Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Doa Keluar dan Masuk Rumah: Arab, Latin dan Arti Terjemahnya

6 min read

doa keluar dan masuk rumah

Doa Keluar Rumah – Sebagai seorang muslim atau muslimah sangatlah dianjurkan untuk memanjatkan doa terlebih dahulu saat akan pergi keluar rumah. Pada ajaran Islam terdapat anjuran untuk membaca doa keluar rumah sebelum akan bepergian.

Doa keluar rumah juga sangatlah dianjurkan dan juga telah disunnahkan oleh nabi shallallahu alaihi wasalam. Jadi pada saat seseorang berdo’a diharuskan untuk memperhatikan aturan yang benar agar doa yang dipanjatkan menjadi sempurna.

Doa yang satu ini merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui dan dipakaikan pada aktivitas sehari-hari. Tapi Shallallahu Alaihi Wasallam telah mengajarkan kepada umatnya tentang tata cara, dzikir serta berdoa.

 

3 Sunnah Pada Saat akan Keluar Rumah

Setelah mimin mengulas dan basa basi sedikit diatas, nah sekarang saatnya mimin bahas lebih dalam mengenai 3 sunnah pada saat akan keluar rumah yang mimin jelaskan secara lengkap.

 

1. Melakukan Salat Dua Rakaat Sebelum Keluar

Melakukan salat sunah dua rakaat adalah termasuk perbuatan yang dapat membuat terhindar dari kecemasan,  bencana, serta kesulitan. Karena dengan melakukan salat maka kita mendekatkan diri dengan Allah SWT. Agar kita selalu mendapat perlindungan dari-Nya.

Hal ini didasari oleh perkataan nabi:

” Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan salat dua rakaat maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, melakukan salat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari pelukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sukanya.

 

2. Memanjatkan Doa Keluar Rumah

Setiap kali melakukan berbagai kegiatan yang ada di luar lingkungan rumah, maka diwajibkan bagi kita untuk memohon perlindungan dari Allah SWT dari segala hal yang mungkin dapat membahayakan bagi diri kita. oleh karena itu terdapat bacaan doa keluar rumah yang disunahkan oleh rosul.

 

Bacaan Doa Keluar Rumah Arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bacaan Doa Keluar Rumah Latin

“Bismilahi tawakaltu alallahi laa haula wala quwwata illa Billah.”

Terjemah atau Arti Doa Keluar Rumah

” Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

 

3. Melihat atau Memandang ke Arah Langit Ketika Membaca Doa Keluar Rumah

Bukan hanya membaca doa, Nabi juga menganjurkan apabila kita akan keluar dari rumah, terlebih dahulu kita memandang ke arah langit seraya membacakan doa seperti berikut.

 

Bacaan Doa Keluar Rumah Arab

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Bacaan Doa Keluar Rumah Latin

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

 Terjemah Arti dari Doa Keluar Rumah

“Ya Allah aku berlindung kepadamu dari tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau digelincirkan, atau aku mendholimi, atau aku didholimi, atau kebodohanku, atau dibodohi.”

 

Kemudian timbullah suatu pertanyaan yang menanyakan apakah dibolehkan bahwa kedua doa tersebut boleh dibaca secara bersamaan.

Kemudian menurut Prof. Dr. Abdurrazzaq Bin abdul Muhsin, tidak akan menjadi masalah apabila seorang muslim ingin atau mau mengamalkan kedua doa yang tadi secara bersamaan.

 

4. Keluar Rumah Menggunakan Kaki Kanan Terlebih Dahulu

Apabila kamu sudah selesai untuk membaca doa keluar rumah yang mana telah disunnahkan oleh Rasul, dan setelah itu kamu dianjurkan untuk mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu pada saat melangkah.

Hal tersebut dikarenakan kaki kanan digunakan untuk melakukan segala hal atau urusan yang baik termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

 

Adab Serta Doa Masuk Rumah Menurut Sunnah Rasul

doa keluar dan masuk rumah

Kita sebagai seorang muslim hendaknya senantiasa dan melaksanakan apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad pada saat keluar rumah dan masuk rumah dengan melakukan adab yang telah dianjurkan oleh Nabi.

Pada Islam sebenarnya sudah diatur sedemikian rupa secara sempurna. Maka sempurnanya agama adalah kamu Islam yang telah mengatur semua nya serta tertua di dalam kitab suci Al-Qur’an.

Kemudian termasuk juga pada saat memasuki rumah terdapat ada punya yang sudah dicontohkan Dan dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Adapun adab ketika akan memasuki rumah yang seperti sama halnya pada saat keluar rumah,  kalau keluar rumah pun akan ada adabnya maka tidak beda jika kita akan memasuki rumah pasti ada adabnya juga. Berikut ini adalah adab ketika akan memasuki rumah sebagai berikut.

 

1. Mengetuk Pintu Tidak Terlalu Keras

Dianjurkan bagi seorang muslim yang apabila akan memasuki rumahnya agar untuk mengetuk pintu terlebih dahulu dengan cara tidak terlalu keras atau memencet bel pintu dengan tenang jika memang ada bel nya.

Dan seorang muslim tidak pernah dianjurkan untuk mengetuk pintu secara keras atau memencet bel secara terus-menerus yang karena hal itu akan mengganggu atau membuat suasana yang ada di rumah menjadi buruk atau bahkan marah kepada yang mengetuk pintu atau memencet bel nya

 

2. Mengucapkan Salam

Dianjurkan kepada setiap muslim untuk mengucapkan salam ketika mau masuk rumah, karena dengan mengucap salam akan membuat penghuni rumah yang terdapat di dalam rumah tahu kalau ada orang yang sedang menunggu di luar, dan selain itu mengucap salam juga dapat memberi isyarat dengan berdehem atau membuat suara dengan sandal atau sepatu nya namun yang paling baik adalah mengucap Assalamualaikum.

Imam Ahmad berkata, “Jika seorang laki-laki ingin masuk ke rumahnya, maka dianjurkan baginya berdeham atau menghentakkan sendalnya atau alas kakinya.”

Mengucapkan salam memiliki tujuan untuk saling mendoakan dan juga menyebarkan kasih sayang yang di dalam rumah, dapat untuk menambah keakraban antara seseorang dengan keluarganya dan juga mendapatkan kepercayaan serta jaminan Allah subhanahu Wa ta’ala.

 

3. Membaca Doa Masuk Rumah

Untuk umat muslim untuk apa setiap melakukan aktivitas pastilah akan ada dan itu adalah menjadi pilihan orang tua sendiri apakah akan membaca atau tidak namun yang dianjurkan adalah membaca doa nya. Selain untuk mengucap salam dianjurkan untuk membaca doa seperti berikut ini.

 

Bacaan Doa Masuk Rumah Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Bacaan Doa masuk Rumah Latin

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa”

Arti Bacaan Doa Masuk Rumah

” Ya Allah Sesungguhnya aku mohon kepadamu kebaikan tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk dan Dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal”

 

4. Masuk Dengan Didahului Dengan Kaki Kanan

Pada saat setelah selesai berdoa kamu bisa masuk ke dalam rumah dan telah dianjurkan dengan mendahului dengan menggunakan kaki kananmu dalam segala urusan, adalah termasuk petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Baca Juga: Doa Masuk dan Keluar Masjid.

 

Manfaat Membaca Doa Keluar dan Masuk Rumah

Setiap doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT memiliki banyak sekali arti dan tujuan. untuk membaca doa apabila ingin keluar dan masuk rumah pastinya bertujuan untuk dapat dilindungi dan selalu dijaga oleh eh alah dalam melakukan segala aktivitas dalam kehidupan sehari-harinya.

Di bawah ini terdapat manfaat dari membaca doa keluar dan masuk rumah yang dipetik berdasarkan dari pengalaman sunnah, antara lain yaitu:

  1. Seorang hamba mendapatkan kecukupan dari segala hal baik urusan di dunia ataupun di akhirat yang diharapkan olehnya.
  2. Seorang hamba akan menemukan sinar hidayah yang merupakan lawa dari kesesatan. Alamat menunjukinya dalam segala urusan, baik itu urusan agama ataupun urusan duniawi.
  3. Seorang hamba juga memperoleh perisai yang dapat melindunginya dari segala hal yang bersifat buruk dan juga segala hal yang tidak disukai olehnya, baik hal buruk tersebut berasal dari jin ataupun manusia.

 

Di atas merupakan penjelasan tentang ulasan doa masuk rumah dan keluar rumah yang telah kami rangkum dan bahkan mungkin anda belum mengetahui tentang hal tersebut.

Selain mengucapkan doa dengan cara yang benar agar kamu benar-benar terjaga dan terlindungi oleh Allah subhanahu wa ta’ala selama berada di luar rumah, juga lakukan sesuai dengan adab yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Semoga dengan adanya artikel ini kamu akan semakin paham tentang doa-doa Islam dan an-nur doa keluar rumah dan doa masuk rumah dapat di lakukan dan diingat secara terus-menerus oleh dirimu dari mulai saat ini hingga akhir hayat nanti.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight