Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

15+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan: Lengkap

21 min read

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan

Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan – Setiap dilakukannya observasi tentunya dengan tujuan supaya kita dapat mengetahui informasi serta menghasilkan laporan yang diinginkan sesuai dengan apa observasi yang kita lakukan. Teks laporan hasil observasi tumbuhan merupakan hasil observasi yang membahas berbagai macam jenis tumbuhan yang didapat berdasarkan dari hasil pengamatan.

 

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

LHO atau laporan hasil observasi adalah teks di dalamnya terdapat pembahasan secara umum atau teks yang memberikan informasi berupa hasil dari pengamatan atau observasi. Teks laporan hasil observasi atau LHO biasa disebut juga sebagai teks klasifikasi hal tersebut dikarenakan teks ini memuat berbagai klasifikasi mengenai jenis-jenis suatu hal berdasarkan dari kriteria tertentu.

Teks laporan hasil observasi dibuat atas dasar fakta-fakta yang ada dengan klasifikasi kelas dan subkelas yang ada di dalamnya berdasarkan suatu hal yang diamati.

Baca Juga: Teks Laporan Hasil Observasi.

 

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini merupakan tujuan dari dibuatnya teks laporan hasil observasi, adalah sebagai berikut:

  • Untuk dapat memberikan sebuah informasi mengenai klasifikasi dari suatu hal atas dasar fakta yang ada ada yang dilakukan dengan cara mengamati secara sistematis dan objektif.
  • Bertujuan pula untuk dapat memecahkan suatu permasalahan yang berupa hipotesis hasil dari pengamatan.
  • Untuk mengambil suatu keputusan yang jauh lebih baik.
  • Untuk dapat mengenal perkembangan dari suatu masalah.
  • Agar bisa menemukan teknik-teknik atau sistem baru yang belum pernah digunakan sebelumnya.
  • Untuk melaksanakan pengawasan atau koreksi.

 

 

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Terdapat 2 struktur utama yang merupakan struktur paling penting dalam membuat teks laporan hasil observasi agar menjadi suatu teks yang dapat mudah dipahami.

1. Pernyataan Umum (Klasifikasi) adalah awal dalam pembuatan teks laporan hasil observasi atau pengantar tentang suatu hal yang ingin dilaporkan. Berisikan mengenai suatu hal yang dapat diklasifikasikan berdasarkan dari kriteria kesamaan dan juga perbedaan yang dimiliki oleh suatu objek yang di telah di observasi.

2. Aspek yang dilaporkan adalah bagian yang berisikan mengenai rincian secara detail suatu hal tentang suatu objek yang telah di observasi.

Struktur lain Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah beberapa struktur dari teks laporan hasil observasi, antara lain.

  • Definisi umum, adalah bagian yang berisi pembukaan yang didalamnya terdapat pengertian tentang suatu objek yang dibahas dalam teks.
  • Definisi Bagian, adalah lah bagian yang menjelaskan tentang ide pokok atau penjelasan secara rinci dan mendetail tentang suatu objek berdasarkan dari hasil observasi.
  • Definisi Manfaat, adalah bagian yang dapat menjelaskan berbagai manfaat dari suatu hal atau sesuatu objek yang akan dilaporkan.
  • Penutup, adalah bagian rincian yang paling akhir dari teks laporan hasil observasi.

 

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan

Teks laporan hasil observasi tidak hanya berpusat pada teks observasi yang dilakukan seputar tumbuhan, berbagai macam hal lainnya juga dapat menjadi materi dalam teks laporan hasil observasi. Namun kali ini akan di berikan contoh teks laporan hasil observasi yang hanya berhubungan dengan tumbuhan. Contohnya adalah sebagai berikut.

 

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lidah Buaya

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi lidah buaya, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Aloevera atau Aloe Barbadensis Millear yang merupakan nama latin dari lidah buaya. Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman dari 10 tipe tanaman an-naba nyak digemari oleh masyarakat. Sebagian besar lidah buaya dapat dikembangkan menjadi tumbuhan herbal yang memiliki banyak sekali manfaat peserta menjadi bahan baku industri.

 

Definisi Bagian

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang yang dapat hidup pada tempat dengan suhu panas yang tinggi atau tanaman ini bola dapat diletakkan pada pot dan dijadikan sebagai tanaman hias. Ciri-ciri dari tanaman lidah buaya ini antara lain yaitu memiliki daun yang sedikit runcing berupa taji, memiliki pinggiran yang bergerigi dan tajam, memiliki getah di dalamnya, bentuk lidah buaya tebal, permukaan pada lidah buaya memiliki bintik yang panjangnya kurang lebih 15-36 cm dan lebarnya 2-6 cm.

 

Definisi Manfaat

Tanaman lidah buaya banyak dikenal oleh masyarakat karena memiliki kandungan yang kaya akan vitamin. Lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menebalkan rambut dan dapat pula menghitamkan rambut. Selain itu lidah buaya juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya yaitu sakit mata, luka bakar, luka, sebagai obat cacing, menyembuhkan amandel, menyembuhkan luka yang bernanah.

Banyak di antaranya manfaat lain dan akhir-akhir ini banyak orang yang menggunakan lidah buaya untuk dijadikan sebagai skin care karena lidah buaya dipercaya dapat membuat muka menjadi lebih halus dan dapat pula menyembuhkan jerawat.

 

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Bougenville

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Bunga Bougenville, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Bunga bugenvil atau yang yang memiliki nama Latin yaitu Bougenville atau kita sering menyebutnya dengan nama bunga kertas adalah bunga yang banyak dijumpai di sekitar lingkungan hidup kita. Bunga Bougenville disebut juga sebagai bunga kertas dikarenakan memiliki selendang bunga yang tipis yang mirip dengan kertas.

Bunga bugenvil juga memiliki nama ilmiah yang nama tersebut diambil dari nama seorang prajurit angkatan laut yang berasal dari Perancis yang bernama Sir Louis Antoine de Bougenville. bunga bugenvil dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk yang indah dan warnanya yang cantik serta tidak sulit dalam perawatannya.

 

Definisi Bagian

Bunga bugenvil merupakan bunga yang berasal dari Amerika Selatan. Bunga jenis ini dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropis di Amerika Selatan. Pada saat menghubungkan file ingin memekarkan bunganya, kebiasaan yang dilakukan oleh bunga ini yaitu merontokkan daunnya. Bentuk bunga ini yaitu seperti pohon kecil yang sulit untuk tumbuh tegak. Warna dari bunga bugenvil terdapat banyak jenis warna antara lain seperti warna putih, warna ungu, pink atau merah jambu, jingga, warna merah terang dan lain sebagainya.

 

Definisi Manfaat

Bunga ini memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi bunga bugenvil juga memiliki manfaat berguna bagi manusia. Manfaat bunga bougenville dapat dijadikan sebagai bunga pada kegiatan upacara Ra pemakaman bagi para kaum Cina dan juga India. Dapat dijadikan kan untuk tatanan rambut dan manfaat yang lainnya.

 

3. Contoh Laporan Hasil Observasi Bunga Euphorbia

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Bunga Euphorbia, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Bunga euphorbia atau yang memiliki nama Latin yaitu Euphorbia Millii merupakan bunga yang pada bagian batangnya ditumbuhi oleh banyak duri yang tajam. Dari negara asalnya itu Madagaskar, nama bunga euphorbia diambil dari salah satu dokter yang berasal dari kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Faktor inilah ah yang menjadikan bunga eforbia yang tadinya berada pada gurun pasir menjadi bunga yang dijadikan sebagai tanaman hias pada kerajaan.

 

Definisi Bagian

Bunga euphorbia memiliki ciri-ciri yaitu memiliki berbagai jenis pada warna bunganya seperti warna putih, merah, pink dan yang lainnya, pada bagian batangnya ditumbuhi oleh duri duri yang tajam, dan memiliki kelopak bunga yang berukuran kecil. Bunga euphorbia memiliki tinggi sekitar 150 cm dan memiliki lebar 100 cm.

Bunga euphorbia adalah jenis bunga yang perawatannya tidak perlu disiram menggunakan air yang banyak, justru bunga euphorbia sangat menyukai panas terik dari sinar matahari. Media tanam pada bunga euphorbia dapat berupa serbuk kulit kelapa, sekam bakar, kotoran kambing dan pasir tembikar Malang yang memiliki butiran yang tidak terlalu kecil. Penyiraman bunga euphorbia dilakukan kan sehari sekali dapat pada sore hari ataupun pagi hari.

 

Definisi Manfaat

Manfaat dari bunga euphorbia yaitu tentunya dapat dijadikan sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik lingkungan tempat tinggal kamu. Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, tumbuhan euphorbia di dapat dijadikan sebagai obat herbal namun kita juga harus tahu dosis pemakaian dari tumbuhan ini karena tumbuhan euphorbia adalah tumbuhan yang beracun.

 

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Rumput Laut

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Rumput Laut, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Tumbuhan rumput laut atau yang biasa disebut dengan tanaman gulma laut adalah salah satu sumber daya hayati yang hidupnya tumbuh dan berkembang di wilayah pesisir dan di dasar laut. Tumbuhan rumput laut atau gulma laut yang memiliki bahasa Latin yaitu seaweed. Rumput laut merupakan anggota yang berasal dari kelompok vegetasi atau yang biasa dikenal sebagai ganggang atau alga.

 

Definisi Bagian

Biasanya rumput laut dapat hidup dan tumbuh di atas pasir dan juga karang yang mati. Rumput laut banyak ditemui pada daerah pantai bagian Selatan Jawa dan Pantai Barat Sumatera yang memiliki batu karang. Rumput laut dapat juga ditemui pada Pantai Selatan di wilayah Jawa Barat seperti Pantai Santolo, pantai Sayang Heulang di kabupaten Garut.

Ciri-ciri dari tanaman rumput laut antara lain yaitu autotroph, eukariot multiseluler, berklorofil dan multiseluler. Tanaman rumput laut juga hanya dapat tumbuh hidup di daerah perairan dan memiliki cara gerak motil (kekuatan sendiri), motil (tidak dapat bergerak.

Rumput laut dapat berkembangbiak dengan cara membelah sel, fragmentasi serta juga pembentukan zoosprora. diketahui apabila kadar esterogen yang ada di dalam tubuh terlalu tinggi maka akan menyebabkan timbulnya kanker yang ada di dalam tubuh.

Penelitian telah dilakukan pada penderita kanker yang ada di Amerika bahwa jika wanita yang melakukan diet ketat dengan hanya mengkonsumsi serat tinggi serta mengurangi asupan lemak dari daging dan susu maka akan memiliki kadar estrogen yang rendah, dan hal tersebut dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

 

Definisi Manfaat

Tumbuhan rumput laut memiliki manfaat dapat mencegah kanker apabila dikonsumsi dengan aturan yg ada. Pesawat banyak mengandung serat, seng dan selenium yang tinggi yang berfungsi untuk mereduksi estrogen. Apabila kadar esterogen dalam tubuh yang terlalu tinggi maka akan dapat menyebabkan timbulnya kanker.

 

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Anggrek Bulan

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Bunga Anggrek Bulan, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Tumbuhan anggrek bulan atau hanya memiliki nama latin yaitu Phalaenopsis Ambilis adalah tanaman yang yang masuk ke dalam salah satu suku tumbuhan berbunga yang juga ditetapkan sebagai puspa pesona yang berasal dari negara Indonesia yang termasuk ke dalam jenis Genus Phalaenopsis.

 

Definisi Bagian

Tumbuhan anggrek bulan termasuk tumbuhan yang masuk ke dalam jenis Anggrek Ochidaceae yang mana ciri-ciri dari anggrek yaitu memiliki kelopak bunga yang lebar. Tanaman Anggrek Bulan merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Asia tenggara dan Saat ini Anggrek Bulan dapat ditemukan diseluruh bagian dunia kecuali di wilayah benua Antartika. Pertama kali tumbuhan Anggrek Bulan ditemukan di daerah Maluku, dan tanaman ini termasuk ke dalam tumbuhan Epifit.

 

Definisi Manfaat

Tumbuhan anggrek bulan juga memiliki manfaat untuk dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena anggrek bulan memiliki warna yang indah. Perawatan anggrek cukup mudah dibandingkan dengan jenis bunga yang lainnya, misalnya seperti bunga mawar, bunga dahlia, bunga melati dan lain sebagainya. Kelebihan dari tanaman anggrek bulan yaitu tidak membutuhkan banyak ruang jika ingin menanamnya karena tumbuhan ini dapat hidup meski hanya di gantung di dalam pot.

 

Definisi Penutup

Bulan dapat dibudidaya karena hanya membutuhkan sistem yang sederhana, yaitu hanya dengan menyebarkan biji atau bibit tanaman bunga Anggrek Bulan dan hanya dengan menyetek. Media tanah yang digunakan untuk menanam bunga anggrek bulan yaitu arang kayu, serabut kelapa, potongan batu bata atau genting.

 

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kelapa

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Kelapa, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Cocos Nucifera atau pohon kelapa atau dapat pula disebut sebagai pohon mirror adalah tumbuhan palem yang memiliki batang tinggi, tinggi dari batang tersebut dapat mencapai hingga 3 meter. Tanaman kelapa memiliki daging buah yang berwarna putih dan mengandung air serta santan, buah yang tertutup oleh selaput dan dilindungi oleh tempurung yang keras.

 

Definisi Bagian

Tumbuhan kelapa terdiri dari buah kelapa, batang, ada juga akar. Tempurung dari buah kelapa dilapisi oleh adanya sabut. Dan daging buah kelapa berwarna putih serta memiliki air di dalam tempurung kelapa. Pada umumnya pohon pohon kelapa dapat dengan mudah ditemukan di daerah pesisir pantai.

 

Definisi Manfaat

Berdasarkan dari penelitian, kelapa dipercaya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit antara lain seperti penyakit TBC, luka bernanah, disentri, wasir dan lain sebagainya. Selain tumbuhan kelapa yang memiliki manfaat, buahnya juga kaya akan manfaat bagi kesehatan seperti dapat mengobati keracunan, hal tersebut dikarenakan buah kelapa dapat menetralkan racun yang ada di dalam tubuh manusia.

 

Definisi Penutup

Menurut para dokter diyakini bahwa kelapa dapat mencegah terjadinya gigi berlubang. Selain itu batang pohon kelapa juga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai pembungkus ketupat yang digunakan adalah janur, masih terdapat banyak lagi manfaatnya dimiliki oleh tumbuhan kelapa tidak hanya dari buahnya saja yang memiliki manfaat akan tetapi batang, daun juga dapat dimanfaatkan pula.

 

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Mawar

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Bunga Mawar, simak di bawah ini.

 

Definisi umum

Mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dan merupakan jenis tanaman semak dari Genus Rosa. Tanaman mawar memiliki tinggi kurang lebih sekitar 2-5 meter dan memiliki lebih dari 100 spesies. Tanaman bunga mawar yang memiliki batang yang dikelilingi oleh duri yang tajam, licin dan halus dan daun bunga mawar yaitu menyirip dan memiliki panjang kurang lebih sekitar 5-15 cm.

Bunga mawar memiliki berbagai jenis warna, seperti warna merah, warna putih, warna biru, warna merah muda, dan terdapat pula bunga mawar yang memiliki warna hitam. Pada bunga mawar memiliki mahkota bunga yang berjumlah 4 sampai 5 helai daun mahkota. Tumbuhan mawar dapat hidup pada daerah yang sejuk.

 

Definisi Bagian

Bunga mawar dapat dibudidayakan dengan cara menanam biji bibit bunga mawar, okulasi, dan dapat pula dengan cara stek batang. Perawatan yang paling utama dalam bunga mawar yaitu supaya tumbuhan ini dapat berdiri kokoh pada masa pertumbuhannya.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk merawat bunga mawar, salah satu diantaranya yaitu dengan cara rutin menyiram tanaman tersebut, dan memberi pupuk paling tidak 3-4 bulan sekali dengan dosis yang telah ditentukan dan tidak berlebihan.

Waktu yang paling tepat untuk menyiram bunga mawar yaitu pada pagi dan sore hari. Hal tersebut dikarenakan suhu udara pada waktu itu tidak terlalu panas. Dalam perawatan bunga mawar hanya perlu memangkas tangkai bunga mawar yang telah layu dan membuang bahan yang telah kering. Tujuan pemotongan batang yang telah layu yaitu supaya tumbuh menjadi tunas yang baru.

 

Bagian Manfaat

bunga mawar memiliki bentuk yang indah dan biasanya bunga ini dijadikan sebagai tanaman hias di sekitar rumah. Selain itu bunga mawar juga memiliki manfaat yaitu dapat dijadikan sebagai anti bakteri, anti depresan, anti peradangan, sumber vitamin C, dan anti viral.

Bunga mawar juga dapat dijadikan sebagai skin care atau produk kesehatan seperti moisturizer atau pelembab, parfum, sabun, toner. Selain itu bunga mawar juga dapat dijadikan sebagai sirup bunga mawar, selai, jelly dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman bunga mawar.

 

Bagian Penutup

Dapat disimpulkan setelah melakukan observasi secara menyeluruh terhadap bunga mawar, yaitu mawar adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki bentuk yang indah dan memiliki berbagai manfaat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Bangkai

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Bunga Bangkai, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Tanaman bunga bangkai atau yang memiliki nama Latin yaitu Rafflesia Arnoldi. Bunga bangkai atau raflesia arnoldi memiliki ukuran yang begitu besar serta dapat mengeluarkan bau yang tidak enak garis rambut dan sangat menyengat.

 

Definisi Bagian

Habitat asli dari bunga bangkai itu berada di hutan Sumatera. Akan tetapi setelah dilakukan konservasi bunga bangkai hidup di banyak tempat seperti di Hutan Raya Ir. Djuanda Bandung. Bunga bangkai dapat tumbuh tinggi mencapai hingga 4 meter.
Pada saat bunga bangkai mekar, kelopak yang terdapat pada bunga bangkai akan keluar dan akan berwarna putih padahal warna asli dari mahkotanya berwarna merah tua keunguan.

Bentuk dari bunga bangkai cukup besar dan cukup kokoh, bunga bangkai dapat bertahan hidup selama 7 hari dan setelah itu bunga bangkai akan mati. Oleh karena itu bunga bangkai atau raflesia Arnoldi dikatakan pula sebagai tanaman yang langka.

 

Definisi Manfaat

Bunga bangkai atau raflesia Arnoldi dikenal karena dapat mengeluarkan bau yang menyengat, bau menyengat tersebut dapat memberi manfaat dan dijadikan sebagai perlindungan bagi bunga bangkai tersebut dan dapat pula dijadikan sebagai alat untuk menarik perhatian dari serangga seperti lalat, kumbang supaya mendekat dan membantu terjadinya proses penyerbukan.

 

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Kantong Semar

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Kantong Semar, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Kantong Semar adalah tumbuhan jenis karnifornia, hal tersebut dikarenakan tumbuhan kantong semar hidup dengan cara memakan serangga serangga kecil seperti semut, lalat, lebah, dan serangga kecil yang lainnya.

 

Aspek yang Dilaporkan

Cara memangsa serangga oleh tumbuhan kantong semar sangatlah unik, tumbuhan ini memangsa dengan cara membuka kantong mulutnya dengan lebar, apabila terdapat serangga yang masuk ke dalam mulut tumbuhan kantong semar maka tumbuhan tersebut kemudian akan menutup kelopaknya.

Tumbuhan kantong semar saat ini mulai dikonservasikan di berbagai wilayah di Indonesia. Tujuan dilakukannya konservasi pada tumbuhan kantong semar ini itu supaya mencegah terjadinya kepunahan dan menjaga kelestarian dari kantong semar.

 

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Rumput

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Rumput, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Rumput adalah jenis tumbuhan monokotil yang memiliki daun dengan bentuk yang meruncing dan sempit tumbuhan ini dapat tumbuh dari dasar batang, tumbuhan rumput merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga poacae.

 

Definisi Bagian

Tempat tumbuhnya rumput biasanya ada pada lingkungan sekitar rumah dan tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 5-10 cm dan tumbuhnya tidak beraturan serta sulit untuk dikontrol.

Terdapat beberapa contoh jenis tumbuhan rumput yang dapat ditanam di Indonesia, antara lain seperti jenis rumput manila, rumput jepang, rumput gajah, rumput mini, rumput peking, rumput kucai, rumput ilalang, dan rumput teki.

 

Definisi Manfaat

Rumput biasanya ditanam dan dapat dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman obat, serta dapat pula dijadikan sebagai pakan ternak. Di Indonesia sendiri manfaat dari rumput dapat dijadikan sebagai pakan bagi hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, kuda kan yang lainnya.

Tumbuhan rumput juga dapat ditanam untuk dijadikan sebagai lanskap taman dan dapat pula dijadikan sebagai karpet taman, rumput memiliki warna daun yang hijau dan dapat menyejukkan mata orang yang melihatnya.
Rumput yang tumbuh pada tanah yang lapang dapat dibiarkan tumbuh secara liar dan dapat dijadikan sebagai pakan ternak.

Akan tetapi, rumput yang tumbuh liar pada lahan pertanian tentunya dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman sehingga tumbuhan rumput sering disebut juga sebagai tanaman atau gulma.

 

11. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Tomat

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Tomat, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Tumbuhan tomat atau yang memiliki nama Latin adalah Solanum Lycopersicum syn. Lycopersicum Esculenta merupakan termasuk tumbuhan yang berasal dari keluarga solanaceae. Tumbuhan tomat ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yaitu dari Meksiko sampai Peru. Tomat sendiri berasal dari kata Nahuatl, tomatl.

 

Definisi Bagian

Tumbuhan tomat merupakan jenis tumbuhan yang memiliki siklus hidup yang singkat, ukuran anne-marie tumbuhan tomat sekitar 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini dapat menghasilkan buah yang berwarna hijau, kuning dan merah yang biasanya buah tersebut dipakai sebagai sayur dalam suatu masakan atau dapat pula dimakan secara langsung.

Tumbuhan tomat hanya dapat dikonsumsi bagian buahnya saja sedangkan untuk bagian batang dan daun tidak dapat dikonsumsi hal tersebut dikarenakan batang dan daun dari tumbuhan tomat termasuk keluarga kentang dan terong yang mengandung zat Alkaloid.

Tumbuhan tomat memiliki banyak sekali jenis yang berbeda-beda dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Biasanya tomat dibedakan berdasarkan bentuk, penampilan serta ragam kegunaan yang dimiliki oleh tumbuhan tomat. Banyak sekali orang yang memanfaatkan tomat untuk dijadikan sayur ataupun buah yang dapat dimakan secara langsung.

Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tempat merupakan klasifikasi dari buah ataupun sayur, meskipun secara keseluruhan struktur dari tomat termasuk ke dalam jenis buah.

 

Deskripsi Manfaat

Tomat dapat dijadikan sebagai buah sekaligus juga sayuran yang banyak disukai oleh banyak orang. Tidak hanya itu, rumah juga memiliki manfaat seperti dapat dijadikan sebagai bumbu sayuran, dapat diawetkan dan kemudian menjadi makanan yang memiliki daya simpan yang lebih lama, dapat dijadikan jus, bahkan buah tomat banyak pula dijadikan sebagai bahan untuk merawat wajah.

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh buah tomat Karena terdapat kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang ada di dalam buah tomat.

 

12. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Buah Naga

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Buah Naga, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Buah naga adalah buah yang termasuk ke dalam jenis kaktus dari marga Hylocerreis dan Selenicereus. Terdapat banyak sekali jenis dari buah naga yang dibedakan berdasarkan manfaat, khasiat yang dimiliki oleh buah naga, dan sistem budidaya untuk merawat buah naga.

 

Definisi Bagian

Terdapat empat jenis buah naga yaitu 2 jenis buah naga yang memiliki daging berwarna merah dengan kulit yang berwarna merah muda atau merah. Dan terdapat dua jenis buah naga yang memiliki daging berwarna putih dengan warna kulit merah atau kuning. Jenis-jenis buah naga ini pada umumnya mempunyai manfaat yang yang baik untuk kesehatan, mungkin terdapat pula sedikit perbedaan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh setiap jenis buah naga.

 

Deskripsi Manfaat

Buah naga memiliki khasiat antara lain dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, mencegah serta dapat mengatasi penyakit diabetes, dan kandungan yang dimiliki oleh buah naga sangat baik untuk kesehatan jantung.

 

Penutup

Mulai dari batang buah, daging buah, sampai kulit buah naga memiliki banyak sekali manfaat dan juga terdapat kandungan vitamin serta zat yang baik apabila dikonsumsi. Buah naga juga direkomendasikan oleh dokter karena dapat dijadikan sebagai bahan terapi dalam menyembuhkan suatu penyakit.

 

13. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Anggur

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Anggur, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Anggur merupakan tumbuhan yang masuk kedalam jenis tanaman buah berupa perdu yang merambat dan termasuk ke dalam jenis keluarga Vitaceae. Tanaman anggur sendiri telah dibudidayakan sejak pada tahun 4000 SM di wilayah Timur Tengah. Berdasarkan dari jenisnya kamu dapat dibagi menjadi tiga macam antara lain yaitu anggur Merah, anggur hijau, dan anggur hitam.

 

Definisi Bagian

Jenis anggur merah merupakan anggur yang paling terkenal dan paling diminati oleh banyak orang. Jenis anggur ini memiliki banyak sekali manfaat dibandingkan dengan jenis anggur yang lain, Selain itu kalori yang dimiliki oleh anggur Merah lebih rendah dibandingkan dengan anggur hijau.

Anggur hijau merupakan jenis anggur yang memiliki rasa asam dan sedikit manis, akan tetapi nilai gizi yang dimiliki oleh buah anggur hijau tinggi.

Seperti namanya yaitu anggur hitam kulit yang dimiliki oleh anggur ini berwarna hitam akan tetapi memiliki ukuran yang sama seperti anggur yang lainnya, biasanya jenis anggur hitam tidak terdapat biji dalam buahnya. Dan jenis anggur hitam memiliki rasa yang lebih manis dan lebih segar dari anggur jenis yang lain.

 

Definisi Manfaat

Tentunya semua jenis anggur memiliki banyak sekali manfaat. Buah anggur mempunyai kandungan vitamin serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh serta kesehatan kulit manusia. Selain itu bentuk serta warna dari anggur menjadi daya tarik tersendiri oleh banyak orang untuk mengkonsumsinya.

 

14. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Damar

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Damar , simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Tumbuhan damar merupakan tumbuhan yang pada zaman dahulu sangat mudah ditemukan di beberapa wilayah daerah di Indonesia seperti di daerah Ternate, Lampung, dan samar. Pohon damar dapat mencapai ketinggian sekitar 60 meter pada masa pertumbuhannya.

 

Aspek yang Dilaporkan

Tumbuhan damar saat ini sudah semakin langka karena telah banyak dilakukan pengeksploitasian yang secara berlebihan an-naml dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Cairan pada pohon damar atau yang disebut sebagai getah pohon damar dapat dimanfaatkan dalam pembuatan bahan baku vernis, kaca, dan pelapis kertas.

 

15. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Cendana

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Cendana, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Pohon cendana merupakan jenis pepohonan yang banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh pohon ini antara lain dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan dupa, aromaterapi, rempah-rempah, dan manfaat yang lainnya.

 

Aspek yang Dilaporkan

Hal tersebut yang menjadikan pohon cendana kini telah banyak dieksploitasi oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab. Selain karena hal itu, pohon cendana juga tidak mudah untuk dibudidayakan sehingga membuat populasi pohon cendana menjadi semakin berkurang dan bahkan pohon cendana hampir mengalami kepunahan.

 

16. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Jeruk

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Jeruk, simak di bawah ini.

 

Definisi Umum

Jeruk atau harimau merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari wilayah Asia yang memiliki rasa asam namun segar. Rasa asam yang dihasilkan oleh buah jeruk berasal dari kandungan asam sitrat yang ada di dalam buah jeruk. Jeruk sendiri merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis keluarga Citrus dari suku Rutaceae.

Curug sendiri memiliki berbagai macam jenis diantaranya seperti jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk manis dan yang lainnya.

 

Definisi Bagian

Jeruk nipis yang memiliki nama Latin Citrus Aurantifolia merupakan jeruk yang sering digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan es jeruk atau dapat dijadikan pula sebagai bahan masakan. Jenis buah jeruk nipis memiliki warna hijau, kuning atau pakan perpaduan antara warna hijau dan warna kuning dalam satu buah.

Jeruk lemon yang memiliki nama ilmiah Citrus Limon merupakan buah ah yang khas dan banyak pula dimanfaatkan oleh masyarakat. Warna dari buah ini yaitu kuning atau hijau. Bentuk buah jeruk lemon seperti tabung namun lebih panjang atau lonjong dibandingkan dengan jenis buah jeruk yang lain.

Untuk jenis jeruk manis mempunyai ciri-ciri apabila jeruknya telah matang maka akan berwarna kuning kehijauan, sedangkan jika jeruk ini belum matang maka akan berwarna hijau, memiliki daging yang tebal yang berwarna kuning atau jingga dan mempunyai biji yang sedikit, memiliki kulit yang tipis.

 

Deskripsi Manfaat

Setelah kita ketahui bahwa terdapat berbagai jenis jeruk dan berbagai manfaat yang dimiliki oleh setiap jenis jeruk. Yang mana dapat diambil inti dari keseluruhan bahwa secara umum buah jeruk dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, dapat menjaga kesehatan pernapasan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan imunitas, dan masih terdapat banyak lagi manfaat dari buah jeruk yang lainnya.

 

Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang contoh teks laporan hasil observasi tumbuhan. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi kamu dalam belajar, semoga kamu dapat memahami penjelasan yang telah disampaikan dalam artikel ini. Mohon maaf apabila terdapat penjelasan yang kurang dipahami. Sekian, terima kasih.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight