Contoh Teks Tanggapan Kritis

Setiap orang tentunya memiliki pendapat ataupun tanggapan yang berbeda-beda terhadap suatu hal. Tanggapan yang diberikan oleh orang-orang dapat berupa tanggapan yang positif ataupun tanggapan yang negatif.

Untuk dapat menilai sesuatu hal seseorang mempunyai tanggapan atau pendapat yang berbeda-beda dari tiap-tiap pemikiran. Jadi belum tentu 2 orang yang menilai satu hal selalu memiliki pendapat yang sama.

Pada kesempatan kali ini pintarnesia akan membahas mengenai contoh teks tanggapan kritis. teks tanggapan teks tanggapan kritis biasanya berisikan mengenai pendapat yang disampaikan terhadap suatu persoalan atau situasi yang sedang dialami saat itu.

Apa saja permasalahan yang muncul dikarenakan adanya berbagai perbedaan pendapat yang terjadi di antara apa yang diharapkan dengan yang sebenarnya terjadi.

Dimana seseorang menanggapi atau berpendapat mengenai suatu hal secara kritis atau tajam terhadap suatu kesalahan atau perbuatan yang telah dilakukan.

Seseorang yang memberikan tanggapan kritis mencoba untuk mengkritik berbagai permasalahan atau persoalan sesuai dengan fakta.

Akan tetapi disini tidak hanya sebatas mengkritik saja kamu juga disertai dengan data dan juga alasan yang kuat yang tepat meyakinkan orang lain terhadap pendapat atau tanggapan kritis yang kamu sampaikan.

Contoh teks tanggapan kritis dalam hal ini dapat mencakup seluruh permasalahan serta fenomena yang terjadi di dalam kehidupan.

  1. Pengertian Teks Tanggapan Kritis
  2. Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis
  3. Fungsi Teks Tanggapan Kritis
  4. Tujuan Teks Tanggapan Kritis
  5. Struktur Teks Tanggapan Kritis
    1. 1. Evaluasi
    2. 2. Deskripsi Teks
    3. 3. Penegasan Ulang
  6. Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis
  7. Contoh Teks Tanggapan Kritis
    1. 1. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Lingkungan Sekolah
    2. 2. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Narkoba
    3. 3. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet
    4. 4. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Isu Sosial Budaya
    5. 5. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pergaulan Bebas
    6. 6. Teks Tanggapan Kritis Tentang Kesehatan
    7. 7. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan
    8. 8. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Fenomena Alam
    9. 9. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet
    10. 10. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Full Day School

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Sebelum diberikan beberapa contoh teks tanggapan kritis angka lebih baik yang terlebih dahulu kita mengetahui apa yang dimaksud dengan teks tanggapan kritis.

Pengertian teks tanggapan kritis adalah suatu teks yang didalamnya berisikan mengenai tanggapan atau pendapat yang bersifat kritis atau tajam terhadap suatu persoalan atau permasalahan. Biasanya suatu teks tanggapan kritis banyak digunakan di dalam acara forum.

Teks tanggapan kritis juga mempunyai arti yaitu suatu teks yang berisikan mengenai kritikan pedas atau tanggapan yang bersifat kritis terhadap suatu permasalahan dan berfokus kepada yang diperbuat.

Tanggapan kritis akan muncul apabila pendapat atau pernyataan yang dikeluarkan oleh seseorang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh orang lain.

Namun, Apabila kita ingin memberikan suatu tanggapan kritis maka kita pun harus memberikannya dengan satu alasan yang kuat agar nantinya tanggapan yang kita berikan kepada dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi orang yang menerima kritikan kita agar menjadi lebih baik.

Tanggapan kritis yang disampaikan oleh orang lain tidak selamanya bersifat negatif. contoh teks tanggapan kritis dapat dijadikan sebagai motivasi atau dorongan untuk dapat menjadikan diri agar lebih baik lagi dari sebelumnya.

Terdapat tujuan dibuatnya suatu teks tanggapan kritis yaitu untuk memilih salah satu pernyataan, teks tanggapan kritis merupakan teks yang berisikan alasan yang mendukung yang menolak.

Dalam memberikan suatu tanggapan kritis tetaplah harus memperhatikan batasan-batasan terhadap apa yang ingin kita utarakan kepada objek.

Pendapat atau gagasan yang diutarakanapa disampaikan berdasarkan pada referensi yang akan diperoleh, sehingga gagasan tersebut dapat diterima oleh orang lain.

Bahasa yang digunakan dalam tanggapan kritis dapat disampaikan secara lisan ataupun dalam bentuk tulisan yang disebut dengan teks tanggapan kritis.

Tanggapan kritis dapat pula disampaikan melalui sebuah puisi atau cerita pendek. Dengan menggunakan kata-kata yang menarik, yang akan dapat membuat para pembaca tertarik untuk dapat membaca atau mendengar tanggapan kritis yang disampaikan.

Sebelumnya mungkin kamu juga pernah mengetahui atau melihat contoh teks tanggapan kritis dalam sebuah teks artikel atau bentuk lainnya.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Sebelum membahas pada contoh teks tanggapan kritis, terdapat beberapa ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh jenis teks tanggapan.

Ciri-ciri yang dimiliki oleh teks tanggapan kritis dapat membedakan jenis teks ini dengan jenis teks yang lainya. selain itu ciri-ciri atau karakteristik teks tanggapan kritis juga berfungsi agar cara kita dapat lebih mudah untuk mengenalinya.

Berikut ini merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh teks tanggapan kritis antara lain yaitu:

  • Teks tanggapan kritis memiliki kaidah kebahasaan dengan ciri-ciri yaitu terdapat kata rujukan.
  • Teks tanggapan kritis berisikan mengenai suatu tanggapan atau pendapat terhadap persoalan atau permasalahan dan berbagai fenomena yang terjadi di sekitar kita yang disertai dengan bukti serta alasan yang kuat.
  • Teks tanggapan kritis berisikan mengenai tanggapan yang dilontarkan oleh penulis teks ini yang berisikan mengenai suatu kejadian atau persoalan yang nyata.
  • Teks tanggapan kritis terdiri dari struktur sepert evaluasi, deskripsi, teks, dan penegasan ulang.

Fungsi Teks Tanggapan Kritis

Dalam hal ini suatu teks tanggapan kritis dalam konteks sosial dapat berfungsi sebagai kepedulian yang kita miliki terhadap berbagai fenomena dan persoalan atau permasalahan yang terjadi di sekitar tempat tinggal kita.

Selain itu, secara umum fungsi dari teks tanggapan kritis yaitu untuk memberikan kritik ataupun saran yang membangun atas segala persoalan atau permasalahan yang terjadi yang dianggap salah dengan menggunakan alasan-alasan dan pendapat yang dapat mengubah pandangan dari seseorang.

Tujuan Teks Tanggapan Kritis

Tujuan dari teks tanggapan kritis adalah untuk dapat memilih salah satu dari beberapa pernyataan, karena pada umumnya teks tanggapan kritis mengandung alasan yang baik dan mengandung unsur pendukung dan dapat pula berisi tentang penolakan terhadap persoalan atau permasalahin yang terjadi.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Suatu contoh teks tanggapan kritis terdiri dari beberapa susunan atau struktur yang membentuk teks tersebut sehingga menjadi di suatu teks yang rapi dan dapat mudah untuk dipahami.

Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari evaluasi, deskripsi dan penegasan ulang. Berikut ini merupakan penjelasan dari tiap-tiap bagian struktur teks tanggapan kritis.

1. Evaluasi

Urutan bagian pada struktur teks tanggapan kritis yang pertama dan yang merupakan awalan dari suatu teks tanggapan kritis adalah evaluasi.

Evaluasi pada bagian ini berisikan mengenai suatu pernyataan-pernyataan umum yang berhubungan dengan persoalan atau permasalahan yang akan dibahas dalam teks tanggapan kritis yang telah disampaikan oleh penulis teks.

2. Deskripsi Teks

Kemudian urutan atau struktur kedua setelah pada teks tanggapan kritis adalah deskripsi teks. Bagian deskripsi teks suatu teks tanggapan kritis berisikan mengenai informasi yang berkaitan dengan alasan yang kuat beserta dengan fakta atau bukti-bukti yang mendukung atau menolak sesuatu persoalan atau permasalahan.

Informasi yang diberikan pada bagian deskripsi teks dapat berkaitan dengan alasan yang sering digunakan untuk dapat mendukung pernyataan ataupun menolak suatu pernyataan. Pada teks tanggapan kritis deskriptif teks terletak pada bagian tengah dari teks.

3. Penegasan Ulang

Penegasan ulang pada struktur teks tanggapan kritis merupakan urutan yang terakhir dalam teks tanggapan kritis.

Di dalam contoh teks tanggapan kritis bagian penegasan ulang merupakan bagian yang berisikan kesimpulan serta terdapat pula saran yang diberikan oleh penulis terhadap suatu hal yang telah diputuskan oleh individu yang ada di dalam suatu teks tanggapan kritis yang telah disampaikan sebelumnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Setelah pembahasan mengenai pengertian teks tanggapan, ciri-ciri teks tanggapan kritis, dan struktur teks tanggapan kritis.

Kemudian selanjutnya dalam suatu contoh teks tanggapan kritis terdapat pula kaidah kebahasaan yang harus ada di dalamnya. Berikut ini merupakan kaidah kebahasaan di dalam teks tanggapan kritis.

  • Di dalam suatu teks tanggapan kritis biasanya menggunakan suatu kalimat yang sifatnya kompleks. Arti kompleks dalam hal ini yaitu tu Kalimat yang digunakan dalam teks tanggapan kritis terdiri dari 2 verba dan juga 2 struktur.
  • Teks tanggapan kritis juga menggunakan teks rujukan. Biasanya kata rujukan ini digunakan untuk dapat menguatkan argumen atau tanggapan yang telah disampaikan oleh penulis. Hal itu dikarenakan, penulis teks tanggapan kritis diharuskan disertai dengan alasan dan fakta untuk dapat menguatkan tanggapan yang disampaikan.
  • Teks tanggapan kritis juga menggunakan pilihan kata. Digunakannya pilihan kata di dalam suatu teks tanggapan kritis memiliki tujuan untuk dapat memilih kata yang tepat untuk digunakan pada ada suatu teks tanggapan kritis.
  • Teks tanggapan kritis biasanya menggunakan konjungsi atau kata hubung. Tujuan dari digunakannya konjungsi dalam teks tanggapan kritis yaitu untuk dapat menghubungkan antar kalimat di dalam suatu teks tanggapan kritis.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Setelah kita jelaskan secara lebih detail tentang teks tanggapan kritis. Kemudian selanjutnya merupakan bagian yang kita tunggu-tunggu yaitu contoh teks tanggapan kritis. Berikut ini merupakan contoh teks tanggapan kritis yang sebelumnya telah dijelaskan di atas.

Contoh teks tanggapan kritis dalam artikel ini mencangkup beberapa fenomena yang dialami oleh masyarakat.

1. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Lingkungan Sekolah

Berpikir Kritis

Bagi seorang guru, menghadapi murid “nakal” telah menjadi urusan biasa. Apalagi, sebagian murid nakal di sekolah adalah laki-laki. Guru pun sudah terbiasa menghadapi murid yang terlambat datang ke sekolah, bolos sekolah, tidak mengerjakan tugas, membuat gaduh di kelas, sampai tawuran.

Perilaku siswa semacam ini memang benar-benar menuntut guru supaya lebih sabar dan memiliki keuletan tingkat tinggi. Akan tetapi, benarkah murid seperti tersebut disebut nakal? Sebenarnya kurang tepat juga jika mereka dilabeli murid nakal. Ukuran kenakalan siswa dari pandangan masing-masing guru berbeda-beda.

Ada guru yang memandang muridnya nakal sebab tidak menggarap PR, masuknya telat dan lain-lain. Ada pula guru yang menganggap hal itu bukanlah termasuk hal yang nakal.

Berdasarkan keterangan tersebut, sebenarnya tidak ada yang namanya murid nakal. Yang ada hanyalah siswa yang sedang merasakan apa itu krisis identitas. Proses peremajaan murid membuat mereka mencoba untuk mencoba hal-hal baru.

Sayangnya, hal-hal baru itu adalah kebanyakan hal-hal yang negatif. Mungkin mereka menganggap bahwa bergurau dengan guru adalah sesuatu yang wajar. Maka mereka bergurau dengan guru layaknya bercanda dengan teman tanpa memperhatikan etika.

Etika, sopan santun, dan sikap budi luhur lainnya memang sudah diajarkan pada masa sekolah dasar para siswa. Sayangnya, pelajaran tersebut hanya sekadar berbentuk teks semata. Padahal yang dibutuhkan oleh para siswa adalah bagaimana mengaplikasikannya.

Hasilnya, ketika pelajaran tersebut sudah tidak diajarkan lagi, mereka akan lupa dan belum mendapat praktik akan sikap budi luhur tersebut.

Akar masalah ini yang menyebabkan ketika murid beranjak dewasa dengan segala pergaulannya, mereka akan melupakan apa itu etika dan sopan santun.

Hasilnya dengan orang yang lebih tua pun mereka berani melawan, bahkan sampai melakukan kekerasan fisik dan verbal. Guru seakan kehilangan tajinya di mata murid. Padahal murid itulah yang lancang.

Peran orang tua di sini sangat penting. Gerbang utama perilaku anak adalah orang tua. Orang tua adalah orang pertama yang memberikan edukasi terhadap anak. Maka dari itu harus benar-benar dipastikan bahwa apa yang diajarkan oleh orang tua adalah benar-benar hal yang positif dan harus dipastikan melekat pada anak.

Sebagai contoh adalah pelajaran tentang etika. Orang tua harus memahamkan anak bahwa untuk bersikap dan bersosialisasi ada batas-batas yang harus dipahami. Berbicara dengan teman tentu berbeda dengan berbicara dengan orang yang lebih tua.

Demikian halnya dengan bersikap. Bersikap dengan teman seumuran, berbeda dengan bersikap terhadap orang yang lebih tua, dan berbeda juga dengan orang yang usianya sudah tua.

Baca Juga : Contoh Teks Diskusi

2. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Narkoba

Berpikir Kritis

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa saat ini kita sudah memasuki zaman modern dimana semuanya serba canggih, keadaan seperti  ini mau tidak mau mampu menekan peredaran narkoba menjadi semakin menjamur di negara kita.

Perkembangan buruk ini bisa saja menyerang masyarakat, pelajar bahkan hingga pejabat negara sekalipun. Yang menjadi topik perdebatan panas dalam permasalahan ini yaitu hukuman mati bagi mereka yang menjadi pengedar sekaligus pengguna narkoba.

Banyak masyarakat yang sangat setuju dengan hukuman mati yang pantas bagi pengedar sekaligus pengguna narkoba. Terdapat banyak alasan logis yang menjadi latar belakang persetujuan dari masyarakat ini.

Alasan pertama dan yang paling logis yaitu narkoba bisa mempengaruhi bahkan bisa merubah pola pikir siapa saja yang mengkonsumsinya sehingga tidak hanya berbahaya bagi dirinya sendiri tetapi juga berbahaya bagi orang lain.

Misalnya saja ketika pengguna saat mengendarai kendaraan mengalami halusinasi yang bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang berujung kematian.

Alasan yang kedua yaitu narkoba dapat merusak generasi muda sebagai penerus bangsa. Penggunaan narkoba ini juga dapat merubah perilaku remaja semakin hari menjadi semakin buruk.

Padahal negara kita masih membutuhkan  generasi penerus yang berperilaku baik dan juga tanggung jawab untuk memajukan bangsa dan Negara, karena jika tidak para remaja mau siapa lagi.

Faktor yang ketiga yaitu narkoba bisa membuat calon penggunanya penasaran dan alhasil setelah mencoba maka penggunanya akan merasa ketagihan dan kecanduan, bahkan bisa menimbulkan sakau jika sudah berlebihan.

Efek negatif ini juga bisa ditularkan kepada temannya, jika orang ini bergaul dengan teman-temannya.

Adanya hukuman mati ini diharapkan bisa memberikan efek jera bagi pengguna dan pengedar narkoba, sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang setuju dengan hukuman mati bagi pengedar narkoba.

Namun tidak sedikit juga orang yang menolak hukuman mati untuk pengguna dan juga pengedarnya.

Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi penolakan hukuman ini, diantaranya yaitu hukuman mati ini dianggap kurang manusiawi dan melanggar hak asasi manusia yang telah tercantum dan sesuai apa yang telah ada di UUD 1945.

Pendapat selanjutnya yaitu bahwa hukuman mati hanya menambah anggaran negara. Karena memang untuk melaksanakan eksekusi juga memerlukan biaya dan sehingga  dianggap dapat membuang-buang uang negara yang seharusnya bisa digunakan untuk pembangunan bangsa dan juga infrastruktur negara.

Pada dasarnya setiap orang telah mempunyai hak untuk hidup bebas, tetapi masih ada saja manusia yang mempergunakan hidupnya untuk merugikan dirinya sendiri dan juga merugikan orang lain.

Maka dari itu, adanya hukuman mati bagi pengedar narkoba dan penggunanya  memang harus ditinjau ulang dan ditegakkan kembali. Hal ini dikarenakan narkoba memang bisa memberikan dampak yang negatif bagi perkembangan generasi muda penerus bangsa.

3. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet

Berpikir Kritis

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dilepaskan dari segala aktivitas masyarakat umum, khususnya bagi kalangan pelajar.

Hal ini bisa kita buktikan dengan banyaknya warung intenet atau biasa disebut dengan warnet yang memberikan pelayanan berupa akses internet dengan super cepat dan untuk kebutuhan lain sebagainya.

Selain itu, internet juga sudah bisa diakses melalui PC yang disambungkan dengan menggunakan modem bahkan menggunakan sudah  bisa smartphone.

Perkembangan internet ini merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang saat ini sedang terjadi. Perkembangan internet ini juga membawa dampak dan pengaruh terhadap kondisi psikologis pada remaja.

Untuk menanggapi adanya peristiwa ini, akan lebih baik kita tidak melihatnya hanya dari satu sisi dan satu perspektif saja agar kita tidak terjebak dalam penyalahgunaan internet, apalagi bagi seorang pelajar.

Pada dasarnya, memang pemanfaatan internet tidak semestinya bisa merusak pola pikir remaja.

Internet juga bisa menyebabkan efek kecanduan atau ketergantungan sehingga untuk bisa lepas dari penggunaan internet akan terasa sulit, sehingga untuk bersosialisasi kita akan terasa sulit.

Disisi lain, internet juga mempunyai kelebihan. jika dilihat dari hal yang positif, bahwa internet bisa membantu pelajar untuk mencari materi pelajaran menjadi lebih mudah tanpa terbatas seperti yang ada pada buku. Tetapi,  hal ini belum tentu dimanfaatkan secara benar dan tepat sasaran.

Meskipun kedua fakta tersebut cukup logis dan masuk akal, sebagai seorang pelajar kita dituntut agar bisa mempertanggungjawabkan tindakan kita ketika menggunakan internet.

Dengan kata lain, kita harus menggunakan internet dengan benar dan sewajarnya.

Pendapat yang pertama memang telah menjelaskan bahwa internet bisa menjadi senjata untuk menemukan informasi dan pengetahuan dalam lingkup yang global.

Selain itu, internet juga bisa mempermudah menghubungkan orang untuk berkomunikasi sekalipun terpisah jarak yang sangat jauh.

Hal ini dibuktikan kembali melalui berkembangnya media sosial yang terkadang menuntut kita untuk saling bertukar foto dan mengirim pesan dalam jarak yang jauh.

Hingga akhirnya sebagian orang sangat setuju jika ada pendapat yang mengatakan bahwa internet memberikan dampak yang positif. Tetapi, pendapat seperti ini juga masih perlu dikaji ulang menggunakan metode akademik.

Karena perkembangan internet ini juga terdapat banyak dampak negatif yang diperoleh kalangan remaja ketika mereka salah memanfaatkan teknologi ini.

Dari pembahasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa tanggungjawab dari remaja itu sendiri untuk menggunakan internet secara tepat sasaran sangat diperlukan.

4. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Isu Sosial Budaya

Berpikir Kritis

Sekarang ini tidak sedikit orang yang menyukai anime, terutama semua remaja dan anak-anak. Anime ialah animasi produksi Jepang, yang seringkali dicirikan dengan gambar-gambar berwarna-warni yang memperlihatkan tokoh-tokoh dari sekian banyak cerita dan lokasi.

Anime memiliki kekhasan dengan gaya gambar manga (komik khas Jepang). Dengan grafik yang bagus hingga alur kisah yang menarik, hal ini berhasil membuat masyarakat di Indonesia sering sekali menonton anime, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik, laksana halnya menyaksikan anime. Apabila seseorang terlalu banyak menghabiskan masa-masa untuk menyaksikan anime, maka hal itu akan mengganggu teknik berkomunikasi dengan orang lain dan menyebabkan orang itu menjadi antisosial.

Selain itu, seringkali orang yang suka menonton anime akan melupakan istirahat malam karena waktu malam hari digunakan untuk terus menerus menonton film anime. Padahal keesokan harinya mereka harus pergi ke sekolah. Hal itu dapat membuat prestasi anak menjadi menurun.

Namun, ada sisi positif yang dapat diambil dari anime. Banyak sekali cerita-cerita dalam anime yang mengandung pesan moral yang bagus dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan. Anime yang notabene berasal dari Jepang, tentu akan ada hal positif yang dapat diambil dari Jepang.

Sebenarnya baik atau buruknya anime tersebut tergantung dari diri orang yang menontonnya. Jika seseorang bisa memilah-milah antara baik dan buruknya anime, maka tentu ia terhindar dari buruknya anime.

Maka jadikanlah anime sebagai hiburan semata. Jangan sampai dengan terlalu asyik menonton anime menjadikan seseorang menelantarkan hal-hal pokok yang jauh lebih penting.

5. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pergaulan Bebas

Berpikir Kritis

Pergaulan bebas bukan menjadi hal asing lagi di Indonesia. Maraknya video-video dan gambar-gambar berbau konten dewasa di dunia maya memengaruhi penggunanya di dunia nyata.

Akibatnya, orang yang mengkonsumsi konten dewasa akan merasa penasaran dan mencobanya di dunia nyata. Jika hal ini terus berlanjut, moral bangsa bisa-bisa tercemar dan masa depan bangsa akan hancur.

Hal yang sangat membuat miris dari masalah ini adalah mayoritas pelaku pergaulan bebas adalah anak remaja. Anak remaja sedang dalam fase mencari jati diri. Jika input-input yang mereka terima tidak baik, maka mereka akan melakukan hal-hal yang tidak baik.

Pencarian jati diri yang positif adalah belajar berbisnis, bergaul dengan orang-orang sukses, dan mencoba berbagai kegiatan positif seperti kegiatan kemanusiaan, menjadi relawan, dan lain-lain.

Namun, kurangnya pendampingan orang tua membuat remaja mencari jati diri dengan hal-hal negatif. Setiap hari mereka bertemu dengan orang-orang buruk, dan mendapati banyak konten-konten dewasa.

Mereka pun menjadi penasaran dan mencoba untuk melakukannya. Awalnya mungkin sepasang remaja hanya akan saling berpegang tangan, akan tetapi karena rasa penasaran yang begitu besar, hal itu akan berlanjut ke tindakan yang tidak pantas.

Mungkin ada pihak yang menyalahkan bahwa remaja lelaki lah masalah dari pergaulan bebas. Mereka dituding memaksa dan mengintimidasi pihak wanita agar mau diajak untuk melakukan hal tidak baik itu. Padahal sebenarnya keduanya memiliki porsi yang hampir sama.

Tak sedikit pula pihak wanita yang diam-diam penasaran dan mengajak pihak lelaki untuk melakukan itu. Parahnya, wanita berjilbab yang notabene menunjukkan perisai seorang wanita juga tidak luput dari perbuatan tersebut.

Lantas apakah masih ada harapan untuk mengembalikan moral bangsa dan menghapuskan pergaulan bebas? Tentu masih ada. Namun untuk menghapuskan total bukanlah hal yang mungkin, melainkan sekadar mengurangi saja.

Peran orang tua adalah yang paling vital dalam masalah ini. Kurangnya perhatian orang tua kepada anak dan jarangnya memberikan edukasi terhadap anak membuat anak kehilangan petunjuk dalam menjalani hidup. Ujung-ujungnya mereka masuk ke jalan yang salah.

Memang hukuman seperti penjara dan sanksi berupa uang bisa menjadi solusi. Namun, kurangnya ketegasan dalam menegakkan hukum ini membuat orang tidak takut dalam melakukan pergaulan bebas.

Sepasang kekasih bisa saja diam-diam menginap di hotel dan melakukan perbuatan tidak senonoh tanpa pihak hukum ada yang tahu. Jadi peran orang tua lah yang paling penting.

Bagaimana jika anak sudah terlanjur masuk ke dunia pergaulan bebas? Mau tidak mau anak itu harus diberikan efek jera. Efek jera bisa diberikan dengan melakukan sanksi sosial. Selain itu, peran teman-temannya juga sangat penting.

Jika orang tua sudah tidak didengarkan, maka temannya biasanya lebih berkesempatan untuk didengarkan karena usia yang sama memiliki keterikatan tersendiri. Jadi, memasukkan anak ke dalam lingkungan orang-orang positif bisa menjadi solusi.

Bagaimanapun juga, pergaulan bebas sedikit demi sedikit harus terus dikurangi. Masa depan bangsa tergantung oleh anak muda bangsa tersebut. Jika pemudanya baik, bangsanya akan baik.

Jika pemudanya buruk, maka bangsanya akan rusak. Sekali lagi peran orang tua adalah yang terpenting dalam masalah ini.

6. Teks Tanggapan Kritis Tentang Kesehatan

Berpikir Kritis

Di era globalisasi dan dunia serba mudah semua jenis Rokok yang tersedia dan banyak orang yang suka mengkonsumsi,

bahkan jika Kemasan rokok jelas menyatakan bahwa Rokok sangat berbahaya, menyebabkan banyak penyakit dan menyebabkan polusi udara tapi masih ada orang yang mengkonsumsi itu,

bahkan jika mereka tidak satu hari tanpa Merokok ditambah banyak Rokok, yang harga murah sehingga orang kelas rendah dapat membelinya.

Banyak jenis Rokok dengan berbagai merk dan harga membuat masyarakat semakin suka mengkonsumsi Rokok, tapi Rokok Apadaya yang sebenarnya perlahan-lahan mengurangi penggunaan kehidupan.

Rokok membuat pengguna tergantung, sehingga pengguna Rokok harus terus-menerus membeli Rokok yang menyebabkan pemborosan yang menghabiskan uang, terutama para remaja, sehingga mereka tidak dapat menaruh uang saku mereka dan orang tua yang menaruh uang samping.

Untuk  memenuhi kebutuhan keluarga, tetapi digunakan untuk membeli Rokok, dan jika mereka tidak punya uang, maka mereka akan melakukan semua sarana untuk bahkan mendapatkan Rokok mencuri.

Oleh karena itu di hari ini banyak terjadi kekerasan rumah tangga, Selain itu Rokok dapat menyebabkan banyak penyakit, termasuk Bebas Rokok, yang terjadi karena asap rokok dan Rokok sangat berbahaya.

Pendapat ini benar, tetapi masyarakat merokok berpendapat bahwa merokok pertama membuat mereka terlihat lebih maskulin,

kedua mereka pikir tidak membuat mereka boros karena mereka akan lebih mampu untuk menaruh uang mereka seperti melalui tidak membeli barang yang tidak penting,

ketiga dapat mengurangi stres dan mereka yakin suatu hari tanpa makan selama mereka Merokok akan menjadi pekerjaan yang kuat sepanjang hari.

Sebenarnya, sebagai komentar, saya setuju dengan pernyataan bahwa Rokok sangat berbahaya bagi tubuh, tidak hanya Rokok, tapi asap juga berbahaya, karena dalam Rokok ada bahan yang sangat berbahaya yang menyebabkan penyakit dan membuat pecandu, Rokok juga membuat kita hidup mewah.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi

7. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

Berpikir Kritis

Bagi kamu yang telah selesai menempuh pendidikan di SMP, tentu akan banyak sekali mengalami kebingungan dalam 2 pilihan, antara SMA atau SMK.

Setiap pilihan akan mengandung berbagai konsekuensi tertentu pada masa depan.yang Menentukan pilihan antara SMA atau SMK tentu harus akan berdasarkan pada beberapa pertimbangan.

Memilih lanjut di SMA yang akan memudahkan kita dalam memasuki duduk di perguruan tinggi. Tentu saja, sesuai dengan bidang yang kita pilih pada waktu di SMA.

contohnya ketika SMA, kita di jurusan IPA, maka pilihan di perguruan tinggi yang akan berkaitan dengan ilmu IPA, begitu pula dengan jurusan IPS ataupun Bahasa.

Memilih lanjut di SMK, setelah lulus kita langsung dapat pekerjaan. Pekerjaan tersebut sesuai dengan jurusan yang akan dipilih pada waktu SMK.

Kemudian ditinjau dari segi praktek lapangan. Di SMA lebih mengutamakan pada teori, dibandingkan dengan praktek lapangan. walaupun ada praktek, itu hanya untuk mata pelajaran tertentu yang akan membutuhkan praktek tersebut.lalu Sedangkan di SMK, pelajaran yang sering diberikan, fokus pada kegiatan praktek yang akan dibandingkan teori.

8. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Fenomena Alam

Berpikir Kritis

Akhir-akhir ini hujan deras sering melanda beberapa kota di Indonesia. Hujan lebat ini mengakibatkan beberapa bencana lain seperti tanah longsor dan juga banjir bandang.

Memang di saat musim kemarau banyak orang yang mengeluhkan tentang cuaca yang panas dan tanaman-tanaman mereka di sawah yang layu kekurangan air. Namun, ketika hujan datang pun mereka tetap mengeluh dengan alasan susah mengeringkan pakaian, banjir, dan lain-lain.

Sebenarnya, bukan hujan yang terlalu dipermasalahkan oleh masyarakat, melainkan lebatnya hujan. Bencana-bencana seperti banjir dan tanah longsor lebih diakibatkan oleh hujan yang begitu deras dengan waktu yang sangat lama.

Tanah yang lemah tidak akan sanggup menahan air yang begitu banyak dan jadilah longsor. Sungai yang tertutup sampah tidak dapat menampung air yang begitu banyak dan jadilah banjir.

Hujan adalah berkah. Tapi apakah tanah longsor dan banjir bisa disebut berkah? Jika kita memikirkan jauh lebih dalam, sebenarnya ini adalah berkah. Adanya bencana tersebut bisa jadi adalah cara Tuhan untuk mengingatkan manusia.

Bayangkan, sekarang banyak sekali aksi penggundulan hutan dan kebiasaan membuang sampah sembarangan. Bukankah itu yang menjadi akar masalah dari bencana tersebut?

Jika masyarakat mau sedikit berpikir lebih dewasa dan mau introspeksi diri, setelah kejadian banjir dan tanah longsor melanda, pasti mereka akan mengurangi aksi penggundulan hutan dan membuang sampah sembarangan.

Tapi kenapa bencana itu terus terjadi? Karena masyarakat tidak mau melakukan hal positif tersebut. Jadi bukan menjadi pertanyaan lagi kenapa banjir dan tanah longsor masih sering melanda Indonesia.

Jadi, sebenarnya ada fenomena alam yang terjadi murni dari alam. Ada juga fenomena alam yang terjadi karena memang manusia menyakiti alam.

Tugas manusia adalah untuk memperbaiki diri dan menyadari bahwa mereka hidup berdampingan dengan makhluk luar biasa besar, yakni alam. Dengan begitu, keseimbangan alam dapat terjaga, bencana pun akan semakin berkurang.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot Singkat

9. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet

Berpikir Kritis

Di zaman yang semakin canggih ini, semua berkembang pesat, terutama dalam hal teknologi. Tentu semua orang sudah tidak asing dengan apa itu internet. Dengan adanya internet, keterbatasan manusia seperti musnah.

Bayangkan saja, dengan hadirnya internet, kita yang berada di Indonesia bisa berkomunikasi dengan orang yang ada jauh di negara lain, mulai dari Inggris, Amerika, Rusia, dan lain-lain. Jarak yang beribu-ribu kilometer ini seakan tidak ada.

Dalam hal informasi, dengan adanya internet semua informasi dapat ditemui, mulai dari nama-nama binatang, para penemu-penemu, hingga kehidupan orang-orang penting di dunia.

Untuk mendapatkan apa yang ingin kita ketahui, kita cukup membuka browser di handphone atau laptop dan menuju ke website mesin pencari. Segala sesuatu akan didapatkan di sana.

Bagi yang menyukai hobi-hobi mulai dari sepak bola, bermain game, menari, bermusik, dan lain-lain, semua sudah bisa belajar lewat video yang ada di situs Youtube. Dari web tersebut orang bisa belajar apapun tanpa perlu bertatap muka dengan pelatihnya.

Hal ini tentu menjadi hal yang sangat fenomenal. Dulu kita hanya bisa belajar jika bertemu dengan orang yang mau mengajari, kini dengan internet kita tak perlu lagi melakukan hal itu.

Sekarang bahkan internet menjadi lebih gila lagi. Mereka sudah merambah lahan-lahan dalam mencari uang, mulai dari bisnis, berdagang, hingga ke ojek online. Saat ini, seseorang yang hanya berada di depan laptop seharian bisa menjadi jutawan tanpa harus keluar bekerja di kantor-kantor. Hal ini yang disebut online freelancer.

Saat ini seorang ojek tidak perlu lagi menunggu di pangkalan untuk menanti pelanggan karena dengan hadirnya aplikasi ojek online penumpang dan tukang ojek dapat berkomunikasi dengan baik.

Marketplace online atau pasar online adalah hal yang paling gila. Orang bisa menjadi miliuner hanya dari berdagang lewat internet, tidak perlu panas-panasan menggelar lapak di pinggir jalan atau berkeliling door to door.

Semua serba digital. Jika hal ini terus berlangsung, tidak heran jika beberapa puluh tahun ke depan orang hanya akan berada di rumah karena semua hal yang mereka butuhkan bisa didapatkan dari internet.

Yang menjadi pertanyaan, apakah internet sepenuhnya menguntungkan? Memang dari segi manfaat, banyak sekali yang bisa didapatkan dengan hadirnya internet, terutama kemudahan dalam melakukan sesuatu. Namun internet juga bisa menjadi boomerang bagi penggunanya jika tidak digunakan dengan bijaksana.

Orang yang paling rawan terkena dampak negatif dari internet adalah para remaja. Bisa dilihat setiap anak muda hampir semuanya memiliki telepon pintar dengan segala kecanggihannya. Sayangnya, kepintaran telepon itu tidak berbanding terbalik dengan kepintaran si pengguna.

Remaja yang ketagihan media sosial akan terlalu larut dalam kehidupan maya dan melupakan kehidupan nyata. Hasilnya, mereka pun menjadi anti sosial.

Belum lagi masalah moral yang bisa rusak gara-gara penggunaan internet. Kemudahan yang dihadirkan internet membuat para anak muda khususnya laki-laki untuk mengakses cerita, gambar-gambar, dan video konten dewasa. Hanya tinggal mengetikkan suatu alamat di browser, mereka sudah bisa mendapatkan sajian konten dewasa dengan mudah.

Akibatnya, krisis moral terjadi. Banyak kasus pemerkosaan dan pergaulan bebas yang melibatkan remaja. Jika tidak memiliki mental yang kuat, wanita korban pemerkosaan bisa depresi dan berujung pada bunuh diri.

Tak lama di Indonesia sering muncul ujaran kebencian di media sosial. Bukan hanya itu, muncul juga berbagai macam hoax atau berita bohong yang meracuni akal sehat para pengguna internet sehingga mereka bisa mudah terprovokasi untuk membenci seseorang. Jika hal ini dibiarkan tanpa adanya undang-undang yang mengatur, Indonesia akan semakin kacau karena semua orang bebas melemparkan ujaran kebencian.

Dari semua itu, bisa dikatakan internet merupakan dua sisi mata uang. Ada sisi positif ada pula sisi negatif. Bukan menghapuskan internet yang menjadi solusi atas semua ini.

Namun, mengendalikan diri untuk mengendalikan internet adalah jawaban yang paling bijak untuk saat ini. Ambil baiknya, buang buruknya. Sesimpel itu cara menanggapi sesuatu yang hadir di dalam hidup manusia.

10. Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Full Day School

Berpikir Kritis

Beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia digegerkan oleh sistem belajar full day school yang ditetapkan oleh Mendikbud Muhadjir Effendi. Dengan adanya sistem belajar seperti ini, siswa sekolah diharapkan mendapat pendidikan karakter dan pengetahuan umum secara optimal disekolah.

Jika sistem full day school diterapkan, maka 80 hingga 90 persen waktu yang dimiliki siswa akan habis disekolah.

Dengan penerapan sistem ini, siswa diharapkan akan memaksimalkan jam belajarnya untuk mendapatkan pembelajaran pengetahuan umum dan 18 karakter disekolah, termasuk sikap toleransi, jujur, kedisiplinan dan cinta tanah air.

Selain itu hubungan antara orang tua dan murid patut dipertimbangkan karena dengan semakin banyak waktu yang siswa habiskan dirumah,

kecemasan orangtua pun menurun karena anak-anak mereka berada dalam pengawasan guru. Dan mereka dapat mengambil alih pengawasan sepulang mereka bekerja.

Dengan demikian, isu mengenai sistem full day school tersebut dapat mengoptimalkan kebutuhan belajar siswa selama orangtua bekerja, sore harinya pengawasan murid diambil oleh orangtua. Komunikasi dan ikatan batin anak dan oranngtua pun tetap terjaga.

Baca Juga : Contoh Kalimat Perintah

Itulah penjelasan yang dapat pintarnesia pada pertemuan ini sampaikan tentang contoh teks tanggapan kritis.

Semoga contoh teks tanggapan kritis yang telah diberikan di atas dapat dijadiakn sebagai bahan referensi pembelajaran dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan.

Apabila dalam penulisan artikel ini terdapat kalimat atau kata yang kurang tepat, mohon dimaafkan. Terimakasi. Salam teman pintar!