5+ Dampak Korupsi dan Solusi Mengatasi Korupsi: Lengkap

By

dampak dan penyebab korupsi

Dampak Korupsi dan Solusinya – Permasalahan korupsi yang terjadi di berbagai negara baik negara maju maupun negara berkembang memang sudah tidak bisa terhelakan.

Terutama masalah korupsi yang terjadi di negara kita yaitu Indonesia. Korupsi bukanlah masalah kecil yang bisa disepelekan atau direndahkan. Pengaruh adanya dampak negatif korupsi bagi seluruh warga negara yaitu sistem perekonomian yang tidak merata, selain itu juga bisa menjatuhkan pertahanan negara serta keutuhan negara secara tidak langsung.

 

Pengertian Korupsi

Pernahkah kalian mendengar apa yang dinamakan dengan korupsi? tentunya pasti pernah kan ya. Lalu apakah kamu paham betul apa arti dari korupsi itu sendiri ?

Pengertian korupsi adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam menyalahgunakan kewenangan dan juga kepercayaan dalam suatu masalah atau suatu organisasi untuk mendapatkan suatu keuntungan. Tindakan korupsi didorong oleh beberapa faktor yang dialami oleh suatu kalangan masyarakat.

Dampak Korupsi

dampak dan penyebab korupsi

Adanya tindak korupsi mejadikan kehidupan masyarakat menjadi terganggu baik pada bidang perekonomian maupun pada bidang lain yang masih erat hubunganya dengan dampak dari korupsi. Adapun dampak adanya korupsi ialah sebagai berikut seperti yang ada dibawah ini :

 

1. Sulit Membangun Usaha

Suatu negara yang di hadapi dengan permasalahan adanya korupsi yang tinggi biasanya mempunyai birokrasi yang berbelit dan berbiaya mahal. Dengan kondisi yang seperti ini jelas sangat merugikan karena ada banyak  sekali usaha seperti perizinan, pajak, dan masih banyak lainya yang dapat saja menjadikan usaha tersebut menjadi rumit dan mahal.

Dan biasanya untuk mempermudah pengurusan biasa tersebut biasanya dilakukan adanya pemotongan biaya yang tidak resmi hal inilah yang menjadi dampak adanya korupsi .

 

2. Fasilitas Penunjang Tidak Terbangun

Korupsi tentu juga dapat memerikan dampak bagi fasilitas serta sarana dan prasarana yaang ada disuatu wilayah, seperti dibagian transportasi yatu hambatan pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan serta bandara yang bisa saja tertunda atau bahkan terbengkalai akibat dana dari pembangunan di salah gunakan oleh oknum tertentu atau korupsi.

 

3. Harga Barang Semakin Mahal

Dampak Ekonomi juga terlibat. Adanya harga barang yang melonjak naik dan semakin mahal diakibatkan dengan adanya korupsi. Alasanya biaya produksi bertambah dan  fasilitas-fasilitas yang tidak juga dibangun dengan baik serta dibiarkan begitu saja.

Barang yang semakin mahal, dititik beratkan pada konsekuensi yang mengancam pengusaha. Salah satu konsekuensinya yaitu daya serap barang menjadi berkurang karena harga barang yang tinggi serta mahal.

Konsekuensi yang lain untuk menghindari barang yang tidak laku kemuadian pengusaha  menurunkan keuntungan yang mengakibatkan laju suatu usaha menjadi tidak lancar atau tidak berjalan sesuai dengan tujuan.

 

4. Menghambat Investasi

Sungguh pemandangan biasa juka di dunia bisnin menginginkan supaya upaya untuk memberntas korupsi di gencarkan. Pasalnya, korupsi dapat menyebabkan terhambatnya laju investasi. Padahal, jika laju dari investasi terhambat maka perkembangan di dunia usaha akan terkena damaknya juga.

Lalu apa sebenranya yang mengakibatkan terhambatnya investasi ketika adanya korupsi? Jawabanya ialah jika adanya korupsi maka investor luar maupun dalam negri akan ragu untuk menanamkan modalnya di indonesia.

Karena, investasi di negara yang memiliki tingkat korupsi tinggi maka akan memiliki resiko yang sangat besar untuk menuju ke kegagalan. Alih-alih dapat mengambil keuntungan, tanaman modal dari investor pasti akan habis dimakan para koruptor.

Pengusaha dari manapun asalnya, pastinya tidak akan mengambil resiko yang sangat besar ini. Maka dari itu, banyak sekali investor yang memindahkan investasinya dari negara yang memiliki tingkat korupsi tinggi ke negara yang tingkat korupsinya lebih rendah.

 

5. Fasilitas Penunjang Usaha  Tidak Terbangun

Korupsi akan menyebabkan biaya tinggi. Contoh yang sederhana ialah fasilitas seperti jembatan, jalan, bandara, dan pelabuhan yang tidak terbangun aknibat dana pembangunan yang dikorupsi.

Akibatnya, para pengusaha yang ingin mengirimkan bahan baku atau lainya akan mengeluarkan biaya tambahan yang besar karena lamanya perjalanan dibandingkan dengan negara-negara yang kondisi fasilitas transportasinya baik.

Baca Juga : Sejarah Perumusan Pancasila.

 

 

Solusi Mengatasi Korupsi

Untuk memberatas korupsi tentu tidak mudah . Indonesia sudah membentuk sebuah lembaga yang bernama Komisi Pemberantas Korupsi atau yang biasa kita singkat KPK. Dalam kerja pemberantasan korupsi, KPK berlandaskan oleh strategi yang sudah disusunnya. Dibawah ini adalah tiga strategi tersebut:

 

1. Represif

Melalui strategi represif, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) membawa para koruptor ke pengadilan tindak pidana korupsi. Tahapan-tahapan strategi represif terbagi menjadi :

  • Penanganan terhadap laporan yang diajukan masyarakat. Bagi KPK laporan tersebut informasi yang sangat penting. Justru kebanyakan kasus korupsi yang berhasil diungkap oleh KPK itu berdasarkan laporan dan informasi dari masyarakat.
  • Penyelidikan. Merupakan tahapan yang dilakukan untuk mendapatkan alat bukti yang kuat. Dalam penyelidikan KPK dapat melakukan penyelidikan sendiri atau menyerahkan maslah tersebut kepada penyidik kepolisian atau kejaksaan.
  • Penyidikan. Penyidikan bisa ditandai dengan telah ditetapkanya tersangka tindak pelaku korupsi. Guna kepentingan enyelidikan tersangka wajib memberikan keterangan kepada KPK tetntang seluruh harta bedanya yang diketahui atau diduga ada keterkaitanya dengan korupsi yang dilakukan si pelaku korupsi.
  • Penuntutan. Tahap ini dilakukan oleh jaksa penuntut umum yang sedah mendapatkan berkas dari penyidik.
  • Pelaksana putusan pengadilan.

 

2. Perbaikan Sistem

Perbaikan pada sistem pemerintahan sangat perlu dilakukan untuk mengatasi hal-hal yang berkaitan dengan tindak kejahatan korupsi. Seperti contohnya yaitu suatu prosedur yang sulit untuk dijalankan, dan untuk mempermudah maka seseorang akan melakukan tindakan menyuap agar apa yang diinginkan bisa didapat.

Oleh karena itu, KPK memberikan usulan untuk melakukan perubahan sistem di sebuah Lembaga atau organisasi tertentu untuk mengatasi terjadinya korupsi.

Baca Juga : Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka.

 

3. Edukasi dan Kampanye

Poin yang penting dalam upaya pemberantasan korupsi ialah kesamaan pemahaman mengenai definisi korupsi dan dampak adanya korupsi. Sebab, dikarenakan adanya kesamaan persepsi, pemberantasan korupsi bisa dilakukan secara cepat dan terarah.

Contohnya tentang uang terimakasih. Banyak petugas pelayan public yang melihatnya wajar diterima sejauh tidak meminta apalagi memaksa. Kemudian contoh lainya seperti, hanya karena masalah bukan penyelenggara negara, seseorang memiliki rasa tidak memiliki kewajiban untuk ikut serta membantu memberantas korupsi.

Jadi, KPK berusaha secara massif untuk memberikan pemahaman-pemahaman dan penyandaran mengenai korupsi dan bahaya korupsi bagi kehidupan bermasyarakat.

 

Demikianlah pembahsasan kali ini mengenai Dampak Korupsi dan Solusinya mulai dari dampak korupsi yang mengakibatkan krisis ekonomi dikalangan masyarakat serta solusi cara menanggulangi tindak pelaku korupsi. Jadi korupsi tidak hanya merugikan orang lain namun juga merugikan diri senidir karena di akhirat kelak pasti akan mendapatkan balasanya


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *