10+ Fungsi Ginjal Manusia: Kanan, Kiri dan Bagian Ginjal

By

Bagian dan Fungsi Ginjal

Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ yang memiliki fungsi berbeda-beda. Salah satunya adalah ginjal yang termasuk organ vital dan sangat penting. Apakah kalian sudah tahu dimana letak ginjal beserta apa fungsinya?

Secara umum, organ yang satu ini dikenal sebagai filter di dalam tubuh manusia. Ia akan menyerap zat-zat yang sekiranya penting dan membiarkan zat tidak penting dibuang lewat urine. Agar lebih mengenal tentang organ yang satu ini, mari simak penjelasan tentang bagian ginjal beserta dengan fungsinya.

 

Bentuk dan Bagian Ginjal

Bagian GinjalIstilah ginjal sendiri pastilah tidak asing lagi di telinga kita semua. Namun tentu banyak juga yang sampai sekarang tidak tahu dimana letaknya serta seperti apa bentuknya. Maka dari itu, marilah sedikit mengenal tentang organ vital yang satu ini dan cara menjaganya.

Secara umum, bentuk ginjal ini mirip seperti beans (kacang-kacangan). Di alam tubuh kita normalnya ada 2 buah ginjal berada di sisi pinggang bagian bawah (belakang rongga perut). Satu di sebelah kanan tulang belakang dan satunya lagi di sisi kiri.

Ia juga terdiri dari beberapa bagian utama seperti korteks, medulla, vena, arteri, pelvis dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan singkat tentang anatomi ginjal beserta bagian-bagiannya.

Anatomi Ginjal

1. Korteks

Jika kalian pernah bertanya, “darimana asal urine?”. Maka jawabannya adalah korteks ini. Di dalamnya terdapat nefron nefron dengan jumlah mencapai jutaan. Selain itu juga ada beberapa bagian lain dengan fungsinya masing-masing.

Baca Juga: Proses Pembentukan Urine.

 

2. Nefron

Di dalam nefron, ada beberapa bagian seperti glomerulus, tabulus kontortus, kapsula bowman dan lain sebagainya. Di tempat inilah darah kita akan mengalami proses penyaringan. Sehingga akan terbebas dari zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

 

3. Glomerulus

Salah satu bagian yang ada di nefron, fungsinya adalah menyerap zat-zat yang masih berguna dari dalam darah. Contohnya seperti zat gula (glukosa), air, asam amino, garam dan urea. Dimana zat yang tak berguna akan menjadi bagian dari urine yang dibuang.

 

4. Kapsul Bowman

Kenapa dinamakan kapsul? Karena ia berperan membungkus glomerulus layaknya sebuah kapsul. Sementara itu, bowman diambil dari nama seorang peneliti yaitu Sir William Bowman.

 

5. Tubulus Konrtortus Proximal

Ketika darah yang berasal dari glomerulus sampai di bagian ini, maka akan kembali terjadi proses penyerapan untuk kedua kalinya.

Hal ini untuk mengambil beberapa zat-zat yang sekiranya masih berguna bagi tubuh seperti glukosa, air, asam amino, garam dll. Lalu sisanya akan dibuang menjadi urine.

 

6. Tubulus Kontortus Distal

Kembali lagi, sisa-sisa urine tersebut mengalami proses reabsorbtion (penyerapan kembali) untuk mengambil zat yang masih berguna. Hingga akhirnya sisanya akan menjadi urine yang sebenarnya dan dibuang ke luar tubuh.

 

7. Lengkung Henle

Bagian ini memiliki bentuk melengkung dan berperan menghubungkan tubulus kontortus proximal dengan tubulus kontortur distal.

 

8. Medulla

Sebuah jaringan yang mirip seperti kumpulan piramida di bagian lengkung henle. Disanalah tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler dan kapsul bowman. Selain itu, ia juga menjadi tempat terjadinya proses penyaringan urine primer hingga menjadi urine sekunder (urine yang sesungguhnya).

 

9. Tubulus Kolektivus

Masih menjadi bagian dari nefron, ia berbentuk layaknya selang sebagai saluran terakhir di dalam ginjal. Fungsinya adalah menampung urine yang sebelumnya telah disaring beberapa kali. Untuk kemudian akan dikirimkan ke bagian pelvis lalu ke kandung kemih.

 

10. Arteri Ginjal

Sebuah pembuluh nadi yang berperan memasok darah ke dalam ginjal. Dimana dimulai dari bagian glumerulus untuk melalui proses penyaringan dan penyerapan zat bermanfaat.

 

11. Vena Ginjal

Yaitu pembuluh darah balik yang akan membawa darah keluar dari ginjal menuju vena cava inferior.

 

12. Ureter

Berbentuk layaknya saluran maskuler silinder, memiliki panjang 20-30 cm dengan diameter 1,7 cm. Ia berperan mengalirkan urine dari dalam ginjal ke kandung kemih.

 

13. Pelvis

Merupakan bagian terakhir yang menjadi tempat penampungan urine sementara sebelum akhirnya dikeluarkan dari tubuh. Saat sudah penuh, maka syaraf dan otot di dalamnya akan berkontraksi serta mengirimkan sinyal ke otak manusia. Dan dari sinilah kita akan merasakan keinginan untuk kencing.

Baca Juga : Fungsi Hati Manusia.

 

 

Fungsi Ginjal

Fungsi GinjalPenjelasan tentang bagian ginjal diatas sudah memberikan sedikit informasi tentang tugas dan perannya bagi tubuh manusia. Namun organ yang satu ini memiliki lebih banyak fungsi daripada yang telah disebutkan diatas.

Ia termasuk ke dalam organ vital dengan berbagai macam kegunaan yang sangat penting, antara lain :

1. Menyaring Darah

Makanan yang kita konsumsi setiap harinya bisa saja mengandung berbagai zat berbahaya. Dan itu semua akan ikut di dalam darah. Menjadi tugas dari ginjal untuk membersihkan darah dari berbagai zat asing dan berbahaya.
Proses tersebut akan terjadi di bagian nefron, sehingga zat yang tak berguna bisa dipisahkan dan dibuang melalui urine.

 

2. Membentuk Urine

Urine merupakan salah satu cara untuk membuang zat-zat yang tak dibutuhkan oleh tubuh. Dimana biasanya ia terdiri dari air, amonia, urea dan beberapa zat tak berguna lainnya.

Baca Juga : Proses Pembentukan Urine

 

3. Mengontrol Kadar Asam dan Basa

Salah satu fungsi utama lain dari ginjal adalah mengatur kadar zat yang ada di dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah zat asam dan juga basa. Saat ada yang jumlahnya diatas normal, maka ginjal akan membuang beberapa diantaranya melalui urine.

 

4. Mengontrol Tekanan Darah

Ginjal renin dan angiotensin dapat menghasilkan dua buah hormon yang mampu mengontrol tingkat kontraksi dalam pembuluh darah. Sehingga hal tersebut akan berkaitan langsung dengan tekanan darah di dalam tubuh manusia.

 

5. Pembentukan Sel Darah Merah

Ginjal juga memproduksi hormon lain yang bernama eritropoietin. Dimana hormon tersebut mampu merangsang sumsum tulang belakang agar ia memproduksi sel darah merah.

 

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Kita mengenal yang namanya zat calcitiol, fungsinya adalah menjaga jumlah kalsium serta fosfat yang ada di dalam tubuh manusia. Sehingga hal tersebut juga mempengaruhi kesehatan tulang kita sendiri.

 

7. Mengontrol Jumlah Air

Kita selalu diajarkan untuk banyak minum air putih demi menjaga kesehatan. Mungkin itu ada benarnya juga, akan tetapi tetap saja ada kadar tertentu yang harus dipenuhi. Apabila jumlah air di dalam tubuh terlalu banyak malah akan mempengaruhi tingkat konstentrasi darah.

Maka dari itu, ginjal akan berperan melakukan osmoregulasi berupa pembuangan air berlebih melalui urine. Sehingga jumlah yang ada di dalam tubuh tetap dalam kadar normal.

 

8. Mengontrol Jumlah Kalium Dalam Darah

Zat kalium ini sangatlah mempengaruhi kinerja tubuh manusia, khususnya jantung. Ia harus berada dalam kadar yang normal, artinya tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Apabila jumlah kalium terlalu tinggi akan terjadi hiperkalemia yang membuat melambatnya kerja otot jantung. Hal ini bahkan memiliki resiko kematian.

Sedangkan jika jumlah kalium terlalu rendah, maka otot tubuh akan melemah. Sehingga kita akan lebih cepat merasa kelelahan dan tak punya banyak tenaga.

 

9. Mengontrol Kadar Gula

Tugas lain dari ginjal yang perlu kalian ketahui adalah mengatur kadar gula dalam darah. Bagaimana cara ia melakukannya? Yaitu dengan memproduksi dua buah hormon bernama insulin dan adrenalin.

Hormon insulin akan bekerja apabila kadar gula di dalam darah terlalu tinggi. Sedangkan hormon adrenaline akan bekerja apabila kadar gula di dalam darah terlalu rendah.

 

10. Merecycle Zat Dalam Tubuh

Ginjal juga memiliki fungsi untuk mendaur ulang beberapa macam zat seperti glukosa, asam amino dan juga garam. Apabila zat-zat tersebut masih dibutuhkan maka akan dialirkan ke dalam darah. Namun apabila tubuh sudah tak membutuhkannya maka akan dibuang bersamaan dengan urine.

 

11. Mengatur Produksi Vitamin D

Sebagian besar orang mengenal vitamin D itu berasal dari sinar matahari. Akan tetapi, ia masih dalam bentuk yang tidak aktif. Dan menjadi tugas organ ginjal untuk mengubahnya menjadi bentuk aktif. Proses tersebut menggunakan sebuah zat yang bernama kalsitriol.

Baca Juga : Fungsi Lambung Manusia.

 

Kesimpulan

Ginjal AdalahJadi bagaimana, sudah paham kan tentang seluk beluk dari organ ginjal manusia ini? Ia memiliki lebih banyak fungsi daripada yang kita ketahui selama ini. Jadi, selalu jaga kesehatan organ ginjal kalian dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat serta rajin berolahraga.

Supaya ia tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Karena jika kinerja ginjal terganggu, maka akibatnya akan sangat fatal bagi keseluruhan tubuh manusia.

 

Demikian pembahasan lengkap tentang anatomi dan bagian-bagian ginjal beserta dengan fungsi ginjal manusia. Semoga penjelasan diatas dapat dengan mudah dipahami dan memberikan informasi yang bermanfaat. Apabila ada kritik, saran atau pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.


Danang Febriyandra Seorang yang suka dunia anime yang sangat akut, suka belajar hal baru.


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *