Contoh Teks Narasi

Teks Narasi – Dalam pelajaran bahasa Indonesia terdapat bermacam-macam jenis teks yang dipelajari salah satunya adalah teks narasi. Teks narasi biasanya berisi tentang penjelasan tentang sesuatu. Untuk lebih jelasnya tentang contoh paragraf narasi yang satu ini simak uraian dibawah ini.

  1. Pengertian Teks Narasi
  2. Jenis Teks Narasi
    1. 1. Teks Narasi Ekspositorik
    2. 2. Teks Narasi Sugestif
  3. Ciri-Ciri Teks Narasi
  4. Contoh Teks / Paragraf Narasi
    1. 1. Safa dan Marwa
    2. 2. Kejutan Ulang Tahun
    3. 3. Anak Kembar
    4. 4. Novel Habibie dan Ainun
    5. 5. Contoh Teks Narasi #5
    6. 6. Keindahan Mading
    7. 7. Kerja Keras
    8. 8. Ariel Noah Kepasar
    9. 9. Elsa ke Hutan
    10. 10. Hari Minggu
    11. 11. Ir. Soekarno
    12. 12. Ke Hutan

Pengertian Teks Narasi

Teks narasi merupakan teks yang berisi tentang penjelasan detail mengenai suatu hal atau peristiwa yang berdasarkan urutan waktunya. Hal atau peristiwa yang dijelaskan dalam teks narasi dapat berupa yang nyata maupun hanya imajinasi pengarangnya.

Teks yang satu ini biasanya digunakan untuk menandai suatu topik baru atau mengembangkan topik yang telah ada sebelumnya agar menjadi lebih detail. Teks ini juga biasanya digunakan untuk menambahkan suatu peristiwa penting.

Jenis Teks Narasi

Teks narasi sendiri memiliki jenis yaitu Teks narasi Ekspositorik dan juga teks narasi Sugestif, apa bedanya dua jenis teks narasi ini? simak penjelasannya dibawah ini jenis teks paragraf narasi.

1. Teks Narasi Ekspositorik

Teks narasi ekspositorik merupakan teks narasi yang dibuat untuk memberikan informasi yang benar tentang suatu hal atau peristiwa untuk menambah wawasan dan pengetahuan orang tentang hal yang diinformasikan tersebut.

2. Teks Narasi Sugestif

Teks narasi sugestif merupakan teks narasi yang dibuat dengan maksud tertentu agar dapat menyampaikan sebuah pesan tersembunyi kepada para pembaca atau pendengarnya agar seolah-olah orang tersebut merasakannya.

Ciri-Ciri Teks Narasi

Banyak jenis teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia sehingga masing-masing teks memiliki ciri-ciri tersendiri, berikut ini adalah ciri-ciri teks narasi :

  • Teks narasi mempunyai 3 unsur pokok, yaitu tokoh, waktu, dan peristiwa.
  • Teks narasi bersifat fiksi dan non fiksi.
  • Teks narasi berisi cerita, kisah, peristiwa, dan kejadian.
  • Teks narasi memiliki tujuan untuk memberikan informasi atau menciptakan pengalaman yang berkesan kepada pembaca atau pendengar.

Baca Juga : Contoh Teks Negosiasi.

Contoh Teks / Paragraf Narasi

Contoh Teks Narasi

Berikut ini adalah beberapa contoh teks narasi, antara lain. Selain itu berikut ini perlu disimak untuk refferensi untuk membuat paragraf narasi.

1. Safa dan Marwa

Di sebuah hutan belantara, hiduplah dua orang anak kembar yatim piatu yang bernama Safa dan Marwa. Mereka berdua tinggal di sebuah gubuk dan keseharian mereka selalu berburu hewan untuk dimakan. Setelah beberapa lama kemudian, kedua anak tersebut ditemukan oleh saudagar yang sangat kaya yang kebetulan sedang ingin berburu di dalam hutan. Safa dan Marwa pun dibawa oleh saudagar itu ke rumahnya dan dijadikan sebagai anak angkatnya.

Contoh diatas menceritakan tentang dua orang anak kembar yang hidup di tengah hutan, saat mereka berburu dihutan, mereka bertemu dengan saudagar yang sangat kaya yang kebetulan juga sedang berburu. Akhirnya Safa dan Marwa dibawah kerumah saudagar dan dijadikan sebagai anak angkatnya.

2. Kejutan Ulang Tahun

Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Nika, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah curiga akan tingkah laku yang aneh dari temana-teman sekelasnya. Benar saja, saat pulang sekolah, teman-teman Nika memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya.

Menceritakan Nika yang mendapat kejutan ulang tahun. Namun sebelumnya ia sudah menduganya karena sikap teman-temannya yang akhir-akhir ini berubah saat tanggal ulang tahunnya akan tiba dan ternyata benar saja dugaan Nika.

3. Anak Kembar

Di sebuah hutan, hiduplah 2 orang anak kembar yatim-piatu yang bernama Safira dan Safria. mereka tinggal di sebuah gubuk dan keseharian mereka selalu berburu binatang untuk dimakan. Setelah beberapa lama kemudian, kedua anak tersebut ditemukan oleh saudagar kaya yang kebetulan sedang ingin berburu juga. Safira dan Safria pun di bawa ke rumah sang saudagar dan dijadikan sebagai aanak angkatnya.

Contoh diatas menceritakan 2 orang anak kembar yang hidup di tengah hutan, Saat mereka berburu di hutan mereka bertemu dengan saudagar kaya yang kebetulan sedang berburu. Akhirnya mereka kerumah saudagar dan dijadikan anak angkatnya.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi.

4. Novel Habibie dan Ainun

Novel Habibie dan Ainun menceritakan tentang romantika kehidupan Habibie dan Ainun. Menjelaskan tentang betapa besarnya cinta antara Habibie dan Ainun yang memberikan semangat serta motivasi dalam keberhasilan dan kesuksesan Habibie yang tidak lain adalah suami tercinta Ainun.

Salah satu jenis paragraf narasi diatas merupakan sugesti yang mana menceritakan kisah Habibie dan Ainun dalam novel terkenalnya.

5. Contoh Teks Narasi #5

Di sebuah kota Z, hiduplah seorang pemuda yang ingin menjadi pahlawan. Pada suatu hari ia menolong seorang anak kecil yang akan dibunuh oleh penjahat, ia kewalahan melawan penjahat tersebut namun akhirnya menang. Karena semakin bersemangat menjadi pahlawan, ia berlatih dengan 100x push up, 100x squat jump, 100x sit up dan lari 3 KM setiap harinya. Pada akhirnya dia bisa menjadi orang yang sangat kuat.

Cerita diatas mengisahkan seorang pemuda yang terobsesi menjadi pahlawan yang kuat setelah menolong seorang anak kecil yang hendak dibunuh oleh penjahat. Setelah melewati latihan yang keras, pada akhirnya ia berhasil menjadi orang yang sangat kuat untuk menjadi pahlawan.

6. Keindahan Mading

Di sekolah ku, dikelilingi oleh berbagai macam tanaman .seluruh taman taman kelas juga dihiasi oleh bunga berwarna warni .begitu pula dengan kelas kami , kelas tempat kami belajar di penuhi oleh lapisan cat berwarna putih serta ukiran ukiran tangan siswa yang mengiasi mading kelas terlihat sangat menarik sekali.

Sambil menikmati keindahan mading ,siswa siswi juga tengah asik membaca dan belajar di taman digital.

7. Kerja Keras

Hari serasa Senin menjadi hari yang sangat berat bagiku, aku harus bangun lebih pagi daripada biasanya. Membantu keluarga memang tugasku, terlebih setelah ayahku meninggal aku harus lebih bekerja keras entah di Sekolah maupun dirumah. Namun demi Ibu ku setiap hari akan kulakukan.

Contoh diatas menceritakan seorang anak yang rela bekerja keras demi Ibunya setelah Ayahnya meninggal walau sesibuk apapun dia.

8. Ariel Noah Kepasar

Pergilah Ariel Noah ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Contoh diatas menceritakan peristiwa si Ariel Noah yang pergi ke pasar untuk membeli belanjaan kemudian pulang. Tiga peristiwa ini beruntut sehingga terbentuk kronologi.

9. Elsa ke Hutan

Di suatu pagi yang sangat cerah, Elsa pergi mencari kayu bakar di hutan, ia tak sendirian karena ia pergi bersama sang Kakek. Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat, ia mendengar suara-suara hewan yang nyaring. Namun ia takut karena itu pengalaman pertamanya untuk mencari kayu bakar di hutan.

Cerita diatas mengisahkan Elsa yang baru pertama kali mencari kayu bakar di hutan bersama kakeknya, karena merasa asing dengan suasana hutan ia jadi merasa takut.

10. Hari Minggu

Hari minggu adalah hari yang paling melelahkan bagiku. Jika di pagi hari banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi untuk jalan-jalan bersama temannya, tidak berlaku bagiku.

Pukul 5 pagi aku sudah harus bangun dan membantu ibuku untuk memasak dan setelah itu aku harus menemani adik-adik ku bermain sampai mereka lelah tertidur.

Baca Juga : Contoh Teks LHO Tumbuhan.

11. Ir. Soekarno

Pada tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan Indonesia segera merdeka. Namun nyatanya pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai pada tanggal 31 Desember 1931.

Beliau dibebaskan dan kemudian bergabung dengan Partindo namun untuk yang kedua kalinya Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Kemudian beliau dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melewati perjuangan yang cukup panjang, beliau bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

12. Ke Hutan

Kala itu mentari belum bangun dari peraduannya, ayam jago pun belum melakukan tugasnya. Namun pak Raden telah keluar dari kediamannya. Kulitnya yang keriput dan tipis seolah-seolah tidak mempan akan hembusan angin pagi yang berusaha membekukan kulitnya.

Tangannya yang kekar memikul sebuah cangkul ditangan kirinya sedangkan ditangan kanannya memegang sebuah bingkisan besar.

Pada saat ia melangkah kan kakinya menuju sawahnya, langkahnya tiba-tiba terhenti oleh tangisan anak bayi yang merusak keheningan pada saat itu. Dengan rasa takut pak Raden mencari sumber datangnya suara tangisan itu.

Betapa terkejutnya Pak Raden melihat seorang yang sangat mungil dan lucu tergeletak di bawah pohon beringin besar itu.

Ketika dia mencoba untuk mengangkat bayi itu, tiba-tiba ada seekor harimau yang cukup besar hendak menyerangnya.

Tetapi dengan cekatan pak Raden mengelak terkaman harimau itu. Ternyata suara tangis bayi itu, turut mengundang seekor harimau. Dan tampaknya harimau tersebut sedang kelaparan.

Harimau tersebut selalu memandangi bayi tersebut dengan tatapan yang sangat mengerikan. Melihat harimau tersebut, Pak Raden mencoba menjauhkan harimau tersebut dengan menggunakan cangkulnya.

Akan tetapi harimau itu kembali melawan. Dia berbalik untuk menyerang pak Raden dan berhasil melukai Pak Raden. Dia jatuh ke tanah dan terdesak, saat harimau hendak menerkamnya lagi, pak Raden mengambil cangkulnya yang berada disamping tubuhnya itu.

Alhasil Pak Raden mampu mengalahkan harimau itu dengan cangkulnya yang berhasil menembus perut harimau sampai harimau itu mati.

Setelah berhasil membunuh harimau itu, Pak Raden mengangkat bayi tersebut untuk ia bawa pulang kerumahnya untuk diurus dan diangkat sebagai anaknya.

Demikian sedikit informasi mengenai teks narasi beserta contohnya, semoga membantu anda lebih memahami mengenai jenis teks yang satu ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.