Etnosentrisme

By Mexi -

Mungkin sebagian besar dari kalian masih asing dengan istilah etnosentrisme. Etnosentrisme merupakan salah satu sifat yang dalam diri manusia.

Untuk lebih jelasnya mengenai etnosentrisme simak uraiannya dibawah ini.

Pengertian Etnosentrisme

pengertian etnosentrisme

Etnosentrisme adalah suatu pandangan yang dimiliki oleh individu dalam suatu kelompok yang menganggap bahwa kebudayaan miliknya lebih baik dari budaya lainnya yang merujuk kepada sikap fanatisme suku bangsa berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan, kepercayaan dan sebagainya.

Biasanya individu tersebut akan membanggakan budayanya sendiri menganggap jika budayanya adalah yang paling baik dan merendahkan budaya lain.

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

Selain pengertian etnosentrisme diatas terdapat pula beberapa pengertian lain yang disampaikan oleh para ahli antara lain sebagai berikut.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Berdarakan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI etnosentrisme merupakan sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

Barger

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Barger etnosentrisme merupakan kecenderungan berpikir bahwa kelompoknya sendiri lebih superior dari kelompok lain atau menilai kelompok lain inferior dari kelompoknya sendiri.

Coleman dan Cressey

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Coleman dan Cressey etnosentrisme merupakan seseorang yang berasal dari kelompok etnis yang cenderung melihat budaya mereka sebagai yang terbaik dibandingkan dengan kebudayaan yang lainnya.

Dayakisni dan Yuniardi

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Dayakisni dan Yuniardi etnosentrisme merupakan sikap dalam melihat dan melakukan interpretasi terhadap seseorang ataupun kelompok lain berdasarkan nilai-nilai yang ada pada budayanya sendiri.

Harris

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Harris etnosentrisme merupakan kecenderungan seseorang yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok yang lain, sehingga hal ini mendorong tindakan-tindakan yang tidak rasional, seperti melakukan kekerasan, peperangan, tawuran, dan lain sebagainya.

Poerwanti

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Poerwanti etnosentrisme merupakan pandangan bahwa kelompok sendiri merupakan pusat segalanya dan kelompok lain akan selalu dibandingkan dan dinilai sesuai dengan standar kelompoknya sendiri.

Zastrow

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Zastrow etnosentrisme merupakan sikap yang dilakukan oleh kelompok etnis secara tertutup tanpa mempertimbangkan keadaan kelompok sosial lainnya.

Faktor Penyebab Etnosentrisme

faktor penyebab etnosentrisme

Meskipun etnosentrisme merupakan pandangan masing-masing individu namun etnosentrisme ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor etnosentrisme antara lain sebagai berikut.

Faktor Politik

Tidak aneh lagi jika politik dalam setiap negara selalu berpengaruh terhadap individu didalamnya.

Ini juga yang menyebabkan munculnya etnosentrisme dalam masyarakat terutama pada masyarakat yang masih tradisional dan tidak rasional. Orang-orang yang berada dalam dunia politik tidak jarang hanya mementingkan diri mereka sendiri atau segala hal yang berkaitan dengan diri mereka mulai dari suku, agama dan sebagainya.

Faktor Pluralitas Bangsa

Indonesia yang merupakan bangsa plural alias memiliki banyak sekali suku, ras, bahasa, golongan, agama dan sebagainya tidak jarang mengalami konflik.

Hal tersebut diakibatkan oleh perbedaan tiap kelompoknya yang berusaha untuk menguasai dan mengatur kelompok lain yang tentu saja didasari oleh etnosentrisme.

Dampak Etnosentrisme

dampak etnosentrisme

Adanya sikap etnosentrisme dalam individu menimbulkan beragam dampak baik dampak positif maupun dampak negatif etnosentrisme antara lain sebagai berikut.

Dampak Positif

  • Meningkatkan sikap patriotisme dalam diri individu suatu bangsa
  • Menjaga keutuhan budaya
  • Menjaga stabilitas kebudayaan dalam suatu bangsa
  • Meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa

Dampak Negatif

  • Dapat memunculkan terjadinya konflik antar kelompok
  • Dapat memunculkan aliran politik baru
  • Dapat menghambat simulasi budaya yang pada dasarnya untuk menyatukan kebudayaan

Metateori Komunikasi Antar Budaya

metateori etnosentrisme

Komunikasi antar budaya tentu saja penting agar sikap etnosentrisme dapat diredam salah satunya dengan mengkaji berbagai teori ilmu sosial secara keseluruhan.

Ilmu sosial yang dikaji tentu saja mengenai proses sosial manusia yang dimulai dengan pemahaman perspektif psikologis dan sosiologi dalam masyarakat majemuk.

Baca Juga: Perubahan Sosial.

Contoh Etnosentrisme

contoh etnosentrisme
  • Anggota DPR yang seharusnya mewakili suara rakyat yang justru mementingkan kepentingan partainya.
  • Membuly orang yang beda agama, beda suku, beda bahasa, dan sebagainya.
  • Pemakaian koteka di wilayah pedalaman papua merupakan hal wajar namun dianggap memalukan oleh orang luar wilayah tersebut.

Kesimpulan

Apa sekarang kalian sudah paham mengenai etnosentrisme ini. Kesimpulannya sikap etnosentrisme memang telah melekat dalam diri kita namun kita harus bisa mengendalikannya jangan sampai kita sebagai masyarakat yang tinggal di negara majemuk justru menjadikannya masalah. Ambilah dampak positifnya dan buang hal-hal yang dapat merusak persatuan bangsa.

Demikian sedikit informasi mengenai Etnosentrisme. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi
Mexi
Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Artikel Terkait

Bank Sentral
Bank Sentral
Oleh Mexi
Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Pembangunan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi
Oleh Mexi
Imperialisme: Pengertian, Penyebab, Tujuan, Macam, Akibat
Imperialisme: Pengertian, Penyebab, Tujuan, Macam, Akibat
Oleh Mexi
10 Dampak Negatif Perubahan Sosial: Penjelasan dan Contoh
10 Dampak Negatif Perubahan Sosial: Penjelasan dan Contoh
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
10+ Prinsip Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contoh Prinsip Ekonomi
10+ Prinsip Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contoh Prinsip Ekonomi
Oleh Arwina Nur Dyah Utami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *