Doa Ketika Mimpi Buruk: Arab, Latin dan Terjemahan

By

doa ketika mimpi buruk

Doa Ketika Mimpi Buruk – Saat tidur seringkali kita mengalami mimpi, baik itu mimpi baik maupun mimpi buruk. Apabila kita mendapat mimpi buruk tentu akan menjadi hal yang mengganjal dipikiran kita sejenak, namun kita harus tetap bersikap positif dengan mimpi buruk itu.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan saat kita mengalami mimpi buruk. Kali ini Pintarnesia akan menjelaskan tentang bacaan doa ketika mimpi buruk dan beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika mengalami mimpi buruk.

 

Bacaan Doa Ketika Mimpi Buruk

Berikut doa yang dibaca saat kita mengalami mimpi buruk :

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallâhu, allâhu rabbî, lâ syarîka lahû. A‘ûdzu bikalimâtillâhit tâmmati min ghadhabihi wa min syarri ibâdihi wamin hamazâtis syayâtîni wa an yahdhurûni.

Artinya, “Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

 

 

Langkah Ketika Mimpi Buruk menurut Rasulullah

doa ketika mimpi buruk

Selain kita mengetahui doa ketika mimpi buruk, kita juga harus mengetahui langkah – langkah yang diajarkan oleh Rasulullah kepada kita perihal mimpi buruk. Apa saja? Berikut langkah – langkahnya.

 

1. Ta’awudz

Begitu terbangun dari mimpi buruk, segeralah berlindung kepada Allah dengan membaca ta’awudz; a’udzu billahi minasy syaithanir rajiim (aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk).

Karena mimpi buruk berasal dari setan. Disunnahkan bacaan ta’awudz ini tiga kali sebagaimana sabda Rasulullah dalam haditsnya.

 

2. Tidak menceritakan mimpi

Mimpi buruk tidak boleh diceritakan kepada siapapun baik pada keluarga maupun orang lain. Rasulullah menjelaskan bahwa mimpi – mimpi tersebut tidak akan terjadi kecuali setelah ditafsirkan. Namun, tafsirkanlah mimpi tersebut dengan hal yang baik atau positif.

 

3. Meludah ke kiri tiga kali

Orang yang terbangun dari mimpi buruk hendaklah meludah ke kiri tiga kali.

 

4. Mengubah posisi tidur

Ketika kita ingin melanjutkan tidur setelah terbangun dari mimpi buruk, sebaiknya kita mengubah posisi tidur kita. Rasulullah telah mengajarkan bahwa hendaknya orang yang telah bermimpi buruk mengubah posisi tidurnya.

Baca Juga: Bacaan Adzan, Iqomah dan Sesudah Adzan: Arab, Latin dan Artinya.

 

5. Shalat

Untuk bisa menunaikan shalat, seorang muslim harus berwudhu terlebih dahulu, sedangkan wudhu juga menjaga seseorang dari gangguan setan. Shalat dilakukan untuk mendapat perlindungan dari Allah SWT.

 

 

Itulah yang dapat kita lakukan jika kita mendapat mimpi buruk. Hal yang dapat dilakukan yaitu dari membaca ta’awudz hingga mendirikan shalat. Sekian yang dapat Pintarnesia sampaikan mengenai mimpi buruk. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Bila terdapat kesalahan mohon dimaafkan dan dimaklumi.


Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *