Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Contoh, Gambar

By

contoh hewan karnivora

Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya terbagi menjadi tiga kelompok yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan juga omnivora (pemakan segala). Nah untuk kali ini kita akan belajar bersama mengenai hewan karnivora atau hewan pemakan daging.

 

Pengertian Hewan Karnivora

Karnivora berasal dari kata caro berarti daging dan vorare berarti makanan dari bahasa latin. Hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Beberapa hewan ini termasuk sebagai hewan buas karena makanan utamanya adalah daging.

Hewan karnivora memiliki kuku dan gigi yang biasanya digunakan untuk berburu mangsa. Sebagian besar hewan karnivora berkembang biak dengan beranak.

Baca Juga : Penjelasan Hewan Omnivora Lengkap

 

 

Ciri – Ciri Hewan Karnivora

Agar tidak keliru dengan hewan golongan lain, hewan kanivora memiliki ciri-ciri tersendiri antara lain.

  • Sumber makanan utama adalah daging
  • Memiliki kemampuan berburu
  • Memiliki kuku dan gigi yang tajam
  • Memiliki gerakan yang gesit
  • Sebagian besar merupakan hewan buas
  • Sebagian besar mamalia
  • Sebagian besar bertulang belakang

 

 

Contoh Hewan Karnivora

Berikut ini adalah beberapa hewan karnivora, antara lain.

 

1. Singa

hewan-singa.jpg

Singa bernama lain panthera leo, raja hutan yang memiliki bulu lebat di kepala ini merupakan salah satu hewan buas mamalia dengan tulang belakang yang memiliki indra penglihatan dan penciuman tajam berdarah panas serta termasuk golongan filadae yang makanan utamanya daging.

Singa biasanya memburu hewan lain dari golongan herbivora dan omnivora dimana yang berburu merupakan singa betina dan yang jantan tinggal menunggu hasil buruan sang betina.

Baca Juga : Penjelasan Hewan Mamalia Lengkap

 

2. Beruang

hewan-beruang.jpg

Jika dilihat secara fisik beruang terlihat menggemaskan namun sebenarnya hewan yang seluruh tubuhnya tertutup bulu ini merupakan hewan karnivora buas. Hewan ini bertubuh besar dan memiliki cakar tajam untuk berburu mangsa.

 

3. Buaya

hewan-buaya.jpg

Buaya merupakan hewan reptile yang berkembang biak dengan cara bertelur. Hewan air yang dapat hidup didarat ini memiliki tubuh yang bersisik kasar di seluruh tubuhnya. Hewan ini memiliki gigi tajam yang digunakan untuk merobek mangsanya.

 

4. Elang

hewan-elang.jpg

Elang atau eagle ini merupakan hewan karnivora jenis burung yang memiliki mata lebih tajam dari manusia. Hewan berbulu ini tidak memiliki gigi dalam paruhnya namun paruhnya ini melengkung tajam dan sangat kuat sehingga mampu mengoyak mangsanya.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Hewan Vertebrata dan Invertebrata

 

5. Ikan Hiu

hewan-hiu.jpg

Ikan menjadi hewan karnivora dari golongan pisces yang merupakan hewan buas. Dengan kerangka tulang yang lengkap hiu ini memiliki gigi tajam yang dapat berganti sehingga hiu dapat dengan mudah berburu mangsanya didalam air.

 

Demikian sedikit informasi mengenai Hewan Karnivora: Pengertian, Ciri, Contoh, Gambar. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terima kasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *