Gejala Sosial: Pengertian, Jenis, Faktor, Contoh Lengkap

By

pengertian gejala sosial

Hidup dalam lingkungan sosial memang membuat kita tidak dapat menghindari segala perubahan yang ada pada lingkungan sosial salah satunya gejala sosial yang merupakan salah satu fenomena dalam kehidupan sosial masyarakat. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana gejala sosial simak uraian dibawah ini.

 

Pengertian Gejala Sosial

pengertian gejala sosial

Gejala sosial adalah suatu fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tradisional dan modern berupa perubahan sosial baik positif maupun negatif yang tidak dapat dihindari namun dapat diantisipasi.

 

 

Jenis Gejala Sosial

jenis gejala sosial

Gejala sosial sendiri memiliki jenis-jenis tersendiri antara lain, setelah kita mengetahui pengertianya. Maka baiknya kaian ketahui juga jenis gejala sosial berikut ini.

 

1. Ekonomi

Ekonomi dalam kehidupan masyarakat memiliki pengaruh yang cukup besar karena menggambarkan keadaan perekonomian individunya, keadaan ekonomi individu tertentu dapat membuat gejala sosial pada lingkungannya.

 

2. Budaya

Indonesia sudah sangat terkenal akan kekayaan budayanya sehingga penting untuk kita memiliki rasa toleransi dan menghargai yang tinggi agar tidak terjadi perpecahan.

Bukan hanya dengan yang ada di dalam negeri saja namun kita juga harus menghargai negara lain. Keberagaman yang ada inilah yang dapat menimbulkan gejala sosial dalam kehidupan sosial.

 

3. Lingkungan Alam

Alam merupakan salah satu unsur kehidupan yang langsung dibuat oleh Tuhan, jika lingkungan rusak manusia sudah pasti akan merasakan dampaknya juga termasuk berpengaruh terhadap gejala sosial.

 

4. Psikologis

Gejala sosial juga dapat terjadi karena pengaruh psikologi atau tingkah laku individu tertentu yang ada dalam sebuah lingkungan sosial.

Baca Juga : Penjelasan Konflik Sosial Lengkap

 

 

Faktor Gejala Sosial

Terjadinya gejala sosial dapat diakubatkan oleh beberapa faktor seperti berikut,

 

1. Kultural

Kultural merupakan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan sosial masyarakat yang dapat menyebabkan gejala sosial.

 

2. Struktural

Struktural merupakan keadaan yang dapat berpengaruh terhadap hal-hal yang telah disusun dengan pola tertentu seperti interaksi antar individu ataupun antar kelompok dalam lingkungan sosial.

Baca Juga : Integrasi Sosial Lengkap

 

 

Contoh Gejala Sosial

contoh gejala sosial

Agar lebih paham mengenai gejala sosial dibawah ini terdapat beberapa contohnya

 

1. Disorganisasi Keluarga

Disorganisasi keluarga adalah gagalnya anggota keluarga untuk melaksanakan kewajibannya dalam lingkungan sosial karena adanya masalah dalam keluarga tersebut.

 

2. Masalah Remaja

Karena remaja merupakan proses peralihan dari masa anak-anak ke dewasa maka pada masa ini seseorang masih labil dan sulit mengendalikan diri sehingga sering merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial.

 

3. Kemiskinan

Karena ekonomi menjadi salah satu hal yang vital dalam lingkungan sosial seseorang yang masih belum bisa memenuhi kebutuhannya sendiri akan menjadi salah satu gejala sosial.

 

4. Kriminalitas

Kriminalitas terbentuk karena proses imitasi, asosiasi diferensial, pelaksanaan peranansosial, kompensasi, identifikasi, kekecewaan agresif dan konsep diri, bisa juga muncul karena desakan untuk memenuhi kebutuhan atau bahkan keinginan konsumtif yang tidak diimbangi dengan produktivitas.

 

5. Perilaku Koruptif

Korupsi merupakan perilaku yang dilakukan sadar atau tidak sadar mengambil sesuatu yang bukan haknya yang dapat mengakibatkan kerugian bagi pihak lain.

 

6. Pelanggaran Norma Masyarakat

Pelanggaran normas sosial menjadi salah satu gejala sosial yang sudah seringkali terjad dalam lingkungan sosial seperti minum-minuman keras, konsumsi obat-obatan terlarang dan lain sebagainya.

 

7. Peperangan

Peperangan merupakan pertentangan yang terjad dalam suatu lingkungan sosial baik antar indivdu maupun antar kelompok yang dapat menimbulkan kerugian besar namun juga berakhir dengan akomodasi.

 

Demikian sedikit informasi mengenai Pengertian Gejala Sosial lengkap dengan Jenis, Faktor, Contoh Gejala Sosial. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terima kasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *