dan dibangun secara turun temurun di Indonesia. maka mau tidak mau perempuan dituntut untuk mengikuti semua aturan yang rentan terhadap diskriminasi gender tersebut.

Di samping itu, sistem itu juga mendorong perempuan supaya takut dan patuh terhadap kaum pria. Dengan demikian, jika kebetulan ada perempuan yang melakukan perlawanan, maka masyarakat akan menganggap hal itu tidak wajar, karena menyalahi kodrat.

 

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai lingkungan, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan lingkungan. Berikut ini adalah contohnya :

 

Pemanasan Global dan Hilangnya Hutan Lindung

Tesis

Pemanasan global merupakan suatu kondisi dimana suhu di bumi kian hari kian panas dibandingkan dengan hari sebelumnya. Pemanasan global bisa menyebabkan beberapa dampak negatif, contohnya saja adalah lapisan ozon yang semakin tipis, sehingga sinar ultraviolet dari matahari bisa masuk ke bumi secara langsung tanpa adanya penghalang dari lapisan ozon. Selain itu, dampak dari pemanasan global juga menyebabkan naiknya permukaan air laut karena es di kutub yang mencair.

Pemanasan global terjadi karena banyak gas karbondioksida (Co2) yang ada pada atmosfer bumi dan hal itulah yang menyebabkan lapisan ozon semakin menipis. Kadar gas karbondioksia (co2) yang ada di bumi tersebut tidak sebanding dengan pohon yang ada di bumi. Padahal, adanya pohon – pohon tersebut bisa menyerap gas karbondioksida (Co2). Bukan hanya itu, banyak hutan yang telah dibuka untuk dijadikan sebagai lahan industri, perkebunan, pertanian, atau dialih fungsi sebagai hutan produksi.

Argumentasi

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kenaikan suhu di bumi ini memang terbilang sangat parah. Pemanasan global bisa terjadi karena banyaknya jumlah gas karbondioksida yang ada pada atmosfer bumi. GaTeks Eksposisi Yang Baik dan Benars karbondioksida (Co2) tersebut berasal dari kendaraan bermotor atau bisa juga berasal dari asap pabrik. Hal itu hanya sebatas di Negara Indonesia, belum lagi yang negara industri.

Apalagi jika negara tersebut merupakan negara industri, karena negara industri tentu saja memiliki pabrik dalam jumlah yang banyak. Bayangkan saja, seberapa banyak gas karbondioksida yang berasal dari aktifitas negara industri. Negara industri tersebut seharusnya mengatasi karbondioksida (Co2) yang keluar dari aktifitas pabrik.

Yang lebih parah lagi, hutan di dunia ini yang seharusnya bisa mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak bisa menjalankan fungsi mereka dengan baik, karena banyaknya pohon – pohon yang ditebang. Ada beberapa kasus di negara Indonesia sendiri seperti pangalihan fungsi dari hutan lindung menjadi hutan konservasi. Adanya kegiatan tersebut tentu saja menjadikan kondisi bumi menjadi lebih buruk.

Penegasan Ulang

Pemanasan global yang terjadi di bumi beberapa tahun terakhir ini memang bisa dibilang semakin parah, karena semakin hari semakin banyak pabrik yang beroperasi. Keadaan tersebut semakin parah lagi karena adanya hutan yang semestinya mengurangi pemanasan global, malah pohon – pohon yang ada di hutan tersebut ditebang. Di samping penebangan hutan, alih fungsi hutan yang bisa menyebabkan fungsinya tidak berjalan dengan baik.

 

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai pendidikan, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan pendidikan. Berikut ini adalah contohnya :

 

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa

Tesis

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Karena dengan adanya pendidikan yang baik, manusia bisa menemukan jati diri mereka sendiri. Jati diri juga bisa terbentuk karena adanya karakter seseorang. Nah, menanggapi hal tersebut, pemerintah Indonesia mencoba untuk ikut membentuk karakter tersebut dengan beberapa cara yang ada. Salah satu caranya adalah dengan mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) Menjadi Kurikulum 13. Perubahan tersebut memberikan syarat adanya suatu bentuk pendidikan karakter dalam sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

Argumentasi

Pendidikan karakter merupakan sebuah pendidikan yang menekankan kepada sisi kemampuan dari siswa secara individu. Bisa dikatakan juga jika pendidikan karakter merupakan suatu bentuk pendidikan yang berusaha untuk menggali potensi yang ada pada diri seseorang. Di bangku sekolah, maka individu tersebut adalah peserta didik atau siswa.

Pendidikan karakter amat penting, karena dengan adanya pendidikan karakter bisa menggali bakat tersembunyi yang dimiliki oleh setiap individu. Dan yang diperhatikan disini adalah setiap siswa tentu memiliki bakat, potensi, serta kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selain yang disebutkan tadi, bidang yang mereka kuasai dan minati juga pastinya berbeda. Seorang siswa atau peserta didik yang tidak terlalu cerdas di dalam satu pelajaran belum tentu ia merupakan peserta didik atau siswa yang notabenenya bodoh. Di bidang yang lain ia pasti mempunyai keunggulan dan juga kemampuan tersendiri.

Penegasan Ulang

Pendidikan karakter merupakan bekal sejak dini untuk peserta didik di masa yang akan datang. Siswa perlu memiliki sikap yang toleran dengan sesamanya, mereka juga harus mempunyai skill atau potensi yang bisa dibanggakan atau digunakan, supaya bangsa ini dalam beberapa tahun yang akan datang bisa menjadi bangsa yang maju dan siap untuk menghadapi kemajuan zaman saat ini.

 

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai ekonomi, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan ekonomi. Berikut ini adalah contohnya :

 

Pertumbuhan Ekonomi di Masyarakat dengan Pembangunan Fasilitas Umum di Masyarakat

Tesis

Pemerintah mempunyai fokus untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan melakukan pembangunan fasilitas umum yang berpeluang untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Contohnya saja adalah adanya program pembangunan yang baru – baru ini menarik perhatian dan cukup kontroversial, yaitu adalah pembangunan bandara di daerah Kulon Progo Yogyakarta. Program pembangunan tersebut terlihat sangat paradox, jika alasan dibangunnya bandara tersebut untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada disekitarnya. Pemerintah tidak membiarkan bandara dibangun di atas tanah milik warga. Tapi faktanya tidak seperti itu, tanah milik warga terpaksa harus digusur untuk membangun di Kulon Progo Yogyakarta tersebut.

Argumentasi

Pembangunan sudah menjadi hal yang direncanakan oleh pemerintah, untuk bertujuan membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut. Ada beberapa contoh, di antaranya adalah dengan membuat program pembangunan dimana program tersebut diharapkan bisa melancarkan distribusi atau mobilitas masyarakat. Akan tetapi, seharusnya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut, tidak serta merta dilakukan. Melainkan dengan cara mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Karena jika tidak dilakukan, hal itu bisa mengabaikan hal – hal yang sifatnya sangat penting dan mendesak. Belum lama ini, ada sebuah kasus yang sedang booming di Indonesia, yaitu adalah program pembangunan bandara di Kulon Progo Yogyakarta. Pemerintah memiliki program membangun bandara baru di kawasan Kulon Progo, yang lokasinya berada di lahan masyarakat setempat.

Program itu spontan mendapatkan reaksi penolakan dari berbagai kalangan masyarakat, karena lahan tersebut digunakan oleh penduduk setempat untuk mempertahankan hidup mereka. Jika dilihat secara sekilas, program tersebut memang tidak ada salahnya. Namun, bagaimana jika pembangunan bandara tersebut dibangun di atas lahan yang menjadi tempat hidup masyarakat atau sawah milik masyarakat.

Penegasan Ulang

Pemerintah melakukan berbagai program pembangunan di masyarakat yang kata pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat, namun seringkali program yang dilakukan tanpa mempertimbangkan hal – hal yang harus dipertimbangkan. Bahkan, masyarakat yang seharusnya diutamakan palah diabaikan oleh pemerintah. Pembangunan yang katanya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada, ternyata justru kerap menggusur masyarakat dari tempat tinggal mereka.

 

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai kesehatan, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Berikut ini adalah contohnya :

Tesis

Sejak zaman dahulu kala, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya (Aloe Vera). Banyak sekali manfaat dari tumbuhan yang satu ini, yakni sebagai penyubur rambut. Namun, tumbuhan yang satu ini juga memiliki manfaat yang lain di bidang kesehatan.

Lidah buaya memiliki ciri-ciri : tebal, daun berbentuk panjang, serta memiliki warna hijau. Di dalam daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Argumentasi

Meskipun sejak dahulu tanaman ini dikenal mempunyai banyak sekali manfaat, tapi belum banyak orang yang tahu bahwa tanaman yang satu ini bisa dijadikan komoditas yang menguntungkan. Para peneliti mengungkapkan ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari tanaman serbaguna ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman yang satu ini, di antaranya adalah:

  • Jus atau gel dari tanaman ini secara tradisional, digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang bisa menurunkan kadar gula yang ada pada darah.
  • Tanaman ini dikenal karena bersifat anti-inflamasinya. Atau bisa juga disebut, mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mengatasi disfungsi kekebalan tubuh, menghentikan atau mencegah peradangan yang disebabkan cedera, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka. Tanaman lidah buaya dinilai sangat baik guna mengobati bekas luka, contohnya saja adalah luka karena cedera dan luka bakar.
  • Lidah buaya memiliki efek anti – jamur dan anti – bakteri, sifat itulah yang membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sangat sehat, menangkal radikal bebas, antioksidan yang kuat serta melindungi tubuh.
  • Meningkatkan pencernaan serta membantu detoksifikasi tubuh. Bukan hanya itu, lidah buaya juga merupakan pencahar yang sangat baik serta membantu dalam mengatasi sembelit.

Penegasan Ulang

Dari penjelasan di atas, sudah bisa dikatakan jika tanaman lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tapi tanaman ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang lain dan tentunya menyehatkan bagi tubuh.

 

Nah, itulah beberapa contoh dari teks eksposisi yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita akan manfaat dari tanaman lidah buaya. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.



Bela Negara: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Contoh Sikap Bela Negara

Bela Negara: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Contoh Sikap Bela Negara

Contoh Teks Eksposisi – Teks Eksposisi merupakan sebuah tulisan yang didalamnya berisikan mengenai informasi atau fakta dengan berbentuk pengembangan sebuah paragraf. Dalam teks eksposisi sendiri memiliki tujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu, sehingga para pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari penjelasan si penulis. Penjelasan tersebut berbentuk tulisan terkesan lebih singkat, padat dan jelas. Supya para pembaca bisa memahami dengan sangat mudah dari apa yang dimaksud si penulis.

Nah, sebelumnya Pintarnesia sudah membahas mengenai Eksposisi, tapi pada artikel tersebut pintarnesia hanya memaparkan mengenai pengertian, ciri – ciri, jenis, serta struktur dari teks ekposisi, bagi kamu yang belum membacanya, kami bisa klik Pengertian Teks Eksposisi.

 

Contoh Teks Esposisi

Nah, kali ini pintarnesia akan memaparkan mengenai contoh teks eksposisi beserta strukturnya, berikut ini adalah contoh teks eksposisi. Berikut ini adalah beberapa contoh dari teks eksposisi, di antaranya adalah :

 

1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Mengenai Hukum

Untuk contoh yang pertama adalah contoh teks eksposisi mengenai hukum, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan hukum. Berikut ini adalah contohnya :

 

Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

Tesis

Perempuan merupakan makhluk hidup yang sangat rentan untuk dijadikan sebagai sasaran objek kejahatan. Ada sebuah data yang menyatakan, Indonesia masuk ke dalam kategori negara yang tidak aman untuk para kaum perempuan. Bahkan setiap harinya selalu ada laporan kejahatan terhadap perempuan yang ada di Indonesia. Bahkan, ada beberapa kasus yang dibilang cukup langka.

Contohnya saja adalah pelaku kejahatan yang merupakan keluarga dari korban. Kasus seperti itu mengundang berbagai kritik dan masukan dari beberapa pakar sosial mengenai adanya kesalahan dalam struktur yang ada pada masyarakat Indonesia.

Isi

Walaupun Negara kita ini tegas menerapkan undang – undang mengenai pelaku tindak kriminal, tapi penerapan atas hukum tersebut dianggap masih belum membuat jera para pelaku tindakan kejahatannya. Ada sebagian dari pakar sosial memberikan suatu kesimpulan bahwa hal itu menunjukan adanya stereotype yang ada di tengah masyarakat.

Sehingga menyebabkan tindakan kriminal kepada kaum wanita semakin meningkat. Hal itu tidak mengherankan karena di Indonesia secara konstruksi sosial menganut patriarki yang mendorong kedudukan kaum laki – laki lebih tinggi dan kuat dibandungkan kedudukan kaum wanita itu sendiri.

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah menerapkan beberapa usaha untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kriminal, contohnya saja dengan mengadakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perempuan, mengutamakan berbagai kebutuhan perempuan ditempat umu, menyediakan gerbong khusus untuk perempuan. Walaupun sudah seperti itu, tidak sedikit oknum yang melanggar peraturan – peraturan tersebut.

Kesimpulan

Karena sistem patriarki sudah berlangsung dalam waktu yang lama dan dibangun secara turun temurun di Indonesia. maka mau tidak mau perempuan dituntut untuk mengikuti semua aturan yang rentan terhadap diskriminasi gender tersebut.

Di samping itu, sistem itu juga mendorong perempuan supaya takut dan patuh terhadap kaum pria. Dengan demikian, jika kebetulan ada perempuan yang melakukan perlawanan, maka masyarakat akan menganggap hal itu tidak wajar, karena menyalahi kodrat.

 

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai lingkungan, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan lingkungan. Berikut ini adalah contohnya :

 

Pemanasan Global dan Hilangnya Hutan Lindung

Tesis

Pemanasan global merupakan suatu kondisi dimana suhu di bumi kian hari kian panas dibandingkan dengan hari sebelumnya. Pemanasan global bisa menyebabkan beberapa dampak negatif, contohnya saja adalah lapisan ozon yang semakin tipis, sehingga sinar ultraviolet dari matahari bisa masuk ke bumi secara langsung tanpa adanya penghalang dari lapisan ozon. Selain itu, dampak dari pemanasan global juga menyebabkan naiknya permukaan air laut karena es di kutub yang mencair.

Pemanasan global terjadi karena banyak gas karbondioksida (Co2) yang ada pada atmosfer bumi dan hal itulah yang menyebabkan lapisan ozon semakin menipis. Kadar gas karbondioksia (co2) yang ada di bumi tersebut tidak sebanding dengan pohon yang ada di bumi. Padahal, adanya pohon – pohon tersebut bisa menyerap gas karbondioksida (Co2). Bukan hanya itu, banyak hutan yang telah dibuka untuk dijadikan sebagai lahan industri, perkebunan, pertanian, atau dialih fungsi sebagai hutan produksi.

Argumentasi

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kenaikan suhu di bumi ini memang terbilang sangat parah. Pemanasan global bisa terjadi karena banyaknya jumlah gas karbondioksida yang ada pada atmosfer bumi. GaTeks Eksposisi Yang Baik dan Benars karbondioksida (Co2) tersebut berasal dari kendaraan bermotor atau bisa juga berasal dari asap pabrik. Hal itu hanya sebatas di Negara Indonesia, belum lagi yang negara industri.

Apalagi jika negara tersebut merupakan negara industri, karena negara industri tentu saja memiliki pabrik dalam jumlah yang banyak. Bayangkan saja, seberapa banyak gas karbondioksida yang berasal dari aktifitas negara industri. Negara industri tersebut seharusnya mengatasi karbondioksida (Co2) yang keluar dari aktifitas pabrik.

Yang lebih parah lagi, hutan di dunia ini yang seharusnya bisa mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak bisa menjalankan fungsi mereka dengan baik, karena banyaknya pohon – pohon yang ditebang. Ada beberapa kasus di negara Indonesia sendiri seperti pangalihan fungsi dari hutan lindung menjadi hutan konservasi. Adanya kegiatan tersebut tentu saja menjadikan kondisi bumi menjadi lebih buruk.

Penegasan Ulang

Pemanasan global yang terjadi di bumi beberapa tahun terakhir ini memang bisa dibilang semakin parah, karena semakin hari semakin banyak pabrik yang beroperasi. Keadaan tersebut semakin parah lagi karena adanya hutan yang semestinya mengurangi pemanasan global, malah pohon – pohon yang ada di hutan tersebut ditebang. Di samping penebangan hutan, alih fungsi hutan yang bisa menyebabkan fungsinya tidak berjalan dengan baik.

 

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai pendidikan, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan pendidikan. Berikut ini adalah contohnya :

 

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa

Tesis

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Karena dengan adanya pendidikan yang baik, manusia bisa menemukan jati diri mereka sendiri. Jati diri juga bisa terbentuk karena adanya karakter seseorang. Nah, menanggapi hal tersebut, pemerintah Indonesia mencoba untuk ikut membentuk karakter tersebut dengan beberapa cara yang ada. Salah satu caranya adalah dengan mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) Menjadi Kurikulum 13. Perubahan tersebut memberikan syarat adanya suatu bentuk pendidikan karakter dalam sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

Argumentasi

Pendidikan karakter merupakan sebuah pendidikan yang menekankan kepada sisi kemampuan dari siswa secara individu. Bisa dikatakan juga jika pendidikan karakter merupakan suatu bentuk pendidikan yang berusaha untuk menggali potensi yang ada pada diri seseorang. Di bangku sekolah, maka individu tersebut adalah peserta didik atau siswa.

Pendidikan karakter amat penting, karena dengan adanya pendidikan karakter bisa menggali bakat tersembunyi yang dimiliki oleh setiap individu. Dan yang diperhatikan disini adalah setiap siswa tentu memiliki bakat, potensi, serta kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selain yang disebutkan tadi, bidang yang mereka kuasai dan minati juga pastinya berbeda. Seorang siswa atau peserta didik yang tidak terlalu cerdas di dalam satu pelajaran belum tentu ia merupakan peserta didik atau siswa yang notabenenya bodoh. Di bidang yang lain ia pasti mempunyai keunggulan dan juga kemampuan tersendiri.

Penegasan Ulang

Pendidikan karakter merupakan bekal sejak dini untuk peserta didik di masa yang akan datang. Siswa perlu memiliki sikap yang toleran dengan sesamanya, mereka juga harus mempunyai skill atau potensi yang bisa dibanggakan atau digunakan, supaya bangsa ini dalam beberapa tahun yang akan datang bisa menjadi bangsa yang maju dan siap untuk menghadapi kemajuan zaman saat ini.

 

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai ekonomi, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan ekonomi. Berikut ini adalah contohnya :

 

Pertumbuhan Ekonomi di Masyarakat dengan Pembangunan Fasilitas Umum di Masyarakat

Tesis

Pemerintah mempunyai fokus untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan melakukan pembangunan fasilitas umum yang berpeluang untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Contohnya saja adalah adanya program pembangunan yang baru – baru ini menarik perhatian dan cukup kontroversial, yaitu adalah pembangunan bandara di daerah Kulon Progo Yogyakarta. Program pembangunan tersebut terlihat sangat paradox, jika alasan dibangunnya bandara tersebut untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada disekitarnya. Pemerintah tidak membiarkan bandara dibangun di atas tanah milik warga. Tapi faktanya tidak seperti itu, tanah milik warga terpaksa harus digusur untuk membangun di Kulon Progo Yogyakarta tersebut.

Argumentasi

Pembangunan sudah menjadi hal yang direncanakan oleh pemerintah, untuk bertujuan membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut. Ada beberapa contoh, di antaranya adalah dengan membuat program pembangunan dimana program tersebut diharapkan bisa melancarkan distribusi atau mobilitas masyarakat. Akan tetapi, seharusnya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut, tidak serta merta dilakukan. Melainkan dengan cara mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Karena jika tidak dilakukan, hal itu bisa mengabaikan hal – hal yang sifatnya sangat penting dan mendesak. Belum lama ini, ada sebuah kasus yang sedang booming di Indonesia, yaitu adalah program pembangunan bandara di Kulon Progo Yogyakarta. Pemerintah memiliki program membangun bandara baru di kawasan Kulon Progo, yang lokasinya berada di lahan masyarakat setempat.

Program itu spontan mendapatkan reaksi penolakan dari berbagai kalangan masyarakat, karena lahan tersebut digunakan oleh penduduk setempat untuk mempertahankan hidup mereka. Jika dilihat secara sekilas, program tersebut memang tidak ada salahnya. Namun, bagaimana jika pembangunan bandara tersebut dibangun di atas lahan yang menjadi tempat hidup masyarakat atau sawah milik masyarakat.

Penegasan Ulang

Pemerintah melakukan berbagai program pembangunan di masyarakat yang kata pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat, namun seringkali program yang dilakukan tanpa mempertimbangkan hal – hal yang harus dipertimbangkan. Bahkan, masyarakat yang seharusnya diutamakan palah diabaikan oleh pemerintah. Pembangunan yang katanya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada, ternyata justru kerap menggusur masyarakat dari tempat tinggal mereka.

 

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Untuk contoh yang kedua adalah contoh teks eksposisi mengenai kesehatan, pasti kamu sudah tahu kalau teks eksposisi ini sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Berikut ini adalah contohnya :

Tesis

Sejak zaman dahulu kala, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya (Aloe Vera). Banyak sekali manfaat dari tumbuhan yang satu ini, yakni sebagai penyubur rambut. Namun, tumbuhan yang satu ini juga memiliki manfaat yang lain di bidang kesehatan.

Lidah buaya memiliki ciri-ciri : tebal, daun berbentuk panjang, serta memiliki warna hijau. Di dalam daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Argumentasi

Meskipun sejak dahulu tanaman ini dikenal mempunyai banyak sekali manfaat, tapi belum banyak orang yang tahu bahwa tanaman yang satu ini bisa dijadikan komoditas yang menguntungkan. Para peneliti mengungkapkan ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari tanaman serbaguna ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman yang satu ini, di antaranya adalah:

  • Jus atau gel dari tanaman ini secara tradisional, digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang bisa menurunkan kadar gula yang ada pada darah.
  • Tanaman ini dikenal karena bersifat anti-inflamasinya. Atau bisa juga disebut, mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mengatasi disfungsi kekebalan tubuh, menghentikan atau mencegah peradangan yang disebabkan cedera, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka. Tanaman lidah buaya dinilai sangat baik guna mengobati bekas luka, contohnya saja adalah luka karena cedera dan luka bakar.
  • Lidah buaya memiliki efek anti – jamur dan anti – bakteri, sifat itulah yang membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sangat sehat, menangkal radikal bebas, antioksidan yang kuat serta melindungi tubuh.
  • Meningkatkan pencernaan serta membantu detoksifikasi tubuh. Bukan hanya itu, lidah buaya juga merupakan pencahar yang sangat baik serta membantu dalam mengatasi sembelit.

Penegasan Ulang

Dari penjelasan di atas, sudah bisa dikatakan jika tanaman lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tapi tanaman ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang lain dan tentunya menyehatkan bagi tubuh.

 

Nah, itulah beberapa contoh dari teks eksposisi yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita akan manfaat dari tanaman lidah buaya. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.