Gerak Manipulatif: Pengertian dan Contoh Gerak Manipulatif

By

gerak manipulatif

Gerak Manipulatif – Gerak manipulatif merupakan salah satu bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari oleh setiap anak beserta dengan keterampilan lainnya seperti keterampilan lokomotor dan keterampilan nonlokomotor. Kemampuan manipulatif merupakan salah satu keterampilan yang terbentuk dari memanipulasi semua yang berhubungan dengan benda yang ada di luar.

Tapi apakah kamu sudah paham apa yang dimaksud dengan keterampilan gerak manipulatif? dan apakah kamu tahu apa saja contoh dari gerakan manipulatif? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menerangkan tentang apa yang dimaksud dengan gerak manipulatif dan juga contoh-contoh dari gerak manipulatif.

 

Pengertian Gerak Manipulatif

Gerak manipulatif adalah salah satu keterampilan dari gerakan yang kompleks, dan hal tersebut harus di latih atau dilalui oleh setiap anak yang masih dalam masa perkembangan.

Maka dari itu, anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan juga perkembangan haruslah dilatih atau dikontrol dengan restruktur oleh orang yang sudah dewasa. Adapun pengertian dari gerak manipulatif menurut para ahli sebagi berikut,

  • Menurut Sujiono (2007 : 12.4) mengatakan bahwa gerak manipulatif adalah aktifitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.
  • Menurut Pramono Dkk (2010:9) menyatakan bahwa gerak Manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu misalnya, bola, raket, atau kayu pemukul. Contoh melempar, menangkap, menggiring, menendang, memantul-mantulkan bola, melambungkan.

Perkembangan dari gerak manipulatif merupakan sebuah keterampilan dalam manipulasi berbagai objek sembari bergerak. Salah satu contoh dari gerak manipulatif andalah kemampuan untuk melempar dan menangkap.

Karena dengan adanya keterampilan tersebut dapat menopang berbagai kebutuhan gerak untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan juga perkembangan.

Selain itu juga terdapat kemauan untuk melakukan tendangan dan pukulan (smash) terhadap bola yang nantinya juga akan berguna bagi anak-anak pada saat sudah tumbuh dan berkembang menjadi orang remaja atau dewasa. Sedangkan keterampilan dalam gerak manipulatif terbagi menjadi tiga bagian, antara lain.

  • Gerakan menjauhkan objek adalah memukul, melempar, dan menendang.
  • Gerakan mendekatkan objek adalah menangkap, mengambil, dan mengumpulkan.
  • Bergerak bersama adalah membawa dan memantulkan (dribbling).

Baca Juga: Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan.

 

Contoh Gerakan Manipulatif

Agar memahami lebih lengkap, maka adapun beberapa contoh gerakan yang termasuk ke dalam gerakan manipulatif, antara lain.

 

1. Menangkap

Yang pertama adalah melempar, gerakan menangkap adalah salah satu dari keterampilan manipulatif yang mana dapat diartikan sebagai sebuah gerakan untuk menghentikan suatu momentum dari sebuah objek menggunakan tangan.

Dalam melakukan gerakan yang satu ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan visual untuk dapat melihat dan kemudian mengikuti gerakan dari objek. Gerakan yang satu ini biasanya digunakan oleh kiper dalam permainan sepak bola agar gawangnya tidak kemasukan bola.

 

2. Melempar

Melempar adalah salah satu contoh dari gerakan manipulatif, melakukan gerakan melempar adalah salah satu gerakan keterampilan manipulatif yang menggunakan salah satu atau kedua tangan untuk melontarkan suatu objek yang dipegangnya menjauh dari tubuh menuju ke suatu tempat tertentu.

 

3. Menendang

Menendang juga merupakan salah satu gerakan manipulatif yang selanjutnya. Gerakan menendang adalah salah satu keterampilan gerakan manipulatif yang menggunakan salah satu kaki yang digunakan sebagai media untuk memukul. Ada beberapa olah raga yang menggunakan keterampilan dari gerakan yang satu ini, contohnya adalah dalam permainan sepak bola.

 

4. Memukul

Memukul adalah salah satu dari gerakan manipulatif, memukul adalah satu gerakan manipulatif yang dilakukan menggunakan salah satu tangan atau kedua tangan atau bahkan menggunakan sebuah alat bantu yang diberikan daya kepada sebuah objek.

Gerak manipulatif yang satu ini biasanya dilatih dengan menggunakan sebuah benda yang dapat bergerak, salah satu contohnya adalah bola. Dan salah satu contoh permainan yang menggunakan teknik gerakan yang satu ini adalah kasti, di mana setelah bal dilemparkan akan langsung di pukul oleh alat bantu memukul berupa tongkat.

 

5. Menggiring

Menggiring juga merupakan salah satu contoh dari keterampilan manipulatif yang dapat diartikan sebagai sebuah gerakan untuk membawa suatu objek dari satu tempat menuju ke tempat yang lainnya baik menggunakan tangan atau menggunakan kaki.

Dalam melakukan gerakan ini sangat dibutuhkan kemampuan melakukan koordinasi yang baik antara tangan dan mata atau antara mata dan kaki.

Adapun permainan yang menggunakan teknik dari gerakan yang satu ini, contohnya adalah dalam permainan sepak bola di mana dalam melakukan gerakan menggiring menggunakan kaki.

Sedangkan dalam permainan bola basket menggiring menggunakan tangan dengan dengan cara memantulkan objek yang berupa bola ke lantai, jadi gerakan memantulkan iga dapat di jadikan sebagai salah satu dari gerakan manipulatif.

 

6. Menggelindingkan

Contoh dari gerakan manipulatif yang selanjutnya adalah menggelindingkan suatu objek. Jadi gerakan manipulatif yang satu ini dapat dijadikan sebagai sebuah cara untuk memindahkan suatu objek atau benda dari satu tempat menuju ke tempat yang lainnya.

Caranya adalah dengan menggelindingkan objek yang akan dipindahkan pada tanah atau lantai dengan diarahkan menuju ke tempat tertentu. Biasanya benda yang dapat dipindahkan menggunakan cara ini adalah objek atau benda yang memiliki bentuk lingkaran atau bulat, seperti roda, cakram, bola dan masih banyak lagi benda yang dapat di pindah dengan cara digelindingkan.

 

Nah jadi itulah pembahasan tentang Pengertian Gerak Manipulatif Beserta dengan Contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambahkan wawasan bagi kita semua yang membacanya, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dand dimaklumi.


Hasif Priyambudi Aku tidak bisa mendengarmu spongebob, disini gelap


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *