Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

30+ Gambar Ikan Lengkap: Air Laut, Tawar, Hias

5 min read

Kumpulan jenis ikan

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini, yup betul, ikan adalah binatang yang hidup di air dan bernafas menggunakan insang dan juga termasuk binatang berdarah dingin karena hidupnya di air. Ikan mempunyai jenis yang sangat banyak, berdasarkan riset dari pada ilmuwan, diperkirakan ada 27.000 spesies ikan yang ada di seluruh perairan dunia ini.

Pada artikel ini pintarnesia akan memaparkan mengenai beberapa jenis ikan beserta dengan gambarnya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang ada didunia.

 

Jenis Ikan Beserta dengan Gambarnya

Nah, pada artikel ini pintarnesia akan memaparkan beberpaa jenis ikan, mulai dari ikan air laut dan air tawar. Untuk pembahasan yang pertama kita akan membahas terlebih dahulu mengenai ikan laut.

 

#1. Gambar Ikan Air Laut

Berikut ini adalah beberapa gambar ikan laut, diantaranya adalah :

 

Ikan Pedang

500px.com

Ikan pedang atau bisa juga disebut dengan todak merupakan ikan yang pada bagian depannya mempunyai moncong panjang seperti pedang dengan bentuk pipih serta kuat.

Bahkan ukuran moncongnya bisa mencapai sepertiga pdari panjang ikan tersebut. Ikan ini mempunyai organ yang spesial, organ tersebut mempunyai fungsi untuk menghangatkan mata dan otak mereka. Dengan begitu saat mata mereka hangat, maka penglihatan merkea menjadi lebih tajam meskipun saat gelap mata ikan tersebut bisa tetap melihat. Tombak atau muncung dari ikan tersebut digunakan untuk melukai atau memukul mangsanya.

Baca Juga : Kumpulan Jenis-Jenis Hewan

 

Ikan Lumba – Lumba

Jenis ikan yang satu ini merupakan jenis ikan yang sangat familiar dan tergolong mamalia yang sangat cerdas. Maka dari itu banyak pertunjuukan yang dilakukan oleh jenis ikan yang satu ini.

Cara bernafas dari ikan ini menggunakan paru – paru sebagai alat pernapasan, ikan ini juga sering muncul ke permukaan untuk mengambil udara. Ikan yang satu ini juga memiliki sistem yang mirip dengan sistem kapal selam yaitu sonar, sistem tersebut digunakan untuk berkomunikasi, menghindari benda – benda dan mencari mangsanya.

 

Ikan Paus

Paus sebanarnya bukanlah jenis ikan melainkan mamalia yang hidup di laut sama halnya dnegan lumba – lumba diatas. Paus memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk anak – anaknya mempereleh energi dan rambut pada bagian kulitnya.

 

Ikan Badut

Pasti kalian sangat familiar dengan ikan yang satu ini, ikan yang satu ini merupakan ikan yang berperan dalam film Finding Nemo. Ikan ini umumnya tinggal di dasar laut seperti anemon laut dan terumbu karang. Ikan ini hidup secara berkelompok dan mencari makanan di tempat habitatnya. Yang membuat unik dari ikan ini adalah mrmiliki warna yang menggemaskan dan menarik.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Cerita Fabel Singkat

 

Ikan Angelfish

Ikan ini merupalan ikan yang memiliki ciri – ciri bentuknya lebar dan pipih. Jika dilihat dari samping, ikan ini menyerupai bentuk segitiga dan ada banyak pola untuk jenis ikan hias yang satu ini. Ada beberapa motif dari ikan ini, diantaranya adalah warna biru dan kuning ada garis – garis pada setiap bagian tubuh ikan hias.

 

Ikan Botana Blue Tang

Ikan yang satu ini menjadi pemeran Dori dalam film Finding Nemo dan dalam film Finding Dori. Ikan ini memiliki warna biru  dan hitam pada bagian atasnya, ikan ini juga menjadi ikan hoas yang banyak mengoleksinya.

 

Ikan Yellow Tang

Ikan yang satu ini masih satu keluarga dengan jenis ikan Blue Tang. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara sehingga cocok bagi kamu yang masih baru dalam memelihara ikan. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang aktif bergerak.

 

Ikan Buntal

Kamu pasti tidak asing dengan jenis ikan yang satu ini, ikan ini merupakan ikan yang berperan sebagai Nyonya Puff di serial kartun Spongebob. Jenis ikan mempunyai racun yang sangat berbahaya, jadi kamu harus hati – hati dalam memelihara ikan ini. Meskipun ikan ini beracun, ada beberapa negara yang menjadikan ini sebagai menu makanan, contohnya saja adalah negara Jepang.

Baca Juga : Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

 

#2. Gambar Ikan Air Tawar

Berikut ini adalah beberapa gambar ikan tawar, diantaranya adalah :

 

Ikan Koi

Ikan ini merupakan ikan hias yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar. Ada sebagian orang yang percaya jika memelihara ikan ini maka akan membawa keberuntungan bagi siapa saja yang memelihara ikan ini. Harga ikan ini bisa mencapai jutaan rupiah atau bahkan ratusan juta rupiah.

Kata Koi berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti Persahabatan dan Cinta. Ikan ini memiliki beberapa jenis lagi, diantaranya adalah Kohaku, Asagi, Taisho Sanke, Showa Sanshoku dan lain sebagainya.

 

Ikan Louhan

Keunikan dari ikan ini adalah memiliki benjolan yang ada pada bagian kepalanya. Jenis ikan ini lumayan rumit dalam segi perawatan dan perkembang biakkan. Bahkan untuk perkembang biakkannya saja harus ada campur tangan manusia, hal itu bertujuan mendapatkan tonjolan yang unuk dari kepala si ikan louhan. Ada beberapa jenis ikan Louhan yang sangat mahal diantaranya adalah Kemalau (Harga bisa mencapai puluhan juta rupiah), Cencu, Golden Base, Rainbow, Storm dan Kamfa.

 

Ikan Cupang

Pasti sebagian dari kalian pernah memelihara ikan yang satu ini, mungkin ikan ini dikalangan masyarakat identik dengan ikan aduan. Ikan ini mempunyai bentuk dan warna yang sangat indah, ikan cupang mempunyai sirip yang lebar dan mempunyai karakter yang sangat agresif dan ganas untuk selalu mempertahankan daerah kekuasannya. Jenis ikan yang satu ini tergolong mudah untuk didapat di negara Indonesia, karena persebaran ikan ini ada pada wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga : Kumpulan Hewan Peliharaan

 

Ikan Arwana

Jenis ikan yang satu ini adalah spesies berasal dari Asia Tenggara, ikan ini memiliki ciri – ciri badannya berukuran panjang, ada 2 (dua) sungut pada bagian depan mulutnya, dan ada juga sirip dubur yang ada pada bagian belakang badan. Kedua sungut ikan ini menghasilkan sensor getar untuk mengetahui posisi dari mangsanya.

Umumnya ikan ini memiliki warna keperak – perakkan. Ada juga kolektor yang menyebutkan ikan naga, karena sekilas bentuknya mirip dengan naga. Harga dari ikan ini bisa mencapai milyaran rupiah, hal tersebut dikarenakan ikan tegolong langka.

 

Nah, itulah gambar ikan air laut dan ikan air tawar, sebenarnya masih banyak sekali jenis ikan yang ada di dunia, tapi kali ini pintarnesia hanya memaparkan beberapa contoh saja. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita mengenai ikan, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight