Etika dan Moral: Pengertian, Perbedaan dan Contoh Etika dan Moral

By Arwina Nur Dyah Utami -

Etika dan Moral – Masih banyak orang yang belum mengetahui secara lebih rinci mengenai perbedaan antara etika dan moral. Keduanya sering disangkutpautkan karena banyak yang mengira bahwa etika dan moral memiliki pengertian yang sama. Secara umum memang pengertian etika dan moral adalah sama akan tetapi berbeda pemakaiannya di dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena etika dan moral memiliki perbedaan yang sangat jelas. Untuk mengetahui perbedaan serta pengertian dari masing-masing simaklah penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Etika

pengertian etika

Etika adalah suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di kehidupan masyarakat terhadap seseorang yang terkait dengan sifat baik ataupun buruk serta tanggung jawab seseorang.

Terdapat pula yang menyebutkan bahwa pengertian etika adalah suatu ilmu tentang kesusilaan dan juga perilaku ataupun tingkah laku seseorang dalam pergaulannya dengan sesama yang berhubungan dengan aturan, prinsip mengenai tingkah laku yang baik dan benar. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian etika adalah kewajiban dan tanggung jawab moral bagi setiap orang dalam berperilaku atau bertingkah laku di lingkungan masyarakat.

 

 

Pengertian Moral

pengertian moral

Pengertian moral secara umum adalah suatu hukum perilaku yang diterapkan kepada setiap individu manusia untuk bersosialisasi dengan sesamanya sehingga memiliki rasa hormat dan saling menghormati antar sesama.

Berdasarkan pendapat lain mengatakan bahwa arti moral adalah sesuatu yang berhubungan dengan prinsip-prinsip tingkah laku, akhlak, budi pekerti dan juga menta, yang akan membentuk karakter atau jati diri dalam diri seseorang sehingga dapat menilai mana yang baik dan mana yang buruk.

Moral dapat dihasilkan dari budaya dan agama yang mengatur cara berinteraksi berdasarkan perbuatan, perilaku atau ucapan yang dilakukan kepada sesama manusia. Dapat disimpulkan bahwa pengertian dari moral adalah merujuk kepada suatu tindakan atau perilaku seseorang yang memiliki nilai positif yang sesuai dengan norma atau tata aturan yang ada di dalam suatu masyarakat.

 

 

Perbedaan Etika dan Moral

Masih terdapat banyak orang yang belum mengetahui lebih jauh tentang perbedaan antara etika dan moral. Memang diketahui bahwa etika dan moral memiliki arti yang sama namun dalam pemakaiannya di kehidupan sehari-hari memiliki perbedaan, etika dilakukan berdasarkan dengan sistem nilai yang ada. Sedangkan moral digunakan untuk perilaku ataupun tingkah laku yang sedang dinilai. Untuk perbedaan lebih jelasnya simak dibawah ini.

1. Etika

Etika berasal dari bahasa Yunani, ethikos, yang memiliki arti itu kebiasaan adat atau watak. Secara umum etika memiliki arti yaitu aturan atau prinsip serta cara berpikir di dalam sebuah kelompok tertentu yang berguna untuk menuntun suatu tindakan kelompok tersebut.

Ketika juga seringkali dikaitkan dengan tingkah laku sebuah golongan atau kelas tertentu yang menganut suatu budaya tertentu. Dapat dikatakan bahwa pengertian etika hanya merujuk kepada sebuah kelompok tertentu. Seperti contohnya etika yang dianut oleh para ahli atau profesional seperti dokter dan pengacara.

 

2. Moral

Sedangkan untuk moral sendiri berasal dari bahasa latin yaitu moralis. Berdasarkan pengertian dari istilah moralis adalah karakter, tata cara cara atau perilaku yang sesuai dengan aturan. Dapat disimpulkan bahwa uang adalah penilaian terhadap sesuatu secara benar baik itu yang buruk ataupun baik. Keputusan untuk menilai baik atau buruknya suatu hal adalah Berdasarkan kesepakatan bersama dalam sebuah masyarakat atau dalam sebuah kelompok tertentu.

Landasan dalam melakukan penilaian tersebut biasanya berdasarkan agama dan juga budaya yang dianut oleh setiap individu. Pengertian moral secara singkat adalah aturan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan dari etika dan moral adalah sebagai berikut.

  1. Moral adalah kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap individu. Sedangkan etika tidak harus dimiliki oleh setiap individu namun akan lebih baik apabila manusia tersebut memiliki etika.
  2. Sifat dari moral adalah normatif-imperative. Sedangkan etika memiliki sifat yang normatif-sistematis (filosofis).
  3. Etika apabila dikatakan untuk seseorang yang melakukan perbuatan baik akan menjadi kurang pas karena etika adalah sebuah studi sedangkan moral lebih tepatnya adalah mengarah ke sifat yang dimiliki oleh setiap individu.
  4. Contoh perilaku yang sering dimiliki oleh masyarakat kelas atas yang memiliki moral namun jarang sekali untuk memperhatikan etika. Ketika biasanya hanya dipikirkan oleh pemerintah khususnya oleh DPR dan masih banyak lagi, oleh karena itu mereka bertugas untuk membuat peraturan.

Baca Juga: Pengertian Pergaulan Bebas.

 

 

Contoh Etika Dalam Kehidupan Sehari-hari

contoh etika dalam kehidupan sehari-hari

Seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai pengertian dari etika bahwa dapat disimpulkan etika adalah suatu hal yang sangat umum bahkan sudah menjadi kebiasaan di kehidupan dalam bermasyarakat. Dibawah ini adalah contoh etika dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut.

 

1. Etika dalam Bergaul dengan Orang Lain

Etika yang pertama adalah menghormati perasaan orang lain tidak memiliki niat atau mencoba untuk menghina mereka yang memiliki fisik kurang sempurna. jaga serta perhatikan kondisi setiap orang serta kenali setiap karakter dan juga akhlak mereka lalu kemudian kamu dapat berteman dengan mereka pantasnya saja tanpa berlebihan. Seperti contohnya etika bergaul dengan orang lain yaitu tu mendudukan orang lain pada kedudukan dan masing-masing dari mereka diberi hak serta dihargai.

 

2. Meminta Maaf Apabila Berbuat Salah

Etika dalam kehidupan sehari-hari yang selanjutnya adalah meminta maaf apabila berbuat salah. Meminta maaf jika kita melakukan kesalahan kepada orang lain baik itu yang disengaja ataupun kesalahan yang tidak disengaja harus dilakukan oleh semua orang. Banyak yang telah diajarkan oleh orang tuanya dari sejak kecil untuk meminta maaf apabila melakukan setiap kesalahan yang kecil ataupun kesalahan besar, yang mana hal tersebut sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat untuk melakukan hal itu. melakukan etika tersebut sangat penting terutama untuk meningkatkan perdamaian. Akan tetapi masih saja banyak orang yang lupa untuk melakukan hal sekecil itu apabila telah melakukan kesalahan hal tersebut didasari oleh ego yang dimiliki setiap individu.

 

3. Mengucap Salam Ketika Memasuki Rumah

Etika ini telah banyak diajarkan oleh eh orang tua sejak dulu sampai sekarang yang sudah menjadi kebiasaan untuk orang-orang agar melakukan etika tersebut. Karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat jadi apabila terdapat seseorang yang yang tidak mengucap salam saat memasuki rumah atau kau bertemu ke rumah orang maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut tidak memiliki etika.

 

4. Meminta Izin dan Cium Tangan Orang Tua Saat Ingin Pergi

Meminta izin dan an cium tangan kedua orang tua pada saat kita ingin pergi melakukan kegiatan tidak hanya dipraktekkan oleh seorang anak yang masih kecil saja. Kegiatan tersebut dilakukan oleh semua orang yang yang ingin melakukan aktivitas di luar rumah agar mendapatkan izin serta doa dari kedua orang tua supaya kita terhindar dari segala marabahaya saat ingin. Sehingga apabila hal tersebut tidak dilakukan maka orang itu akan dinilai tidak memiliki etika kepada orang tua.

 

5. Etika dalam bertetangga

Menghormati tetangga dan juga berperilaku baik terhadap semua orang merupakan etika dalam kehidupan sehari-hari perlu dilakukan oleh semua orang. seperti contohnya yaitu tidak melakukan kegaduhan yang dapat mengganggu kenyamanan tetangga seperti menyalakan tv tidak terlalu keras ataupun musik. Contoh lain dalam etika bertetangga adalah jangan kikir ataupun sombong kepada mereka dan tetap bijaksana tanpa menjelek-jelekan tetangga.

 

 

Contoh Nilai Moral dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Nilai Moral dalam Kehidupan Sehari-hari

Terdapat pula nilai moral yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap masyarakat. Contoh tersebut antara lain sebagai berikut yaitu:

 

1. Menundukkan Kepala saat Berjalan Melewati Orang

Contoh pertama dalam melakukan nilai moral di kehidupan sehari-hari adalah menundukkan kepala saat berjalan melewati orang. Hal tersebut bukan berarti apabila kita berjalan harus terus-menerus untuk menundukkan kepala, menundukkan kepala berlaku apabila kita sedang berjalan kemudian melewati orang-orang yang sedang duduk atau lakukan kegiatan lainnya. Hal itu dilakukan an-naba bertujuan untuk menghormati orang yang ada di depan kita terutama kepada orang yang lebih tua. Berjalan menunduk sudah diajarkan oleh nenek moyang sejak zaman dulu.

 

2. Berbicara Secara Pelan atau Halus di Depan Orang Tua

tindakan yang dilakukan orang untuk berbicara secara pelan atau halus saat berada di depan orang tua ditujukan untuk meningkatkan rasa hormat di kalangan masyarakat terutama bagi anak muda yang berbicara kepada orang yang lebih tua. Hal itu banyak dilakukan oleh masyarakat yang memiliki kebudayaan bangsa timur contohnya yaitu negara Indonesia. Melakukan hal untuk berbicara pelan atau halus saat berada di depan orang tua merupakan gambaran bahwa kita memiliki perilaku moral yang baik.

 

3. Tidak Membuat Keributan atau Kerusuhan

Kegaduhan atau keributan yang terjadi di dalam masyarakat sudah menjadi hal yang sering terjadi terutama pada saat pembelajaran di kelas sedang berlangsung. Terdapat anak yang melakukan keributan secara langsung dengan bertindak seenaknya tanpa memperhatikan etika dengan melakukan moral yang buruk.

 

4. Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya sangat umum karena telah diajarkan dari semasa kecil sampai sekarang yang sehingga hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang secara tidak langsung mempengaruhi tingkah laku kita untuk tetap membuang sampah di tempatnya. Akan tetapi masih saja terdapat banyak orang yang enggan untuk membuang sampah pada tempatnya karena masih belum mengetahui secara jelas dampak dari perilakunya tersebut.

 

5. Menjalani Perintah Agama sesuai Kepercayaan Masing-masing

Dalam agama juga terdapat aturan yang dibuat oleh tuhan berdasarkan dari kepercayaan atau agama masing-masing. Hal tersebut dibuat agar seseorang memiliki moral yang baik serta terhindar dari pengaruh negatif. Karena kebanyakan setiap agama pasti memberi aturan supaya umatnya melakukan kegiatan yang baik.

 

Demikian penjelasan mengenai etika dan moral mulai dari perbedaan etika dan moral, pengertian etika dan moral sampai contoh pengaplikasian etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat memberikan banyak pelajaran kepada kita untuk lebih meningkatkan moral kita dan mempelajari banyak hal etika mana yang baik dan mana yang buruk untuk dapat dibiasakan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Arwina Nur Dyah Utami
Arwina Nur Dyah Utami
Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Artikel Terkait

Contoh Jurnal Umum
Contoh Jurnal Umum
Oleh Sandy Kurnia Fajar
Contoh Alat Musik Melodis
Contoh Alat Musik Melodis
Oleh Hasif Priyambudi
Contoh Iklan
Contoh Iklan
Oleh Wiwit Febriandari
Contoh Teks Rekaman Percobaan
Contoh Teks Rekaman Percobaan
Oleh Hasif Priyambudi
Macam-Macam Jenis Penelitian
Macam-Macam Jenis Penelitian
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kewajiban: Pengertian, Jenis, Perbedaan dan Contoh Kewajiban
Kewajiban: Pengertian, Jenis, Perbedaan dan Contoh Kewajiban
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Singkong Thailand
  2. Keripik Singkong
  3. Tape Singkong
  4. Singkong Goreng
  5. Jus Mangga
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *