Sandy Kurnia Fajar Hobi ngegame, jadi top player dan disayang mamah. Biar jadi orang yang berguna bagi banyak orang.

25+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Lengkap 2020

33 min read

contoh teks laporan hasil observasi

Teks Laporan Hasil Observasi – Observasi adalah suatu istilah yang biasa digunakan untuk menjelaskan suatu aktivitas atau kegiatan yang dimana menggunakan suatu metode di mana hal itu mempunyai tujuan untuk memahami, mengidentifikasi, atau mengenali suatu objek yang dilaksanakan karena hal tertentu sehingga dapat mencapai tujuan yang di inginkan.

Bisa juga dikatakan secara lebih singkat jika observasi adalah Suatu bentuk metode yang dapat kita gunakan dari objek tertentu ketika sedang melaksanakan upaya ataupun proses pengumpulan informasi dari objek tersebut.

Nah Pada kesempatan kali ini Pintarnesia akan berbagi artikel berkaitan dengan observasi. artikel kali ini akan mengulas mengenai beberapa Contoh Teks Laporan Hasil Observasi. Oke, silakan teman-teman simak ulasannya di bawah ini dengan baik dan benar ya.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Seperti yang sudah pada bagian awal artikel Pintarnesia singgung tadi mengenai apa itu. observasi konservasi merupakan kegiatan yang dilakukan menggunakan metode tertentu ketika akan mengumpulkan informasi dari suatu objek.

Sedangkan pengertian teks laporan hasil observasi adalah suatu bentuk teks yang di dalamnya berisi dan memuat laporan dari kegiatan observasi yang sudah dilakukan sebelum teks tersebut ditulis ataupun sedang dilakukan.

Teks laporan hasil observasi biasanya juga disebut sebagai teks klasifikasi atau teks pengelompokan. Hal ini dikarenakan teks laporan hasil observasi umumnya memuat tentang klasifikasi dari objek yang di observasi dan diteliti.

Nah berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang dapat Pintarnesia berikan untuk teman teman semuanya. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Berbagai Macam Jenis :

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Pemanasan Global

Kalian pasti sering mendengar istilah Global Warming bukan?, istilah tersebut sama artinya dengan Pemanasan global jika dalam bahasa Indonesia.

Secara umum pengertian Pemanasan Global adalah suatu bentuk proses dimana suhu rata-rata pada atmosfer, laut, serta daratan Bumi mengalami peningkatan secara terus menerus.

Nah di bagian contoh teks laporan hasil observasi yang pertama, Pintarnesia berikan contoh teks laporan hasil observasi tentang pemanasan global. Contoh Teks Teks Laporan Hasil Observasi Pemanasan Global :

Laporan Hasil Observasi Pemanasan Global

Pemanasan global secara istilah sering disebut dengan global warming yakni sebuah proses meningkatnya suhu bumi setiap tahunnya yang diakibatkan meningkatnya gas buang karbon yang salah satunya berasal dari aktivitas industri. Terjadinya pemanasan global akibat adanya efek gas rumah kaca yang berupa gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), serta gas metan.

contoh teks laporan hasil obeservasi

Gas-gas tersebut yang menimbulkan greenhouse effect atau dalam bahasa Indonesianya efek gas rumah kaca pada atmosfer bumi sehingga sinar uv tertahan dari dalam atmosfer. Hal tersebut akan menyebabkan kenaikan suhu rata-rata di bumi.

Sehingga jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, akan mengakibatkan meningkat naiknya air permukaan laut akibat dari es kutub utara dan selatan yang mencair.

Selain itu pemanasan global pun juga diakibatkan oleh penguraiannya ozon (O3) menjadi oksigen (O2) serta unsur O.

Jadi ozon tidak bisa menangkal dari sinar UV sehingga secara langsung akan menembus ke permukaan bumi.

Sedangkan penyebab utamanya sendiri dari efek rumah kaca ini adalah oleh perilaku manusia itu sendiri salah satunya adalah penebangan pohon dan pemakaian listrik secara berlebihan.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Sampah

Pengertian sampah adalah suatu bentuk material sisa yang sudah tidak diinginkan lagi ketika berakhirnya suatu proses atau siklus. Definisi sampah sendiri menurut manusia didasarkan dari derajat fungsinya.

Jika dalam proses alam secara nyata, sebenarnya tidak ada istilah yang menyebutkan suatu objek sebagai sampah, yang ada hanyalah produk sisa dari hasil proses alam yang telah terjadi.

Contoh teks LHO yang kedua dari Pintarnesia di bawah ini adalah contoh teks laporan hasil observasi yang berisi mengenai sampai. Berikut Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah :

Laporan Hasil Observasi Sampah

Sampah merupakan bahan yang terbuang atau yang sengaja dibuang yang berasal dari hasil aktivitas manusia maupun dari proses alam yang belum mempunyai nilai ekonomis.

Definisi lainnya sampah merupakan sisa material yang tidak diinginkan dan ciri dari berakhirnya suatu proses. Sampah sendiri bisa berasal dari alam, konsumsi, manusia, nuklir, industri, serta pertambangan.

Berdasarkan sifatnya sendiri, sampah dapat dibagi menjadi dua jenis yakni sampah organik dan sampah non organik.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan serta sampah yang mudah membusuk seperti sisa dari makanan, sayuran, dan daun kering.

Sedangkan sampah non organik sendiri merupakan sampah yang tidak dapat diuraikan dan tidak bisa membusuk seperti plastik dan kayu.

Untuk sampah organik sendiri biasanya dapat dimanfaatkan kembali menjadi pupuk kompos yang berguna bagi tanaman atau tumbuhan.

Sedangkan untuk sampah non organik sendiri biasanya dijadikan bahan dasar daur ulang yang dapat dijadikan peluang usaha.

Berdasarkan bentuknya sendiri sampah dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yakni diantaranya: sampah padat, sampah cair, sampah alam, sampah manusia, sampah konsumsi, dan limbah radioaktif.

Di zaman yang sudah semakin canggih ini, semakin banyak manusia yang tidak sadar akan menjaga kebersihannya. Yakni salah satunya dengan tidak membuang sampah pada tempatnya.

Mereka menghiraukan pencemaran lingkungan yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, banyak juga cara membuang sampah yang salah satunya yakni membuang sampah dengan cara dibakar, hal tersebut tentu akan merusak lingkungan.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Alam

Secara luas pengertian alam adalah istilah yang satu level atau setara dengan istilah dunia alam, dunia materi, dan dunia fisik. Dimana hal tersebut cenderung mengacu kepada bentuk fenomena dunia fisik di dalam kehidupan secara umum. Skala alam dapat terbentang dari sub-atomik hingga kosmik.

Manusia sendiri merupakan bagian penting yang ada di dalam alam, tetapi sering juga kegiatan yang dilakukan manusia di klaim sebagai suatu fenomena yang berbeda dari alam.

Jika di atas adalah Contoh Teks LHO Tentang Sampah yang masih sedikit berhubungan juga dengan alam, di contoh yang ketiga ini Pintarnesia berikan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam. Berikut Contoh Teks LHO Tentang Alam:

Laporan Hasil Observasi Alam

Bulan merupakan satu-satunya satelit alami yang diperuntukkan untuk bumi. Untuk Bulan sendiri menjadi satelit terbesar ke lima dalam urutan tata surya.

Bulan juga tidak selalu berada di belahan bumi yang sama, karena bulan sendiri berputar mengelilingi porosnya yakni bumi. Itulah sebabnya kita senantiasa melihat bulan di malam hari, serta cahaya yang dipancarkannya merupakan pancaran dari cahaya matahari.

Jarak antara bumi dan bulan sendiri sangat jauh yakni sekitar 384.405 km yakni tiga puluh kali diameter bumi. sedangkan untuk diameternya sendiri yakni 3.474 km. Bulan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari.

Sedangkan untuk variasi periodik antara bumi, bulan dan matahari tersebut bertanggung jawab pada fase bulan yang selalu berulang sebanyak 29,5 hari.

contoh teks laporan hasil obeservasi

Bulan yang ditarik oleh gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi karena gaya sentrifugalnya yang diakibatkan dari bulan mengelilingi bumi.

Sedangkan besarnya gaya sentrifugal bulan sendiri sedikit lebih besar dari gaya gravitasi antara bumi dan bulan. Hal tersebut yang menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 cm per tahunnya. Di bulan sendiri tidak ada kehidupan sama sekali.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Hewan

Binatang atau sering juga disebut sebagai Hewan adalah suatu kelompok organisme yang telah diklasifikasikan pada kerajaan Animalia dan metazoa.

Tidak hanya manusia yang menjadi bagian alam seperti yang dijelaskan sebelumnya pada contoh teks lho mengenai alam, hewan juga merupakan salah satu komponen penting yang menjadi makhluk hidup dari bagian alam. Fauna adalah istilah lain yang digunakan untuk menyebut hewan.

Pada contoh teks lho yang keempat ini Pintarnesia akan memberikan contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan. Berikut di bawah ini merupakan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan:

Laporan Hasil Observasi Beruang Madu

Beruang madu sendiri merupakan jenis beruang terkecil yang terdapat di dunia. Tinggi tubuhnya hanya berkisar diangka 140 cm saja, dengan tinggi punggung 70 cm, serta bobot antara 50 sampai 65 kg.

Bulu beruang madu pun cendrung pendek namun berkilau dan terlihat menutupi seluruh tubuh beruang madu sendiri kecuali pada bagian telapak kaki. Ciri khusus yang ada di hewan ini pun antara lain mempunyai warna jingga yang berada tepat dibawah lehernya.

Hewan ini hidup di pepohonan. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan 48 km/jam serta mempunyai tenaga yang amat kuat. Hal tersebut karena hewan ini tergolong hewan mamalia. Betina-betina beruang madu menyusui bayi mereka selepas beranak.

Beruang madu juga termasuk kedalam tergolong pemakan segala. Mereka tidak hanya mengkonsumsi madu sesuai namanya, namun mereka juga memakan beragam buah serta tumbuhan dalam hutan hujan tropis, termasuk juga tumbuhan jenis palem.

Selain madu dan tanaman, beruang madu pun senang memakan serangga, burung, serta binatang-binatang kecil lainnya.

Meski tenaga hewan ini sangat kuat, namun beruang madu tergolong kedalam binatang yang mudah diserang.

Sehingga mereka juga terancam punah karena habitat aslinya telah hilang dan rusak. Namun ada beberapa negara tertentu yang masih menjaga populitas beruang madu ini agar tidak punah.

 

Laporan Hasil Observasi Komodo

Tahukah anda, Komodo adalah jenis hewan melata terbesar di Indonesia yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Komodo hidup di semak-semak belukar dan di sejumlah hutan yang ada di Indonesia.

Komodo juga dianggap sebagai hewan melata terberat di Indonesia karena memiliki berat tubuh sekitar 100 kg atau lebih.

Komodo yang paling besar di Indonesia dan pernah diukur tinggi serta beratnya yaitu beratnya mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai tiga meter, tetapi umumnya panjang dan berat binatang komodo ini hanya sekitar 2,5 meter dengan berat sekitar 91 kilogram.

Namun, untuk beberapa jenis komodo memang ada yang mencapai panjang dan berat melebihi rata-rata.

Komodo memiliki jenis kulit yang bersisik, warnanya abu-abu, bentuk moncongnya lancip, bagian tungkai lengannya kuat, dan memiliki ekor yang berotot.

Untuk mendeteksi keberadaan mangsanya yaitu bangkai binatang, komodo menggunakan indera penciumannya yang cukup kuat. Walaupun jaraknya beberapa meter di depan namun ia sudah dapat menciumnya.

Selain itu, komodo juga bisa memangsa binatang melata lainnya seperti jenis-jenis binatang mamalia yang berukuran besar. Hampir di semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi sehingga bagian giginya tidak terlihat.

Uniknya, saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah karena hal itu menjadi media yang ideal untuk berkembangnya bakteri yang berbahaya.

Bakteri yang hidup di dalam mulut komodo tersebut, akan menyebabkan darah korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.

Namun sayangnya, binatang melata ini terancam punah. Hal ini disebabkan oleh para pemburu binatang yang tidak bertanggung jawab sehingga habitatnya menjadi rusak.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Tumbuhan

Pasti ada di antara kita yang pernah mendengar istilah flora dan fauna, jika di atas telah dijelaskan jika fauna adalah sebutan lain untuk binatang.

Maka flora adalah istilah yang digunakan untuk alternatif lain ketika akan menyebutkan tumbuhan. Tumbuhan adalah objek komponen alam yang termasuk kedalam satu makhluk hidup.

Umumnya tumbuhan mempunyai bagian batang, daun, dan akar. Pada contoh yang kelima teks laporan observasi ini, Pintarnesia memberikan contoh teks hasil observasi mengenai tumbuhan. Berikut di bawah ini adalah Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan:

Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Bunga Bangkai (Raflesia)

Raflesia arnoldi atau yang sering biasa disebut dengan bunga bangkai merupakan jenis bunga yang ukurannya sangat besar sekali dan mempunyai bau yang tidak sedap.

Bau tak sedap itu sangat menyengat sekali namun mempunyai fungsi sebagai penarik perhatian binatang seperti lalat dan serangga yang lainnya yang dapat membantu proses penyerbukan bunga.

Pada awalnya, bunga ini tumbuh dan berkembang di hutan Sumatera, namun karena terjadinya kepunahan maka bunga tersebut dipindahkan ke Bandung. Menurut hasil dari observasi, saat bunga ini mekar kelopaknya akan berwarna putih.

Sedangkan untuk mahkotanya sendiri akan berwarna merah keunguan. Tampilan bunga ini sangat kokoh, namun ketahanan hidupnya hanya 7 hari saja.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Mengenai Hewan

Masih dengan contoh teks laporan hasil observasi yang berhubungan dengan hewan lagi seperti pada contoh teks laporan hasil observasi yang keempat, berikut di bawah ini Pintarnesia juga memberikan contoh teks laporan observasi yang berkaitan dengan fauna.

Ayam merupakan hewan yang sudah sangat familiar di lingkungan kita dapat dengan mudah untuk di temui. Nah pada contoh yang ke enam ini, Pintarnesia memberikan Contoh Teks Laporan hasil Observasi Pendek Tentang Ayam. Contoh Teks LHO Pendek:

Teks Hasil Observasi Ayam

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang dapat dipelihara oleh orang dengan mudahnya, ayam bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia.

Ayam sering dijadikan untuk hewan ternak, ini karena daging ayam dan telur ayam dapat dikonsumsi oleh manusia dan bisa di jadikan berbagai macam olahan masakan yang sangat lezat. Ayam sendiri ada 2 jenis yaitu ayam petelur dan ayam pedaging.

contoh teks laporan hasil obeservasi

Ayam memiliki bagian tubuh seperti jengger (bagian jambul ayam), jalu (bagian jari yang ada di belakang kaki ayam), ayam juga memiliki bulu yang melekat di tubuhnya dengan warna yang cukup bervariasi, tetapi umumnya bulu ayam memiliki warna merah, hitam, putih, cokelat, dan kuning keemasan.

Terdapat 3 jari pada 2 kaki ayam, dan ditambah lagi ada satu di bagian belakang kakinya yang disebut sebagai jalu. Ayam sangat identik sebagai hewan yang membangunkan orang ketika tidur di pagi hari.

Daging yang dihasilkan ayam memiliki berbagai macam manfaat seperti menambah kekuatan sistem untuk kekebalan tubuh manusia, selain itu telur ayam juga tidak kalah dari daging ayam, telur ayam akan sangat cocok digunakan untuk makanan konsumsi bagi orang yang ingin melakukan diet sehat.

Baca Juga: 14+ Contoh Proposal Kegiatan.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Pendek Mengenai Bumi dan Bulan

Bumi adalah planet tempat kita tinggal saat ini, bumi merupakan planet nomor tiga dari matahari dan bumi adalah planet terbesar nomor 5 dari 8 planet yang ada di tata surya kita ini.

Saat ini pengetahuan kita mengklaim jika bumi adalah planet paling padat yang ada di jagat raya ini, hal tersebut bisa saja benar bisa saja salah, karena seperti yang kita tahu jika dunia ini sangat luas, kita bagaikan debu di lautan samudra yang luas.

Bumi juga umum disebut sebagai ‘Dunia’ atau istilah lain dalam keplanetan bumi adalah planet biru. Di luar bumi ada objek yang berukuran lebih kecil dari bumi yaitu bulan, bulan adalah suatu satelit tunggal yang dimiliki oleh bumi.

Nah berikut di contoh teks Laporan Hasil Observasi yang ke tujuh ini Pintarnesia, Berikut Pintarnesia berikan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Bulan dan Bumi:

Teks Hasil Observasi Bumi dan Bulan

Bulan merupakan satu-satunya satelit yang alami untuk bumi. Bulan menjadi satelit terbesar ke lima dalam tata surya. Bulan juga tidak selalu berada di belahan bumi yang sama karena bulan berputar mengelilingi porosnya yaitu bumi.

Itulah sebabnya kita selalu melihat bulan di malam hari, dan cahaya yang dipancarkan bulan merupakan cahaya dari matahari.

Jarak antara bumi dan bulan sangat jauh yaitu sekitar 384.405 kilometer (tiga puluh kali diameter bumi), sedangkan diameter bulan yaitu 3474 kilometer.

Bulan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari, dan variasi periodik antara bumi, bulan dan matahari tersebut bertanggung jawab pada fase bulan yang selalu berulang sebanyak 29,5 hari.

Bulan yang ditarik oleh gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi karena gaya sentrifugal yang timbul dari bulan mengelilingi bumi. Kemudian besarnya gaya sentrifugal bulan sedikit lebih besar dari gaya gravitasi antara bumi dan bulan.

Hal itulah yang menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 sentimeter per tahunnya. Di bulan tidak tidak ada kehidupan sama sekali.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Yang Baik dan Benar Mengenai Buah

Di atas tadi pada bagian Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan, telah disebutkan jika buah merupakan salah satu bagian yang umumnya terdapat pada suatu tumbuhan.

Buah adalah salah satu organ yang terdapat pada tumbuhan yang berbunga, dimana bagian ini adalah perkembangan dari ovarium tumbuhan (bakal buah).

Umumnya buah cenderung membungkus bagian biji supaya dapat terlindungi. Buah sendiri jika di konsumsi manusia bisa memberikan begitu banyak manfaat dan kegunaan bagi tubuh, terutama pada kesehatan tubuh manusia.

Di contoh teks laporan hasil observasi yang ke delapan ini, Pintarnesia memberikan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Buah Yang Baik dan Benar. Contoh Teks LHO Mengenai Buah:

Teks Hasil Observasi Jeruk

Jeruk atau limau adalah tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia dengan buah rasa masam yang segar. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang ada pada jeruk. Jeruk merupakan anggota marga citrus dari suku Rutaceae.

Jeruk memiliki berbagai macam jenis, diantaranya yaitu jeruk manis, jeruk nipis, jeruk lemon.

Jeruk manis memiliki ciri-ciri warna kematangan kuning kehijauan, jika belum matang, jeruk manis warnanya hijau, memiliki kulit tipis, daging tebal berwarna kuning atau jingga dan biji jarang.

Jeruk lemon memiliki nama ilmiah citrus limon yang buahnya berbentuk sangat khas. Biasanya berwarna kuning atau hijau dengan bentuk seperti tabung, lebih panjang atau lonjong daripada buah jeruk lainnya.

Jeruk nipis mempunyai nama citrus aurantifolia. Jeruk ini sering digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan es jeruk dan bahan masakan. Warna buah ini ada yang hijau, kuning ataupun perpaduan antara hijau dan kuning.

contoh teks laporan hasil obeservasi 4

Setelah mengetahui berbagai jenis jeruk, kita tentunya dapat mengetahui berbagai macam manfaat dari jeruk tersebut.

Secara umum jeruk dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan pernapasan, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan masih banyak manfaat lainnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi jeruk sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu pembelajaran mulai dari keterampilan, pengetahuan, keterampilan, hingga kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok orang. Pendidikan diturunkan dari generasi yang satu ke generasi lain berikutnya melewati proses pengajaran, penelitian, maupun pelatihan.

Sekolah adalah suatu lembaga yang diperlukan oleh para siswa untuk melakukan kegiatan belajar di bawah bimbingan serta pengawasan dari guru. Hampir semua negara besar yang ada di dunia mempunyai sistem pendidikan formal umumnya bersifat wajib.

Di dalam suatu sekolah siswa di harapkan dapat mengalami perubahan untuk menjadi lebih maju daripada sebelum mereka melakukan aktivitas dan kegiatan di sekolah.

Nah contoh teks laporan hasil observasi dari Pintarnesia yang kesembilan ini berkaitan dengan pendidikan. Berikut merupakan contoh teks laporan hasil observasi tentang sekolah:

Teks Hasil Observasi Sekolah

SMP Padamulya Bandung yang tepat berlokasi di Jalan Macan No. 25 Bandung ini merupakan salah satu sekolah yang mempunyai kondisi lingkungan sehat serta bersih.

Hal tersebut karena sekolah ini mempunyai 2 jenis lingkungan yaitu lingkungan hidup atau benda hidup yang disebut juga biotik dan lingkungan mati atau benda mati yang sering disebut dengan abiotik.

Lingkungan hidup di sekolah tersebut meliputi tanaman-tanaman hias serta pohon-pohon besar yang terawat dengan baik dan apik. Pohon-pohon tersebut berhasil menaungi lingkungan sekolah sehingga sekolah tersebut menjadi teduh dan sejuk.

Sedangkan untuk lingkungan mati atau benda mati sendiri terdiri dari gedung sekolah, peralatan sekolah, serta properti sekolah.

Lingkungan hidup disini pun dimulai dari halaman depan sekolah. Disana terdapat berbagai macam tanaman hias yang sangat indah untuk dipandang.

Tanaman hias tersebut disimpan di beberapa tempat yang tersebar di lingkungan sekolah. Misalnya didepan ruang guru, didepan kelas, serta di ruang kepala sekolah.

Jenis tanaman yang ada di SMP Padamulya Bandung ini sangat beragam diantaranya adalah tanaman bougenville, bunga mawar, bunga lili, bunga asoka, bunga anggrek, bunga kembang sepatu, bunga amarilis, serta bunga kemuning semua bunga tersebut dirawat dengan baik sehingga tertata dengan cantik. Baik di halaman sekolah maupun didalam ruangan.

Sedangkan untuk jenis pohon besar yang ada di SMP Padamulya Bandung sendiri terdiri dari pohon bambu jepang yang mempunyai ukuran kecil, pohon mangga, pohon beringin karet, pohon bambu kuning, pohon beringin, pohon cemara, pohon jeruk, serta masih banyak pohon yang lainnya.

Yang uniknya lagi, di halaman belakang pekarangan kelas sendiri terdapat beberapa tanaman yakni singkong dan jagung.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Hasil dari kebun tersebut biasanya digunakan untuk keperluan penelitian biologi serta dikonsumsi bersama oleh para siswa dan guru.

Untuk lingkungan benda matinya sendiri terdapat gedung sekolah yang terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas siswa, ruang tata usaha, perpustakaan, UKS, aula, koperasi, kantin, kamar mandi serta gudang.

Sedangkan untuk peralatan yang terdapat di sekolah tersebut antara lain meja dan kursi baik bagi para siswa maupun para guru, lemari buku, papan tulis, layar LCD proyektor, globe, alat-alat peraga untuk keperluan pelajaran biologi, serta peralatan lainnya yang mendukung pembelajaran.

Selain itu, terdapat juga peralatan olahraga seperti bola sepak, bola basket dan ringnya, bola voli dan jaringnya, bola tenis, jaring bulu tangkis, dan masih banyak lagi peralatan olahraga yang lainnya.

Dibagian lapangnya sendiri terdapat lapangan olahraga yang dapat digunakan untuk bermain voli, basket, sepak bola, lapangan upacara, serta lapangan khusus untuk tempat parkir kendaraan para siswa dan guru.

Demikianlah hasil observasi dari lingkungan SMP Padamulya Bandung yang terdiri dari lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati.

Agar kedua jenis lingkungan tersebut dapat digunakan dengan baik, maka diperlukan kesadaran dari seluruh warga sekolah SMP Padamulya Bandung sendiri untuk memelihara dan merawat lingkungannya agar tetap bersih, rapih, serta asri.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Lingkungan di Desa

Desa adalah suatu bentuk kesatuan masyarakat hukum yang ada batas – batas wilayah serta berwenang untuk dapat mengatur sekaligus mengurus seluruh kepentingan masyarakat yang ada di wilayah setempat.

Desa sendiri berdasarkan oleh asal – usul dan adat istiadat pada wilayah setempat yang diakui serta dihormati pada sistem Pemerintahan Negara Republik Indonesia.

Nah contoh teks laporan hasil observasi yang kesepuluh ini Pintarnesia memberikan contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan di desa. Contoh Teks LHO Desa:

Teks Hasil Observasi Dusun Serut Tulungagung

Dusun serut merupakan salah satu dusun yang terletak di desa Tapan, kecamatan Kedungwaru, kota Tulungagung.

Dinamai sebagai dusun serut karena pada mulanya, wilayah ini merupakan hutan serut (tanaman yang populer untuk dijadikan bonsai). Meski demikian, tanaman serut yang tumbuh liar di dusun ini sudah tidak bisa ditemukan lagi.

Dusun serut ini bisa dibilang lebih maju jika dibandingkan dengan dusun lainnya di desa Tapan karena kawasan ini merupakan kawasan industri dimana terdapat 5 buah pabrik yang masih beroperasi, diantaranya adalah pabrik kertas Setia Kawan, Pabrik mie bihun (2 buah), pabrik daur ulang limbah kertas, dan pabrik kacang atom.

Pabrik-pabrik tersebut banyak menyerap tenaga kerja yang tak hanya berasal dari warga dusun serut, namun juga warga desa lain dan bahkan dari kota lain.

Selain terdapat banyak pabrik, dusun serut juga merupakan area perkebunan tebu, bawang merah, dan area pembudidayaan bonsai dan pohon hias untuk diimport ke luar negri.

Sehingga, dusun ini masih terlihat asri dan banyak tanaman meski banyak terdapat pabrik. Namun tak bisa dipungkiri keberadaan pabrik-pabrik tersebut, terutama pabrik kertas, sedikit banyak telah mencemari lingkungan.

Dusun serut terbagi menjadi 2 wilayah, yakni dusun Serut Lor (utara) dan Serut Kidul (selatan). Wilayah ini sebenarnya hanyalah wilayah semu yang tak memiliki penanda jelas.

Pembagian ini hanya berdasarkan letak pemukiman yang mula-mula hanya berkisar di area pinggir jalan gang. Sementara gang masuk di dusun ini hanya 2 saja, yakni gang utara dan gang selatan.

Gang ini bukanlah jalan sempit, melainkan jalan besar yang bisa dilewati oleh kendaraan berat seperti truk gandeng dan bahkan dua buah truk besar masih bisa berpapasan.

Sebagian besar area di dusun serut merupakan area perkebunan tebu dan area penanaman bonsai serta pohon hias.

Jumlah KK di dusun ini tidaklah banyak meski areanya bisa dibilang luas. Sebagian besar rumah warga berada di pinggir jalan raya (jalan lintas provinsi) serta jalan gang masuk dusun sebagaimana telah disinggung di atas.

Namun belakangan ini baru muncul 3 lokasi perumahan dan 2 diantaranya telah berpenghuni sementara 1 titik terakhir masih dalam tahap pembangunan.

Dengan adannya perumahan ini, rumah warga tidak identik berada di pinggir jalan karena lahan belakang rumah yang mula-mula merupakan kebun tebu telah disulap menjadi pemukiman baru.

Sebelum perumahan-perumahan tersebut muncul, dusun tapan merupakan dusun yang kaya akan lahan tebu, namun karena produksi gula di kota tulungagung menurun, secara otomatis perkebunan tebu mulai lesu dan lahan-lahan tebu tersebut sebagian telah dipergunakan untuk menanam tanaman lain seperti bawang merah dan disewakan untuk budidaya bonsai dan pohon hias.

Area untuk budidaya ini tidaklah sempit, melainkan berhektar-hektar yang kurang lebih hampir separuh dari lahan yang digunakan untuk perkebunan dan pertanian.

Dua gang utama di dusun ini sering kali rusak parah akibat seringnya truk besar bermuatan berat lewat. Truk-truk tersebut membawa muatan untuk keluar masuk pabrik.

Meski pihak pabrik ikut andil dalam pengaspalan jalan, namun dalam beberapa musim saja jalanan sudah kembali rusak.

Apalagi di dusun ini juga terdapat beberapa garasi truk besar serta garasi bus. Tak jarang truk-truk tersebut di parkir di pinggir jalan meski hal itu mengganggu warga yang akan lewat.

Namun karena para pengusaha tersebut menyumbang cukup besar untuk pembangunan dusun, maka warga sejauh ini belum ada yang komplain.

Selain rusaknya infrastruktur jalan, keberadaan pabrik kertas yang beroperasi setiap hari telah mencemari beberapa wilayah terutama di sungai Brantas yang melewati dusun ini.

Sungai Brantas tersebut berada di sebelah utara dusun dan menjadi pembatas dusun dengan wilayah lain.

Oleh karena pabrik tersebut di bangun di area dekat sungai, pihak pabrik membuang limbah kertas ke sungai dan hal tersebut sudah pasti mengotori sungai.

Limbah tersebut memang tidak terlalu berbahaya bagi satwa dan tanaman di sekitar sungai karena sejauh ini tidak ada indikasi satwa yang mati karena limbah tersebut, namun banyaknya limbah membuat area di sekitar dan tepi sungai tersebut penuh dengan lendir kertas.

Sekali lagi tak ada komplain dari warga dan pemerintah daerah terkait hal tersebut. Untungnya di dusun ini terdapat lahan untuk membudidayakan bonsai dan pohon hias.

Keberadaan bonsai dan pohon hias yang dibesarkan terlebih dahulu sebelum dijadikan produk import telah menyumbangkan keasrian dan keindahan di lingkungan ini.

Tak jarang ketika sore hari banyak warga yang entah dari mana datangnya mampir dan berselfie ria di area ini, terutama di area penanaman pohon asoka yang tak pernah berhenti berbunga.

Wilayah ini menjadi semacam tempat rekreasi gratis untuk menikmati sore hari bersama tanaman-tanaman yang indah.

Sebagian besar warga dusun serut tidak menggunakan jasa tukang sampah.

Masyarakat cenderung mengelola sampah rumah tangga masing-masing dengan cara membakarnya.

Hal ini tentu menyebabkan polusi udara. Padahal, aktivitas bakar sampah ini biasanya dilakukan di pagi hari atau sore hari sehingga pada jam-jam tersebut, banyak asap yang mengepul dari pekarangan rumah masing-masing warga dan hal tersebut sebenarnya mengganggu pernafasan.

Namun hal tersebut sepertinya tak menjadi masalah bagi masyarakat dusun ini.

Masyarakat dusun serut masih memiliki budaya kerja bakti.

Pada hari minggu, dua kali dalam satu bulan, warga bersama-sama untuk membersihkan sampah dan rerumputan di area pekarangan masing-masing dan di tepi jalan sehingga lingkungan dusun ini terlihat bersih.

Yang menjadi fenomena menarik belakangan ini, kemungkinan karena di sebabkan oleh keberadaan area penanaman bonsai dan pohon hias, banyak rumah warga yang mulai memperhatikan tata letak tanaman di pekarangan rumah mereka masing-masing.

Beberapa warga juga ikut untuk menanam bonsai atau pohon hias seperti cemara, kemuning, asoka, sancang, dan berbagai jenis bunga untuk mempercantik lingkungan rumah masing-masing.

Secara umum, meski di dusun Serut banyak didirikan pabrik dan banyak kendaraan besar yang berlalu lalang, namun polusi dari aktivitas pabrik tersebut diimbangi dengan aktivitas warga untuk merawat kebersihan dan keindahan lingkungan masing-masing.

Terlebih, karena dusun ini juga merupakan area perkebunan dan area pembudidayaan bonsai dan pohon hias, maka polusi dari aktivitas pabrik sedikit banyak telah teredam dan hal tersebut tak mengurai kesan asri yang dimiliki oleh dusun Serut.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Narkoba

Pengertian Narkoba adalah kependekan dari narkotika dan obat obatan atau bahan berbahaya. Tidak hanya narkoba, ada juga istilah lain yang digunakan untuk hal seperti itu, istilah tersebut adalah Napza, istilah itu diperkenalkan oleh pihak Kementrian kesehatan Republik Indonesia. Napza adalah kependekan dari istilah narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Pada contoh teks hasil observasi yang kesebelas ini Pintarnesia memberikan contoh yang berkaitan dengan hal tersebut. Berikut di bawah ini merupakan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Narkoba:

Teks Hasil Observasi Narkoba

Narkoba adalah merupakan salah satu barang berbahaya dimana jika narkoba di salah gunakan dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi orang yang memakainya soalnya adalah ketergantungan yang pada akhirnya jika dikonsumsi terus-menerus narkoba bisa menyebabkan kematian bagi penggunanya.

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan orang menyalahgunakan narkoba, umumnya hal tersebut adalah karena ingin menghilangkan pikiran masalah, karena pergaulan, lingkungan, dan banyak hal lainnya yang membuat orang ingin menyalah gunakan narkoba.

Umumnya orang yang terpengaruh dari penyalahgunaan narkoba juga karena target dari para pengedar narkoba adalah kalangan remaja manusia diantara 15 tahun hingga 25 tahun.

Hal itu dikarenakan pada rentang umur tersebut mereka masih memiliki emosi yang labil dan mudah terpengaruh dengan teman ataupun lingkungan yang ada disekitar mereka.

Jangan sampai remaja Indonesia semakin banyak yang tercemar penyalahgunaan narkoba, remaja sendiri merupakan bibit bibit yang akan meneruskan perjalanan dan pembangunan bangsa menjadi lebih maju, jadi jangan sampai remaja rusak karena narkoba.

Di Indonesia sendiri sekarang diperkirakan dapat sekitar 4 juta jiwa yang mengkonsumsi narkoba untuk disalahgunakan, dari sebanyak 4 juta jiwa tersebut 22% diantaranya merupakan remaja yang berusia 15 tahun sampai 25 tahun.

Remaja yang menggunakan narkoba biasanya mereka menggunakan jenis ganja dan psikotropika lainnya seperti misalnya sedatin, megadon, rophynol, dan hal sejenisnya.

Zat tersebut bisa membahayakan orang yang mengkonsumsinya, selain itu juga mengkonsumsi narkoba bisa menyebabkan kriminalitas seperti pencurian uang karena memiliki motif untuk membeli narkoba disaat mereka tidak memiliki uang dan sedang berketergantungan.

Maka dari itu setelah kita tau bahwa narkoba merupakan hal yang berbahaya jangan sampai kita menyalahgunakan narkoba tersebut dan menjadi ketergantungan. Jangan sampai kita terjerumus ke jalan yang salah dan merusak bangsa ini karena narkoba.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Makanan

Makanan adalah bahan yang umumnya berasal dari suatu hewan atau tumbuhan, serta dimakan oleh makhluk hidup sehingga mereka yang mengonsumsinya bisa mendapatkan tenaga sekaligus nutrisi.

Kecukupan suatu makanan yang di konsumsi seseorang ini sebenarnya bisa dinilai dengan status gizi antropometri. Berikut di bawah ini adalah contoh teks lho yang berkaitan dengan hal tersebut. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Makanan:

Teks Hasil Observasi Makanan Pisang

Pohon pisang memiliki nama lain sebagai musa paradisiaca. Pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang memiliki bentuk terna raksasa / besar dengan memiliki batang semu dimana permuakaannya terlihat seperti pelepah daun.

Pohon pusang sendiri bisa tumbuh hingga ketinggian 3 meter. Pohon pisang sendiri biasanya tumbuh di tanah yang memiliki cukup air dengan ketinggian daerah sekitar 2 km di atas permukaan air laut.

Pisang merupakan istilah sebutan untuk nama buah yang di hasilkan dari tumbuhan musa paradisiaca.

Setiap bagian dari pohon pisang ini memiliki berbagai macam kegunaan, tumbuhan ini dianggap sebagai salah satu tumbuhan serbaguna. Pohon pisang secara asli merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Pohon pisang ini terdiri dari beberapa bagian seperti batang pisang, bonggol pisang, bunga pisang, daun pisang, dan buah pisang itu sendiri.

Buang pisang merupakan buah yang memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan untuk manusia, pisang mengandung sumber vitamin, karbohidrat, dan juga mineral yang bisa manusia konsumsi.

Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa dimanfaatkan dari bagian bagian pohon pisang.

contoh teks laporan hasil obeservasi

Buah Pisang, tentu saja seperti yang kita tau buah pisang bisa secara langsung untuk kita konsumsi, namun selain itu juga banyak makanan olahan yang berbahan baku dari buah pisang seperti misalnya keripik pisang, sale pisang, hingga tepung pisang.

Daun, bagian daun pisang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan obat tertentu terutama yang masih dalam keadaan menggulung, namun umumnya daun pisang bisanya dijadikan sebagai bungkus makanan seperti untuk nasi rames, bubur sumsum, dodol, lontong, ketupat, dan makanan lainnya.

Karena dengan membungkus makanan menggunakan daun pisang akan bisa sedikit menambahkan aroma unik tersendiri pada makanan yang ada di dalamnya.

Batang, bagian batang pohon pisang bisa digunakan sebagai berbagai macam obat, ketika ditebang bagian tersebut akan mengeluarkan getah yang bisa dimanfaatkan untuk obat seperti obat sentri, obat diare, saluran kencing, dan sebagainya.

Bunga, bagian bunga yang menyerupai bentuk jantung bisa dimanfaatkan juga untuk bahan olahan makanan, sehingga selain buahnya bagian ini juga bisa untuk di konsumsi juga.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Minuman

Hampir sama dengan makanan. Minuman adalah cairan yang digunakan untuk konsumsi makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka juga, seperti misal untuk menghindari dehidrasi dan menyegarkan tubuh, tetapi kadang untuk menyebut hal tersebut bisa juga menggunakan istilah makanan.

Istilah minuman kadang juga dipakai untuk kiasan. Ada juga yang mengartikan jika minuman adalah istilah yang merujuk ke cairan minuman dengan kadar alkohol.

Berkaitan dengan hal itu, di bawah ini pada contoh teks hasil observasi yang ke-11, Pintarnesia memberikan teks observasi yang berhubungan dengan minuman. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Minuman:

Teks Hasil Observasi Kopi Tulungagung

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Dari sabang sampai merauke, terdapat puluhan jenis kopi berkualitas yang beberapa diantaranya menjadi kopi favorit dunia seperti kopi luwak dan kopi toraja. Di kota-kota besar, kopi yang dijual dengan konsep cafe telah menjadi salah satu gaya hidup.

Di sana kopi telah diolah dan di sajikan dengan konsep modern sebagaimana juga dilakukan dinegara maju lainnya, misalnya dengan menggunakan teknik penyajian melalui alat atau mesin ekspreso yang diracik oleh para barista handal.  Dengan cara itu, minuman kopi memiliki nilai jual yang tinggi alias mahal harganya.

Jauh dari standard tinggi penyajian kopi di kota-kota besar, di kota kecil seperti Tulungagung kopi telah menjadi primadona sejak dahulu meski hanya disajikan ala kadarnya dengan cara tradisional, yakni disangrai, dijadikan bubuk, dan diseduh.

Jumlah warung kopi kecil-kecilan sangat banyak. Bahkan, satu di satu desa saja terdapat lebih dari 15 warung kopi yang dikelola secara sederhana.

Yang penting, bagi masyarakat pecinta kopi di Tulungagung, kopi tak hanya bisa untuk diminum tapi juga bisa digunakan untuk nyethe. Apa itu nyethe? Nyethe merupakan aktivitas melukis di rokok dengan menggunakan endapan kopi yang halus.

Konon, rokok yang diberi cethe alias endapan kopi ini memiliki rasa lebih. Minimal, ada kesan-kesan tertentu yang hadir ketika merokok dengan olesan cethe yang tak bisa ditemukan dengan cara lain.

Inilah yang membuat kota Tulungagung juga dikenal sebagai kota cethe dan memiliki banyak sekali warung kopi meski kualitas kopinya jelas kalah telak jika dibandingkan dengan cafe-cafe profesional ala kota besar.

Memang benar bahwa sebagian besar warung kopi di Tulungagung menjual kopi dengan kriteria murah, kental, dan halus karena memang itu yang dicari oleh mayoritas masyarakat pecinta kopi.

Segelas atau secangkir kopi hitam rata-rata dijual dengan harga tak lebih dari 2000 rupiah saja.

Hal ini jelas sangat jauh berbeda dengan kultur kopi di kota besar yang harga secangkir mungilnya bisa mencapai 5 ribu hingga 25 ribu ke atas.

Tentu hal tersebut tak bisa disejajarkan karena masyarakat penggemar kopi di Tulungagung yang gemar ngopi di warung kopi sebagian besar adalah kelas pekerja, pelajar, dan pengangguran.

Jadi, jika ada warung kopi yang menjual kopi dengan harga lebih mahal dari nasi bungkus ramesan, maka bisa dipastikan warung tersebut tidak akan berumur panjang.

Hal ini bisa dibuktikan melalui dua warung kopi senior yang masih bertahan sejak lebih dari 15 tahun yang lalu, yakni warkop Mak Tin dan warkop Waris yang selalu ramai sejak pagi hari hingga menjelang warung tutup.

Rahasianya sederhana saja, harga kopinya murah, kental, dan halus. Soal kualitas kopi jangan ragu, sangat jauh dari standard kopi nasional.

Jika kualitas kopi masih jauh dari standard, kenapa kok laris?

Inilah yang menarik. Belum tentu masyarakat pedesaan atau kota kecil bisa menikmati rasa pahit dari kopi ekspresso kelas dunia dan begitu pula sebaliknya karena soal rasa kopi ini bisa dibilang adalah konstruksi budaya alias faktor kebiasaan saja.

Sehingga, bagi sebagian besar pecinta kopi di tulungagung, kopi murah yang mereka nikmari memang benar-benar terasa nikmat, terlebih jika minum kopinya ditemani dengan rokok yang telah diolesi dengan cethe (endapan kopi halus).

Kopi Medium Silaturahmi

Pada masyarakat di Tulungagung, kopi bukanlah sekedar minuman, melainkan cara hangat untuk bertegur sapa.

Orang minum kopi di warung kopi bisa saja membaur satu dengan lainnya meski tak saling kenal dan baru pertamakali bertemu.

Pada momen ini, menikmati kopi di warung kopi menjadi peluang untuk tak hanya saling bertukar cerita, namun juga menjadi peluang bisnis karena adakalanya bisnis dimulai dari obrolan.

Kopi Ijo Khas Tulugagung

Salah satu jenis kopi yang paling terkenal di Tulungagung adalah kopi Ijo.

Mula-mula, warung kopi yang menjual kopi ijo ini adalah warung kopi Mak Tin dan warung kopi Waris. Kedua warung ini berdekatan dan sama-sama laris. Dalam satu hari salah satu dari warung tersebut bisa menjual lebih dari 10 kg kopi ijo.

Pembeli tak hanya membeli kopi cangkir, namun juga bubuk kopi untuk dibawa pulang, dijadikan oleh-oleh, dan bahkan di warung tersebut merupakan tempat kulakan warung kopi lain yang menjual kopi ijo.

Maka tak heran jika masing-masing warung tersebut memproduksi kopi ijo dalam jumlah besar setiap harinya.

Dinamakan sebagai kopi ijo bukan karena warna kopinya yang hijau, namun karena endapan cethenya akan berwarna lain ketika mengering di rokok. Jelas warnanya juga bukan hijau, melainkan abu-abu.

Jika kopi ini diseduh dengan air yang tidak mendidih, maka akan menimbulkan rasa mual bagi yang tidak biasa minum kopi ijo.

Rasa dari kopi ini juga tidak seperti kopi robusta atau arabika, sehingga kopi ini jelas merupakan kopi racikan dengan bahan tertentu dan cara olah tertentu. Pastinya, resep dari kopi ini dirahasiakan.

Namun demikian, kopi ini tidaklah sulit dicari dan murah harganya. Lain daerah lain pula kopinya dan tentu lain rasanya. Namun demikian, orang daerah lokal seperti Tulungagung lebih senang minum kopi sederhana di warung kopi biasa.

Secangkir kopi kental manis bisa dibeli dengan harga murah dan melalui kopi inilah para pengunjung warung kopi bisa mengakrabkan diri satu sama lain meski tak saling kenal. Hal ini tentu jauh berbeda dengan warung kopi di kota-kota besar.

Sehingga demikianlah, kualitas kopi bisa dikesampingkan dan bahkan tak perlu diketahui untuk sebagian besar warung kopi di Tulungagung, yang penting kopi yang disajikan adalah kopi kental, manis, dan murah.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Kesehatan

Kesehatan adalah suatu dimana keadaan badan sejahtera entah itu jiwa, maupun sosial sehingga hal tersebut dapat memungkinkan setiap orang bisa untuk hidup produktif dari sisi sosial, dan ekonomi.

Menjaga kesehatan adalah bentuk upaya serta usaha ketika manusia ingin melakukan penanggulangan dan pencegahan supaya tidak terkena gangguan kesehatan yang membuat manusia butuh pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan.

Berikut di bawah ini adalah teks laporan hasil observasi yang berkaitan dengan perihal kesehatan. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kesehatan:

Teks Hasil Observasi Kesehatan Manusia

Kesehatan merupakan hal yang paling. penting bagi setiap manusia yang masih hidup. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis, khususnya bagi pelajar.

Olahraga adalah salah satu cara sebagai pelajar di Smansa untuk menjaga kesehatan, dengan olahraga seperti lari, bermain bola basket, sepak bola, bola voli, renang dan lain-lain, kegiatan itu bisa menjaga raga kita sebagai pelajar untuk lebih produktif.

Pola makan, pola makan yang teratur seperti makan tepat waktu dan makan makanan yang bergizi merupakan cara menjaga kesehatan. Kantin telah menyediakan berbagai makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, daging, dan lain-lain.

Tidur yang cukup, tidur yang cukup berarti kualitas tidur baik. Sebagai pelajar waktu tidur yang dibutuhkan minimal delapan jam dalam sehari. Itu menjadikan kesehatan jiwa dan raga menjadi baik, terutama untuk kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif.

Banyak minum air putih, karena tubuh kita membutuhkan banyak sekali cairan untuk menunjang kegiatan pelajar, agar tubuh tidak dehidrasi saat kegiatan di sekolah maupun kegiatan setelah pulang sekolah.

Kebanyakan siswa di Smansa jarang sekali meminum air putih saat berada disekolah. Hal itu disebabkan karena setiap istirahat berlangsung siswa cenderung membeli minuman yang mempunyai rasa seperti es teh, teh hangat, susu, dan lain-lain.

Rekreasi, rekreasi adalah kegiatan dimana seorang dibebaskan dari berbagai kewajibannya. Membebaskan jiwa dan raganya untuk bersantai, menenangkan diri, agar pikiran tidak terbebani.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Politik

Politik adalah salah satu bentuk seni dan ilmu dalam proses ketika akan meraih kekuasaan yang bersifat konstitusional ataupun nonkonstitusional.

Di sisi lain politik juga merupakan suatu hal yang dapat ditilik dari sisi sudut pandang yang berbeda, misalnya adalah suatu politik yang dilakukan oleh warga negara ketika ingin meraih kesejahteraan bersama, teori tersebut di dasarkan dari teori dasar Aristoteles.

Teks Hasil Observasi Pemilu Indonesia

Dalam 5 tahun sekali, Indonesia melakukan pemilu (Pemilihan Umum). Pemilu ini dilakukan untuk memilih para anggota DPR, DPRD, Presidan dan Wakil Presiden.

Namun, pemilihan umum yang dilakukan Indonesia saat ini masih kurang maksimal , maka dari itu Indonesia perlu melakukan pembenahan dalam pemilihan umum.

Pemilihan umum di Indonesia kurang maksimal dikarenakan banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh para calon legislatif dalam kegiatan kampanye yang dilakukan dan masih banyak lagi, antara lain suap-menyuap antara caleg dengan warga sekitar supaya caleg tersebut mendapatkan kursi di dalam pemerintahan.

Dan juga kurangnya kampanye di daerah terpencil sehingga membuat masyarakat yang ada di daerah tidak mengetahui sifat sebenarnya dari calon-calon tersebut.

contoh teks laporan hasil obeservasi 6

Permasalahan selanjutnya adalah tingginya angka golput. Golput atau golongan putih adalah masyarakat yang memutuskan untuk tidak memiih pada saat pemilu berlangsung.

Golput lebih banyak dipicu karena adanya kekecewaan sebagian masyarakat terhadap praktek politik di Indonesia yang dilakukan oleh politisi anggota dewan. Satu hal lagi yang perlu dibenahi adalah politik uang.

Politik uang ini membuat keyakinan masyarakat makin diperkuat pernyataan responden yang menyebut parpol cenderung memberikan keuntungan materi agar terpilih.

Seperti yang kita ketahui masih kurangnya pengawasan ketat dalam pemilu. Oleh karena itu, saya menginginkan Pemerintah Indonesia dan KPU harus melakukan pengawan lebih terhadap pelaksanaan pemilu ini.

Bila pemilihan umum ini sudah dibenahi, maka pilihan-pilihan rakyat akan sesuai dengan harapan rakyat.

Kami selaku rakyat Indonesia menginginkan Anggota Dewan yang jujur dan amanah serta selalu dapat mendengarkan aspirasi kami masyarakat Indonesia, bukan anggota dewan yang dapat mempermainkan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: 10+ Contoh Resensi Buku Non Fiksi Singkat.

 

Baik seperti itulah artikel kali ini dari Pintarnesia mengenai Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Politik, Kesehatan, Pendidikan, Dll Secara Lengkap! Mudah mudahan artikel di atas bisa bermanfaat untuk membantu menambah ilmu serta wawasan kita semuanya.

Mohon maaf apabila ada salah kata dan kalimat pada artikel di atas, jika ada sesuatu yang ingin di sampaikan bisa teman teman tulis pada kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya di Pintarnesia ya.

Sandy Kurnia Fajar Hobi ngegame, jadi top player dan disayang mamah. Biar jadi orang yang berguna bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight