Gerbang Logika

Gerbang Logika – adalah blok dasar yang digunakan untuk membentuk suatu rangkaian elektronika digital. Terdapat beberapa jenis gerbang logika dasar yang digunakan dalam dunia digital. Gerbang logika memiliki peranan yang sangat penting pada rangkaian digital, karena gerbang logika merupakan elemen yang harus ada dalam setiap perancangan dari sebuah rangkaian elektronika digital.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dan membahas mengenai gerbang logika mulai dari pengertian gerbang logika, simbol gerbang logika, jenis, fungsi dan contoh. Untuk mengetahui penjelasan secara lebih lengkapnya simak uraian di bawah ini.

 

  1. Pengertian Gerbang Logika
  2. Simbol Gerbang Logika
  3. Jenis Gerbang Logika
    1. 1. Gerbang Logika NOT (Inverter)
    2. 2. Gerbang Logika AND
    3. 3. Gerbang Logika OR
    4. 4. Gerbang Logika NAND
    5. 5. Gerbang Logika NOR
    6. 6. Gerbang Logika XOR
    7. 7. Gerbang Logika XNOR
  4. Fungsi Gerbang Logika

Pengertian Gerbang Logika

Pengertian gerbang logika adalah suatu elemen yang digunakan dalam bidang elektronika yang digunakan sebagai pembentuk sistem digital untuk melakukan pengolahan input atau data masukan untuk menjadi sinyal output atau data keluaran untuk dapat diolah lagi pada proses selanjutnya.

Gerbang logika dasar merupakan salah satu bagian dari rangkaian logika yang secara umum dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu rangkaian logika kombinasional dan rangkaian logika sekuensial.

Pengertian rangkaian logika kombinasional adalah suatu rangkaian elektronika digital yang memiliki nilai output dengan tidak bergantung pada nilai yang berlangsung saat itu. Sedangkan pengertian gerbang logika sekuensial adalah rangkaian elektronika digital yang memiliki nilai output tidak bergantung pada saat itu saja, akan tetapi bergantung juga pada keadaan input sebelumnya.

Secara elektronik gerbang logika (Logic Gates) dapat dibentuk dengan menggunakan rangkaian sederhana yang terdiri dari beberapa komponen misalnya seperti IC (Integrated Circuit), relay, elemen mekanikal, transitor dan juga dioda. Karena sinyal yang diproses pada gerbang logika merupakan bilangan biner maka sinyal yang dapat dapat diproses adalah 2 kode saja yaitu 0 dan 1 dengan menggunakan teori aljabar Boolean.

Baca Juga : Operasi Aritmatika Lengkap

 

 

Simbol Gerbang Logika

gerbang logika

Gerbang logika adalah elemen elektronik digital yang terdiri dari beberapa jenis. Dari tiap-tiap jenisnya memiliki simbol yang menjadi ciri dari jenis gerbang logika tersebut. Berikut ini merupakan simbol-simbol gerbang logika antara lain yaitu:

 

 

Jenis Gerbang Logika

Gerbang logika atau Logic gate atau pintu rangkaian dasar digital pada dasarnya terdiri dari tujuh gerbang, antara lain yaitu gerbang NOT, gerbang AND, gerbang NAND, gerbang OR, gerbang NOR, gerbang EXOR dan gerbang EXNOR. Sedangkan untuk gerbang kombinasi adalah campuran atau perpaduan antara gebang dasar yang ada.

Gerbang logika dasar tersusun dari tiga jenis gerbang logika. yang termasuk ke dalam jenis gerbang logika dasar antara lain seperti gerbang logika AND, gerbang logika OR, dan gerbang logika NOT.

Sedangkan untuk gerbang logika turunan yang merupakan gerbang logika yang berasal dari susunan beberapa gerbang logika dasar terdiri dari beberapa jenis gerbang logika seperti gerbang logika NAND, gerbang logika NOT, gerbang logika XOR, dan gerbang logika XNOR.

Pembahasan selanjutnya mengenai gerbang logika adalah jenis-jenis gerbang logika. Jenis gerbang logika beserta oenjelybakan di jelaskan seperti berikut ini.

 

1. Gerbang Logika NOT (Inverter)

Pengertian gerbang logika NOT atau gerbang logika inverter adalah jenis gerbang logika yang paling sederhana yang memiliki output yang selalu berlawanan dengan input. Pada gerbang logika NOT atau inverter hanya mempunyai satu buah input hanya mempunyai satu buah output juga. Sehingga akan menghasilkan kondisi apabila 1 maka inputnya adalah 0, dan wpavila kondisi 0 maka inputnya adalah 1.

gerbang logika

Gerbang NOT merupakan salah satu jenis gerbang logika yang hanya memiliki 1 input saja, karena sifat yang dimiliki oleh gerbang logika NOT tersebut itulah sehingga jenis gerbang logika ini disebut sebagai Inverter. Pada umumnya gerbang logika NOT adalah sama dengan negasi.

Hasil input dan output yang dihasilkan dari gerbang logika NOT akan di jelaskan dalam tabel kebenaran seperti berikut ini:

gerbang logika

 

2. Gerbang Logika AND

Pengertian jenis gerbang logika AND adalah jenis rangkaian logika yang memiliki beberapa jalur input yang hanya memiliki satu kondisi output. Output yang dihasilkan dari gerbang logika AND akan menghasilkan logika 1 apabila semua inputnya memiliki logika 1. Sedangkan apabila salah satu input bernilai 0, maka akan menghasilkan output dengan nilai 0 pula.

gerbang logika

Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa prinsip kerja gerbang AND yang apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya “dan” yang identik dengan saklar seri dimana agar rangkaian saklar dapat bekerja maka kedua saklar harus dalam keadaan yang nyala atau ON.

Hasil input dan output yang dihasilkan dari gerbang logika AND akan di jelaskan dalam tabel kebenaran seperti berikut ini:

Baca Juga : Macam – Macam Perangkat Keras Komputer

 

3. Gerbang Logika OR

Jenis gerbang logika yang selanjutnya adalah gerbang logika OR. Pengertian gerbang logika OR adalah sebuah jenis gerbang logika yang memiliki dasar output yang bernilai logika 1 apabila salah satu atau bahkan kedua logika dari gerbang tersebut maka akan menghasilkan output dengan nilai 1, dan apabila logika memiliki nilai 0 maka akan menghasilkan nilai output logika 0.

gerbang logika

Apabila di dalam sebuah sebuah rangkaian saklar, maka gerbang logika OR akan identik dengan sebuah saklar denga susunan paralel yang hanya membutuhkan satu switch saja dengan kondisi ON agar rangkaian pada saklar tersebut dapat bekerja.

Hasil input dan output yang dihasilkan dari gerbang logika OR akan di jelaskan dalam tabel kebenaran seperti berikut ini:

 

4. Gerbang Logika NAND

Jenis gerbang loguka NAND adalah kombinasi gerbang logika AND dengan NOT, sehingga dari percampuran tersebut akan menghasilkan nilai output yang akan berkebalikan dengan gerbang logika AND. Nilai output yang dihasilkan dari gerbang logika NAND akan bernilai 1 apabila semua input dalam kondisi dengan nilai 0. Dan gerbang logika NAND akan menghasilkan nilai output 0 apabila nilai input dalam kondisi nilai 1.

gerbang logika

Hasil input dan output yang dihasilkan dari gerbang logika NAND akan di jelaskan dalam tabel kebenaran seperti berikut ini:

 

5. Gerbang Logika NOR

Untuk jenis gerbang logika selanjutnya adalah gerbang logika NOR. Jenis gerbang logika ini memiliki prinsip atau cara kerja percampuran antara gerbang logika OR dan gerbang logika NOT, sehingga hasil output dari gerbang logika NOR hanya akan bernilai 1 apabila semua input gerbang ini dalam kondisi 0. Sedangkan gerbang logika NOR Akan menghasilkan nilai output 0 juga apabila nilai input dalam kondisi 1.

gerbang logika

Hasil input dan output yang dihasilkan dari gerbang logika NOR akan di jelaskan dalam tabel kebenaran seperti berikut ini:

 

6. Gerbang Logika XOR

Gerbang logika XOR merupakan jenis gerbang logika yang memiliki kepanjangan yaitu Exclusive OR gate. Gerbang logika ini akan menghasilkan nilai output 1 apabila salah satu input X stay Y dalam kondisi dengan nilai logika 1, sedangkan apabila gerbang logika XOR dalan kondisi input 0 semua atau dengan kondisi 1 semua maka akan menghasilkan nilai output logika tetap 0.

gerbang logika

Hasil input dan output yang dihasilkan dari gerbang logika XOR akan di jelaskan dalam tabel kebenaran seperti berikut ini:

Baca Juga : Jenis Jaringan Komputer

 

7. Gerbang Logika XNOR

Untuk jenis gerbang logika yang terakhir gerbang logika XNOR. XNOR adalah singkatan dari Exclusive NOR gate Yang artinya adalah memiliki nilai output kebalikan dari nilai output gerbang logika XOR. Gerbang logika XNOR akan menghasilkan nilai output 1 hanya apabila kedua input X Dan Y dalam kondisi logika 1 atau dalam kondisi logika 0. Sedangkan akan menghasilkan nilai output 0 apabila nilai input tidak sama antara X dan Y.

gerbang logika

Hasil input dan output yang dihasilkan dari gerbang logika XNOR akan di jelaskan dalam tabel kebenaran seperti berikut ini:

 

 

Fungsi Gerbang Logika

Gerbang logika tentunya memiliki fungsi untuk digunakan sebagai bentuk sirkuit digital yang terintegrasi yang merupakan fungsi dasar dari gerbang logika atau Logic gate ini. Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa gerbang logika terdiri dari 2 input nilai biner dan memiliki 2 jenis nilai output juga itu berupa bilangan 1 atau 0.

Kedua jenis bilangan yang menjadi ciri khas dari gerbang logika disebut dengan true atau false. Pada komponen IC Logic yang sederhana misalnya seperti IC logic TTL 7408 mungkin hanya terdiri dari beberapa gerbang logika saja.

Gerbang logika berada pada beberapa rangkaian elektronika digital masalah seperti pada rangkaian IC TTL ataupun CMOS. Selain itu gerbang logika juga biasa digunakan pada beberapa rangkaian seperti berikut ini:

  • Rangkaian counter
  • Rangkaian decoder, yang memiliki fungsi untuk dapat merubah dari jenis bilangan biner ke jenis bilangan yang lain.
  • Sebagai sistem keamanan. Gerbang logika berfungsi untuk membuat sistem keamanan misalnya seperti pada rangkaian pembuatan alarm darurat.
  • Gerbang logika berfungsi membuat kunci rahasia. Contoh penggunaan gerbang logika sebagai kunci rahasia terdapat pada penggunaan kunci kontak sepeda motor.
  • Berfungsi membuat rangkaian ALU. ALU atau yang disebut dengan aritmatik logic unit merupakan suatu rangkaian gerbang logika yang tepat melakukan operasi perhitungan pada bilangan biner.
  • Rangkaian demultiplexer
  • Rangkaian multiplexer
  • Rangkaian flip flop
  • Rangkaian pengaman dengan menggunakan kode kunci rahasia
  • Rangkaian encoder, memiliki fungsi untuk dapat merubah suatu jenis bilangan menjadi jenis.

Pada IC mikroprosesor yang cukup kompleks dapat terdiri dari beberapa rangkaian bahkan jutaan gerbang logika, komponen IC tersebut biasa disebut dengan chips. Contoh dari rangkaian gerbang logika pada komponen IC misalnya Chip INTEL Stratix 10GX dan dengan jumlah gerbang logika sebanyak 10.2 juga.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa hampir semua peralatan digital pada dasarnya terbentuk dari susunan dari gabungan gerbang logika yang berjumlah puluhan, ratusan bahkan jutaan gerbang logika.

 

Demikian penjelasan yang dapat pintarnesia sampaikan tentang gerbang logika. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Apabila terdapat kekurangan, mohon dimaklumi.