Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

100+ Contoh Tumbuhan Monokotil: Ciri dan Nama Latin

9 min read

contoh tumbuhan monokotil

Tumbuhan Monokotil – Jenis-jenis tumbuhan yang terbuka secara umum terbagi menjadi dua yaitu tumbuhan berbiji tunggal atau monokotil tumbuhan berbiji dua dikotil. Yang dimaksud dengan daun tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang memiliki biji berkeping satu atau tunggal. Kata monokotil sendiri yang terdiri kata “mono” yang memiliki arti tunggal, dan kata  “kotiledon” yang memiliki arti atau biji.

Di dalam sistem taksonomi pada tumbuhan keping biji tunggal ini diletakkan di beberapa kelompok dari jenis tumbuhan seperti monocotyledoneae. Biasanya yang termasuk kedalam jenis tumbuhan monokotil dari padi-padian, bawang-bawangan, pinang-pinangan, pisang-pisangan, dan temu-temuan.

Secara umum pengertian dari tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang memiliki biji berkeping tunggal. Ciri utama dari monokotil adalah memiliki biji tunggal dan memiliki akar serabut serta daun yang sejajar. contoh tumbuhan yang merupakan jenis tumbuhan monokotil adalah jagung, padi, pisang, tebu dan masih banyak lagi.

 

Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil

ciri ciri tumbuhan monokotil

Ciri-ciri tumbuhan monokotil yang paling khas adalah memiliki biji tunggal karena hanya mempunyai satu daun lembaga, daun berseling , memiliki akar serabut, tulang daun yang sejajar dan berbentuk pita. Jenis tumbuhan monokotil diakui sebagai takson kelas dari berbagai sistem klasifikasi bukan mendapatkan berbagai sebutan antara lain seperti Liliopsida, Monocotyledoneae dan Liliidae.

Berdasarkan analisis filogeni, tumbuhan monokotil diketahui memiliki sifat monofiletik atau holofiletik. Dalam sistem klasifikasi APG II Tumbuhan monokotil yang termasuk dalam kelas yang disebut dengan monocots.

Tumbuhan monokotil memiliki ciri yang utama yaitu memiliki akar yang berbentuk serabut, batang yang beruas, tidak berkambium, bagian-bagian bunganya berjumlah 3 atau kelipatannya, memiliki 1 keping lembaga atau kotiledon, memiliki daun yang sejajar atau melengkung.

 

Ciri Fisik Tumbuhan Monokotil

Di bawah ini adalah ciri-ciri dari tumbuhan monokotil dilihat berdasarkan dari segi fisik dan juga karakteristik lainnya yang membedakan jenis tumbuhan monokotil dengan jenis tumbuhan lainnya.

  • Memiliki bentuk akar dari sistem akar serabut
  • Tudung Akar (Kaliptrogen) dan adapula Tudung Akar (Kaliptra)
  • Kandungan akar dan juga batangnya tidak memiliki kambium
  • Bentuk sumsum pada pola daun tumbuhan monokotil sejajar atau melengkung
  • Jumlah kelopak bunga pada umumnya yaitu kelipatan 3
  • Memiliki batang yang beruas-ruas serta tidak bercabang
  • Bijinya berkeping satu
  • Memiliki pembuluh angkut yang bisa ditemukan pada bagian batang kolateral yang tertutup
  • Tumbuh kembang batang dan akarnya tidak dapat tumbuh berkembang menjadi besar
  • Pelindung batang dan akar lembaganya terdapat pada batang lembaga atau koleoptil pada akar lembaga atau koleorhiza.

 

 

Keluarga Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil dari diri dari berbagai jenis family dalam tumbuhan. Di bawah ini adalah keluarga tumbuhan monokotil contoh tumbuhannya.

 

Araceae

Keluarga dari jenis Araceae antara lain seperti: tumbuhan Talas (Colocasia Esculenta), Sente (Alocasia Macroriza), Bentul (Xanthosomo Violaceum).

 

Arecaceae

Jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga aracaceae yang merupakan jenis tumbuhan monokotil yaitu: Kelapa (Cocos Nufcifera), Kelapa Sawit (Elaeis Guinesis), Aren (Arenga Pinata), Pinang (Areca Catechu).

 

Liliaceae

Liliaceae, tumbuhan dengan semak basah, jenis tumbuhan yang satu ini memiliki salah satu ciri yaitu akar yang rimpang, umbi lapis. Yang kemudian jenis tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga jenis tumbuhan Liliaceae yang merupakan tumbuhan monokotil adalah: Kembang Telang (Gloria Superba), Lilia Gereja (Lilium Longiflorum).

 

Poaceae

Jenis tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga poaceae antara lain adalah tumbuhan: Jagung (Zea Mays), Chantel (Andropogon Sorghum), Padi (Oryza Sativa), Jewawut (Panicum Milliaceum).

 

Orchidaceae

Orchidaceae, adalah sebuah tumbuhan semak menahun. Yang termasuk ke dalam keluarga jenis tumbuhan Orchidaceae yaitu tumbuhan: Anggrek Bulan ( Dendrobium Phalaenopsis, Phalaenopsis amabilis). Tumbuhan apa yang memiliki akar rimpang dan daun berdaging ataupun bagian dari jenisnya hidup dengan cara epifit.

 

Zingiberaceae

Terdapat tumbuhan monokotil yang berasal dari keluarga zingiberaceae antara lain yaitu: Jahe (Zingiber Officinale), Kunyit (Curcuma Domestica), Laos ( Alpinia Galanga), Kencur (Kaempferia Galanga).

 

Amaryllidaceae

Amaryllidaceae, adalah tumbuhan semak basah menahun. Dalam jenis tumbuhan yang satu ini memiliki banyak umbi lapis atau akar rimpang. Berbagai jenis tumbuhan dari keluarga Amaryllidaceae yang merupakan tumbuhan monokotil adalah: Sisal (Agave Sisalana), Kantala (Agave Cantala).

 

 

Contoh Tumbuhan Monokotil

Berikut adalah contoh dari jenis tumbuhan monokotil yang terdapat di sekeliling kita, data akan di berikan penjelasan mengenai manfaat dan ciri-ciri serta nama latin dari jenis tumbuhan monokotil tersebut.

 

Padi (Oryza Sativa)

padi

Contoh tumbuhan yang termasuk kedalam jenis tumbuhan monokotil yang pertama adalah tanaman padi yang memiliki nama Latin yaitu Oryza Sativa. Padi dijadikan sebagai bahan pokok makanan yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang kemudian diolah untuk menjadi nasi.

Padi memiliki manfaat sebagai sumber karbohidrat dan asupan vitamin D. Manfaat lain padi yaitu dapat digunakan untuk merawat kulit dan dipakai sebagai obat disentri. Menjadi petani merupakan mata pencaharian sebagian besar masyarakat Indonesia terutama menanam padi yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia.

 

Pisang (Musa sp)

pisang

Yang selanjutnya contoh tumbuhan yang masuk ke dalam jenis tumbuhan monokotil adalah pohon pisang yang memiliki nama Latin yaitu Musa sp. siapa yang tidak tahu jenis tanaman yang satu ini? Pohon pisang adalah pohon yang banyak tersebar luas terutama di wilayah nusantara dan Yang pastinya di sekeliling rumah kamu juga terdapat pohon pisang. Pisang menjadi hal yang umum ditemui di setiap daerah permukiman.

Pisang memiliki banyak sekali manfaat untuk dikonsumsi seperti contohnya untuk menjaga kesehatan jantung dan menjadi makanan yang tepat apabila kamu ingin menjalankan program diet. di dalam pisang terdapat kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit anemia dan dapat pula untuk membantu memperlancar sistem pencernaan.

 

Pohon Kelapa (Cocos Nucifera)

kelapa

Pohon kelapa atau yang memiliki nama Latin Cocos nucifera adalah tumbuhan dari jenis palem-paleman. Jika dilihat dari struktur pohonnya pohon kelapa diklasifikasikan sebagai tumbuhan dengan keping 1. Pohon kelapa memiliki akar serabut kemudian memiliki batang yang beruas-ruas dan memiliki daun yang sejajar dengan tulang daun yang panjang dan melengkung.

Buah kelapa jelas tidak mempunyai keping ataupun keping tunggal, apabila kita membelah buah kelapa juga tidak terdapat keping yang ada di dalamnya. Pada proses perkecambahan an inti sel di dalam buah kelapa akan berkembang yang kemudian menjadi tunas lalu akan tumbuh menjadi pohon kelapa. Pohon kelapa juga memiliki manfaat salah satunya yaitu sebagai obat alergi, dapat dibuat sebagai minyak kelapa, dan daunnya dapat digunakan sebagai bahan kerajinan.

 

Sawit (Elais Guinensis)

sawit

Tanaman sawit (Elais Guinensis) atau dapat disebut juga sebagai kelapa sawit adalah salah satu contoh jenis tumbuhan monokotil yang mana sering kita temukan apabila kita tinggal di dekat dengan perkebunan sawit. Kita dapat identifikasi struktur dari daun sawit secara langsung dengan ciri-ciri daun majemuk kemudian memiliki tulang daun dengan daun yang sejajar. Selain itu pohon sawit juga memiliki akar serabut yang mana hal tersebut sudah sangat jelas membuktikan bahwa sawit termasuk ke dalam jenis pohon monokotil.

Morfologi buah pohon sawit juga apabila kita belah tidak ada keping lembaga yang akan terpisah sehingga jenis pohon sawit termasuk kedalam contoh pohon monokotil. Terdapat banyak sekali manfaat sawit bagi manusia antara lain yaitu sebagai bahan bakar biodiesel, bahan pembuat mentega, sebagai bahan minyak goreng, bahan pembuat lotion dan masih banyak lagi.

 

Jagung (Zea mays sp)

jagung

Jagung adalah salah satu tumbuhan monokotil yang sudah cukup banyak dikenal. Jagung memiliki nama Latin yaitu Zea mays sp. Selain beras jagung juga biasanya dijadikan sebagai bahan makanan pokok alternatif pengganti beras. Di dalam jagung terdapat kandungan karbohidrat dengan kadar yang cukup tinggi.

Jagung juga memiliki banyak manfaat oleh karena itu banyak orang-orang yang yang mengkonsumsi jagung selain rasanya yang enak karena terdapat pula manfaat bagi kesehatan. Manfaat dari jagung di antaranya yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit anemia, dapat menyehatkan mata dan dapat pula untuk menyehatkan jantung, serta sebagai antioksidan penyakit kanker dan sebagai sumber vitamin B kompleks yang sangat baik.

 

Tebu (Saccharum sp.)

tebu

Contoh tanaman monokotil yang selanjutnya adalah tebu dengan nama latin yaitu Saccharum sp. Biasanya tanaman tebu dapat tumbuh di lingkungan panas dengan suhu yang tinggi serta dapat pula ditanam jam di atas tanah yang memiliki ketinggian 1300 mdpl. Air yang dihasilkan dari pohon tebu dapat diolah yang kemudian dijadikan sebagai gula.

Tebu memiliki banyak sekali manfaat apabila di konsumsi seperti airnya yang dapat diolah menjadi gula dan dapat untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu air yang dihasilkan dari tebu juga dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung serta dapat dijadikan sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.

 

Bunga Anggrek (orchidaceae)

anggrek

Yang selanjutnya tanaman yang termasuk kedalam jenis tumbuhan monokotil adalah bunga anggrek. Terdapat berbagai macam jenis-jenis dari bunga anggrek. Pada umumnya bunga anggrek dapat tumbuh di daerah tropis salah satunya di negara Indonesia.

Bunga anggrek juga dapat tinggal di lingkungan yang lembab serta memiliki ketahanan terhadap lingkungan yang lembab. Bunga anggrek dikenal sebagai salah satu bunga terindah di dunia. Banyak orang yang memanfaatkan bunga anggrek sebagai tanaman hias karena kaya akan keindahannya.

 

Jahe (Zingiber Officinale)

jahe

Jahe atau zingiber officinale adalah tanaman yang termasuk kedalam jenis tumbuhan monokotil. tanaman jahe memiliki senyawa keton yang kuat sehingga dapat menciptakan rasa pedas apabila dikonsumsi. Jahe dikenal memiliki banyak manfaat di antaranya yaitu dapat mengatasi perut kembung, dapat mencegah perut buncit, sebagai obat antioksidan serta dapat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, dapat pula dijadikan obat untuk mengatasi batuk.

 

Kunyit (Curcuma longa Linn / Curcuma Domestica Val)

kunyit

Kunyit termasuk ke dalam ordo zingiberaceae seperti halnya dengan jahe. kunyit adalah salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan umbinya sama seperti jahe. Sehingga terkadang membuat masyarakat menjadi bingung untuk dapat membedakan antara keduanya, namun apabila dibelah kunyit memiliki warna yang yang kuning yang tidak dimiliki oleh jahe.

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mencegah terjadinya serangan kanker, dapat memperlancar pencernaan, dapat mencegah anemia, dan sebagai obat tifus.

 

Kurma (Phoenix Dactylifera)

kurma

Kurma adalah buah yang sangat terkenal di kalangan masyarakat dunia karena buah dipercaya mengandung banyak sekali manfaat bagi siapapun yang mengonsumsinya. kurma yang memiliki nama Latin Phoenix Dactylifera adalah tumbuhan yang berasal dari negara Arab Saudi, tanaman ini diperkirakan sudah ada sejak awal 4000 sebelum masehi di daerah pesisir teluk Persia. Kemudian seiring berjalannya zaman pohon ini ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat bangsa Arab untuk dapat memenuhi permintaan dari berbagai negara-negara lain termasuk negara Indonesia.

buah kurma memiliki banyak sekali manfaat diantaranya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang, dapat sebagai obat pencegah anemia, menjaga kesehatan sistem saraf manusia, menjaga kesehatan jantung, dapat mengatasi alergi, serta dapat untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan.

 

 

Contoh Tumbuhan Monokotil

Selain dari contoh-contoh di atas terdapat pula banyak dari jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam tumbuhan monokotil mulai dari pohon bunga atau tanaman lain. Dibawah ini adalah contoh tumbuhan monokotil beserta nama latinnya.

  1. Rotan Lilin (Calamus javensis)
  2. Palem Janggut  (Coccothrinax crintia)
  3. Laos atau Lengkuas  (Coccothrinax crintia)
  4. Rumput Gajah (Penisetum purpureum)
  5. Melinjo (Gnetum gnemon)
  6. Pandan Wangi (Pandanus amaryllfolium)
  7. Rumput-rumputan (Kyllinga monocephala)
  8. Nibung (Oncosperma tigillarium)
  9. Hangkang (Palaquium leiocarpum)
  10. Kemenyan (Styra sp)
  11. Bunga Lili (Lilium longiflorum)
  12. Pisang kipas (Ravenala madagascarien)
  13. Aren (Arenga pinnata)
  14. Ganyong Hutan (Canna indica)
  15. Bacang (Magnifera foetida)
  16. Jukut Ibun (Drymaria cordata)
  17. Padi Ketan (Oryza glutinosa)
  18. Nyiur (Lodoicea maldivica)
  19. Palem kipas (Livistona chinensis)
  20. Sagu atau Rumbia (Metroxylon sago)
  21. Blueberry (Vaccinium corymbosum)
  22. Salak (Salacca edulis)
  23. Bawang Merah (Allium ascolonium)
  24. Melon (Cucumis melo)
  25. Buah Naga (Hylocereus undatus)
  26. Sawo (Menikara kauki)
  27. Anggur (Vitis vinivera)
  28. Buah Kiwi (Actinidia deliciosa)
  29. Nanas (Ananas comocus)
  30. Malaka (Phylantus emblica)
  31. Strawberry (Fragaria daltoniana)
  32. Buah Persik (Prunus persica)
  33. Ceremai (Phyllanthus acidus)
  34. Pinang-pinangan (palmae)
  35. Siwalan (Borassus sp)
  36. Kedondong (Spondias dulcis)
  37. Timun (Timonius sericcus)
  38. Vanili (Vannili planifolia)
  39. Srikaya (Annona squamosa)
  40. Kunyit (Curcuma longa linn)
  41. Enau (Arenga pinnata)
  42. Jagung (Zea mays sp)
  43. Padi (Oryza sativa)
  44. Pohon Kelapa  (Cocos nucifera)
  45. Buah Jurma (Phoenix dactylifera)
  46. Tanaman Tebu (Saccharum sp)
  47. Sawit (Elais guinensis)
  48. Pisang (Musa paradisiaca)
  49. Jahe (Zingiber officinale)
  50. Bunga Anggrek (Orchidacae)

 

Sekian artikel kali ini yang membahas contoh tumbuhan monokotil disertai dengan ciri-ciri tumbuhan monokotil. Semoga semoga artikel ini dapat membantu kamu yang membacanya dapat menjadi paham Tumbuhan apa saja yang termasuk ke dalam jenis tumbuhan monokotil.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight