Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

10+ Contoh Teks Ulasan: Novel, Buku-buku, Cerpen, Film

19 min read

Contoh Teks Ulasan – Biasanya pada saat kita ingin merencanakan untuk melihat suatu karya, terlebih dahulu kita melihat ulasan yang diberikan oleh para penonton sebelum kita saat melihat karya tersebut. Kesan dan pesan apakah yang dituliskan oleh si penulis teks ulasan untuk suatu karya.

Biasanya teks ulasan berisikan hal yang positif dan hal-hal yang negatif dari suatu karya yang diulas. Sebelum mengetahui lebih jauh tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teks ulasan? Berikut ini adalah penjelasan teks ulasan yang disertai dengan contohnya.

 

Pengertian Teks Ulasan

Pengertian teks ulasan adalah teks yang berisikan ulasan yang dapat berupa kritik saran ataupun pujian dari suatu karya yang dimiliki oleh seseorang. Dalam pembuatan ulasan, harus dituntut untuk selalu bersikap kritis supaya ulasan yang dituliskan dapat lebih memajukan karya tersebut terlebih berkontribusi dalam karya yang diberi ulasan. Adanya teks ulasan bertujuan untuk dapat menyampaikan sudut pandang atau pendapat yang dimiliki oleh penulis terhadap suatu karya.

Teks ulasan juga memiliki ciri-ciri dan juga struktur yang jelas sama halnya dengan teks-teks pada umumnya. Struktur dari teks ulasan antara lain yaitu orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman. Teks ulasan berisikan tentang sudut pandang dan pendapat dari si penulis terhadap suatu karya. Pendapat yang dituliskan oleh penulis tersebut berdasarkan dari fakta yang diinterpretasikan. Teks ulasan dapat pula disebut dengan resensi.

 

 

Struktur Teks Ulasan

Telah dijelaskan di atas bahwa teks ulasan mempunyai struktur Sama halnya dengan teks yang lainnya agar dalam pembuatannya lebih cepat mudah untuk dibaca, rapih, serta terlihat utuh. Terdapat empat hal dalam struktur teks ulasan, antara lain yaitu orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman. Berikut ini adalah penjelasan dari keempat struktur teks ulasan.

 

1. Orientasi

Orientasi merupakan urutan yang pertama dalam pembuatan teks ulasan, pada bagian orientasi teks berisikan tentang gambaran umum atau pengenalan terhadap suatu karya yang akan diulas. Sehingga nantinya si pembaca terlebih dahulu akan mengetahui karya apa yang ingin diulas dalam teks ulasan tersebut.

 

2. Tafsiran

Struktur pada bagian yang kedua adalah tafsiran, pada bagian ini teks ulasan berisikan mengenai gambaran secara detail dari suatu karya yang diulas. Pembahasan yang dituliskan pada bagian ini antara lain seperti keunggulan dari suatu karya, keunikan, kualitas, dan lain sebagainya.

 

3. Evaluasi

Kemudian pada struktur yang selanjutnya adalah bagian evaluasi, pada bagian ini suatu teks ulasan berisikan tentang pandangan dari si penulis teks ulasan terhadap dari suatu karya yang diulasnya. Bagian evaluasi dituliskan setelah penulisan tafsiran. Dalam bagian ini penulis dapat menuliskan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh suatu karya yang diulas.

 

4. Rangkuman

Kemudian struktur yang terakhir adalah bagian rangkuman, pada bagian ini suatu teks ulasan berisikan tentang inti atau kesimpulan yang dapat diambil dari suatu karya yang diulas. Pada bagian ini biasanya akan diberikan saran dari si penulis bagi para pembaca terhadap suatu karya yang diulasnya.

 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Sama halnya dengan jenis teks yang lainnya, dalam teks ulasan juga memiliki atau terdapat kaidah kebahasaan tertentu. Dalam teks ulasan terdapat penggunaan kata-kata persuasif atau opini serta konjungsi internal dan eksternal. Dalam teks ulasan juga menggunakan ungkapan perbandingan, yang dapat berupa persamaan atau perbedaan dari suatu karya. Teksungasan juga memiliki kata kerja relasional dan juga kata kerja material.

 

 

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini akan diberikan contoh teks ulasan yang dapat membantu kamu agar lebih memahami secara lebih jelas apa itu teks ulasan. Atau kamu ingin menulis ulasan terhadap suatu karya maka kamu resimac contoh-contoh di bawah ini. Akan di berikan contoh teks ulasan novel, cerpen, film ataupun album dan lain sebagainya.

 

1. Contoh Teks Ulasan Novel “Habibie dan Ainun”

contoh teks ulasan

 

Orientasi

Novel yang berjudul Habibie dan Ainun adalah suatu karya tulis dari BJ Habibie. Infolink diluncurkan pada tanggal 30 November 2010, yang mana isi dari novel ini tidak lain yaitu menceritakan kisah cinta antara bapak Habibie dan ibu Ainun. Kisah cinta Habibie dan Ainun dalam novel ini diawali dengan pertemuan di antara mereka sampai akhirnya maut yang memisahkan mereka. Terdapat pula berbagai untaian doa dan puisi-puisi cinta yang terdapat dalam 321 halaman pada novel ini.

 

Tafsiran

Cerita novel ini diawali pada saat Habibie dan Ainun dipertemukan kembali. Mereka bertemu pada saat malam lebaran di rumah Ainun. pada saat itu Habibie sedang menjalankan masa cuti sepanjang 3 bulan. Dan setelahnya Habibie kembali ke Jerman bersama dengan Ainun.

Mereka mulai mengalami sedikit demi sedikit ujian cinta dan perjuangan yang harus mereka jalani saat mereka telah tiba di Jerman. Pekerjaan dan tugas yang dijalani oleh Habibie selalu didukung oleh Ainun sehingga Habibie tidak pernah berkeluh kesah terhadap pekerjaan yang dijalaninya. Bahkan saat sedang berada di sana bersama Ainun juga tidak pernah mengganggu konsentrasi dari Habibie. Dalam cerita yang dituliskan pada novel ini, Habibie memiliki riwayat penyakit TBC.

Meskipun sedang dalam mengalami keadaan yang sulit , Ainun tetap selalu merawat Habibie dengan penuh kasih sayang dan selalu mengontrol kesehatan Habibie. Begitupun sebaliknya, Habibie juga selalu melibatkan Bu Ainun terkait dengan mengambil keputusan. Berkat keharmonisan tersebut, Pak Habibie berhasil meraih banyak prestasi serta banyak dikagumi orang di Jerman.

Kisah cinta di antara mereka kemudian diakhiri dengan wafatnya Ainun yang pada saat itu meninggal dunia dikarenakan penyakit kanker yang telah diterimanya selama bertahun-tahun.

 

Evaluasi

Novel yang memiliki 321 halaman ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang dapat mudah untuk dipahami oleh para pembaca sehingga para pembaca terlibat dalam cerita yang disajikan tersebut. Sehingga tidak heran jika novel ini diminati banyak orang. Menurut Pak Habibie, hadirnya buku ini sudah menutupi kekosongan jiwa Pak Habibie selama ini.

 

Rangkuman

Novel Habibie dan Ainun adalah novel yang patut untuk dibaca oleh orang dewasa, terutama bagi sepasang suami istri. Karena dalam novel ini di ceritakan perjuangan dan ketegaran yang dijalani oleh mereka. Dalam hal ini juga diberikan semangat serta motivasi dalam kehidupan keluarga supaya lebih harmonis serta dapat mendukung satu dengan yang lainnya.

 

2. Contoh Teks Ulasan Puisi “Ayah”

contoh teks ulasan

Orientasi

Cahaya Mahardika menuliskan suatu karya dalam bentuk puisi yang berjudul ayah. Puisi ini diterbitkan pada salah satu majalah khusus anak-anak pada tahun 2009. Pada puisi ini diceritakan tentang berbagai perjuangan yang dilakukan oleh seorang ayah. Yang mana perjuangan tersebut semata-mata hanya dilakukan untuk membahagiakan keluarga tercintanya. Digambarkan pula dalam novel ini seorang anak yang memiliki rasa yang begitu besar terhadap ayahnya.

 

Tafsiran

Pada bait pertama pada novel ini, digambarkan betapa beratnya perjuangan yang dilakukan oleh seorang ayah demi kebahagiaan keluarga. Sang Ayah harus bekerja keras dengan cucuran keringat untuk mengantongi rupiah. Panasnya matahari sama sekali tidak menjadi masalah bagi sang ayah. Pada bait yang berikutnya, digambarkan tentang rasa sayang yang sangat besar seorang anak kepada ayahnya. Karena ayah merupakan cinta pertama seorang anak perempuan. Ayah juga pemberi kebahagiaan dan seorang sosok yang penting utntuk anaknya.

 

Evaluasi

Dalam puisi ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat indah, tapi tetap sederhana. Kata-kata yang digunakan sangat mendalam dan mudah dipahami. Selain itu, puisi “Ayah” menyatu dengan kehidupan nyata. Tetapi, terdapat kekurangan dalam penulisan puisi ini yaitu kaidah penulisan puisi. Hanya terdapat dua baris dengan beberapa kata saja dalam bait kedua dan seterusnya.

 

Rangkuman

Meskipun terdapat beberapa kekurangan pada puisi “Ayah”, puisi ini tetap layak untuk diterbitkan. Dengan mengambil tema mengenai keluarga, puisi ini bisa dijadikan sebagai peringatan. Peringatan untuk seorang anak agar bisa menyadari sulitnya perjuangan seorang Ayah untuk memenuhi segala kebutuhan pada keluarga. Maka dari itu, seorang anak harus bisa menghargai perjuangan yang telah dilakukan oleh ayahnya.

 

3. Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil Untuk Tuhan

contoh teks ulasan

 

Orientasi

Film Surat Kecil Untuk Tuhan adalah sebuah film yang di adaptasi dari novel. Novel tersebut memiliki judul yang sama dengan judul film ini. Selain itu, kisah film ini juga berdasarkan kisah nyata. Bercerita tentang seorang gadis bernama Keke yang lahir dari keluarga yang sangat berada.

Selain itu, Keke juga dikelilingi enam sahabat karib yang selalu ada dalam kehidupannya. Kehidupan seorang Keke ini semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekasih yang juga sangat menyayangi Keke, yaitu Andy.

 

Tafsiran

Keke mulai mengidap penyakit kanker pada tahun 2003 yang membuat wajah cantik nya berubah menjadi mengerikan. Ayah Keke selalu berusaha mencari cara agar Keke bisa sembuh. Sahabat-sahabatnya juga selalu menyemangati Keke agar semangat dalam menjalani hidup.

Namun penyakit kanker tersebut dapat dipatahkan karena semangat juang yang tinggi dari Keke untuk dapat tetap sembuh dari kanker. Dokter telah menyatakan bahwa Keke telah sembuh dari penyakit kanker. Keke kemudian mulai menjalani aktivitasnya seperti biasa. Seperti misalnya sekolah dan berkumpul bersama sahabat-sahabatnya.

Kemudian pada saat Keke berbahagia karena telah sembuh dari penyakit kanker dan menjalani segala aktivitas rutin dan kehidupan sehari-hari nya seperti biasa, kabar buruk kembali harus dihadapi Keke. Kanker kembali menghinggapi tubuh Keke dengan lebih parah dan lebih mematikan.

Dokter-dokter yang menangani Keke memvonis bahwa Keke tidak akan bertahan selama tiga bulan. Keke kemudian berhasil bertahan selama satu tahun meski Keke meninggal pada tanggal 26 Desember 2006.

 

Evaluasi

Film yang merupakan karya dari Harris Nizam ini memiliki kelebihan dapat membuat para penontonnya larut terhadap alur cerita yang disajikan. Terlebih kisah yang disajikan dalam film ini adalah kisah yang nyata. Film ini tentu sangat menyentuh hati pemirsanya. Film ini juga mengajarkan penonton agar ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Yang Maha Kuasa.

 

Rangkuman

Berdasarkan teori secara keseluruhan terdapat banyak sekali pesan yang ada dalam film ini. Contohnya adalah pantang menyerah, persahabatan dan kasih sayang orang tua dalam menyembuhkan anaknya. Film ini tentunya sangat di rekomendasikan bagi para remaja.

 

4. Contoh Teks Ulasan Novel “Menemuimu Dalam Doa”

contoh teks ulasan

Orientasi

Menemuimu Dalam Do’a merupakan novel karya Hamida Surya. Tokoh utama di dalam novel ini bernama Indah. Diceritakan dalam novel, Indah ingin melupakan mantan kekasihnya. Setiap hari ia masih selalu terbayang kenangan manis bersama sang mantan kekasih. Berbagai cara telah ia lakukan. Mulai dari mengisi hari-harinya dengan kesibukan hingga membuka hati untuk lelaki lain. Akan tetapi semua yang telah dilakukan olehnya seakan-akan tidak membuahkan hasil. Ia tetap masih saja memikirkan kan mantan kekasihnya.

 

Tafsiran

Indah merupakan seorang gadis yang masih berumur 19 tahun. Ia hidup di keluarga yang tercukupi. Ia menjalani hidup layaknya gadis belia pada umumnya. Namun, semuanya berubah saat ia bertemu dengan Galih. Pertemuan itu terjadi di dunia maya. Perkenalan yang tak sengaja itu ternyata membuka kisah baru dalam hidupnya. Terlebih lagi, ternyata Galih adalah sepupu sahabat Indah.

Mereka berdua menjalin kedekatan, yang kemudian akhirnya mereka berdua menjalin hubungan pacaran. Namun, jalan tidak berpihak kepada mereka. Hubungan itu harus kandas setelah setahun terjalin. Dengan putusnya hubungan itu, mereka saling menjauh. Menjalani kehidupan masing-masing seperti sebelum saling mengenal.

Indah menyibukkan diri dengan segala aktivitas pendidikannya. Sedangkan galih kemudian menjalin hubungan yang baru dengan wanita yang lain. Hubungan mereka semakin jauh. akan tetapi hubungan di antara mereka tentu tidak mudah untuk dilupakan begitu saja. Empat tahun berlalu, mereka saling bersapa lagi. Sapaan itu tetap terjadi di dunia maya. Seperti pertemuan mereka yang pertama kali.

Sampai pada akhirnya, mereka berdua menjalin hubungan yang sama kembali. 2 tahun berlalu mereka menjalin hubungan, kemudian Indah memutuskan untuk pergi hal tersebut dilakukan indah karena Galih tidak lagi mau mendengar apa yang baik untuknya. Kepergian Indah bukan karena tak ada lagi cinta dalam jiwanya, namun ia harus melindungi dirinya sendiri. Sampai saat ini, cinta Indah tetap ada. Dan ia menemui Galih, sang mantan, di dalam doa.

 

Evaluasi

Novel “Menemuimu Dalam Do’a” merupakan novel yang sesuai dengan kehidupan remaja. Dalam novel ini menggunakan bahasa yang dapat dengan mudah dimengerti oleh para pembaca. Setiap manusia yang pernah merasakan jatuh cinta akan jatuh ke cerita dalam novel ini. Pembaca yang membaca novel ini tentunya merasa terharu serta terbawa suasana dalam alur cerita yang disajikan.

 

Rangkuman

Novel dengan tema romantis ini memberatkan bahasan pada konflik yang terjadi di dalam pikiran dan hati. Alur tak sejalan antara otak dah hati memang kerap terjadi. Novel ini menampilkan kejadian-kejadian yang nampak nyata dalam keseharian remaja. Namun, cover (tampilan depan) novel dinilai kurang berwarna. Tampilan depan terkesan mati tak sesuai dengan isi bahasan.

 

5. Contoh Teks Ulasan Film Perahu Kertas

contoh teks ulasan

Orientasi

Film yang berjudul perahu kertas merupakan film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama yang merupakan karya dari Dewi Lestari. Film ini bercerita tentang kejujuran hati dan adanya perasaan yang terhalang oleh hal lain. Film ini diperankan oleh seorang artis cantik yaitu Maudy Ayunda dan peran laki-laki perankan oleh Adipati Dolken. Sehingga film ini fokus pada kisah cinta remaja.

 

Tafsiran

Film Perahu Kertas menceritakan turun naiknya hubungan antara dua orang remaja bernama Kugy dan Keenan. Perkenalan antara mereka berdua terjadi ketika Kugy dan sahabat mereka menjemput Keenan pulang dari Belanda. Akan tetapi perasaan yang dimiliki oleh keduanya tidaklah diberi jalan yang mulus. Karena pada saat pertama kali mereka berkenalan, Kugy sedang memiliki hubungan dengan Ojos.

Sementara itu Keenan sendiri juga sedang dekat dengan seorang gadis bernama Wanda. Walaupun Keenan dan Kugy memiliki rasa saling suka, mereka tidak pernah menyatakan perasaan tersebut satu sama lain. Kisah cinta mereka berawal saat mereka kuliah di Bandung. Diceritakan dalam film ini sosok Kugy adalah perempuan yang tomboy, ceria dan memiliki keyakinan bahwa dia adalah seorang agen Dewa Neptunus.

Ia memiliki kebiasaan untuk menulis curhatannya di atas kertas yang nantinya dibentuk menjadi perahu dan dihanyutkan di atas air. Meskipun Kugy terlihat memiliki sifat yang kekanak-kanakan, akan tetapi sebenarnya Ia merupakan sosok yang memiliki pemikiran dewasa.

Sementara itu Keenan adalah seorang pelukis muda berbakat yang dipaksa orang tuanya untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi. Keenan bersama Kugy, serta Noni dan Eko yang merupakan sahabatnya menjadi geng yang kompak. Kebersamaan Lugu dan Keenan apa yang dilakukan hampir setiap hari tidak disadari menimbulkan rasa cinta di antara keduanya. Tetapi rintangan demi rintangan selalu ada dalam kisah mereka.

Keenan yang pada saat itu telahi kehilangan semangat akhirnya pergi ke rumah pak Wayan. Pak Wayan sendiri merupakan guru melukis Keenan yang kemudian mempertemukan Kugy dengan langganannya yang bernama Remi. Kugy yang sudah lulus kuliah diberikan tempat sebagai anak magang di biro iklan milik teman kakaknya.

Setelah sekian lama kemudian akhirnya Kugy dan Keenan dipertemukan lagi secara tidak sengaja di pesta pernikahan Noni dan Eko. Hubungan mereka berdua akhirnya kembali dekat. Akan tetapi sangat disayangkan, ada sebuah penghalang antara mereka, yaitu Remy dan Luhde.

 

Evaluasi

Dalam film ini memiliki beberapa kelebihan misalnya itu karakter yang diperankan sangat kuat dan sesuai. Pesan moral yang terkandung dengan baik di dalam cerita menjadi bumbu dari film ini. Penjiwaan secara maksimal yang perankan oleh para pemain serta alur cerita dan konflik yang bagus digambarkan selama cerita berlangsung.

Tidak terlepas dari kelebihan yang dimiliki dalam film ini, terdapat pula kekurangan yang ada. Misalnya eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing tokoh yang akhirnya memecah perhatian para penonton. Akhir cerita dari film ini juga terkesan menggantung tanpa ada kejelasan bagaimana film ini berlanjut.

 

Rangkuman

Film yang berjudul perahu kertas ini sangat cocok untuk ditonton oleh para remaja, ya mungkin banyak mengalami kisah cinta yang sama dengan film ini. Ceritanya alur ceritanya yang sangat cocok dalam kehidupan nyata, karakter yang pas, konflik yang tepat, seakan menjadi alasan mengapa para remaja harus menonton kisah dua sejoli ini.

 

6. Contoh Teks Ulasan Cerpen “Nasihat Untuk Anakku”

contoh teks ulasan

 

Orientasi

Nasihat Untuk Anakku adalah cerpen karya Motinggo Busye. Cerpen ini merupakan satu-satunya cerpen yang ditulis Motinggo Busye dan mendapatkan hadiah dari sebuah majalah sastra. Karya tulis ini bercerita tentang banyak berubahnya keadaan dunia, perjuangan hidup, serta berbagai nasihat dari ayah untuk anaknya.

 

Tafsiran

Diceritakan mengenai keadaan di negara Indonesia yang telah berubah pada paragraf pertama. Yang kemudian pada paragraf selanjutnya ceritakan tentang sulitnya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari karena keadaan yang sangat Kemudian selanjutnya menceritakan bagaimana sang penulis cerita merayakan ulang tahun sang Ayah.

Sang Ayah saat itu membawa temannya ke warung kopi untuk merayakan hari ulang tahunnya. Di paragraf berikutnya menceritakan tentang rencana apa yang ingin digunakan dari hasil terbitnya buku sang Ayah.

Dalam pertengahan cerpen yang berjudul “Ayah” ini menceritakan seorang teman dari ayah yang melakukan bunuh diri dengan cara memotong urat nadi nya menggunakan silet. Tentu hal tersebut sangat memalukan. Dan pada bagian akhir, penulis memberi tahu untuk jangan takut membela kebenaran meski terkadang kebenaran dikalahkan oleh kenyataan.

 

Evaluasi

Cerpen ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang cukup sulit untuk dimengerti oleh para pembaca. Akan tetapi, jika para pembaca sudah memahami cerpen ini, maka pembaca akan tersihir dengan cerita pendek yang satu ini. Cerpen ini juga menjadi sebuah motivasi yang luar biasa serta menjadi panutan dalam kehidupan.

Sehingga cerpen ini sangat bagus untuk para remaja. Dalam cerpen ini dituliskan berbagai nasehat yang dituliskan oleh si penulis bagi para pembaca. Selain itu, dalam cerpen ini menginformasikan bagaimana susahnya hidup dan bagaimana keadaan hidup saat itu sangat minim.

 

Rangkuman

Berdasarkan dari kekurangan karena dalam jangan ini menggunakan bahasa yang sedikit sulit untuk mengerti bagi para pembaca, akan tetapi secara keseluruhan cerpen ini memiliki banyak sekali nasehat yang berguna untuk dapat membangun pribadi yang lebih baik lagi.

 

7. Contoh Teks Ulasan Novel “Sang Pemimpi”

contoh teks ulasan

 

Orientasi

novel yang berjudul sang pemimpi yang merupakan karya dari Andrea Hirata merupakan buku kedua dari tetralogi Laskar pelangi. Dalam novel ini diceritakan mengenai kisah dari sang penulis yang digambarkan sebagai Ikal yang dilanda kemiskinan di Pulau Belitung. Ikal bersama dua orang temannya, yaitu Arai dan Jimbron, memiliki impian untuk dapat melanjutkan ke sekolah sampai ke negara Perancis dan dapat menjelajah seluruh dunia.

 

Tafsiran

Tuliskan paragraf pertama tentang si penulis dan kedua temannya yang digambarkan sebagai tiga remaja yang nakal. Kenakalan mereka dibenci oleh Pak Mustar yakni seorang Wakil Kepala SMA tempat mereka bersekolah. Namun, sang Kepala Sekolah justru kerap memberikan motivasi dan mimpi kepada ketiga remaja tersebut. Kemudian selanjutnya pada bab yang yang berikutnya para pembaca akan disajikan dengan berbagai kisah yang berdiri sendiri akan tetapi tetap memiliki hubungan yang sangat erat.

 

Evaluasi

Novel yang berjudul Laskar pelangi disajikan dengan menggunakan bahasa yang indah dan dapat membuat para pembacanya larut dalam alur cerita. tidak hanya itu dalam novel ini juga disajikan beberapa lelucon yang membuat gelak tawa para pembacanya. Dari buku ini, pembaca akan mengetahui bahwa Andrea Hirata ternyata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata. Beliau juga memiliki wawasan yang sangat luas.

 

Rangkuman

Meskipun buku ini merupakan buku kedua dari tetralogi Laskar pelangi, akan tetapi dalam cerita yang ada di novel ini hampir tidak ada hubungannya dengan Laskar pelangi. Namun secara keseluruhan nyatanya Sang Pemimpi tidak mengurangi inti pesan dari buku ini yang mengajarkan tentang hal yang tidak mungkin bisa diwujudkan dengan kerja keras.

 

8. Contoh Teks Ulasan Novel “Hujan”

contoh teks ulasan

 

Orientasi

Novel karya dari Tere Liye yang berjudul hujan ceritakan tentang kemauan dari tokoh utama yang bernama Lail. Seorang Lail ingin menghapus semua ingatannya tentang seseorang dan kemudian meminta bantuan Elijah. Setelah itu Lail mengingat alasan kenapa Ia harus menghapus ingatannya tersebut. Kemudian alasan tersebut ia utarakan kepada Elijah.

 

Tafsiran

Dalam novel ini diceritakan sosok Lail yang merupakan seorang gadis yatim piatu yang berumur 13 tahun. Ia menjadi yatim piatu sejak terjadi bencana alam di tempat ia tinggal. Saat bencana itu, ia bertemu dengan pemuda yang menyelamatkan hidupnya. Pemuda tersebut bernama Esok. Lail dan Esok kemudian terjebak dalam kisah percintaan selama berada di pengungsian dan selalu bersama.

Tapi kisah cintanya memiliki alur cerita yang tidak biasa, karena mereka memiliki cara yang tepat untuk menjaga hati mereka masing-masing. Dalam cerita ini juga terdapat sosok yang bernama Maryam yang merupakan sahabat Lail.

Pertemuan antara Lail dan Maryam terjadi pada saat mereka mengungsi dan mereka pindah ke panti. Disini, hubungan Lail dan Maryam sangat akrab. Namun Maryam juga angat tahu bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih dari sekedar percintaan biasa. Dengan kepribadian Lail yang introvert, dia tidak marah saat Maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua.

 

Evaluasi

Novel yang berjudul hujan disajikan dengan menggunakan bahasa yang dapat membuat para pembacanya larut dalam cerita yang disajikan. Pembaca juga bisa turut melangkah maju saat masalah yang dihadapi begitu berat dan juga ikut merasakan rasanya jatuh cinta. Terdapat rasa rindu pada saat ketemu dengan seseorang, dan kemudian bertemu kembali setelah sekian lama tidak berjumpa namun diiringi dengan rasa cemburu.

Bagi para pembaca yang pernah atau masih masa remaja mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. Imajinasi pembaca seakan dibuat melayang oleh sang penulis, yaitu Tere Liye.

 

Rangkuman

Tema yang yang dibawakan dalam novel ini sangatlah istimewa dan tidak sama dengan tema novel romantis pada umumnya. Dalam novel ini tidak hanya disajikan mengenai kisah cinta dari remaja, akan tetapi juga penulis menuliskan hal ilmiahnya. Serta hal yang tidak pasti mengenai suatu hal yang tidak pernah dikabarkan juga diceritakan pada novel berjudul Hujan ini.

 

9. Contoh Teks Ulasan Puisi “Ibu”

contoh teks ulasan

 

Orientasi

Puisi berjudul “Ibu” merupakan hasil karya Cantika Ayu. Puisi yang berjudul “Ibu” ini telah diterbitkan pada majalah kalangan usia menengah. Pada novel ini diceritakan mengenai doa-doa yang diuraikan dari seorang anak untuk sang ibu. Di dalam puisi ini juga diungkap ucapan terima kasih atas jasa-jasa seorang Ibu. Digambarkan dalam puisi, Ibu merupakan seseorang yang selalu ada untuk putra dan putrinya.

 

Tafsiran

Si penulis mulkan doa-doa yang ditujukan untuk ibunya pada bait pertama sampai dengan bait ketiga. Digambarkan bahwa seorang anak yang memiliki keinginan supaya ibunya tetap memiliki senyum yang tidak pernah pudar serta memiliki kebahagiaan yang tidak pernah hilang. Selain itu doa pun dipanjatkan oleh seorang anak yang menginginkan supaya ibunya selalu dalam perlindungan serta tuntunan Tuhan.

Digambarkan pula walaupun Ibu orang yang banyak bicara, seorang anak tetap berharap rezeki Ibu mengalir deras.

 

Evaluasi

Dalam puisi ini seorang anak menggambarkan kasih sayang yang dimilikinya kepada ibunya yang sangat besar. Segala jasa, kasih sayang yang telah diberikan dari sang ibu tidak akan pernah terbalas oleh seorang anak meskipun dengan menggunakan nominal yang sangat besar. Akan tetapi doa-doa yang dipanjatkan oleh seorang anak yang bulus merupakan hadiah terbesar bagi seorang ibu.

 

Rangkuman

Meskipun dalam novel ini terdapat beberapa kekurangan, akan tetapi secara keseluruhan puisi ini layak untuk dibaca. Dan kamu dapat menjadikan puisi ini sebagai referensi Jika kamu ingin membuat puisi dengan tema yang sama. Dengan membaca puisi ini kita dapat sadar bahwa pengorbanan dari seorang ibu tidak akan pernah terbalas oleh seorang anak.

Dalam setiap baitnya puisi ini mengajarkan untuk selalu sayang kepada ibu Bu dan memberikan motivasi kepada setiap anak supaya tidak menyakiti hati seorang ibu.

 

10. Contoh Teks Ulasan Cerpen “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan”

contoh teks ulasan

 

Orientasi

Dalam cerpen yang berjudul Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan merupakan sebuah karya tulis dari Arief Setiawan. Novel ini menceritakan tentang kisah cinta remaja yang dilanda sebuah masalah yang rumit.

 

Tafsiran

Awal mula cerita ini diawali dengan dua murid SMP yang ditulis sebagai Adit dan seorang perempuan yang bernama Dewi. Mereka pertama kali bertemu pada saat SMP ketika Adit diselamatkan oleh Dewi yang pada saat itu adik sedang dipalak oleh teman sekelasnya. Dan pada akhirnya Adit dan Dewi menjadi teman yang sering curhat antara satu dengan yang lainnya.

Sikap baik yang diberikan Dewi kepada Adit, menjadikan Adit terbawa perasaan dan memiliki rasa suka kepada Dewi. Akan tetapi setelah lulus SMP, Adit dan Dewi harus berpisah karena mereka berdua memilih sekolah yang berbeda. Dan pada saat SMA Adit memiliki seorang pacar akan tetapi hubungan mereka putus di tengah jalan dan kemudian Adit memiliki hubungan kembali dengan Dewi dan menjalin kedekatan sebagai sepasang kekasih.

Awal mula konflik pada hubungan mereka yaitu pada saat mantan pacar Adit ia meminta untuk berpacaran kembali. Dalam hal ini adik benar-benar mengambil keputusan yang salah dan memilih untuk lebih kembali kepada ada mantan pacarnya. Lalu Adit meninggalkan Dewi tanpa adanya kejelasan sedikitpun.

 

Evaluasi

Cerpen ini memiliki keunikan tersendiri serta penggambaran dari isi cerpen ini begitu dalam. Hal tersebutlah yang membuat para pembaca dapat ikut merasakan cerita yang dialami oleh tokoh dalam cerpen tersebut. Kekurangan yang dimiliki dalam cerpen ini mungkin alur yang disajikan dalam cerpen ini tidak wajar untuk dibaca oleh anak-anak di bawah umur. Karena dalam jawaban ini memberikan moral yang kurang baik bagi anak dibawah umur. Dan lebih cocok untuk dibaca bagi para remaja.

 

Rangkuman

Dalam cerpen ini terdapat pesan moral yang dapat diambil yaitu persahabatan yang terjalin diantara mereka didasari oleh kasih sayang yang tulus. Akan tetapi cerpen yang berjudul “Ketika Sebuah Perrsahabatan Dipertaruhkan” ini kurang tepat apabila dibaca oleh anak-anak di bawah umur.

 

Demikian penjelasan mengenai ai teks ulasan yang diawali dengan pembahasan pengertian teks ulasan, struktur teks ulasan, serta kaidah kebahasaan yang dimiliki oleh teks ulasan. Dan tidak lupa pula di berikan contoh oh yang dapat kamu jadikan sebagai referensi dalam belajar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan bagi para pembaca. Sekian terima kasih.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight