12+ Fungsi Hati Manusia: Bagian Hati

By

Bagian Organ Hati Manusia dan Fungsinya

Hati merupakan salah satu organ vital yang ada di dalam tubuh manusia. Kenapa ia begitu penting? Karena hati memiliki banyak sekali fungsi terutama dalam sistem pencernaan dan metabolisme. Oleh karena itulah sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan organ tersebut.

Dan perlu diluruskan juga, bahwa organ hati ini bukanlah sesuatu yang berguna untuk merasakan perasaan seperti senang, sedih dll. Apalagi jika kalian membayangkan bentuk hati itu layaknya sebuah “love”, maka salah besar.

Untuk itulah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang organ yang satu ini secara lengkap. Mulai dari anatomi, bagian beserta dengan fungsi-fungsinya. Supaya kita semua menjadi lebih paham dan tidak lagi salah paham tentang hal tersebut.

 

Bagian-Bagian Hati Manusia

Pastilah banyak dari kita semua yang pernah mengira hati manusia berbentuk ‘love’ layaknya simbol dari cinta. Kesalahpahaman seperti ini memang seringkali terjadi di masyarakat dan harus diluruskan agar tidak terus berlanjut.

Bagi masyarakat awam, mungkin akan lebih mengenal namanya sebagai liver. Organ ini terletak di bagian kanan rongga perut, tepatnya di bawah diafragma. Tahukah kalian bahwa hati merupakan organ terbesar yang ada di dalam tubuh manusia.

Ia memiliki panjang sekitar 17 cm, lebar 20 cm dengan berat kurang lebih 1,5 kg. Umumnya berwarna merah tua dengan bentuk menyerupai segitiga. Untuk memahami bagaimana bentuk serta anatomi dari hati (liver), silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Secara umum, organ hati terbagi menjadi beberapa bagian. Masing-masing memiliki ukuran yang berbeda, antara lain :

  • Lobus kiri, adalah bagian yang memiliki bentuk lebih runcing dan cenderung kecil.
  • Lobus kanan, merupakan hagian terbesar dari hati, kurang lebih 5 sampai 6 kali lebih besar dari lobus kiri. Antara
  • lobus kanan dan kiri juga dipisahkan oleh ligamen falciform.
  • Lobus Kaudatus, ukurannya cenderung lebih kecil dari lobus kanan dan kiri. Dari segi bentuk terlihat memanjang dan membungkus pembuluh darah balik utama.
  • Lobus Kuadrat, terletak di bagian belakang lobus kanan dan membungkus kantong empedu.
  • Vena Sentralis, di bagian tengah setiap lobules terdapat vena yang bergabung menjadi satu membentuk vena hepatika.
  • Lakuna, yaitu sebuah ruangan yang memisahkan antara satu lobulus dengan yang lainnya.
  • Diafragma, adalah jaringan otot yang memisahkan perut dan dada.
  • Arteri Hepatika, merupakan arteri yang berfungsi untuk menyalurkan darah ke hati dll.

 

Perlu diketahui bahwa struktur internal sebuah hati terdiri dari 100.000 sel hati yang bentuknya hexagonal. Biasanya ia disebut sebagai lobulus, tersusun dari pembuluh darah pusat dengan 6 buah pembuluh darah vena hepatik dan 6 arteri hepatik di sekitarnya.

Baca Juga : 7+ Fungsi Lambung Manusia

 

 

Fungsi Hati

Anatomi Organ HatiDiawal sudah disebutkan bahwa hati merupakan organ vital yang sangat penting. Lalu apa saja tugasnya dalam tubuh manusia? Kalian bisa melihatnya dalam penjelasan berikut ini.

 

1. Detoksifikasi

Inilah kenapa hati disebut sebagai organ vital, karena ia memiliki fungsi detoksifikasi atau penawar racun. Saat kita mengkonsumsi berbagai macam makanan setiap harinya, pasti berpotensi mengandung zat berbahaya.
Maka dari itu, hati akan bertugas mengurangi serta meminimalisir jumlah racun yang akan diserap oleh tubuh.

 

2. Menghancurkan Sel Darah Merah

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa harus dihancurkan? Hati hanya akan menghancurkan sel darah merah yang sudah tua saja. Sehingga akan digantikan oleh sel darah merah lain yang lebih baru.

 

3. Pembentukan Sel Darah Merah

Selain menghancurkan sel darah merah yang sudah tua, ia juga bertugas untuk memproduksi sel darah merah baru sebagai pengganti. Sehingga siklus pergantian tersebut akan bisa berjalan secara normal.

 

4. Menyimpan Glikogen

Glikogen merupakan kadar gula merah yang mana juga menjadi salah satu sumber energi manusia saat beraktivitas. Sehingga kita membutuhkannya agar tubuh tidak mudah lelah dan juga lemas. Inilah yang menjadi salah satu fungsi hati/liver.

 

5. Tempat Penyimpanan Vitamin dan Mineral

Tubuh manusia memerlukan berbagai macam vitamin serta mineral untuk memenuhi kebutuhannya. Dan semua itu akan disimpan di dalam organ hati. Beberapa diantaranya seperti vitamin A, B12, D E dan K.

 

6. Sistem Antibodi

Tubuh manusia memang akan selalu rentan terhadap serangan penyakit. Namun kita juga sudah dibekali dengan sistem pertahanan dari berbagai macam penyakit tersebut. Hati memiliki sel kupffer (system makrofag) yang menjadi mekanisme pertahanan terhadap virus dan bakteri jahat.

 

7. Memproduksi Protein

Hati juga memiliki tugas untuk memproduksi berbagai macam protein yang dibutuhkan tubuh, contohnya seperti Albumin. Selain itu beberapa protein lain yang menjaga sistem kekebalan tubuh juga dihasilkan olehnya.

 

8. Produksi Cairan Empedu

Cairan empedu adalah zat yang benfungsi untuk membantu sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia. Selain itu empedu juga berperan penting dalam proses pembekuan darah.

 

9. Metabolisme Lemak

Cairan empedu yang diproduksi oleh hati juga berperan untuk memecah lemak agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Lemak yang telah dipecah akan tersimpan di dalam hati dan dikeluarkan dalam bentuk energi.

 

10. Metabolisme Protein

Hampir sama seperti metabolisme lemak, disini hati juga bertugas memecah protein dengan menggunakan cairan empedu. Sehingga nantinya akan dihasilkan asam amino yang digunakan kembali sumber energi.

 

11. Mengubah Amonia Menjadi Urea

Saat protein dipecah oleh cairan empedu, ia juga menghasilkan amonia yang beracun bagi tubuh manusia. Nah hati akan bertugas mengubah amonia berbahaya tersebut menjadi urea. Kemudian ia akan dilepaskan ke dalam darah, lalu menuju ginjal untuk disaring dan dikeluarkan melalui urine.

 

12. Kolesterol, Trigliserida dan Hormon

Tidak hanya sampai disitu, hati punya fungsi lain yaitu memproduksi kolesterol dan trigliserida. Ia juga menghasilkan hormon pertumbuhan pada tubuh anak-anak.

Baca Juga : Proses Pembentukan Urine

 

 

Kesimpulan

Fungsi Organ Hati ManusiaSetelah membaca penjelasan diatas, sekarang kita jadi lebih tahu tentang organ manusia yang satu ini. Jadi jangan beranggapan lagi bahwa hati itu berbentuk ‘love’. Karena memang keduanya sangat jauh berbeda.

Sementara itu, hati dikatakan sebagai organ vital karena memiliki banyak fungsi. Ia berperan sangat penting bagi kelangsungan sistem pencernaan manusia. Apabila organ ini tidak sehat, maka akan mengganggu sistem tubuh secara keseluruhan.

Maka dari itu, mulai sekarang marilah hidup lebih sehat untuk menjaga organ hati ini. Makan makanan yang alami dan tak mengandung banyak bahan kimia. Sehingga hati tidak terbebani dengan tugas-tugas yang berat.

 

Demikian pembahasan tentang bagian dan anatomi organ hati manusia beserta fungsinya lengkap. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan ilmu yang bermanfaaat bagi kita semua. Apabila ada yang punya kritik, saran atau pertanyaan bisa berkomentar di bawah.

Danang Febriyandra Seorang yang suka dunia anime yang sangat akut, suka belajar hal baru.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *