Doa Masuk dan Keluar Masjid: Arab, Latin dan Artinya

By Hasif Priyambudi -

Doa Masuk dan Keluar Masjid – Masjid adalah sebuah tempat suci yang di jadikan sebagai sebuah tempat peribadatan umat muslim. Selain digunakan melakukan ibadah umat muslim.

Masjid juga biasanya digunakan oleh umat muslim untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Oleh karena itu ,untuk masuk ke dalam masjid kita tidak boleh sembarangan, kita harus dalam keadaan bersih dan suci dari hadas besar maupun kecil.

Ada beberapa sunah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad saw ketika kita akan masuk ke dalam masjid, seperti pada saat kita masuk ke dalam masjid alangkah baiknya jika kita mendahulukan kaki kanan dan pada saat keluar masjid kita mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu.

Selain itu pada saat masuk dan keluar masjid kita juga disunahkan untuk membaca doa masuk dan keluar masjid. Tapi apakah kamu tahu bagaimana doa untuk keluar dan masuk ke dalam masjid? Jika kamu belum tahu.

Berikut adalah doa untuk masuk dan juga keluar masjid yang bisa kamu hafalkan dan kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Doa Masuk Masjid

للَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

ALLOOHUMMMAF TAHLII ABWAABA ROHMATIKA

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”.

 

بِسْمِ اللهِ, وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ,اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

BISMILLAH, WASSALAAMU ‘ALAA ROSUULILLAH, ALLOHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII,
WAFTAHLIII ABWAABA ROHMATIKA

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu”.

 

 

Doa Keluar Masjid

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

ALLOHUMMA INNIII AS’ALUKA MIN FADLLIKA

Artinya:

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

 

Itulah doa untuk masuk dan juga keluar masjid, tapi selain melakukan sunahnya kamu juga harus beberapa etika dan juga adab ketika akan masuk ke dalam masjid.

Karena percuma saja jika kita hanya melaksanakan sunah-sunahnya saja pada saat ke masjid akan tetapi etika dan adab-adabnya tidak di terapkan. Maka dari itu berikut adalah beberapa etika dan dap pada saat pergi ke masjid.

Baca Juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan.

 

Etika Pada Saat berada Di Masjid

Nah, berikut ini adalah beberapa etika yang perlu diperhatikan saat berada di masjid, antara lain.

  • Pada saat kamu akan pergi ke masjid alangkah baiknya jika kamu menggunakan pakaian terbaik yang kamu miliki dan tentunya pakaian tersebut bersih, sopan, dan juga dapat menutup aurat.
  • Pada saat masuk ke dalam masjid usahakan agar kamu berjalan dengan tenang, sopan dan jangan tergesa-gesa, karena jika kamu tergesa-gesa kamu dapat mengganggu orang lain yang ada di dalam masjid.
  • Biasakan diri untuk berdzikir kepada Allah SWT sembari menunggu waktu masuk sholat.
  • Usahakan untuk tetap menjaga ke tengah dan juga kekhidmatan di dalam masjid dengan tidak berbincang-bincang tahu mengobrol dengan seseorang yang ada di dalam masjid.

 

 

Tata Cara dan Adab Untuk Masuk dan Keluar Masjid

masuk masjid

Setelah kalian mengetahui apa saja etika yang sebaiknya kamu lakukan pada saat berada di dalam masjid, berikut ini adalah beberapa adab yang sebaiknya juga kamu lakukan saat berada di masjid.

 

Masuk Dengan Mendahulukan Kaki Kanan

Sama saja pada saat kita akan melakukan suatu aktivitas atau kegiatan lainnya yang bersifat positif lainnya, pada saat kita akan masuk ke dalam masjid kita juga dianjurkan untuk menggunakan kaki kanan terlebih dahulu dari pada menggunakan kaki kiri.

Seperti yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA bahwa nabi Muhammad saw bersabda yang artinya :” Termasuk ajaran Nabi Muhammad SAW, ketika anda masuk Masjid, anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar, mendahulukan kaki kiri.” (H.R. Hakim yang telah dishahihkan oleh Ad-Dzhabi).

 

Membaca Doa Masuk Masjid

Pada saat kita akan memasuki masjid, kita sebagai umat islam sangat di anjurkan untuk membaca doa masuk masjid terlebih dahulu, seperti doa yang telah yang telah dijelaskan diatas.

 

Melakukan Sholat Tahiyatul Masjid

Pada saat kita baru saja masuk ke dalam masjid kita tidak di anjurkan untuk langsung duduk tetapi kita dianjurkan untuk melakukan sholat sunah tahiyatul masjid terlebih dahulu. Sholat ini memiliki rakaat sebayak 2 rakaat.

 

Berdoa Saat Keluar Masjid dengan Mendahulukan Kaki Kiri

Sama saja pada saat masuk ke dalam masjid, pada saat keluar masjid kita juga dianjurkan untuk membaca doa seperti yang telah dijelaskan diatas. Akan tetapi yang membedakan adalah kita dianjurkan untuk mendahulukan kaki sebelah kiri terlebih dahulu.

 

Itulah doa, etika dan juga adab pada saat masuk dan keluar masjid. Semoga bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu pada saat pergi ke masjid. Dan semoga amal ibadah yang kita lakukan dapat diterima oleh Allah SWT. Amin

Hasif Priyambudi
Hasif Priyambudi
Aku tidak bisa mendengarmu spongebob, disini gelap

Artikel Terkait

Perbedaan Nabi dan Rasul Menurut Islam
Perbedaan Nabi dan Rasul Menurut Islam
Oleh Mexi
Doa Untuk Orang Meninggal
Doa Untuk Orang Meninggal
Oleh Mexi
Doa Keluar dan Masuk Rumah
Doa Keluar dan Masuk Rumah
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Iman Kepada Allah
Iman Kepada Allah
Oleh Hasif Priyambudi
Iman Kepada Malaikat
Iman Kepada Malaikat
Oleh Hasif Priyambudi
Contoh Kultum Singkat Islam
Contoh Kultum Singkat Islam
Oleh Arwina Nur Dyah Utami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *